Klaim Penyesuaian Dana Shopee atas Paket Hilang

Saya sebagai salah satu seller di Shopee, komplain atas penyelesaian masalah yang ditangani pihak Shopee di mana paket saya yang sebelumnya telah dinyatakan hilang diberikan pengembalian dana tidak sesuai sebagai berikut:

  • Nilai total produk 1,8 juta
  • Nilai ongkir JTR Bekasi – Wonoayu Sidoarjo 27kg: 175,500

Sementara nilai penyesuaian yang diberikan hanya 976,000. Seperti peraturan yang dari Shopee jika barang tidak diasuransikan maka hanya menerima pengembalian 10 kali ongkir. Sebagaimana yang saya tahu, di mana nilai klaim sebesar 10 kali ongkir atau nilai produk (mengacu nilai terendah).

Saya keberatan dengan jawaban yang disampaikan soal nilai ongkir dikatakan hasil kesepakatan Shopee dengan pihak ekspedisi. Karena demikian menjadi tidak transparan.

Sebagai tambahan kronologi paket berminggu-minggu tidak ada update, saya sudah koordinasi dengan JNE Cikarang dan diinfokan bahwa paket tertahan di gudang Jakarta karena estimasi waktu melebihi dari sistem Shopee, sedangkan informasi admin Shopee bahwa paket sedang dalam proses kirim ekspedisi. Saya sudah sampaikan untuk ditindaklanjuti baik pihak ekspedisi JNE maupun Shopee. Paket dikemas dalam kardus panjang berukuran sekitar 110x42x22 dan dilapisi bubble wrap tiba-tiba dinyatakan hilang.

Sudung
Kabupaten Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Klaim Penyesuaian Dana Shopee atas Paket Hilang

    • 2 April 2024 - (12:07 WIB)
      Permalink

      Thx atas reminder nya.. Saya juga menyayangkan kejadian tersebut. Terlebih seperti yg saya sampaikan diatas bahwa fisik paket tergolong sangat besar bukan paket kemasan kecil yg mudah terselip & hilang. Disini saya keberatan dgn keputusan yg diberikan Shopee terkait klaim yg disampaikan.

    • 2 April 2024 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Thx tanggapan nya bosku..
      Ya melihat dari penyesuaian dana yg sblmnya diterima kalo mengacu 10x ongkir berarti Shopee mengklaim nilai ongkir hanya 97600 yg dibilang hasil kesepakatan pihak Shopee dgn ekspedisi,sdngkn di cek apk JNE 175500. Siang ini sudah Terima info dari cs Shopee yg menginfokan terkait kekurangan dana klaim pengembalian sedang dalam proses 5hari kerja.

    • 2 April 2024 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Saya komplen jne YES telat ga sesuai waktu aja di ganti 10x dari harga ongkir . Setelah masuk media konsumen

      Apalagi hilang..
      Harus di ganti itu 10x harga ongkir.

      Media konsumen emang the best dah
      Penjembatani antar nusa dan bangsa

      Say / katakan
      Terima kasih media konsumen 🤪🥳

      • 2 April 2024 - (14:33 WIB)
        Permalink

        Selama ini beberapa case saya solved cukup dgn customer service Shopee nya sih. Untuk x ini aja saya up di MK krn saya paham platform perlu menjaga kredibilitas dgn meredam hal2 negatif sprti ini.

  • 2 April 2024 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Yang saya heran expedisi ini hampir tiap hari masuk MK case barang hilang, tp kenapa manajemennya gak segera di perbaiki..

    • 2 April 2024 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Kurang tau deh..
      Pengalaman saya bbrpa ekspedisi lainnya jg terjadi case serupa, cuma x ini hasil tindak lanjut nya yg ga bisa saya Terima. Poin nya disitu sih.

  • 2 April 2024 - (14:13 WIB)
    Permalink

    paketnya ga hilang, masi ada di gudang JNE Jakarta, tapi mereka ga bisa proses karna berbagai hal, yg paling umum mereka overload, SDM kurang, itu alasan JNE Cikarang itu yang paling bener, karna paket tertahan lama biasanya karna overload, dan sistem shopee ada batas waktunya, klo sdh lewat estimasi pasti langsung dibatalkan sama shopee, dan SOP-nya dibilang barang hilang, jadi ngapain barang terus dikirim khan.

    Itu sesuai kesepakatan ganti rugi juga ada benernya, karna sebetulnya asuransi itu yang nanggung shopee sama JNE, dan tuk JNE yang kena penalti itu karyawannya, jadi ada “penyesuaian” yg akhirnya ga sesuai buat TS.

    dan kejadian ini hampir berlaku di semua gudang JNE. Makanya kadang klo paketnya sdh ada di kota tujuan, malah kadang tetap diantar padahal sdh dinyatakan hilang, dan pembeli dan penjual sdh dpt uang ganti rugi, nanti pembeli kalau mau akan ditawarkan untuk ditebus, masuk ke rek karyawan JNE, harga sesuai pas beli atau nego klo bisa.

    pengalaman pribadi soalnya, sdh bebrapa kali kena sama JTR, sampai hafal.

  • 2 April 2024 - (14:36 WIB)
    Permalink

    Duh ga apal bosku, krn sudah di hide dari aplikasi nya. Acuan saya cukup berdasarkan yg tertera di apk ekspedisi nya aja utk ongkir, contoh nya kalo paket kelebihan berat juga kita dipotong berdasarkan itu. Terlepas ongkir yg dibayarkan pembeli itu jadi urusan platform yg biasa nya ada subsidi atau lainnya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Klaim Penyesuaian Dana Shopee atas Paket Hilang

oleh Sudunk063 dibaca dalam: 1 menit
14