Indihome Tidak Bisa Terpasang karena Jarak 190m yang Jauh

Saya ingin bercerita pengalaman saya memesan pemasangan Indihome Fiber. Dalam masa pandemi ini, aktivitas saya dan sekeluarga lebih banyak dilakukan di rumah. Saya sendiri melakukan WFH (Work From Home) dikarenakan kebijakan kantor yang mewajibkan saya bekerja secara remote. Akhirnya saya menyadari biaya paket internet bulanan yang saya gunakan per bulan semakin membengkak. Melebihi 600 ribu per bulannya. itu belum termasuk biaya paket internet orang tua dan adik saya.

Kemudian saya memutuskan untuk menggunakan layanan Internet Fiber. Ketika saya melakukan survei yang meng-cover daerah saya hanyalah Telkom Indihome. Di sekitar rumah saya juga terdapat 1 rumah yang menggunakan layanan indihome.

Pada hari Senin, 13 Juli 2020 akhirnya saya memutuskan untuk registrasi berlangganan melalui Aplikasi myIndihome. Setelah mengisi profil data diri yang dibutuhkan dan membayar deposit saya mendapatkan nomor track ID: MYIR-10210147690001 . Tak lama kemudian, di sore hari saya mendapat telpon dari CS yang mengatakan teknisi akan datang keesokan harinya.

Keesokan harinya, kira-kira jam 10 pagi, tibalah 2 orang teknisi telkom yang datang untuk melakukan survey ke lokasi rumah saya. Ia memberitahu saya jika jarak antara ODP terdekat dengan rumah saya itu lumayan jauh sekitar 350 M. Ia juga meminta saya untuk melakukan cancel registrasi. Saya tentu heran, bagaimana bisa ODP ke rumah saya jauh sedangkan tetangga disebelah rumah saya bisa memasang Indihome. Saya memberi tahu bapak teknisi itu tentang hal tersebut. Kemudian Ia menjelaskan bahwa ODP yang tersambung ke rumah tetangga saya sudah penuh. sehingga ODP terdekat ke rumah saya adalah ODP yang berada di depan rumah sakit yang menurut mereka berjarak 350M.

Mereka berdua akhirnya pergi pamit. Saya yang masih penasaran kemudian melakukan survei sendiri tentang keberadaan 2 titik ODP tersebut:

Pertama yang saya cek adalah ODP yang tersambung kerumah tetangga saya berikut adalah jarak lokasinya menggunakan Google Maps:

Dari gambar tersebut dapat terlihat di dot merah merupakan titik ODP yang pertama yang berjarak kira” 170m
berikut adalah gambar dari ODP yang dimaksud:

Kemudian saya melanjutkan survey ke titik ODP ke 2 yang berada didepan rumah sakit:

Dari gambar tersebut dapat terlihat di dot merah merupakan titik ODP yang pertama yang berjarak kira” 190m
berikut adalah gambar dari ODP yang dimaksud:

Dari perkiraan google maps terdapat perbedaan jauh antara 350m dengan 190m dengan selisih kira 150m. Saya bersedia melakukan penambahan biaya untuk penarikan kabel ke rumah saya agar tersambung ke ODP ini.

Terakhir, saya berharap kepada jajaran staff Telkom Regional 2 Bogor dapat menindaklanjuti hal ini dengan menambah titik ODP terdekat disekitar rumah saya. Karena keluarga saya sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat dan murah.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Muhammad Wiranegara
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:7    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Muhammad Wiranegara

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Muhammad Wiranegara pada tanggal 18...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Indihome Tidak Bisa Terpasang karena Jarak 190m yang Jauh

oleh wiranegara dibaca dalam: 2 menit
0