Peraturan Indosat Ooredoo Membahayakan Pelanggan

Hari Senin 21 September 2020 sekitar pukul 13:00 WIB saya kecurian handphone. Malam harinya, saya menghubungi call center Indosat meminta pemblokiran nomor 0815139239**, untuk mencegah penyalahgunaan nomor. Call center memberitahukan bahwa pemblokiran nomor dan penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui gerai Indosat. Untuk itu saya diarahkan ke gerai Indosat Bogor di Jalan Pajajaran.

Namun karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, maka baru pada hari Rabu 23 September 2020 saya bisa datang ke gerai Indosat. Ini bukan kali pertama saya kehilangan nomor, jadi saya cukup tenang.

Sampai di gerai Indosat saya terkejut melihat persyaratan untuk melakukan penggantian kartu Indosat. Untuk persyaratan: pemilik datang sendiri, KTP Asli, dan surat kehilangan merupakan persyaratan yang biasa. Namun persyaratan harus membawa Kartu Keluarga asli, bagi perantau seperti saya merupakan masalah besar. KK bukan dokumen yang akan dibawa ke mana-mana seperti kartu identitas. Tidak mungkin saya meminta dokumen sepenting KK dikirim via pos. Untuk bisa menyediakan KK saya harus pulang ke kampung.

Artinya, nomor HP saya selama beberapa waktu akan terus berada di tangan orang yang tidak berhak, dan selama itu pula rawan untuk disalahgunakan. Padahal nomor itu juga saya gunakan untuk verifikasi kartu kredit dan banking, dan telah saya gunakan lebih dari 10 tahun.

KTP asli dengan fotokopi KK seharusnya sudah cukup untuk memverifikasi pelanggan. Operator lain tidak seaneh Indosat menerapkan peraturan penggantian kartu. Hal-hal seperti recording paket, pembelian terakhir pulsa, hingga kapan terakhir isi pulsa biasanya ditanyakan CS operator untuk memastikan pemilik asli nomor yang meminta penggantian kartu.

Peraturan Indosat yang mempersyaratkan harus membawa KK asli untuk penggantian kartu SIM sangat membahayakan pelanggan.

Irpanudin
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Indosat Ooredoo untuk Bapak Irpanudin

Dengan Hormat, Terkait dengan keluhan yang disampaikan oleh Bapak Irpanudin, seperti yang dimuat di mediakonsumen.com tanggal 24 September 2020 terkait...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai Indosat Ooredoo?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Peraturan Indosat Ooredoo Membahayakan Pelanggan

oleh irpanudin . dibaca dalam: 1 menit
30