Dana Penjualan Dipotong Shopee dengan Alibi Diikutsertakan Promo Percobaan Tanpa Konfirmasi dan Persetujuan Seller

Sebelumnya perkenalkan, saya Indra sebagai satu seller di Shopee. Melalui Media Kosumen ini saya berharap mendapatkan masukan dan berbagi pengalaman yang kurang menyenangkan atas tindakan Shopee untuk penjualan di toko online saya.

Pada tanggal 17 Juli sebagai seller saya menerima notifikasi dari Shopee bahwa ada Promo Gratis Ongkir untuk seller yang ingin bergabung yang setiap penjualannya akan dikenakan biaya admin sebesar 3%. Sebagai seller yang peduli dan sudah cukup lama berjualan di Shopee sebagai star seller, maka saya memberikan masukan khusus akun star seller dikenakan biaya admin di bawah ketentuan promo, karena star seller sudah dikenakan admin sebesar 1% pada setiap transaksi.

Singkat cerita pada tanggal 28 Agustus saya sedang memproses untuk pesanan yang masuk pada toko saya dan secara tidak sengaja saya memperhatikan biaya admin yang dikenakan untuk transaksi tersebut. Alangkah herannya biaya admin yang dikenakan tidak 1%, tetapi lebih dari 1%. Saya hitung sekitar total 4% dikenakan biaya admin untuk pesanan yang sedang saya proses. Lalu saya coba cek transaksi penjualan lainnya yang hasilnya juga dikenakan biaya admin lebih dari 1%, atau sekitar 4%.

Atas hal ini saya coba komplain melalui telepon ke CS Shopee dan dicek memang akun saya terdaftar pada Promo Gratis Ongkir Tanpa Minimum. Lalu saya sampaikan bahwa saya tidak pernah mendaftar promo tersebut dan CS Shopee mencoba investigasi terkait hal tersebut dan selang beberapa menit disampaikan bahwa akun toko saya terpilih untuk diikutsertakan percobaan/trial tanpa biaya admin untuk Promo Gratis Ongkir Tanpa Minimum. Saya komplain via CS tersebut bahwa saya tidak mendapatkan notifikasi apaun terkait hal tersebut. Singkatnya CS akan memproses komplain selama 3 hari kerja ke depan yang sampai surat ini dibuat belum ada penyelesaian terkait hal ini.

Selain itu saya juga coba memproses komplain saya via email pada hari yang sama yaitu tanggal 28 Agustus terkait hal yang sama dan semua CS yang reply email komplain saya sampai saat ini tanggal 2 September beralibi bahwa trial promo sudah berakhir, tetapi saya sebagai seller tidak mengisi form penghentian promo.

Saya sangat aneh dan bingung dikirim ke mana form penghentian tersebut? Notifikasi ke mana form penghentian dikirimkan? Diikutsertakan saja tanpa konfirmasi apapun ke seller. Semua CS yang me-reply email komplain saya semua beralibi sama, tetapi saya minta bukti pengiriman form penghentian promo kapan pertama dikirim dan kemana semua CS tidak dapat memberikan bukti. Baru tanggal 30 Agustus ada notifikasi via email bahwa trial Promo Gratis Ongkir Tanpa Minimum tanpa biaya admin dikirimkan ke email saya (terlampir buktinya).

Saya mohon pendapatnya, apakah mungkin hal ini dapat dibawa ke pihak yang berwajib dan dilaporkan ke YKLI?

Indra
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 2.9]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...
Tentang Penulis
Yusrida Aquindira  

karyawan Swasta dibidang e-commerce

3 komentar untuk “Dana Penjualan Dipotong Shopee dengan Alibi Diikutsertakan Promo Percobaan Tanpa Konfirmasi dan Persetujuan Seller

  • 4 September 2019 - (10:18 WIB)
    Kasusnya sama nih, saya juga salah satu star seller di Shopee dan waktu itu juga dapat email mengenai program gratis ongkir Rp 0 dan saya tidak mendaftarkan toko saya untuk program tersebut.
    Tapi ternyata pada tanggal 31 Agustus jam 7 malam dapat email dari Shopee bahwa mulai 24 Agustus program gratis ongkir Rp 0 bebas biaya admin sudah berakhir dan akan dikenakan biaya admin kedepannya sebesar 3+1 %
    Banyak sekali hal janggal yang terjadi selama program gratis ongkir Rp 0 dari shopee ini.
    Pertama saya tidak pernah mendaftarkan toko saya tetapi kenapa toko saya diikutkan dalam program ini.
    Kedua, program gratis ongkir Rp 0 bebas biaya admin berakhir tanggal 24 Agustus, kenapa Shopee baru menghubungi seller via email pada tanggal 31 Agustus.
    Ketiga, saya coba menghubungi CS Shopee dan mereka menginformasikan bahwa proses pemberhentian program gratis ongkir Rp 0 membutuhkan waktu 1 minggu dari Hari Senin setelah hari pelaporan. Jadi jika seller melapor hari selasa maka akan diproses hari Senin minggu berikutnya dan membutuhkan waktu 1 minggu lagi setelah diproses.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Dana Penjualan Dipotong Shopee dengan Alibi Diikutsertakan Promo Perco…

Yusrida Aquindira 2 menit
3