Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

Kejadian ini berawal dari inisiatif saya untuk membayar tagihan Shopee PayLater saya sebelum jatuh tempo. Dari tanggal 26 Desember 2019, saya sudah tidak bisa akses fitur Shopee PayLater saya, karena kendala teknis di aplikasi Shopee saya. Karena tidak mau melewati jatuh tempo (tanggal 5 Januari 2020), saya menghubungi CS Shopee melalui chat karena saya ingin membayar tagihan Shopee PayLater.

Denda keterlambatan

Lalu pada tanggal 27 Desember 2019, saya mendapat email dari CS Shopee bernama Rain yang menjelaskan mengenai langkah-langkah yang dilakukan terkait kendala yang saya hadapi, dan saya sudah lakukan semua yang diinstruksikan, termasuk prosedur pembayaran dilakukan secara MANUAL alias transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebagai penyedia dana Shopee PayLater.

Bukti transfer pembayaran tagihan

Pada tanggal 31 Desember 2019 jam 14:36 WIB, saya lakukan pembayaran tagihan melalui transfer langsung ke PT. Lentera Dana Nusantara sebesar Rp306,264. Lalu saya kirimkan semua bukti-bukti pembayaran/transfer saya ke email CS Shopee di hari yang sama (31 Desember 2019). Saya anggap kewajiban saya sudah selesai dan saya coba install ulang aplikasi Shopee saya dan berharap fitur Shopee PayLater saya bisa kembali digunakan, dan akhirnya berhasil.

Fitur Shopee PayLater saya tampil dan bisa diakses, hingga saya pikir semua sudah beres. Namun, tanggal 7 Januari 2020 muncul notifikasi bahwa saya belum membayar tagihan Shopee PayLater saya. Saya komplain ke CS Shopee melalui chat dan dibuatkan laporan nomor: 41909337 dan mereka memberitahu bahwa proses verifikasi data akan memakan waktu maksimum sekitar 14 hari kerja.

Setelah 7 hari kerja, saya kembali mengajukan komplain ke CS Shopee dan menanyakan perihal denda yang dikenakan kepada saya dan CS yang menjawab adalah Nurika, yang menjelaskan bahwa denda akan dihapuskan begitu data pembayaran sudah terverifikasi. Beberapa hari kemudian ada yang menelepon saya, dan saya jelaskan bahwa saya sudah melakukan semua yang harus saya lakukan. Dan CS yang menelpon juga berjanji akan membantu menginformasikan ini kepada pihak terkait dan dibantu dibuatkan laporan kedua nomor: 41273156.

Namun, sekali lagi hingga saat ini tanggal 29 Januari 2020 yang mana sudah 20 hari kerja, masalah ini belum juga bisa diselesaikan oleh Pihak Shopee Indonesia. Dan hampir setiap hari notifikasi muncul untuk segera melunasi tagihan dan denda terus berlanjut hingga saat ini (29 Januari 2020) jumlah tagihan saya menjadi Rp462.178. Dan Shopee PayLater saya pun sudah benar-benar tidak bisa digunakan lagi seperti di-nonaktifkan dari sistem aplikasi Shopee.

Tagihan Januari 2020 + Denda

Untuk itu, mohon tanggapan dan penyelesaiannya kepada pihak Shopee Indonesia mengenai hal ini, karena mohon maaf saja, saya merasa sangat kecewa dengan pelayanan Shopee yang merugikan konsumen seperti saya, terlebih saya adalah user Shopee dengan predikat Platinum Member yang sudah menjadi user Shopee selama 2 tahun dengan jumlah transaksi ratusan.

Saya tunggu tanggapan dan penyelesaiannya dari pihak Shopee Indonesia.

Terima kasih atas perhatiannya.

Salam,

Wida Marliany
Purwakarta, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee PayLater:
[Total:46    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

45 komentar untuk “Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

  • 31 Januari 2020 - (13:00 WIB)
    Permalink

    maaf kk,
    apa dendanya bukan karena jumlah tagihan di shopee itu Rp. 321.577,- tetapi yang di bayarkan hanya Rp. 306.264,- ?

    • 12 Maret 2020 - (06:37 WIB)
      Permalink

      Iya kyak ny bermasalah krna transfer tidak sesuai sama tagihan yg di shoopelater nya…jdi sistem nya tidak bisa mncri krna total tagihan sma yg ditransfer beda..

      • 16 April 2020 - (15:00 WIB)
        Permalink

        Hello kakak semua aku pengen tau ko kk semua limitnya pada besar ya limit saya kenapa kecil banget pertama dptny cuma 750rb , saya member gold shopee udh belanja dishopee bnyk bft udah lama juga . tpi kok limitny diksh cm 750 rn y ? Dan stlh byr cicilan g naik limitnya . kenapa y ka kira2

        • 12 Juni 2020 - (05:14 WIB)
          Permalink

          Saat baru dapat saldo shopeepay later yang 750rb itu kan ada notif penawaran untuk pengajuan tambahan saldo kak.. tapi aku juga belum nyoba sih..

    • 12 Juni 2020 - (05:23 WIB)
      Permalink

      Saya jadi takut pakai shopeepaylater.. dan otomatis mengurungkan niat saya untuk belanja di shopee kalau begini caranya.. tanpa masalah seperti ini pun hidup sudah tidak mudah.. apalagi ditambah susah mikirin hutang begini.. ayo shopee diperbaiki dan dipublikasi kalau tidak pelangganmu pada kabur semua..

  • 1 Februari 2020 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Sya jg ad mslh d shopeepay letter tgl 31 udh sy lunaskan tagihan untuk tgl 5 tp limit yg kmbali ga sesuai .sudah hbngi cs shopee malah masih proses dan proses g tau kelar kapaaannn

    • 26 Februari 2020 - (18:07 WIB)
      Permalink

      Saya juga ngga bisa pakai shopeepaylater saya, udah bayar tagihan tapi limitnya ngga balik lagi, sisa limitnya masih banyak sekarang tapi ngga bisa dipakai buat belanja, apakah shopeepaylater kak rina bisa dipakai sekarang? Kalo sudah bagaimana caranya?

    • 5 Mei 2020 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Sy lebih parah, pada 6 marer sy melakukan transaksi melalui shopeepay later tanpa cicilan, lalu sy byr tepat tgl 4 april, bln 5nya kok sy ditagi lagi dengan jumlah yang sama yang telah sy lunasi😢😢😢😢😢😢

  • 2 Februari 2020 - (22:29 WIB)
    Permalink

    Ternyata ada yg senasib dg saya.. Persis kejadiannya seperti mba Wida Marliany.
    Saya mau bayar lewat indomaret, tiba2 layar shopee pay later ngeblank.. Semua prosedur sdh saya jalankan, kewajiban saya membayar pun sudah saya lakukan, tp jawaban’y masih sama, baik itu lewat email, chat & telpon dg cs.. Saya diminta menunggu verifikasi.. ini mau bayar yg bln Februari, disuruh transfer manual lagi.. Hadeh… Ntar lama lagi prosesnya kek yg kmrn

    • 7 Juni 2020 - (14:03 WIB)
      Permalink

      ma’af kakak ap sudah ad solusinya ? aq juga ngalami kayak gini n aq dah ngikuti arahan cs buat tf d rekening ats nama Lentera Dana Nusantara n d suruh kirim bukti tf by WA. tp sampai sekarang belom ad kabar sama sekali dr pihak shopee.. takutnya ntar belom selesai n bunga terus berjalan sedangkan akun shopee aq gk bisa d buka sama sekali.. tolong info nya y kakak.. terimakasih

    • 18 Juni 2020 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Kak, mau tanya. Apakah nomor rekening PT. LDN dimana kakak transfer manual buat ngelunasin shopee paylater itu sama kaya yg lampirkan di blog ini?
      Kira2 bisa gak ya saya langsung transfer ke nomor tsb, apa harus tanya2 ke cs nya dulu?

  • 25 Februari 2020 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Kalo saya tidak bisa belanja memakai shopee paylater lg.. Pdhl 2 hari sebelum nya bisa belanja.. Tp sekarang tiap mau klik pin shopee paylater tidak respon pdhl pin benar.. Sudah coba hubungi shopee lewat chat tp respon nya hanya proses terus sampai skrg .. Tolong bantu saya

  • 6 Maret 2020 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Saya mau bayar shopee pay later tapi saya lihat kok tidak ada tombol bayar nya 😭 malah justru ganti link “unduh kontrak” udah telat 1 hari. Takut kalu dibiarkan malah nambah terus nominalnya. Ada yang bisa bantu saya 😭

  • 20 Maret 2020 - (01:16 WIB)
    Permalink

    saya juga sama ada masalah pda shopee paylater ga bisa digunakan. ga bisa transaksi. hanya mentok masukan pin. udah smpe ganti pin jga ttep aja. brkali2 komplain & udh ikutin smua instruksi dri cs shopee ttep ga ada solusi hnya dibles tdk ada msalah pda sistem & dicoba kmbali . trus aja dicoba kmbali ttep ga brubah. klo udh bnyak yg komplain hrusnya udh ada solusinya & bsa dipakai lgi kan ya.

      • 4 April 2020 - (09:27 WIB)
        Permalink

        Saya kira hanya saya yg ada pengurangan limit.
        Trnyata setelah baca komentar, semua nya di kurangin limitnya.
        Dan pdhal sih saya gk pernah telat bayarnya.
        Tp limit saya hanya jadi ratusan ribu. limit tdk bisa kembali jg, pdhal sdh melakukan pembayaran dan pelunasan.

  • 24 Maret 2020 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Kak kalo mau menonaktifkan shopeepaylater itu gimana? Sebelumnya si belum pernah belanja pake shopeepaylater. Mohon bantuannya

  • 28 Maret 2020 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Halo disini ada yg sama gak kayak saya? Padahal bayar tepat waktu, terus limitnya dikurangi. Katanya krn pengaruh Covid19 padahal limit saya masih banyak. Dan bayar slalu tepat waktu. Bikin kzl aja nih shopee!

  • 30 Maret 2020 - (15:03 WIB)
    Permalink

    Saya baru cek limit shopee paylater saya. Dan kaget limitnya di kurangi 720 rb, padahal saya bayar per bulan gak pernah telat. Dan pengurangan limit ini tidak ada pemberitahuan dahulu. Mohon infonya. Karna sy pengguna setia shopee

  • 11 April 2020 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Sama. Kasus saya belanja dengan shopee paylater semua dana dikembalikan karena penjual tidak respon. Akhirnya shopee paylater saya kembali full limitnya. Tapi setelah itu shopee paylater sasay gak bisa digunakan lagi/ gak aktif. Sudah chatt dengan cs berkali-kali tapi cuma disuruh nunggu dan nunggu terus. kirim email juag gak pernah dibales. Pada kemana bagian teknisnya. Ni aplikasi error dibiarin aja. Konsumen dirugikan.

  • 17 April 2020 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Shopee Pay later yang dikelola oleh Lentera Dana selaku RO (baca RNTENIR ONLINE) menerapkan kebijakan yang ambigu dikarenakan system yang bekerja bukan di imbangi oleh manusia. Pengalaman saya turun limit dikarenakan ada 2 (dua) masalah pertama telat bayar meskipun seminggu atau karena system pembelian…jika shopee melihat kita dicurigai membeli yang bukan official store biasanya mereka langsung menurunkan limit seperti RO lain ( misal kredivo) juga begitu, gak pernah bayar telat tetapi kita di curigai membeli yang bukan tempat official store misal di Tokopedia, Shopee langsung suspended, pengalaman saya kemarin dapet limit 5 juta di shopee terus gak bisa di gunakan karena saya membeli barang di shopee yang di curigai order fiktif jadi langsung blank (memang saya beli order fiktif sih..he..he..) pakai aku temen terus saya sedot lewat rekneneing temen dananya …seperti Kredivo juga begitu jadi kebanyakan RO ini di jalankan karena menggunakan system jadi kadang verifikasinya juga error…lain dengan Tatalite RO sebelah ini lumayan menghormati customer…limit saya 9 juta saya gagal bayar selama 3 bulan (Okt-Nov-Des) saya abaikan sampai januari, kemudian baru bulan ini ini ada rezeki saya baru bisa bayar separo …meskipun limit tidak naik tetapi akun tetap aktive dan bisa digunakan kembali…sepertinya PT. Lentera Dana selaku penyedia RO Shoopee menerapkan sama seperti Kredivo jadi jika di curigai belanja di non official store langsung tanpa ampun apalagi telat bayar…. sekedar share saja buat pengalaman….

  • 19 April 2020 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Jika akun shopee saya di tutup oleh pihak shopee, apakah tagihan shopee paylater saya masih berlaku?

  • 20 April 2020 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Shopeepaylater saya sudah di bekukan krn alasan covid 19 heran nya saya pengajuan shopeepaylater bulan maret di dalam tagihan bisa dari bulan november dan smua tagihan itu bukan punya saya dan tagihan saya menjadi pesanan yg sama sekali tidak saya pesan smua apa bisa ketukar shopeepaylater saya dengan orang lain???masa saya harus bayar tagihan orang lain padahal saya sll bayar tepat waktu bahkan sebelum jatuh tempo

    • 9 Juni 2020 - (16:01 WIB)
      Permalink

      Sama donk kak. Aku juga gitu.
      Tagihan April 407.000 (belum aku lunasin)
      Mei 900ribu yg seharusnya 407.000 juga.
      Lha klo aku bayar seharusnya 407.000+407.000.

      Bukan 407.000+900.000.

      • 29 Juni 2020 - (05:14 WIB)
        Permalink

        Halooo….shopeepaylater saya kenapa layarnya putih semua…?
        Tidak bisa terbuka, padahal sudah dapat notifikasi pemberitahuan pembayaran tolooong…., daya tidak dpt mlihat kode nya.😭

  • 21 April 2020 - (13:35 WIB)
    Permalink

    Jadi bener ya karena dampak covid 19 bnyk jg yang saldo nya jd 0 dari limit 2.9 padahal bayar ontime trus

  • 21 April 2020 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Update lagi saya tadi malam di tageh DC Shoopee…bener saya punya tagihan..tetapi ketika saya minta tagihan saya yang di kasihkan justru tagihan tetangga saya sama sama kota nama yang agak mirip…herap data DC nya kok eror ya…sepertinya system shoope memang IT nya kelas abal abal ini

  • 5 Mei 2020 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Sy sie tdk masalah dgn pengurangan limit karena katax akan kembali ke semulah, tp masalahx, belanja yg sy telah lunasi melalui tagihan shopeepay later di bln april, ditagihkan lg ke sy, sebanyak harga beli awal, padahal transaksix tanpa cicilan😢😢

  • 11 Mei 2020 - (04:44 WIB)
    Permalink

    iya ni saya juga PIN nya eror, ketika saya masukin pinnya, dibilang salah setelah itu saya tuer passwordnya ada keslahan teknik, jadi saya gabisa ambil dana saya, padahal lumayan pas covid kek gini

  • 29 Mei 2020 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Saya juga alami yang sama tentang shopeepaylater saya tiba2 saldo rp 0 dan dana tidak kembali normal setelah saya sudah rutin bayar angsuran mulai dari bulan januari,saya pernah tny ke cs shopee lwt email dan ditanggapi dengan cepat tapi respon balasan nya tidak menjawab pertanyaan dan diberi jawaban kalau saldo saya setelah angsuran pertama sudah dipakai sampai limit rp 0, padahal saya ga pernah pakai lagi limit shopeepaylater saya setelah bayar angsuran rutin mulai bulan januari,saya mau tanya apa ada yang pernah alami yang saya alami sekarang?dan semisal akun shopee saya di nonaktifkan apakah shopee tetap memberikan tagihan?
    Saya member gold shopee dan limit udah 1jt an

  • 3 Juni 2020 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Limit gue juga sampe nol…nol…nol..
    Katanya penyesuaian karena covid 19
    Limit sampe nol dibilang penyesuaian…🤣🤣
    Bilang aja takut bangkrut..🤣🤣
    Jadi males lah pake peleter peleter gini.
    Giliran ekonomi bagus, mau deh untung, giliran ekonomi goyang dikit langsung main cabut.
    Plissss….bekukan paylater saya ..
    Bayar cash juga gue sanggup..
    Dikira enak gak di percaya ???

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee PayLater?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Sistem Shopee PayLater Bermasalah, Konsumen yang Kena Getahnya

oleh Wida Marlianya dibaca dalam: 2 min
45