Laporan Percobaan Phishing di Bukalapak Tidak Segera Ditindaklanjuti, Dana Masih Tertahan

Sebenarnya saya adalah pelanggan setia Bukalapak (BL) sudah sejak lama. Beberapa kali mengalami kendala tapi baru kali ini saya merasakan kecewa terhadap sistem refund Bukalapak yang berbelit. Ceritanya, pada tanggal 10 Februari 2019 saya melakukan pembelian ASUS ROG GL552VX dengan memakai akun DANA dan nomor transaksi 191704724041. Tak lama kemudian saya mendapatkan WA masuk dengan link menyerupai Bukalapak dan langsung saya sadari bahwa itu merupakan tautan phishing.

Sesaat kemudian sebelum pelapak memproses pesanan, saya melakukan cancel transaksi tersebut dan kemudian saya telepon ke pihak CS Bukalapak sembari menceritakan kronologi beserta bukti-bukti yang saya lampirkan, dan meminta refund dana secepatnya senilai Rp8.881.000.

Keesokan harinya tanggal 11 Februari 2019 saya buka aplikasi dan ternyata tidak ada tindakan apa-apa dari Bukalapak, hanya laporan saya dimasukkan dalam diskusi komplain, dan dari pihak pelapak menggagalkan cancel saya dengan alasan barang sudah dikemas dan akan dikirim. Saya pun berusaha untuk melacak akun pelapak dan kemudian menemukan kontak (yang asli) via FB. Tak lama kemudian saya komunikasi dengan yang bersangkutan, dan secara mengejutkan ternyata lapak sudah lama dibajak dan barang yang saya transaksikan sudah lama terjual.

Saya pun segera menghubungi CS Bukalapak lagi untuk menanyakan status dana saya, sambil melaporkan bahwa lapak tersebut sudah dibajak dengan menyertakan bukti percakapan dengan yang bersangkutan. Tujuan saya agar akun (lapak) tersebut segera dibekukan agar tidak menambah korban lagi.

Benar adanya bahwa CS Bukalapak berulang kali melemparkan solusi ke “TIM TERKAIT” yang sama sekali tidak cekatan dalam menyikapi keluhan yang merugikan. Saya pun berulang kali hanya terus disuruh menunggu 2×24 jam sambil menunggu sistem menggugurkan dengan sendirinya transaksi saya.

Hari ini tanggal 12 Februari 2019 saya kembali buka aplikasi hanya terus, yang saya makin heran ternyata akun terbajak TIDAK DIBEKUKAN, dan masih banyak iklan-iklan barang juga yang siap memangsa korban baru, hingga terkesan hanya terus membiarkan tindak pidana phishing. Yang terpenting dana saya juga tak kunjung kembali, padahal saya sebagai pihak korban sangat dirugikan secara waktu dan materi. Saya benar-benar kecewa dengan pelayanan pengaduan dari hanya terus, semoga hanya terjadi kepada saya.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan komplain Bukalapak.

Muhammad Dimaz YA
Surakarta – Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Muhammad Dimaz YA

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Laporan Percobaan Phishing di Bukalapak Tidak Segera Ditindaklanjuti, …

oleh M YuniArinto dibaca dalam: 1 min
0