Tokopedia Menarik Kembali Cashback dari Pembeli dan Penjual

Saya di sini sebagai pelanggan tetap Tokopedia. Saya merasa dikecewakan beberapa kali oleh Tokopedia. Begini kronologi kasus terakhir saya:

Sekitar 2 bulan lalu saya melakukan transaksi pembelian barang di Tokopedia dengan menggunakan kupon promo 10%. Barang berupa voucher MAP. Saya sudah beberapa kali melakukan transaksi barang tersebut tapi dengan seller yang berbeda-beda dikarenakan membandingkan harga termurah setiap mau beli. Transaksi berhasil dan cashback-pun saya terima.

Setelah lewat 2 bulan tiba-tiba saldo tokopoin saya ditarik sejumlah cashback yang saya terima 2 bulan lalu untuk pembelian voucher MAP tersebut. Saya heran apa kesalahannya, maka saya tanya CS Tokopedia. Jawabannya hanya: melanggar ketentuan manipulasi. Saya bertanya, manipulasi apa yang saya lakukan? Jawabannya hanya: pelanggaran ketentuan N3 yaitu manipulasi, tanpa mau memberikan penjelasan lebih lanjut.

Saya tanya ke seller-nya, seller juga bilang saldonya ditahan 90 juta dan didenda 30% tanpa alasan jelas pelanggarannya apa. Bahkan seller diminta nombok cashback-cashback yang sudah dibagikan ke buyer. Seller-nya curiga apakah mungkin voucher tidak boleh dijual? Tapi apabila tidak boleh, kenapa banyak sekali yang menjual voucher? Kenapa tidak dilarang dari awal? Saya bertanya-tanya masalahnya dimana.

Yang saya simpulkan:

  1. Tokopedia tidak hanya mengambil cashback dari buyer, tapi juga meminta cashback tersebut dari seller. (Mau dobel donk).
  2. Tanpa alasan jelas bisa seenaknya menarik dana setelah 2 bulan transaksi berakhir. Artinya bahaya menaruh uang di OVO/saldo Tokopedia karena bisa seenaknya diambil Tokopedia.
  3. Tokopedia bisa membiarkan *pelanggaran* terjadi (menurut versinya yang sampai sekarang saya tidak jelas pelanggarannya apa). Seakan sengaja menjebak membiarkan terus terjadi sampai banyak, lalu bisa mengambil keuntungan dari tumpukan denda-denda tanpa sepengetahuan seller, kalo ada transaksi yang melanggar ketentuan.

Jadi menjadi seller atau buyer di Tokopedia itu berbahaya, karena uang yang ditaruh di OVO maupun saldo Tokopedia bisa sewaktu-waktu hilang diambil Tokopedia.

Saya menulis ini agar semua berhati-hati dengan Tokopedia. Hati-hati jangan menaruh banyak dana di OVO/saldo Tokopedia, karena sewaktu-waktu bisa diambil Tokopedia dengan semena-mena tanpa alasan jelas. Nanti protes pun juga tidak ada gunanya. Tidak digubris. Jawaban hanya menurut investigasi sistem. Ditanya bolak-balik penjelasan juga cuma tidak mengetahui, karena sistem yang investigasi.

Feliana Sasongko
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 2.1]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Tokopedia Menarik Kembali Cashback dari Pembeli dan Penjual

  • 14 Juni 2019 - (14:46 WIB)
    begitu juga dengan saya. saya akun di bukalapak, tiba2 akun saya di blokir dengan alasan menerima cash back dengan alasan megirim barang dengan alamat pembeli yang sama.
    saya juga binun, itu kan hak pembeli mau beli dimana saja.sampai saya disuruh kirim fotocopy kk,fotocopy buku rekening sama fotocopy ktp dan surat pernyataan juga yang dibuat dari bukalapak.
  • 14 Juni 2019 - (16:00 WIB)
    Hmmm… Yg ditarik itu saldo Tokopoints atau OVO Points? 🤔 Kalo OVO Points yg ditarik serem jg, berarti Tokopedia bisa akses akun orang di platform aplikasi lain tanpa otorisasi pemiliknya!! 😈😈😈
    • 14 Juni 2019 - (16:06 WIB)
      Saldo OVOPOINT yg punya saya sebagai buyer ditarik sejumlah 163rb secara tiba2. Kalo sellernya saya ga tau taruh dimana dia.. saya cm tanya saja ke sellernya apa masalahnya kok bisa sampai ada cashback ditahan. Baru saya tau sellernya juga terkena ditahan dana 90jt ditambah suruh nombok cashback2 yg sudah dibagikan ke buyer.
      • 14 Juni 2019 - (16:39 WIB)
        Ini saya lampirkan email dari tokped (berhubung ga tau cara kirim screenshotnya)

        Pertanyaan/Keluhan terkait
        Transaksi melanggar syarat dan ketentuan promo

        Dear Bapak Feliana Sasongko,

        Mohon maaf atas kendala yang dialami. Hindy bantu lanjutkan penangana ya.

        Perihal penjelasan secara detail untuk pelanggarannya, mohon maaf tidak bisa kami karena hasil validasi sistem kami. Untuk mengidentifikasi secara pasti, sistem kami telah melakukan investigasi dalam jangka waktu tertentu dan investigasi tersebut bersifat komprehensif terhadap transaksi Ibu.

        Oelh karena itu, sesuai info yang telah disampaikan sebelumnya bahwa dikarenakan sistem kami mendeteksi adanya pelanggaran syarat dan ketentuan promo yang berlaku di Tokopedia untuk transaksi invoice INV/20190425/XIX/IV/303471402 sehingga OVO Points yang Bapak dapatkan dilakukan penarikan. Hal tersebut sesuai dengan syarat dan ketentuan poin N nomor 3. Untuk detail pelanggaran dan penarikan dana tersebut, bisa Bapak cek pada email yang kami kirimkan dari email noreplay@tokopedia.com dengan subjek “Pelanggaran syarat dan ketentuan Transaksi Promo”.

        Semoga info yang Hindy sampaikan bisa membantu.

        Terima kasih.

        Salam hangat,
        Tim Tokopedia Care
        Silakan membalas email ini atau buka Pesan Bantuan di aplikasi Tokopedia

      • 17 Juni 2019 - (09:02 WIB)
        Nah ini dia yg bikin ngeri! Berarti Tokopedia punya akses langsung ke sistem OVO tanpa melalui persetujuan pengguna. Meskipun mereka bekerja sama, tapi OVO adalah dompet digital tersendiri yg bukan hanya khusus untuk transaksi di Tokopedia, tapi jg di merchant2 lainnya.

        OVO harusnya ikut bertanggung jawab atas masalah ini, kok bisa akun OVO diakses tanpa persetujuan penggunanya? Bayangkan kalo saldo rekening bank kita bisa ditarik otomatis oleh sistem e-commerce tanpa persetujuan kita!

  • 14 Juni 2019 - (16:42 WIB)
    Sedangkan email yg dimaksud sudah memberi penjelasan tulisan seperti ini (drmananya yg menjelaskan pelanggarannya itu apa)..

    Terima kasih sudah menggunakan layanan Tokopedia.

    Email ini merupakan notifikasi otomatis (sistem) untuk menginformasikan terkait adanya Syarat dan Ketentuan Transaksi yang tidak terpenuhi yakni manipulasi transaksi untuk mendapatkan keuntungan promo. Berdasarkan hal tersebut, maka Tokopedia berhak untuk melakukan tindakan sebagai berikut:

    1. Pembatalan dan penarikan subsidi promo
    2. Pembatalan dan penarikan Points
    3. Penutupan akun
    4. Serta tindakan lainnya apabila diperlukan
    Berikut kami informasikan rincian transaksi Anda yang tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan Transaksi Promo

    Invoice Nama Promo Subsidi
    INV/20190425/XIX/IV/303471402 SEMARAK 163.455
    Tokopedia mengingatkan kembali agar kedepannya Anda dapat mematuhi Syarat dan Ketentuan pada link https://www.tokopedia.com/terms.pl dan tidak melakukan penyalahgunaan promo atau manipulasi transaksi untuk mendapatkan keuntungan dari promo.

    Jika masih ada pertanyaan atau tindak lanjut yang ingin Anda sampaikan terkait dengan pesan otomatis ini, Anda dapat menghubungi kami melalui (https://www.tokopedia.com/help/form?aid=a-1005), tim Customer Care Tokopedia akan segera membantu Anda.

  • 14 Juni 2019 - (22:46 WIB)
    Terima kasih atas share-nya, biar bisa menjadi peringatan buat saya.

    Tokopedia memang selalu begini, keputusan sepihak yang pasti benar.
    & kemungkinan besar tidak akan bisa berubah, kecuali ada kejadian khusus (mungkin juga tergantung hoki).

    Di mana-mana orang diputuskan bersalah ya jelas berhak untuk diberitahu secara jelas alasan2nya. Di pengadilan hukum pun begitu.
    Cuma di sini saja alasannya mentok di “sudah sesuai sistem, yang mana tidak bisa kami jelaskan secara detil” (karena ybs juga gak ngerti sebetulnya kah? wkwkwkwk).

    Padahal sudah jelas terbukti tuh si SISTEM kurang canggih, buktinya nama Feliana dibilang “Bapak” LOL.
    Atau itu CS nya? Ya berarti sudah ketahuan kan intelegensi nya.
    Bisa juga itu SISTEM yang copas template, cuma pura2 dikasih nama aja.

    Sebetulnya platform marketplace-nya sih cukup banyak memberikan keuntungan juga (baik untuk pembeli maupun penjual), cuma ya memang ada resiko2 semacam begini (dengan asumsi pembeli maupun penjual benar2 tidak nakal ya).
    Jadi kita sebagai pengguna (pembeli maupun penjual) yah berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan keunggulan2 yang diberikan, sambil semaksimal mungkin juga berusaha menghindari “ranjau2 jebakan” yang entah *disengaja ataupun tidak* yang dipasang oleh marketplace dengan istilah “sistem”…

  • 15 Juni 2019 - (00:48 WIB)
    Ya sebaiknya berhati hati saja … jangan banyak menaruh saldo baik di OVO ataupun di saldo tokopedia sendiri. Karena saya kaget kejadian 2 bln berlalu masih bisa tiba2 ditarik dana dan tanpa alasan jelas juga. Kalo demikian siapa yg tahu kalo ntar ada lagi transaksi yg mana lagi (kan dlm bbrp bulan pasti byk transaksi juga) yg disebut pelanggaran lagi lalu dana dipotong2 lagi secara tiba2.
  • 17 Juni 2019 - (14:35 WIB)
    Melanjuti surat saya. Tokopedia telah menelepon dan mengembalikan cash back saya sejumlag 163rb dengan menjelaskan ada kesalahan dari sistem tokopedia.
  • 19 Juni 2019 - (16:51 WIB)
    Sama Sis saya juga baru kena, caranya sama persis, saya belanja saat promo THR, bunyi alasannya sama persis dengan punya sis dan saat dimintai bukti katanya rahasia (WTF, bisa pulak rahasia), saldo ovo point saya ditarik 300rban, saya sih sdh kapok pake Tokopedia, mau hapus akun atau unlink OVO pun tak bisa, terpaksa jd gak pakai ovo juga, takut tar ovo poin tiba2 ditarik Tokopedia lagi.
  • 21 Juni 2019 - (10:37 WIB)
    Hari ini ovopoint saya dipotong Rp.632.000 atas pembelanjaan di bulan MEi 2019
    Alasannya ya begitulah..tokepedia berhak…..dll
  • 26 Juni 2019 - (19:40 WIB)
    Saya juga mengalami hal yang hampir mirip, cashback ditarik tanpa alasan jelas, CS berganti orang terus, alasan berulang – ulang, hanya merujuk ke sistem. Apakah pihak Tokopedia menghubungi sis setelah surat ini diterbitkan? Atau sis tetap mengajukan pertanyaan ke pihak Tokopedia?
  • 26 Juni 2019 - (20:23 WIB)
    Saya yang mengajukan pertanyaan lagi ke tokped dikarenakan tiba2 akun saya tidak bisa menggunakan semua promo lagi. Tapi sekarang sudah normal kembali

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menarik Kembali Cashback dari Pembeli dan Penjual

Feliana Sasongko 1 menit
13