Bank Mega Tidak Menanggapi Laporan Transaksi Fraud Kartu Kredit

Pada tanggal 5 Juni 2024, saya menghubungi Call Center Bank Mega melalui nomor 08041500010 dan diterima oleh petugas bernama Melody. Saya bermaksud melaporkan adanya 3 kali transaksi scam/fraud di Apple.com senilai masing-masing Rp299.000, pada tanggal 2 Juni 2024 sekitar pukul 19.26 WIB, menggunakan kartu kredit Bank Mega milik saya.

Saya tahu adanya 3x transaksi scam/fraud di Apple.com, karena menerima notifikasi melalui WhatsApp dari Bank Mega sebanyak 3x. Dapat dipastikan bahwa saya tidak melakukan transaksi tersebut, karena sedang dalam perjalanan dengan kereta menuju Jakarta dan tidak sedang menggunakan perangkat Apple.

Petugas call center tersebut tidak serius menanggapi laporan saya, dengan alasan sebelumnya sudah pernah ada riwayat transaksi kartu kredit Bank Mega milik saya di Apple.com. Petugas call center bahkan menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa membatalkan transaksi scam/fraud dan menyarankan untuk menghubungi Apple.com atau Ibox untuk membatalkan transaksi scam/fraud tersebut.

Kurang lebih setahun lalu, saya memang pernah melakukan transaksi di Apple.com menggunakan kartu kredit Bank Mega tersebut, untuk pembelian satu kali saja, bukan untuk langganan otomatis. Namun sesudahnya saya sudah tidak bertransaksi lagi. Berdasarkan riwayat transaksi di akun Apple.com milik saya, tidak ada 3x transaksi senilai masing-masing Rp299.000, sehingga bisa dipastikan 3x transaksi tersebut adalah scam/fraud.

Sampai saat ini saya menerima lembar tagihan bulanan KK Bank Mega, 3x transaksi tersebut masih ada dalam rincian tagihan dan tidak dibatalkan oleh Bank Mega. Karena jumlah transaksi scam/fraud cukup besar, saya keberatan membayarkan tagihan yang tidak saya lakukan. Saya mohon kepada Bank Mega agar bisa membatalkan transaksi fraud tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.

Mohammad Heru
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

7 komentar untuk “Bank Mega Tidak Menanggapi Laporan Transaksi Fraud Kartu Kredit

  • 24 Juni 2024 - (10:07 WIB)
    Permalink

    [Saya mohon kepada Bank Mega agar bisa membatalkan transaksi fraud tersebut.]

    Jangan me-“mohon” kalau tidak salah.

    Menurut KBBI, ‘mohon’ adalah:
    1. minta dengan hormat; berharap supaya mendapat sesuatu: ia — agar permintaannya dikabulkan
    2. ampunlah (untuk menyatakan maksud menolak atau mengingkari, jadi berarti tidak mau): –, hamba membunuh saudara hamba

    Apakah TS salah satu dari arti tersebut?

  • 24 Juni 2024 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Jaman dulu kalau kartu kredit kena bobol, atau kebayar dua kali, atau lain2nya, duit balik selesainya gampang. Entah karena asuransi, atau karena kebijakan Visa/Master. Cuma belakangan kayanya lebih susah yah kalo kena begini. Madesu.

  • 24 Juni 2024 - (11:29 WIB)
    Permalink

    “Kurang lebih setahun lalu, saya memang pernah melakukan transaksi di Apple.com menggunakan kartu kredit Bank Mega tersebut, untuk pembelian satu kali saja, bukan untuk langganan otomatis.”


    Bank itu hanya penyedia layanan pembayaran. Trx jual beli antara Anda dan Apple. Apakah anda berlangganan atau tidak itu yang tau Anda dan Apple bukan Bank. Sebaiknya hapus kartu anda jika masih terdaftar di Apple. Atau blokir kartu sekarang dan ganti kartu baru. Biar ga ada pemotongan lagi.

  • 24 Juni 2024 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Jangan belanja di marketplace atau yg online2 dengan kartu kredit, sangat rawan. Yakin 100% bocornya no kartu dan data di transaksi online sebelumnya.

    2
    1
  • 24 Juni 2024 - (12:53 WIB)
    Permalink

    sering sekali emang Apple.com itu. sy juga pernah mengalaminya dng bank DBS dan akhirnya di anulir oleh DBS karena sy menyatakan tidak pernah transaksi Apple.com

  • 24 Juni 2024 - (13:18 WIB)
    Permalink

    jika memang tidak ada tindak lanjut, langkah sekarang yaitu minta tutup kartu atau ganti kartu, tapi utk tutup kartu harus menyelesaikan dulu semua tunggakan..minta surat sanggahan kepada bank mega..semoga kasusnya bisa selesai

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Bank Mega Tidak Menanggapi Laporan Transaksi Fraud Kartu Kredit

oleh Heru dibaca dalam: 1 menit
7