Sulitnya Berhenti Langganan Indihome

Selamat Sore.

Saya Pelanggan Indihome dengan ID. 1222072220458 atas nama Mulyati M. Pada tanggal 26 Juli 2020 perangkat internet dan telepon sudah saya cabut. Dan pada tanggal 27 Juli 2020 menghubungi call center Indihome pkl. 8.35 diterima oleh Sdri. Novi bahwa saya akan mencabut semua itu dengan alasan sudah pensiun. Sdri Novi menyampaikan bahwa dari pihak Indihome akan menghubungi saya dari no.147.

Dikarenakan pihak indihome belum juga menghubungi, pada tanggal. 28 Juli 2020 pkl. 10.58 saya kembali menghubungi call center dan diterima oleh Sdri. Lala dan menjelaskan hal yang sama. Dan pada tanggal 28 saya dihubungi 147 bahwa saya akan mencabut semua itu dengan alasan kembali sudah pensiun, hasil dari pembicaraan saya mendapat sms dari pihak indihome pada pukul 15.52 isi dari sms:

“Pelanggan Indihome meminta untuk proses permintaan perubahan layanan dan membutuhkan kelengkapan data baik KTP ataupun ttd” dan saya telah mengisi Link http://tlkm.id/.G5Fg.

Pada tanggal 29 Juli 2020 pkl.10.10 saya mendapat WA dari pihak indihome isinya status jaringan saya normal dan silahkan restart modem Anda..???

Kembali pada tanggal 29 Juli 2020 pd pkl.10.25 saya menghubungi call center diterima oleh Sdri. Vina intinya sama pertanyaannya.

Pada tanggal 6 Agustus 2020 pkl.15.22 saya mendapat sms dari Telkom 109 menyampaikan jumlah tagihan saya bulan Agustus adalah sebesar Rp338.747,-

Pada tanggal 6 Agustus 2020 pkl. 15.40 kembali saya menghubungi call center diterima oleh Sdri. Eka saya tanya proses selanjutnya, dan info ybs bahwa semua line modem internet/telepon sudah diputus.

Pada tanggal 6 Agustus 2020 pkl.15.54 kembali saya menghubungi call center diterima oleh Sdri.Widi saya tanya proses selanjutnya, dan saya pancing dengan menggunakan telepon rumah info ybs bahwa masih proses dan masih diajukan.

Disini saya garis bawahi bahwa pihak Indihome:

  1. Berbelit belit jika customer atau pelanggan minta stop berhenti langganan
  2. Tindak lanjut yang dilaporkan pelanggan sengaja di ulur -ulur
  3. Kebohongan dari pihak indihome bahwa bahwa status langganan saya telah dinonaktifkan per 1 Agustus 2020 (Info Call Center Sdri.Eka )
  4. Sampai dengan Surat pembaca ini saya buat status Internet dan telepon rumah masih aktif.

Untuk itu mohon bantuan/penjelasan perihal ini dari Pihak Telkom/Indihome terkait.

M. Riza Fahlevi
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:487    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan PT Telkom untuk Bapak M Riza Fahlevi

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak M. Riza Fahlevi pada tanggal...
Baca Selengkapnya

Loading...

21 komentar untuk “Sulitnya Berhenti Langganan Indihome

  • 7 Agustus 2020 - (20:28 WIB)
    Permalink

    kalau mau putus lewat plasa telkom saja, bawa semua perangkatnya dan bawa uang untuk melunasi biaya pemakain terakhir. Saya dulu putus indihome prosesnya 10 menit di plasa telkom.

    24
    3
  • 7 Agustus 2020 - (23:35 WIB)
    Permalink

    Pada dasarnya Telkom tidak ingin kehilangan satu pelanggan pun, dari puluhan juta pelanggan setia Telkom Indihome. maka dari itu laporan pemberhentian berlangganan via telp 147 gak akan pernah ditanggapi, jika saudara memang niat untuk berhenti silahkan langsung datang ke kantor plasa telkom terdekat dikota anda. Dengan membawa ktp asli & fotocopy a/n sendiri atau dgn menggunakan surat kuasa bermeterai cukup yg ditandangani pemberi & penerima kuasa dan membawa alat yg dipinjamkan modem (dan dekoder (STB) apabila menggunakan layanan Useetv dan menyelesaikan tagihan pemakaian bulan sebelumnya dan bulan berjalan / UTIP uang titipan (yg dihitung dari tanggal 1 s/d saudara datang ke plasa telkom.
    DMK

    9
    5
  • 8 Agustus 2020 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Kasus nya hampir sama dengan yang saya alami, saya call 147 untuk berhenti langganan Speedy karena barusan pasang indihome, saya dikasih link untuk mengisinya dan melampirkan/meng-upload semua persyaratan yg diminta dan saya tanyakan bagaimana dg modem apakah harus dikembalikan. Katanya sementara titip dulu karena dimasa pandemi. Saya sudah tenang karena gak harus ke Plasa Telkom terdekat karena alasan kesibukan. Gak tahunya saya dapat telpon dari Plasa Telkom yg intinya meminta modem harus dikembalikan dan membayar sisa tagihan. Akhirnya saya ke Plasa Telkom untuk memutus internet maupun telpon dengan mengisi formulir yg disediakan berikut mengembalikan modem. Dan diinformasikan bahwa bulan berikutnya sudah tidak ada lagi tagihan yg harus saya bayar. Ternyata pada bulan berikutnya tagihan Internet nya aja yg off tapi tagihan telepon nya masih ada. Saya telpon ke Plasa Telkom untuk mengkonfirmasi masalah ini tapi telpon gak diangkat. Kesimpulan nya untuk berhenti berlangganan gak bisa via online, kita harus tetap datang ke plaza Telkom. Dan ada sedikit inkonsistensi antara kesepakatan dg fakta. Padahal saya memutus speddynya sebelum akhir bulan.

    2
    1
    • 9 Agustus 2020 - (06:44 WIB)
      Permalink

      Loh, pada peraturan Telkom kan bukan lewat telepon kalau mau berhenti berlangganan. Saya pernah bertanya lewat Twitter, bagaimana syarat untuk berhenti berlangganan IndiHome. Justru mereka menyuruh untuk membawa Router dan STB (jika ada) ke Plasa Telkom terdekat. Dengan membawa KTP atas nama, dan membayar tagihan, serta biaya-biaya lainnya.

    • 9 Agustus 2020 - (16:04 WIB)
      Permalink

      Sama kejadiannya kaya saya.
      Pokonya gimna caranya pihak Indihome biar deposite kalian itu hangus sistemnya.. jadi di mengulur penonaktifan, jdi seolah2 customer yg menunggak bayar.. padahal jaringan udh tidak pakai tapi tagihan tetap bayar..
      Hati para yang mau daftar Indihome..

  • 8 Agustus 2020 - (07:45 WIB)
    Permalink

    Silahkan berhenti lewat Plaza Telkom aja lebih cepat dan efisien.Jangan lupa bawa perangkat (Modem+stb) dan surat kuasa jika pengguna layanan sbg perwakilan.Siapkan juga yang untuk pelunasan tagihan yg berjalan sbg ganti pro-rata.

    3
    1
  • 8 Agustus 2020 - (08:47 WIB)
    Permalink

    klo sudah buat laporan utk berhenti jadi pelanggan indihome dan diulur2 gak diputus. kan jadi lebih enak pakai internet tapi gak usah dibayar lah. gitu aja kok repot… hahhhaaaa….

    4
    1
  • 8 Agustus 2020 - (09:01 WIB)
    Permalink

    Plasa Telkom. Saya naikin paket nambah kecepatan. Ga lama, saya downgrade paket krna tiba tiba ada pandemi corona, hemat. Ga lama, saya memutuskan untuk isolir indihome saya (meng-off kan paket bukan memutus paket, dan bisa diaktifkan sewaktu waktu). Batu seminggu lalu saya mencabut indihome. Semua saya proses di Plasa Telkom. Ga pernah ribet. Selalu dilayani dg lancar. Selama alasan kita masuk akal, dan kita turuti syarat syaratnya, ga ada alasan untuk mereka nolak permintaan pemutusan paket kita. Silahkan dicoba.

    2
    1
    • 8 Agustus 2020 - (15:10 WIB)
      Permalink

      Saya sarankan Anda datang ke plaza telkom terdekat dengan membawa surat kontrak mudah dan cepat, tidak usah melalui call center.

  • 8 Agustus 2020 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Bpk..bisa datang.ke kantor plaza trdekat.membawa.modem.nya.jika bpa tlpn.147.cuma penjelasan sja..tapi jika bpa ingn putus langganan..bisa lngsung ke plasa trdekat..krna cabut langganan tidak bisa lwat telpn.karna hrus ada yg di ttd.di matrei.d selesai kn secara rinci..jadi tidak ada ke salah pahamn.trimakasih

    3
    1
  • 8 Agustus 2020 - (12:59 WIB)
    Permalink

    Nah, kalau memang bener bahwa “putus langganan HARUS ke plasa,” maka sudah saatnya perusahaan terkait secara transparan tulis besar2 di semua promonya: “daftar MASUK nya MUDAH SEKALI, cukup via online, tapi nanti KALAU MAU BERHENTI, HARUS KE PLASA.”

    Biar jelas sejak awal.
    Karena dari surat2 yang ada, kenyataan di lapangan membuktikan bahwa mayoritas pelanggan nggak ngerti, apalagi CALON pelanggan.
    Karena kompetitor2nya gak ada yang ribet begitu kalau mau berhenti, jadi bisa jadi asumsi para calon pelanggan adalah bahwa perusahaan yang ini juga sama aja begitu prosedurnya (apalagi ini kan perusahaan yang paling besar dibanding semua kompetitornya). Mana tahu kalau ternyata servis ke pelangganya paling beda sendiri…

    4
    1
  • 8 Agustus 2020 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Jika itu dipersulit ya mending dibiarin tanpa ada pembayaran, secara otomatis langganan akan diputus. Sodaraku gtu sih. Klau mau mutus langganan indihome, emang sulit, jadi yaa dibiarin aja.

    1
    2
  • 8 Agustus 2020 - (21:27 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya pada saat menelpon CS direkam telponnya, apabila CS bilang bahwa sambungan internetnya telah diputus dan tidak akan ada tagihan lagi. Itu bisa di jadikan bukti jika nanti tagihan internetnya terus berlanjut.

    • 9 Agustus 2020 - (01:00 WIB)
      Permalink

      Pada nyaranin lewat plaza, seolah2 pelanggannya yg salah jalur, trus apa gunanya ada 147, dan ini lg pandemik, keluhan ini sdh bener lho, dan baiknya d denger ama indihome biar d fungsikan yg bener 147 dan layanan lain yg d punya indihome ke semua pelanggan

  • 8 Agustus 2020 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Selamat malam

    Dengan hormat , kepada Media Konsumen yang telah melayangkan Surat Keluhan saya, Para Bpk/ibu yang telah memberikan saran dan pencerahannya sy mengucapkan banyak2 terima kasih.
    Di zaman saat ini yang semua segala canggih , dimana perusahaan2 saling berlomba-lomba untuk untuk melakukan pelayanan secara online apalagi di saat ini pandemi Covid-19 msh belum reda,tentunya kita bijak dalam hal ini apalagi usia sy saat ini 55th.
    Disisi lain perusahaan besar tentunya wajib dan bisa melayani secara elektronik/on line/maupun Via Call Center demi memberikan kemudahan bagi pelanggannya.
    Pada hari ini tgl.8 Agustus 2020 sy telah dihubungi oleh pihak Customer care Telkom/Indihome Ibu.Lily .Informasi yang disampaikan bahwa status langganan sudah diputus dan sdh sy cek baik telepon rumah maupun Internet status sudah off .

    Untuk itu keluhan saya telah terealisasi .

    Salam
    M.Riza Fahlevi

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Berhenti Langganan Indihome

oleh M Riza Fahlevi dibaca dalam: 1 min
21