Lebih dari 10 Hari Pembayaran Transaksi di Bukalapak Tidak Terverifikasi dan Tidak Ada Kejelasan

Salam hormat,

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Salam juga kepada Ibu Intan Wibisonono (Bukalapak). Entah saya harus mengadu kemana lagi dari saluran Bukabantuan BUKALAPAK yang sudah 10 hari (sampai saya menulis surat ini) belum ada kejelasan.

Kronologinya: saya belanja di Bukalapak dengan nomor invoice: BL1913YKXZLCINV nomor transaksi: 192485080729, pembayaran dengan QR Code CIMB Niaga sebesar Rp2.501.000,-pk 15:04 WIB, Sabtu, 19 Oktober 2019. Ini dilakukan sebelum batas waktu pembayaran dan dinyatakan berhasil berdasarkan mutasi bank. Namun betapa kagetnya saya ketika pembayaran dinyatakan kedaluwarsa.

Saat itu juga saya komplai melalui CS dengan via formulir disertai dengan screenshot Bukti Pembayaran. Karena dikira Sabtu-Minggu adalah libur, akhirnya saya menunggu pembayaran tersebut terverifikasi di hari Senin. Namun ternyata tidak ada balasan apapun, sehingga saya lapor komplain via chating dengan CS Dami (21/10/2019). Hasilnya hanya diminta “menunggu, laporan akan ditindaklanjuti oleh tim terkait”.

Tunggu sampai bosan, lewat Chat maupun Form dengan tiket #17157472 dan nomor komplain lainnya yang saya sudah CAPEK dan BOSAN dengan jawaban CS baik lewat chating/form Bukabantuan, jawabannya cuma template dan kata-kata robot. Sudah hampir lebih dari 5 kali. Intinya sekarang sudah lebih dari 4×24 jam dari yang dijanjikan, TIDAK ADA KEJELASAN DANA Verifikasi PEMBAYARAN transaski tersebut.

Baru kali ini menemukan marketplace di Indonesia seperti ini dengan anggapan bahwa Bukalapak sangat “kuno”. Masa pembayaran transaksi belum masuk, tidak otomatis? Padahal dilihat dari usia, Bukalapak bukan marketplace baru. Ini lah yang saya heran.

Mohon , dengan surat ini Bukalapak segera mengembalikan uang pembayaran tersebut dan tidak perlu dilanjutkan transaksinya. JANGAN DIPERSULIT LAGI untuk minta bukti-bukti, karena semua sudah saya kirim. Tolong buatkan manajemen komplain yang baik, supaya tidak mengulang-ulang kronologi komplain dari awal. Cukup dengan satu nomor tiket, semua bisa di runut masalahmya. Bahkan di salah satu komplain saya, tiba2 ditutup tanpa kejelasannya.

Maafkan saya bila ada yang kurang enak dibaca, karena sudah letih menunggu.

Salam hormat,

Andy Suhendra
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:5    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Lebih dari 10 Hari Pembayaran Transaksi di Bukalapak Tidak Terverifikasi dan Tidak Ada Kejelasan

  • 29 Oktober 2019 - (15:14 WIB)
    Permalink

    Baca di berita2 sih katanya Bukalapak banyak MEM-PHK karyawan bagian CS-nya. Mungkin ini salah satu dampaknya.

    Anyway, sy punya pengalaman kena fraud oleh seller di e-Bay. Begitu sy komplain, langsung ditangani oleh 1 orang CS, dan dalam 1×24 jam dana sudah kembali ke limit kartu kredit, tanpa harus menunggu “tim terkait”. Inilah bedanya CS di e-commerce2 kita sama yg di luaran sana. Di kita CS hanya tukang terima laporan saja, gak dikasih kewenangan memutuskan. Makanya jawabannya standar: “Mohon menunggu, sudah diteruskan ke pihak terkait”. ??? Lha tim terkaitnya itu siapa dan di mana, kita gak tau. ???

    • 29 Oktober 2019 - (15:23 WIB)
      Permalink

      Betul2…gak bisa buat MANAJEMEN KOMPLAIN yaa…duh sedih dengernya untuk BL.. mwmjadi obrolan warung kopi…kalau begitu terus menerus jadi numpuk komplainnya..Bayangkan, sekarang saja saya sudah dapat nomor tiket keomplainlebih dari 5tiket..gak tahu jejaknya..Cuma saat di buka yah..jawaban robor semua..:(

      • 29 Oktober 2019 - (20:36 WIB)
        Permalink

        dan terjadi lagi,pelakune sopo,Bukapalak lagi!
        seandainya saja waktu pembayaran saya yang lalu terverifikasi,niscaya saya tidak akan kehilangan uang 8juta 700ribuan!
        pesanan saya dari mulai pembayaran hingga kedaluwarsa itu waktunya hampir 12 jam!
        kudu misuh ae!

        • 30 Oktober 2019 - (06:04 WIB)
          Permalink

          Maksudnya pa’e, uang nya raib, tidak kembali??? Wahh saya jadi worried…gmn bisa uang pembayaran tidak terverifikasi bisa (dianggap) hilang??? Wahh gmn neh Bukalapak (scamm)….

  • 30 Oktober 2019 - (01:28 WIB)
    Permalink

    Kejar terus. Saya jg pernah kadaluwarsa pdhl metode transfer manual dan sudah transfer sesuai sampai 3 digit trakhir. Mutasi sudah dikirim sebagai bukti. Setelah 3 hari kerja baru terverifikasi. Pdhl apa sih susahnya lihat mutasi bank mereka. Tinggal nyocokin aja kok butuh 3 hari zzzz. Apalagi punya saya kode bayarnya juga udah bener.

    • 30 Oktober 2019 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Iyaa ini yg sy jg bingung? Katanya pelayanan 24 jam, namun di salah satu jawaban CS, krn hari libur sabtu-minggu, tidak bisa cek mutasi..;( masa perusahaan dng bank gak bisa track mutasi, loh wong kita yg rakyat jelata aja bisa cek e banking kita 24 jam…
      Selamat lah mba.. 3 hari sdh verfied pembayarannya… Ini saya sdh 10+d , blm ada kejelasananya..

  • 30 Oktober 2019 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Buat pengalaman om, kalau beli barang apapun dengan jumlah diatas 500K mending jangan BL deh walaupun ada promo atau paling murah dibanding MP lain. Bikin sakit ati doang, emosi yang ada. Di BL mah mending cari receh kek promo games. Kalo buat beli gadget atau barang elektronik mending tempat lain. Mereka hanya cari traffic besar untuk laporan ke calon investor biar si zaky makin tebel dompetnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Lebih dari 10 Hari Pembayaran Transaksi di Bukalapak Tidak Terverifika…

oleh Andy Suhendra dibaca dalam: 1 min
7