Tokopedia Kerap Suspend Akun Toko Resmi Legal dan Pengiriman Sampai ke Pelanggan

Saya menyesalkan kezoliman yang dilakukan oleh pihak Tokopedia. Akun penjual Tokopedia Toko Happy Aja disuspend secara sepihak oleh Tokopedia.

Padahal Toko Happy Aja sudah memiliki izin resmi dari OSS BKPM, Kominfo, dan Kepolisian. Surat izin resmi sudah dilampirkan ke Tokopedia. Tapi, Tokopedia kerap bikin aturan aneh yang sepihak. Toko yang sudah legal dan bayar pajak justru disuspend oleh Tokopedia. Dan, anehnya toko yang tidak memiliki izin yang jumlahnya ribuan di Tokopedia justru tidak disuspend.

Pengiriman ke pelanggan pun barang 99 persen sampai ke rumah atau alamat pelanggan Toko Happy Aja. Karena Toko Happy Aja memiliki motto pengiriman barang adalah amanah dan kepercayaan serta kejujuran Toko Happy Aja merupakan hal utama.

Selain itu, saya juga sering beli barang di Tokopedia dan beriklan di Tokopedia. Uang yang sudah dikeluarkan pun sudah banyak. Tapi Tokopedia selalu zolim dengan akun Toko Happy Aja. Karena selalu melindungi toko yang ilegal tapi suspend toko yang legal dimana kejujuran barang sampai ke pelanggan.

Saya sebagai pemilik Toko Happy Aja sudah lelah dengan kebijakan Tokopedia yang zolim dengan penjual yang jujur. Yang mana CS Tokopedia sering gagal paham jika penjual mengajukan banding. Sering tambah masalah bukan solusi dari masalah.

Jika di Marketplace lain seperti Bukalapak, Jd.id, Blibli, Lazada, Shopee dll, masalah saya ini sudah selesai dalam 2 jam. Tapi dengan tokopedia, masalah penjual bisa berlarut-larut nggak selesai masalahnya. Padahal seluruh bukti tertulis, bukti legal, bukti pengiriman dan bukti-bukti fisik lain sudah dikirimkan ke Tokopedia. Kembali, saya sebagai penjual dikecewakan.

Memang seharusnya, sejak surat pembaca ini ditayangkan suspen toko Toko Happy Aja di Tokopedia dicabut dan Toko Happy Aja dipulihkan akunnya seperti sediakala yaitu peforma dan reputasi Toko Happy Aja menjadi 100 persen.

Saya sudah dirugikan banyak hal dari kasus ini dari waktu, mengajukan banding yang nggak pernah ada solusi, mengeluarkan uang atau biaya dan beban psikologis lainnya.

Mohon bagi Tokopedia belajar dari kasus saya ini yaitu melindungi penjual yang legal di mana pengiriman barang selalu sampai ke konsumen atau pelanggan bukan percaya dengan hoax atau laporan tidak bertanggung jawab. Karena saya punya bukti atau fisik tertulis. Terima kasih.

Toko Happy Aja/Ferro Maulana
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Tokopedia Kerap Suspend Akun Toko Resmi Legal dan Pengiriman Sampai ke Pelanggan

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Kerap Suspend Akun Toko Resmi Legal dan Pengiriman Sampai ke…

oleh Ferro Maulana dibaca dalam: 1 menit
2