Pemotongan Sepihak Saldo Penjual di Tokopedia

Dear Media Konsumen,

Pada tanggal 8 April 2024, ada yang beli barang saya senilai 100 ribu di toko saya di Tokopedia. Seperti biasa, saya packing dan saya kirim besoknya. Semua berjalan normal hingga tadi jam 20.00-an ada notifikasi bahwa barang sudah diterima pembeli, namun ada dicek transaksinya sedang di-review Tokopedia. Sampai transaksi selesai, dana akan diteruskan ke penjual, artinya sudah tidak ada masalah.

Pas begitu lihat saldo yang seharusnya saya dapat 91.500 karena ada pemotongan Power Merchant 4.500 dan layanan bebas ongkir Power Merchant 4.500 dan 1.000 admin fee. Ok lah, tapi pas lihat saldo ada pemotongan 40 ribu. Apa ini?

Saya komplain langsung ke Twitter-nya, tapi balasannya membuat emosi. Alasannya transaksi tidak berhasil dikarenakan menggunakan diskon ongkos kirim, terus bilang lagi transaksi tidak berhasil, jadi diproses pengembalian dana ke pembeli.

Terakhir, barangnya diretur. Kalau pun diretur, seharusnya ada notifikasi komplain di pusat resolusi dan harus menunggu barang sampai di saya dulu, baru boleh diproses pengembalian dana ke pembeli. Ini saldo sudah masuk, artinya tidak ada masalah, dan transaksi dinyatakan selesai, tapi ada pemotongan saldo 40 ribu.

Saya minta pengembalian dana yang saya tidak melakukan kesalahan apa pun.

Amada Diar
Mataram, Nusa Tenggara Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pemotongan Sepihak Saldo Penjual di Tokopedia

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pemotongan Sepihak Saldo Penjual di Tokopedia

oleh adam diar dibaca dalam: 1 menit
3