Tolong Shopee Agar Mau Menanggapi Permasalahan dan Mengembalikan Uang Saya

Saya memiliki akun Shopee dengan user id harygimulya. Karena tertarik dengan promo 9.9 yang dipromosikan di televisi, saya lalu membeli voucher potongan harga di aplikasi Shopee dengan nomor pesanan 2020091011000720821. Awalnya saya senang karena berhasil membeli voucher tersebut, namun masalah muncul pada saat voucher tersebut digunakan.

Ketika saya memakai voucher tersebut untuk belanja, saya mendapat notifikasi bahwa transaksi telah berhasil. Saya cek pada bagian halaman voucher juga dikatakan voucher telah berhasil digunakan. Tetapi ketika kemudian saya memeriksa perincian transaksi, anehnya nominal transaksi yang saya belanjakan tidak terpotong oleh nilai voucher yang saya beli tersebut. Saya pikir mungkin aplikasi Shopee sedang error dan saya biarkan dulu, mungkin akan dilakukan adjustment beberapa saat kemudian.

Tetapi ketika setelah beberapa saat saya cek lagi, tetap tidak ada perubahan. Nominal transaksi yang saya belanjakan tetap tidak terpotong oleh voucher yang saya beli itu. Saya lalu memutuskan menanyakannya pada customer service Shopee. Saya berharap bisa ditanggapi dengan cepat masalah yang saya alami ini. Tetapi yang saya alami justru sebaliknya. Kendala saya sama sekali tidak mendapat tanggapan dari customer service. Transaksi terjadi pada tanggal 13 September 2020 dan langsung saya laporkan hari itu juga, tetapi hingga hari ini tidak ada tanggapan dari pihak Shopee.

Mungkin memang nilai diskon voucher tersebut tidaklah besar, apalagi bagi perusahaan belanja online sebesar Shopee. Tapi bagi orang biasa seperti saya itu sangatlah berarti, apalagi di situasi seperti sekarang ini. Apakah tidak ada artinya keluhan saya sebagai konsumen Shopee, sehingga bahkan nilai voucher yang tidak besar ini tidak diberikan?

Jika memang Shopee masih menghargai konsumennya, saya tunggu pengembalian nilai voucher atas transaksi saya. Saya juga mewanti-wanti pada teman-teman konsumen yang lain, agar lebih hati-hati ketika melihat promo belanja online. Seringkali promo terlihat begitu menggiurkan namun ketika terjadi masalah pada transaksi, seringkali perusahaan malah terlihat tidak peduli dan tidak mau memberikan apa yang seharusnya sudah menjadi hak kita.

Hary Gimulya
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:44    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Tolong Shopee Agar Mau Menanggapi Permasalahan dan Mengembalikan Uang Saya

    • 22 September 2020 - (03:30 WIB)
      Permalink

      Coba di screenshootkan halaman transaksi yang bermasalah. Setau saya yang beli voucher 9.9 itu cashback dan potongan ongkir. Dimana cashback nya berupa koin shopee yg dpt digunakan belanja selanjutnya. Kalau voucher potongan harga biasa cuma bisa dikeluarin oleh pihak seller dengan kode voucher tertentu

  • 21 September 2020 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Sy juga pengguna shopee, sy juga pernah membeli voucher potongan ongkir hingga cashback dan itu berhasil sy gunakan.
    Di dalam kasus anda, di step 1 voucher sudah berhasil di masukan, akan tetapi di step 2 ada perubahan bahwa voucher tersebut tidak berhasil di gunakan, ini biasanya tidak berhasil di gunakan di karenakan pengguna belum mengubah metode pembayaran, biasanya voucher yg gunakan untuk gratis ongkir..pembayarannya harus dengan metode SHOPEEPAY, jika metode pembayaran di klik ke metode shopeepay maka voucher tsb akan berhasil di gunakan kembali.
    Semoga bermanfaat pengalaman dari saya.

    • 21 September 2020 - (22:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih untuk komentarnya mba. Step-step seperti yang diinfokan memang benar adanya, dan sudah saya ikuti. Hanya saja masalah terjadi ketika voucher berhasil digunakan namun kenyataannya setelah dicek dianggap belum terpakai. Saat dicek di perincian voucher juga sudah ada keterangan voucher berhasil terpakai. Ini yang membuat saya bingung. Menanyakan pada customer servicenya pun tidak mendapat respon sama sekali.

  • 22 September 2020 - (02:56 WIB)
    Permalink

    perlu diperjelas lagi anda bayarnya pakai apa? untuk mendapatkan voucher cashback shopee harus bayar pakai shopeepay atau shopeepaylater (ada di syarat dan ketentuan), selain bayar lewat metode tersebut, meskipun anda masukkan voucher dengan benar, anda tidak bakalan dapat itu cashback. Voucher yang diterbitkan shopee itu VOUCHER CASHBACK berupa koin shopee. Sedangkan VOUCHER DISKON/potongan harga, biasanya diterbitkan oleh toko/penjual. Voucher Cashback dan Voucher Diskon itu beda, jelas ya? Jika yang anda gunakan itu VOUCHER CASHBACK, ya jelas tidak ada potongan harga, tidak ada diskon, serupiah pun tidak ada. Yang akan anda dapatkan yaitu KOIN SHOPEE, yang mana koin tsb bisa digunakan kembali untuk belanja. Itu pun syaratnya harus bayar lewat shopeepay atau shopeepaylater. Saya bisa jelaskan spt ini karena saya mempunyai toko di shopee dan juga sebagai buyer setia di shopee.

    • 22 September 2020 - (09:30 WIB)
      Permalink

      @hery mulyanto : Sebagai informasi, saya juga bukan pengguna baru Shopee, melainkan pengguna lama, dan saya juga sudah sering bertransaksi di Shopee, sehingga tahu S&K cara mendapatkan reward cashback/diskon, termasuk salah satu syaratnya harus menggunakan saldo Shopeepay. Tentu, saya juga paham perbedaan cashback dan diskon. Voucher yang saya beli di sini adalah voucher merchant untuk mendapatkan potongan harga saat berbelanja di merchant tersebut. Yang saya tekankan di surat ini, kenapa tidak ada respon sama sekali dari customer service Shopee ketika ada konsumen yang mengalami masalah???

      @garvin : Selain voucher cashback, pada saat promo 9.9 kemarin Shopee juga banyak menjual voucher diskon merchant yang bekerjasama dengan pihak Shopee. Pelanggan setia Shopee pasti tahu yang saya maksudkan. Saya ingin menyertakan screenshot untuk memperjelas masalah yg saya alami ini, namun sayangnya sepertinya tidak ada opsi menambahkan gambar di halaman komentar.

  • 22 September 2020 - (12:54 WIB)
    Permalink

    Sebagai informasi, pihak @ShopeeCare akhirnya telah menghubungi saya secara langsung terkait kendala yg saya alami ini dan telah menyelesaikannya. Saya ucapkan terima kasih untuk dukungan2 yg diberikan. Semoga kedepannya Shopee bisa lebih responsif pada masalah konsumennya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Tolong Shopee Agar Mau Menanggapi Permasalahan dan Mengembalikan Uang …

oleh Hary Gimulya dibaca dalam: 1 min
7