Beli HP Mi Max 2 di Flash Sale Shopee, Retur Karena Kamera Cacat, Uang Belum Kembali

Tanggal 13 Januari 2019, saya membeli HP Mi Max 2 di Shopee via program Flash Sale dengan penjual 7evenshop dan harga kurang lebih satu koma delapan juta rupiah. Nomor pesanan: 190113195379NJG. Tanggal 17 Januari 2019, saya menerima paket pembelian tsb, dus HP hanya dibungkus bubble wrap.

Setelah mengoperasikan HP, saya menemukan terjadi masalah pada kamera HP, yaitu autofokus tidak berfungsi, sehingga hasil foto smuanya blur (tidak tajam), tulisan pada dokumen tidak terbaca. Ini sama sekali tidak sesuai dengan yang seharusnya.

Saya mencoba menghubungi penjualnya 7evenshop via chat Shopee, satu balasan singkat: saya disuruh mengatur setting kamera. Saya ikuti, namun tetap saja dalam kondisi kamera yang tidak normal. Saya coba menghubungi kembali penjualnya namun tidak ada balasan apalagi support penyelesaian dari toko tersebut.

  • Tanggal 18 Januari 2019, saya memutuskan mengajukan pengembalian dana via Shopee dengan nomor pengajuan #190118143274052.
  • Tanggal 19 Januari 2019, penjual menyetujui sehingga Shopee via email menyuruh saya mengembalikan produk tersebut ke alamat penjual di ITC Roxxy Mas.
  • Tanggal 20 Januari 2019, saya mengirimkan paket dengan packing yang jauh lebih baik dari paket yang saya terima via ekspedisi TIKI dengan resi nomor 030121931490 yang kmudian diterima pada tanggal 21 Januari 2019 oleh Sdri. ESti.
  • Tanggal 21 Januari 2019, pihak Penjual (7evenshop) menolak klaim dengan alasan produk tidak sesuai.
  • Tanggal 21 Januari 2019, pihak Shopee meminta foto bukti paket yang saya kirim, yang mana segera saya kirimkan via email.

Perlu saya sampaikan, bahwa barang yang saya kirimkan dalam kondisi persis seperti pada saat saya terima, karena saya tidak melakukan perubahan apapun terhadap produk tersebut. Bahkan tempelan layar depan dan belakang sama sekali tidak saya copot (sangat tidak beralasan untuk menyatakan bahwa barang tidak sesuai).

Saya sangat menyesalkan dengan tidak adanya niat baik dari Penjual (7evenshop) untuk berkomunikasi dengan pembeli dalam memberikan support dan mencari solusi. Sementara dari pihak Shopee sendiri , sampai saat ini, tanggal 28 Januari 2019, sama sekali tidak ada tanggapan untuk pengembalian dana yang tertahan. Mereka tidak pernah berpikir bahwa pembeli sangat membutuhkan dana tersebut untuk berbelanja kembali.

Dalam pengalaman saya, ketika mengalami masalah dengan pembelian barang dari Shopee, penyelesainnya membutuhkan waktu yang sangat lama sekali yaitu 10 hingga 30 hari.

  • Saya beli keyboard dan mouse, yang dikirim hanya keyboard. Saya komplain lebih dari 10 hari baru selesai.
  • Saya beli cuka apel, barang gak pernah nyampai, lebih dari 30 hari penyelesaiannya.
  • Saya beli 3 buah konverter video, 1 buah gak berfungsi, lebih dari 12 hari juga baru selesai.

Padahal untuk kasus di atas nilai transaksi dibawah dua ratus ribu rupiah. Sedangkan untuk kasus handphone ini, saya tidak tahu akan memakan waktu berapa lama, karena tidak ada konfirmasi sama sekali dari pihak Shopee maupun penjual.

Padahal kalau mereka tidak percaya kepada pihak pembeli, mereka bisa melakukan cek langsung ke pembeli dan penjual. Selain itu mereka juga bisa melihat rekam jejak pembeli, apakah terindikasi pernah melakukan penipuan atau tidak.

Karena Pihak Shopee menempatkan diri bagai pengadilan, sudah seharusnya mereka melakukan hal tersebut, bukan seperti sekarang di mana hanya pihak pembeli saja yang mereka cecar untuk memberikan bukti-bukti, sementara penjual bisa berbuat angkuh sesuka hati.

Muk Men
Bogor – Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Layanan Purna Jual Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 2]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Beli HP Mi Max 2 di Flash Sale Shopee, Retur Karena Kamera Cacat, Uang Belum Kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan Purna Jual Shopee?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Beli HP Mi Max 2 di Flash Sale Shopee, Retur Karena Kamera Cacat, Uang…

_7920 2 menit
2