Refund Traveloka Tidak Jelas dan Tidak Transparan!

Saya Meri, ex pengguna Traveloka. Saya membuat online booking melalui aplikasi pada tanggal 12 Maret 2020, untuk penerbangan dengan 4 orang keluarga saya yang lain dengan maskapai Sriwijaya Airlines, nomor booking ID 624353391. Tujuan penerbangan adalah Jakarta-Lampung PP, masing-masing pada 21 dan 22 Maret 2020.

Karena merebaknya pandemi Covid19 pada bulan tersebut, dan karena saya merasa tidak dalam kondisi baik untuk perjalanan jauh, maka saya refund tiket saya dengan alasan “Force Majeur”, pada tanggal 20 Maret 2020. Saya ingat dengan betul policy dari pihak Traveloka jika kurang dari 4 jam dari Departure Time saya refund, maka saya akan mendapatkan refund 90% dari total harga tiket saya. Tertera bahwa total estimasi refund yang akan saya dapatkan adalah Rp 2,859,995.00. Dan itu tertera di aplikasi hingga tanggal 15 Juli 2020.

 

Setiap beberapa minggu sekali, sejak 20 Maret 2020, saya selalu follow up mengenai status refund saya. Dan selama itu pula, pihak Traveloka membalas dengan jawaban otomatis mereka untuk selalu tetap menunggu dengan sabar dan pengertian selama 90 hari.

Sampai 117 hari saya follow up dengan pihak Traveloka, saya sampaikan ke mereka kalau saya akan tulis surat pembaca jika tidak ada itikad baik dari mereka mengenai refund saya. Setelah email terakhir saya pada 13 Juli 2020, saya mendapat email dari Traveloka untuk alternatif penawaran pengganti refund dengan travel coupon Sriwijaya Air berlaku selama satu tahun dengan total Rp 2,859,995.00. Saya abaikan email tersebut, karena saat ini saya lebih membutuhkan refund cash.

Dan yang terjadi pada saat Traveloka confirmed untuk refund pada tanggal 15 Juli 2020, jumlah refund yang saya dapatkan berubah drastis hanya sebesar Rp 1,190,195.00.

Tentunya saya protes dengan hal ini. Bagaimana bisa mereka dengan seenaknya tanpa konfirmasi memotong refund saya? Dan Traveloka beralasan bahwa tidak terjadi perubahan penerbangan dari tiket saya, jadi tidak bisa dikatakan sebagai Force Majeur.

Kalau ada masalah dengan periode pembatalan travel saya, kenapa saya tidak mengetahui hal ini pada saat saya mengajukan pembatalan dan pada saat saya follow up dengan Traveloka, dan sampai 117 hari setelah pengajuan refund estimasi yang akan saya terima masih di angka Rp 2,859,995.00? Jumlah dana refund yg saya dapatkan jauh lebih rendah dibandingkan estimasi awal 2,8 juta sekian!

Selain itu, Traveloka menawarkan saya travel coupon sejumlah estimasi senilai 2,8 juta sekian sebagai alternatif refund. Kalau saya tahu di awal cash refund yang saya terima akan jauh lebih rendah, saya akan pilih travel coupon karena ini sebanding dengan estimasi refund saya 2,8 juta!

Saya sangat kecewa dari pihak Traveloka tidak ada komunikasi dengan saya sebelumnya dan dengan mudahnya memotong refund yang jauh lebih rendah dari estimasi! Sejauh ini saya merasa TIDAK ada transparansi sama sekali dari pihak Anda. Sangat disayangkan untuk perusahaan dengan gelar TOP 3 UNICORN IN INDONESIA!

I NEVER feel confident to book through Traveloka again, as this entire experience has been very stressful and has resulted in me losing a large amount of money! I definitely will share my experience to all my Indonesian and foreigner colleagues, it is not recommended to book their future travel plan via your company!

Hormat saya,

Meri
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:3    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Traveloka untuk Ibu Meri Puji Astuti

Kepada Yth., Ibu Meri Puji Astuti Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat yang ditujukan kepada Traveloka mengenai...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Refund Traveloka Tidak Jelas dan Tidak Transparan!

  • 31 Juli 2020 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Biasanya sih (berkaca dari surat2 yang sudah2) SETELAH TAYANG di sini entar si trapeloka bakal gerak cepat menghubungi konsumen & entar bakal disusulkan full amount nya…

    Memang shocking travel agent yang 1 ini, kemarin2 sih gaya2nya sok hebat, pasang iklan di TV berlangganan, jadi sponsor AGT. Eh ternyata begitu kena krisis global begini (yang bukan cuma travel agent yang merasa kesulitan, mayoritas SEMUA ORANG DI SELURUH DUNIA juga kesulitan), baru kelihatan kejelekan servisnya, belum lagi susahnya mengembalikan duit hak konsumen yang sedang mereka “pinjam paksa.” Apalagi di beberapa kasus maskapai sudah ngirim balik duitnya, jadi asli 100% duit konsumen diputer dulu.

    Di kemudian2 hari benar2 perlu di-timbang2 dengan serius plus minus pesan langsung di maskapai vs lewat travel agent (khususnya agent2 yang sudah ternyata terbukti susah bertanggung-jawab ketika ada kesulitan terbang, kalau semua lancar sih beli dari mana pun juga no problem).

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Refund Traveloka Tidak Jelas dan Tidak Transparan!

oleh meri_puji-astuti dibaca dalam: 2 min
1