Lambatnya Prosedur Pengembalian Top Up Saldo DANA yang Gagal

Saya ingin menyampaikan keluhan saya mengenai prosedur pengembalian atas top-up yang gagal di aplikasi DANA. Berikut kronologinya:

  1. Tanggal 31 Januari 2020, saya melakukan top-up saldo DANA sebesar Rp6.000.000 melalui m-Banking Bank Permata pada pukul 17.44 WIB. Saat itu juga, masuk notifikasi dari Bank Permata yang menyatakan kalau transaksi saya berhasil. Saldo rekening saya pun sudah berkurang. Tapi saldo DANA saya tidak bertambah.
  2. Tanggal 1 Februari 2020 pukul 10.20 WIB, saya menelepon CC (Customer Care) DANA. Dari CC tersebut, saya mendapat informasi bahwa status top-up saya gagal dan saya diminta menunggu 1×24 jam untuk proses pengembalian dananya ke rekening Bank Permata saya.
  3. Tanggal 2 Februari 2020 saya kembali menghubungi CC DANA melalui email. Akhirnya, saya diminta mengirimkan mutasi 31 Jan – 2 Feb 2020, nominal top-up yang gagal, nomor rekening, dan nama pemilik rekening untuk proses pengembalian dana.
  4. Tanggal 3 Februari 2020 saya mendapatkan email dari CC DANA yang menginformasikan bahwa estimasi proses pengembalian dana saya adalah 7-14 hari kerja, terhitung sejak tanggal 3 Februari 2020. Jelas saya keberatan. Karena enam juta rupiah bukanlah nominal yang kecil. Dan uang tersebut saya perlukan untuk biaya keluarga saya sehari-hari. Saya pun membalas surat tersebut dan menyatakan keberatan saya.
  5. Tanggal 4 Februari 2020 saya kembali menanyakan kelanjutan pengembalian uang saya melalui email. Tapi lagi-lagi balasan CC DANA hanyalah “mohon kesediaan saya untuk menunggu”.
  6. Hingga hari ini, 6 Februari 2020, pengembalian uang dari DANA belum masuk ke rekening saya. Ketika saya tanyakan melalui telepon, CC DANA pun hanya menjawab bahwa keluhan saya sedang diproses.

Melalui surat ini, saya berharap ada itikad baik dari pihak DANA untuk memperbaiki pelayanannya dan mempercepat proses pengembalian dana saya. Sekali lagi, saya sangat membutuhkan uang tersebut untuk kebutuhan hidup. Saya kecewa dengan profesionalitas DANA dalam menangani keluhan konsumen. Dan kejadian ini membuat saya kapok menggunakan aplikasi DANA.

Helen Rumiris
Jakarta Timur


Update: Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari PermataBank sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai DANA:
[Total:3    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan DANA atas Surat Ibu Helen Rumiris

Menanggapi surat pembaca yang ditujukan kepada kami oleh Ibu Helen Rumiris yang dimuat di mediakonsumen.com, pihak DANA telah menghubungi konsumen...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “Lambatnya Prosedur Pengembalian Top Up Saldo DANA yang Gagal

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Lambatnya Prosedur Pengembalian Top Up Saldo DANA yang Gagal

oleh Helen dibaca dalam: 1 min
6