Tokopedia Card Salah Hitung Jumlah Pemakaian

Dear Media Konsumen,

Saya sedang dibuat kesal, pusing dan gemas oleh pihak Tokopedia Card. Mereka yang salah hitung dalam hal jumlah pemakaian, tapi saya yang dibuat pusing berhari-hari.

Awal mula kejadian adalah ketika saya membayar cicilan pertama Tokopedia Card saya pada tanggal 16 Juni 2024 pukul 11.17 sebesar Rp 511.123 (foto termasuk biaya admin).

bukti pembayaran cicilan

Setelah pembayaran dinyatakan berhasil, otomatis sisa saldo limit saya berubah menjadi kurang lebih Rp537 ribuan (ini lupa di-screenshot). Karena saldo saya sudah cukup untuk melakukan pembelian barang yang sedang saya butuhkan, maka saya melakukan pembelian sebuah stroller untuk anak saya pada pukul 16.38 senilai Rp277.600 dan pembelian barang lain pada pukul 18.46 senilai Rp246.960.

Sampai di sini belum ada masalah, hingga keesokan harinya saldo limit Tokopedia Card saya dinyatakan minus Rp264.448 dan sisa utang menjadi Rp5.264.448.

Kemudian saya mengajukan komplain perihal tersebut via Tokopedia chat dan saya sertakan semua bukti-bukti transaksi saya dari awal pemakaian sampai pada pembelian terakhir, yang rinciannya adalah”

  • INV/20240608/MPL/3954743562 Rp50.160 (bayar penuh).
  • INV/20240608/MPL/3955018922 Rp2.298.335 (cicilan x12).
  • INV/20240608/MPL/3955183819 Rp553.300 (cicilan x6).
  • INV/20240608/MPL/3955279200 Rp1.556.666 (cicilan x12).
  • INV/20240608/MPL/3955348866 Rp 509.950 (cicilan x12).

Total pemakaian Rp 4.968.411 + biaya billing Rp5.000, jadi total semuanya adalah Rp4.973.411. Setelah dikurangi cicilan pertama Rp511.123, seharusnya saldo limit saya balik menjadi Rp537.712 sisa utang Rp 4.462.288.

Kemudian dipakai belanja lagi: INV/20240616/MPL/3969200853 Rp277.600 dan INV/20240616/MPL/3969358630 Rp246.960, total pembelian terakhir adalah Rp524.560.

Seharusnya total sisa utang saya adalah sisa utang setelah bayar cicilan pertama, yaitu Rp4.462.288 ditambah pembelian terakhir Rp524.560. Sehingga jika ditotalkan, sisa utang saya sebesar Rp4.986.848 dan sisa saldo limit Rp13.152. Akan tetapi malah dinyatakan overlimit, saldo limit minus Rp264.448 dan sisa utang menjadi Rp5.264.448.

Saya sudah capek bolak-balik komplain via chat, lalu diminta telepon 1500017 sampai menghabiskan pulsa yang tidak sedikit.

Padahal jelas ini salah sinkronisasi antara pihak Tokopedia dan BRI, dalam hal pencatatan tagihan. Bagaimana bisa, total saya pakai Tokopedia Card sejak saya pegang adalah Rp5.492.971 dan sudah dibayar Rp511.123, yang seharusnya sisa utang saya adalah Rp4.986.848, malah menjadi Rp5.264.448? (Rp5.264.448 – Rp4.986.848 = Rp277.600 (harga stroller))

Saya di sini hanya menanyakan kenapa sisa utang saya tidak sesuai dengan semua total belanja dikurangi cicilan? Teruntuk Tokopedia dan BRI, tolong bantu penjelasannya.

Wassalam

Tirta Suryana
Bekasi, Jawa Barat

.

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tokopedia Card Salah Hitung Jumlah Pemakaian”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak Tirta...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Tokopedia Card Salah Hitung Jumlah Pemakaian

  • 26 Juni 2024 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Jadi maksudnya ada transaksi yang dobel kan? Iya, kartu kredit memang kadang2 begitu. Jaman dulu kalau ada masalah begini rasanya gampang dianulir atau dibalikin duitnya. Cuma yah begitu dah, customer service kartu kredit zaman sekarang. Apalagi buat kartu kredit ngak jelas begini.

  • 26 Juni 2024 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Kalo sudah lapor bank pasti sudah dapet penjelasan soal transaksinya & buat lengkapi syarat apa saja buat tindak lanjut, sekalian ke tokopedianya menurut saya biar clear juga. Oke semoga cepet selesai

    • 26 Juni 2024 - (15:47 WIB)
      Permalink

      masalahnya pihak bank bilang sudah sesuai, itu yg bikin kesel. padahal beban hutang saya seharusnya tidak segitu

  • 26 Juni 2024 - (15:11 WIB)
    Permalink

    itu pembayaran cicilan sebasar 511rb nya baru masuk setelah pembelian 2 produknya om. lihat pd foto riwayat transaksi.
    urutan pada foto adalah:
    511rb – pembayaran diterima oleh BRI (setelah jam 18.46 pastinya)
    246 rb (pembelian jam 18.46)
    277rb (pembelian jam 16.38)

    harusnya urutannya adalah
    246rb
    277rb
    511rb

    jadi si om bayar tagihan sebesar 511rb jam 11.17 tapi baru diterima (masuk sistem) setelah jam 18.46

    • 26 Juni 2024 - (16:49 WIB)
      Permalink

      nah menurut sistem tokopedia, pembayaran saya sudah diterima pada siang hari, lalu sore harinya saya melakukan pembelian, disini jelas salah tokopedia dalam hal sinkronisasi. btw pihak BRI sudah tlp saya barusan, benar mereka melakukan kesalahan dan akan dilakukan pembetulan sisa limit dalam waktu 6 hari kerja, emang beneran ampuh nih klo dah dimuat di media konsumen

      • 27 Juni 2024 - (10:47 WIB)
        Permalink

        HAHA, media konsumen luar biasa memang ya. Terbukti dari email dan telpon stress ga ketolong, tinggal pelan2 tapi pasti dari tulisan media konsumen langsung gol, ibarat Marketing Sakti.

        Ini bukan mau menyalahkan siapa ya. Saya cuma pernah mau tes seperti ini di OCBC, tapi memang bagusnya kasih jeda 1 hari dulu setelah bayar, baru melakukan pembelian yang lain. Supaya hal ini tidak mudah terjadi.

        • 27 Juni 2024 - (12:20 WIB)
          Permalink

          iya bang, sekaligus dijadikan pembelajaran kedepannya, tapi yg jelas disini memang bukan kesalahan saya ko, klo saya yg salah kan ga mungkin pihak BRI tlp saya dan minta maaf karena mereka salah hitung

  • 26 Juni 2024 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Itulah sebabnya, apapun pemakaiannya jangan pernah pakai sampai limit, maksimal 90% dari limit untuk selalu jaga2. Jauhkan hobi gesek, hobi nyicil, hobi habisin limit, ntar kenapa2 bikin surat kesana kemari.

    • 26 Juni 2024 - (15:47 WIB)
      Permalink

      ini murni kesalahan tokopedia dalam sinkronisasi, makanya saya menekan pihak tokopedia

      • 27 Juni 2024 - (13:43 WIB)
        Permalink

        bukan hanya toped card
        pembayaran CC melalui pihak ke 3 seperti ecommerce
        biasanya memakan waktu 1×24 jam utk diterima bank (tidak termasuk sabtu minggu dan hri libur)

        sedangkan apabil anda membayar di aplikasi bank bersangkutan biasanya lebih sat set masuk sistem (kecuali sabtu minggu dan hari libur juga)

  • 26 Juni 2024 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Lah, pembelanjaan penulis yang dikeluhkan kan terjadi di tgl 16, sedangkan billing statement-nya terbit setiap tgl 15. Jadinya mungkin ketika ngecek limit terakhir atau jumlah nominal terhutang belum sepenuhnya terupdate, karena aku coba cek berulang-ulang di billing statementnya tidak ada nominal yang ditagihkan 2x. Coba deh dicek berkala, biasanya sih nanti terupdate dengan sendirinya selang bbrp hari kerja deh.

    • 26 Juni 2024 - (16:52 WIB)
      Permalink

      yg ditakutkan ga terjadi update, dan dinyatakan benar begitu. makanya saya komplain lebih awal, menghindari denda overlimit dan sisa hutang yg salah, karena tokopedia salah hitung. urusan sama pihak bank mah mending urus dulu aja, daripada repot belakangan

  • 26 Juni 2024 - (16:27 WIB)
    Permalink

    sebenarnya penjelasan bs di berikan layanan bank nya ini om, saat om telp atau chat. ini antara penjelasannya yang ngaco atau maap om nya memang gak ngerti

    ya semoga lekas selesai ya om permasalahan nya
    dan tagihan nya sesuai dengan perhitungan sistem nya

    • 26 Juni 2024 - (16:50 WIB)
      Permalink

      pihak BRI sudah tlp saya barusan, meminta maaf dan akan melakukan pembetulan sisa limit dalam waktu 6 hari kerja

  • 27 Juni 2024 - (12:13 WIB)
    Permalink

    combo maut e-commerce sama bank problematik langganan media konsumen, terus kapok gak? kagaaak wkwkwk

  • 27 Juni 2024 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Saran aja ya.. jangan gunakan limit kartu kredit diatas 90%. Kalo kepepet ya 95% dari limit biar tidak sampe kena denda ovet limit.

 Apa Komentar Anda?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Card Salah Hitung Jumlah Pemakaian

oleh tirta_suryana dibaca dalam: 1 menit
17