iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mall Bekasi Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya ingin membuat pengaduan tentang garansi penggantian HP merk iPhone 6 Plus yang saya beli di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Dan ternyata pada saat produknya rusak, garansi untuk perbaikannya diarahkan ke TAM (PT. Teletama Artha Mandiri) yang letaknya di outlet Erafone Metropolitan Mall Bekasi Lt. 4. Berikut ini kronologis kejadiannya:

Saya membeli iPhone 6 Plus pada Tanggal 16 Juli 2015 di iBox Metropolitan Mall Bekasi. Secara tiba-tiba terjadi kerusakan pada HP tersebut, layar hitam dan baterai panas. Akhirnya saya kembali ke iBox Metropolitan Mall Bekasi pada Tanggal 26 Juli 2015. Ternyata pihak iBox mengarahkan agar iPhone saya dibawa ke Erafone Metropolitan Mall Bekasi, Service Center dari TAM.

560d4e97b1578

Dari pihak TAM menjadwalkan agar saya kembali setelah 2 bulan kemudian, dengan memberikan repair order no: RO/MBX39/15/07/000286, dan untuk feature “find my iPhone” sudah dinon-aktifkan. Tetapi satu bulan kemudian, saya ditelepon kembali untuk menon-aktifkan feature “find my iPhone”, padahal feature tersebut sudah dalam kondisi off sebelumnya.

Akhirnya saya SMS ke pihak TAM dengan nomor 085771311288, untuk menanyakan kapan barang barunya bisa diambil. Setiap saya SMS selalu dibalas dengan kata-kata “Slmt siang Bpk/Ibu. Mohon maaf sebelumnya, unitnya masih proses di pusat. Masih menunggu stock penggantinya. Akan kami follow up. Jika sdh selesai, akan segera dikonfirm. Thanks”.

Setelah itu saya cek di Apple.com untuk mengetahui status repair order saya, ternyata tidak ada datanya. Saya pun membuat janji dengan pihak Apple agar menelepon saya, dan akhirnya saya ditelepon pihak Apple. Jawabannya, dari database Apple belum ada kabar dari Erafone untuk penggantian produk (product replacement). Pihak Apple menyatakan seharusnya dari pihak Erafone sudah mengirim data ke Apple. Namun pihak Apple mengatakan untuk penggantian barang saya, belum ada di Apple. Mereka meminta agar pihak Erafone sebagai pihak yang menyediakan garansi lebih bertanggung jawab, karena waktu sudah lewat dari 2 BULAN.

Saya pun disuruh oleh pihak Apple agar datang kembali ke Erafone, dan pihak Apple akan bicara dengan pihak Erafone. Tetapi saya pikir percuma saja, seharusnya dari pihak Apple sendiri yang minta konfirmasi ke pihak penyedia garansi tersebut.

Intinya, saya sangat kecewa dengan pihak iBox maupun pihak penyedia garansi Erajaya/TAM. Yang saya heran, kenapa pihak Apple sendiri menyarankan agar saya pergi ke outlet Erafone (tempat service center TAM), dan sesampainya di sana saya harus langsung hubungi nomor 08001027753 (nomor telepon Apple yang diberikan oleh pihak CS Apple). Pada saat menelepon ke nomor tersebut saya tinggal berikan nomor kasus saya yaitu 946681100, dan setelah pihak CS Apple sudah berbicara, nanti langsung saya berikan telepon tersebut ke pihak Service Center TAM.

Dari situ saja saya merasa dibodohi. Kenapa pihak Apple sendiri tidak bisa langsung menghubungi pihak penyedia garansi? Padahal iPhone sendiri bukan barang murah, bahkan boleh dibilang barang yang sangat MAHAL. Dengan ini saya mohon ada perhatian, karena pihak penjual (iBox) dan penyedia garansi (TAM) sudah melanggar hak saya sebagai konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Aphit Pramugiono
Bekasi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Apple Service Center?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

iPhone 6 Plus Rusak, Pelayanan iBox dan Erafone (TAM) Metropolitan Mal…

oleh Aphit Pramugiono dibaca dalam: 2 menit
22