Merasa Dipermainkan Terkait Retur Barang di Blibli.com

Penanganan Retur Barang hanya Janji-Janji Saja dan Merasa Dibodohi oleh Blibli.com

Saya pembeli di Blibli.com dengan nomor laporan CASEMGMT-729900204 dan nomor retur RMA303360. SKU produk “BLG-60036-00025”.

Saya membeli produk tersebut tapi ada permasalahan pada motherboardnya. TIdak bisa membaca SSD NVME dan ada glitch pada logo MSI. Pada tanggal 15 Juli 2020 (hari Rabu) saya mengirimkan barang retur ke Blibli.com dan pada sore harinya barang sudah diterima oleh pihak Blibli.com. Setelah itu saya mendapat email konfirmasi bahwa solusi akan didapat maksimal 1 hari setelah email diterima jika kondisi barang sesuai pengajuan.

Tapi tidak lama kemudian saya mendapat email bahwa ada keterbatasan dari pihak Blibli.com untuk pengecekan dan akan dikirim ke pihak seller. Pada saat itu tim Blibli.com sudah mendapatkan kesimpulan bahwa Tim retur BLIBLI tidak dapat melakukan pengecekan dan harus dikirim ke pihak seller. Tapi nyatanya sampai saat ini (21 Juli 2020) barangnya masih ada di BLIBLI.

Tanggal 16 Juli saya chat ke CS BLIBLI dengan agen Nuri. Dan disitu disebutkan bahwa barang dikirimkan per hari itu (16 Juli 2020) dari BLIBLI ke pihak supplier.

Tanggal 17 Juli saya kembali chat ke CS BLIBLI menanyakan update posisi barang. Dan diinformasikan bahwa barang masih dalam proses pengiriman. Disini saya memaklumi mungkin dari BLIBLI memakai jasa pihak ketiga jadi proses sampai ke tujuan agak lama.

Tanggal 18 Juli saya menanyakan kembali update barangnya apakah sudah diterima. Dan alangkah kagetnya saya ketika mendapat jawaban bahwa BARANGNYA TERNYATA BELUM DIKIRIM dan masih di BLIBLI. Jadi 2 hari kemarin ketika saya dapat jawaban “Barang sedang proses kirim” itu adalah jawaban BOHONG atau bagaimana?

Ketika saya sedang chat mempermasalahkan informasi tersebut, ada telpon yang mengatas namakan dari tim prioritas BLIBLI. Mengatakan bahwa memang barangnya belum dikirim dan baru akan dikirim Senin. Dijanjikan bahwa prosesnya akan dipercepat dan diprioritaskan. Dan sekaligus menjelaskan terkait tanggal 16-17 kenapa belum dikirim.

Pada intinya adalah dari tim prioritas berdalih karena ada banyak returan lain. Ya disini saya iya-iya saja karena sudah malas berdebat walaupun ada beberapa alasan yang tidak masuk diakal dan bias disanggah. Dan yang menjadi kekecewaan saya saat itu adalah kenapa tanggal 16 dan 17 juli ketika saya tanya jawabannya sudah diproses kirim?

Tanggal 20 juli jam 11 siang, saya konfirmasi lagi ke CS dengan nama/alias Shafa terkait pengiriman karena saya cek di menu pengembalian barang masih belum ada update. Dan CS Shafa bilang bahwa hari itu (20 juli) sedang jadwal pengiriman ke Service Centre.

Lalu dari jam 3 sore sampai 5 sore saya update berkala ke CS melalui CS Puspa dan diinformasikan bahwa barang dalam proses pengiriman. Dan berulang kali saya pastikan apakah barang benar sudah dikirim dan jawabannya adalah sedang kirim barangnya ke Service Centre.

Tapi jam 7 malam saya chat dengan agent Susan memastikan kembali status barangnya, ternyata jawaban yang saya dapat adalah barang belum dikirim. Disini saya kena 2x dikerjain/dibohongi dari pihak BLIBLI. Sebelumnya saya chat katanya barang dikirim, tapi ketika dikonfirmasi ulang barang belum dikirim juga. Ketika saya konfirmasi, jawaban yang saya terima selalu “diprioritaskan, dipercepat, ditangani tim khusus” yang entah itu benar adanya atau tidak. Setelah chat panjang, saya memastikan kepada agent Susan apakah besok (21 juli) barangnya dipastikan akan dikirim dan ada update resinya. Agent Susan mengatakan iya terkait pengirimannya akan diupdate per tanggal 21 Juli.

Pada hari ini 21 Juli jam 11.30, saya menanyakan updatenya kembali dan ternyata benar seperti yang sudah-sudah barangnya belum dikirim dan belum ada update.

  1. Beginikah cara penanganan retur di blibli?
  2. Beginikah cara blibli memperlakukan customer? Saya merasa dipermainkan karena dari awal berkali-kali saya dibohongi terkait posisi barang dan hanya dikasih janji surga. Dibilang akan diproses secepatnya, ditanganin tim khusus, diprioritaskan dan kata2 manis lainnya. Sudah hampir seminggu barangnya tertahan di BLIBLI
  3. Mohon dengan sangat kepada BLIBLI agar menanggapi case ini.

Terima kasih.

Mega N.A.
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]
Tanggapan Blibli.com untuk Ibu Mega Nur Aulia

Pertama-tama kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan Ibu Mega Nur Aulia untuk bertransaksi di Blibli dan mohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “Merasa Dipermainkan Terkait Retur Barang di Blibli.com

  • 23 Juli 2020 - (22:21 WIB)
    Permalink

    jika saya menyimak percakapan dari atas bahwa mbak mega membeli product komputer dengan brand MSi saran kami membawa ke service center MSI terdekat di daerah sana sertakan bukti kwitansi dari pembelian purna jual toko yang di beli dan juga warantty card MSI yang masih berlaku jika memang bukan barang service an

  • 25 Juli 2020 - (00:16 WIB)
    Permalink

    kalau bibli awal nya itu dinomarket kalau gk salah sich dan kantor nya di central park ruko datang in aja krn bibli itu bukan suatu tempat penitipan barang akan tetapi bibli hanya penyedia jasa e commerce dan memang untuk brg itu jika transaksi menggunakan bibli biasa di jemput sama pihak bibli si penjual nya kak dan jika ada satu arah ke tujuan penjual biasa nya bibli akan membawa nya barang tersebut coba tekan kan skali lagi barang kalau memang lama saran kami suruh pihak bibli kembali kan ke konsumen aja gk perlu menahan barang seseorang tanpa ada kejelasan dan kepastian nya

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Merasa Dipermainkan Terkait Retur Barang di Blibli.com

oleh Mega Nur Aulia dibaca dalam: 2 min
4