Dipaksa Upgrade ke GoPay Plus oleh Gojek

Saya memiliki akun GoJek dengan nomor belakang: ***889. Pada tanggal 31 Agustus 2020, saya mencoba membuka aplikasi GoJek. Saat saya melihat saldo GoPay, tertulis“Blocked”/”Tap to call us”. Saya coba menelepon Call Center GoJek dan tersambung. Saya menanyakan kenapa akun GoPay saya terblokir? Jawaban yang saya terima adalah saya disuruh upgrage ke GoPay Plus dan baru permasalahan ditindaklanjuti. Saya tidak bisa memperoleh informasi kenapa akun GoPay saya diblokir. Saya terus meminta, namun saya cuma didiamkan oleh pihak Call Center.

Pada hari yang sama, saya menulis email ke aduan.pelanggan@go-pay.co.id. Dengan menanyakan perihal yang sama. Saya diberi nomor tiket: 39934397. Namun jawaban yang saya terima juga sama. Saya diharuskan upgrade ke GoPay Plus dan setelah itu permasalahan saya baru ditindaklanjuti.

Pada saat ini, saya belum butuh untuk memakai GoPay secara regular karena di daerah saya tinggal sekarang belum ter-cover oleh GoJek. Jadi saya merasa belum perlu untuk Upgrade ke GoPay Plus. Jadi saya minta kepada pihak Gojek dan GoPay, untuk membuka blokir GoPay saya. Kalau memang saya diwajibkan untuk upgrade, kembalikan dulu saldo saya di GoPay. Baru saya pikirkan kemudian.

Selain itu, saya minta kejelasan kenapa akun GoPay saya terblokir? Soalnya tidak pernah ada peringatan ataupun tindakan saya yang mencurigakan.

Terima kasih.

Hanny Prasetio
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai GoPay:
[Total:108    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Dipaksa Upgrade ke GoPay Plus oleh Gojek

  • 2 September 2020 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Itu salah spendiri. Knapa membuat akun gojek kalau layanan gojek belum tersedia di daerah anda. Lagian kalau mengisi saldo gopay yang berhubungan dengan transaksi keuangan pasti akan dininta verifikasi data KTP dan itu akun memang harus di uograde kalau tdk nggak bakalan bisa melakukan transaksi menggunakan saldo gopay seperti transfer dan tarik tunai
    Saran saya ikuti aja perintahnya. Karena sistimnya so begitu

    3
    1
    • 2 September 2020 - (17:51 WIB)
      Permalink

      Setahu saya sih sistemnya gak ada “harus upgrade.” Memang ada keterbatasan gak bisa transfer, ya no problem bagi yang tidak membutuhkan.
      Sebelum saya upgrade gopai, sudah lama saya punya akun user gojeg & sering bayar pake gopai tanpa wajib upgrade. Akhirnya saya upgrade ya karena kebutuhan, bukan karena keharusan.
      Walaupun layanan gojeg gak ada, bukan berarti gopai nya gak bisa dipake untuk memanfaatkan promo diskon/cashback yang bertebaran baik di offline maupun online.

      • 2 September 2020 - (18:02 WIB)
        Permalink

        iya memang gabener aja sistemnya maksa. pernah juga tuh iseng aktifin paylater, pake beberapa kali sih kena biaya perbulan 12rb. tiba2 ga ada angin ga ada ujan, pas make, BIAYANYA MASA 40RB sad banget padahal belanjanya cuma 20rb. dari situ complain karena ga ada pemberitahuan sebelumnya, ya kagetlah. mereka akhirnya nurunin dan gapernah ku pake lagi. jadi sekarang apa2 ke grab, ovo lebih bisa diandalkan sejak awal :’)

        3
        2
      • 2 September 2020 - (19:21 WIB)
        Permalink

        Gitu aja marah2 trs nulis di media konsumen, dasar lebay. Uninstall aja gojeknya kan beres, msh banyak e-wallet lain, eh tp e-wallet lainnya juga pasti di srh upgrade ke primer deng. Loe nya ja g cocok hidup di komunitas dompet digital

        12
        • 2 September 2020 - (21:26 WIB)
          Permalink

          Uninstall ada rencana, tetapi uang yang ada di sana bagaimana? Akukan mempertahankan uangku. Hari gini, uang itu penting…
          Saya pakai kok dompet digital yang lain, misalnya OVO, ShopeePay dan Dana. Saya pakai karena saya sering menggunakan ketiga dompet digital tersebut buat belanja.
          Tapi terima kasih, semoga anda tidak mengalami hal yang aku alami.

          • 3 September 2020 - (06:45 WIB)
            Permalink

            Weh….anda ngga punya akal sih…..gimana dengan uang sy diblokir…. ya habisin aja pakai blanja. …beres deh…. kok begitu aja repot

          • 3 September 2020 - (08:13 WIB)
            Permalink

            Gimana mau abisin, lha wong uangnya diblokir. Sama seperti mau gesek kartu kredit, tapi kartu nya kena blokir. Apa belanjanya kebayar?

    • 2 September 2020 - (17:55 WIB)
      Permalink

      GoPay kan bisa untuk bayar transaksi online kan? Bisa bayar untuk beli makanan pula kan? Trus klo saya ke daerah yang ada Gojek dan layanan GoPay, saya ga boleh menggunakan? Saya pakai GoPay kalau perlu aja.
      Setau saya, kalau selama dibawah nilai tertentu, ga perlu GoPay Plus kan? Lagian saya tidak perlu transfer dan tarik tunai. Saya hanya perlu untuk bayar transaksi online dan bayar makanan kalau perlu.
      Sama seperti saya pakai OVO atau ShopeePay, karena saya banyak menggunakan kedua platform pembayaran tersebut, ya saya upgrade ke yang Plus/Premium. Sedangkan GoPay saya belum butuh untuk diubah ke GoPay Plus saat ini.

  • 2 September 2020 - (21:04 WIB)
    Permalink

    Ikutin aja, tinggal foto doang kok.. Hal kecil gitu aja sampe ke media

    Iya bener. Lebay

    • 2 September 2020 - (21:15 WIB)
      Permalink

      Kan beda pendapat. Klo menurut anda itu hal kecil, menurutku bukan hal kecil boleh kan? Untuk upgrade atau tidak itu kan pilihan. Kenapa harus dipaksakan? Diminta kejelasan kenapa diblokir juga ga dikasih.
      Tapi terima kasih atas comment nya

      • 3 September 2020 - (02:19 WIB)
        Permalink

        Baca bro judul website ini apa! MEDIA KONSUMEN emng tmpnya dia ngomel2 klo ga ditanggepin.

  • 3 September 2020 - (00:01 WIB)
    Permalink

    lu orang yg pada belain gojek itu dibayar berapa sama gojeknya? jelas2 blokir ga ada alasan jelas itu salah, kecuali kl pihak gopay bisa ada alasan jelasnya bahwa si pemakai melakukan pelanggaran. lu pada buzzernya gopay, brani mati amat belain gituan

    4
    2
  • 3 September 2020 - (00:41 WIB)
    Permalink

    Jika mengalami keluhan atau kesalahan terkait layanan yang digunakan, seharusnya ketika menulis di sebuah forum/situs itu minimal memuat screenshot (gambar) sebagai tanda bukti.

    Karena saya masih tak yakin kalau masih dalam bentuk tulisan saja. Jika itu benar terjadi, saya sebisanya ingin membantu karena saya juga konsumen dari GoJek.

    Padahal layanan GoJek menurut saya pribadi sangat bagus dibandingan yang lain (OVO, LinkAja, dan sejenisnya). Jadi merasa tersindir kalau layanannya kurang bagus.

    • 3 September 2020 - (02:04 WIB)
      Permalink

      Emang sistemnya kurang bagus. Customer Servicenya kurang memuaskan,pakai BOT bkn real time atau lsg ditangani CS.. sdh brp x sy jg komplain masalah sistem sampai kesal..map tracking msh suka ngelag, kbykn apps ga jelasnya ditumpuk semua diappsnya yg ga perlu2 jg dipaksain masuk maklum mgkn dpt duidnya dr situ. Makanya upgrade melulu.

    • 3 September 2020 - (02:14 WIB)
      Permalink

      Lo yg lebay, dia yg marah2 knp situ yg repot? Baca donk ini media konsumen, dia berhak, dia yg buat artikel u yg sewot..aneh lo!

    • 3 September 2020 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Maaf, saya baru pertama kali menggunakan media ini. Saya tidak mengerti caranya menampilkan screenshot di forum ini.
      Saya cuma ada email balasan dari Gojek yang menyuruh saya upgrade.

  • 3 September 2020 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Betul juga, upgrade kok maksa? Tetapi dana yg ada dalam gopay harus diselamatkan. Jadi, upgrade saja dulu. Trs dananya transfer ke rek bank anda atau dibelanjakan ke alfamart. Habis itu gopaynya uninstall dan minta penghapusan data. Beres kan?

  • 3 September 2020 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Informasi Akun Non-Aktif GoPay atau Dormant Account
    Informasi Akun Non-Aktif GoPay atau Dormant Account
    GoPay · 24 Jul 2020
    Halo Gojekers,

    Sesuai dengan kebijakan perusahaan dan memastikan keamanan akun pengguna, GoPay melakukan penyesuaian terhadap ketentuan “Akun Non-Aktif” yang disebut sebagai “Dormant Account” jika kamu tidak melakukan transaksi menggunakan GoPay selama lebih dari 169 hari. Untuk informasi selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.

    Penjelasan detail mengenai Dormant Account
    Jika kamu termasuk sebagai “Dormant Account” GoPay akan memberikan informasi dalam bentuk email dan notifikasi & inbox dalam aplikasi Gojek dalam kurun waktu tertentu;
    Untuk pengguna yang termasuk ke dalam “Dormant Account”, saldo GoPay akan terkunci/ gembok sementara yang mana pada saat ini adalah merupakan masa tenggang pengguna untuk validasi ulang akun GoPay;

    Nah mungkin karena ini 🙂

    • 3 September 2020 - (18:42 WIB)
      Permalink

      Kemungkinan mungkin ada. Namun saya tidak mendapatkan notifikasi mengenai perihal tersebut. Dan ketika saya tanya kepada pihak Gojek, mereka tidak memberikan jawaban. Hanya dijawab Upgrade dulu baru permasalahan diselesaikan. Seharusnya mereka bisa menjelaskan kenapa account terblokir. Misal karena Dormant seperti diatas atau masalah lainnya. Baru kasih solusi kalau mau buka blokir langkahnya adalah upgrade account.
      Saya baru tahu kalau ada kebijakan mengenai Dormant Account 169 hari. Tidak ada notifikasi di inbox ataupun email ke saya.
      Terima kasih atas informasinya.

      • 3 September 2020 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Sama sama kak
        Lebih baik saling bantu dari pada debat yg menimbulkan perpecahan 😀

    • 5 September 2020 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Ini infonya dapet dari mana ya? Walet GoPay saya juga diblokir memang sejak lockdown Covid-19, saya tidak pernah lagi menggunakan Gojek. Nah, kemarin iseng buka aplikasi ada tertulis Wallet diblokir.

  • 3 September 2020 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Saya malah dapet email dari gojek katanya akun akan dinonaktifkan kalau tidak upgrade gopay plus. Terus yaudah saya upgrade, tapi abis itu malah diblokir. Jadi bingung dong saya, padahal saya udah ikutin maunya. Pas saya tanya email cuman dijawab masalah anda tidak memungkinkan untuk perbarui.

    • 21 September 2020 - (09:07 WIB)
      Permalink

      @Afrianti: serius nih, upgrade malah diblokir tanpa alasan???
      tulis di surat pembaca & diviralkan saja mbak.. bukan karena ingin pakai gopay, tapi karena penolakan KTP/ID jelas tidak pantas.. masa ID konsumen (milik negara) tidak diakui.

 Apa Komentar Anda mengenai GoPay?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Dipaksa Upgrade ke GoPay Plus oleh Gojek

oleh theniveus87 dibaca dalam: 1 menit
24