Pengembalian Dana Pembatalan Pembelian Ditahan Pihak Shopee Tanpa Kejelasan

Saya selaku pembeli di Shopee melakukan pembelian laptop pada tanggal 18 September 2020. Karena penjual tidak membalas chat dan melakukan pengiriman barang, maka pada tanggal 20 September 2020, saya melakukan pembatalan dan disetujui. Akun Shopee saya belum diverifikasi, sehingga ketika pembatalan, dana tidak masuk ke Shopee Pay, melainkan ditahan oleh pihak Shopee. Alasan saya tidak berani verifikasi, karena dulu akun saya pernah ditipu oleh penipu, sehingga saya takut uang saya akan hilang apabila Shopee Pay saya aktif.

Pada tanggal 21 September 2020, karena dana belum masuk, maka saya coba chat ke CS Shopee. Diinfokan kalau terhitung tanggal pembatalan (20 September 2020), dalam 3 hari kerja ke depan, jika akun shopee belum diverifikasi, maka dana akan dikembalikan OTOMATIS ke rekening bank terverifikasi dalam akun Shopee.

Karena mendapatkan janji dari Shopee, maka saya tunggu hingga hari kerja ketiga (23 September 2020). Setiap jam saya cek rekening, tapi dana masih belum masuk. Akhirnya saya chat kembali ke CS Shopee pukul 18.48. Dari tim Shopee hanya memberikan nomor pengaduan dan mengatakan kalau masalah ini lagi dicek oleh tim mereka, dan saya disuruh tunggu email dari Shopee.

Namun, sekali lagi saya sangat kecewa, email yang saya tunggu tidak pernah saya terima. Sehingga malamnya saya berinisiatif untuk email langsung ke email support Shopee dengan mencantumkan nomor pelaporan saya (95582312) beserta kronologi masalah, bahkan bukti transer ATM ke shopee saya sudah lampirkan.

Setelah 1 jam, akhirnya shopee membalas email saya. Namun kekecewaan saya bukannya berkurang, malah makin besar karena waktu tunggu penyelesaian agar dana kembali seenaknya diperpanjang menjadi 14 hari oleh tim Shopee.

Saya kemudian membalas email dari Shopee tersebut dan komplain karena 14 hari terlalu lama, sedangkan saya perlu uang itu, untuk segera memesan produk yang baru. Namun Shopee tidak membalas lagi, dan pagi ini (24 September 2020), saya mendapatkan email dari Shopee yang menyuruh saya untuk menunggu 5 hari kerja terhitung dari hari ini (24 September 2020), bukan dari tanggal pembatalan (20 Sep’20).

Saya sangat sangat kecewa, prosedur yang diinfokan 3 hari kerja sekarang seakan diundur-undur terus oleh pihak Shopee, dan uang saya tidak dikembalikan. Saya perlu membeli laptop segera dalam minggu ini, karena anak saya harus sekolah online mulai senin depan. Namun Pihak Shopee selalu mengundur-undur pengembalian dana saya, bahkan saya tidak yakin apakah dana saya masih bisa kembali. Uang saya hanya pas-pasan untuk membeli produk tersebut, kalau sampai Shopee tidak mengembalikan, anak saya tidak dapat sekolah online, apakah Shopee dapat bertanggung jawab?!

Tolong Pihak Shopee segera ditindaklanjuti masalah ini. Saya selaku pembeli akan memberikan kesan yang buruk terhadap Shopee bila cara kerja nya seperti ini, seakan-akan saya dilempar-lempar tanpa kejelasan yang jelas. Saya perlu uang itu segera dikembalikan, dimohon dengan sangat jangan ambil uang saya. Untuk Pihak Shopee, tolong segera hubungi saya untuk kejelasannya.

Terima kasih.

Susanti Zettl
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:11    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

7 komentar untuk “Pengembalian Dana Pembatalan Pembelian Ditahan Pihak Shopee Tanpa Kejelasan

  • 26 September 2020 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Selamat pagi. Saya adalah penulis keluhan artikel di atas. Saya mau update soal pengembalian dana saya dari shopee. Artikel ini saya kirim pada tanggal 24 sep’20 siang ke tim media konsumen, dan karena masih tahap review, jadi baru diterbitkan tanggal 26 sep’20 pagi di media konsumen. Pada malam tanggal 24 sep’20 setelah melakukan pengecekan rekening, sangat bersyukur uangnya akhirnya sudah dikembalikan oleh tim shopee dengan nominal sesuai. Jadi untuk kasus ini bisa dikatakan selesai. Semoga ke depannya Shopee bisa lebih cepat dalam penanganan masalahnya agar tidak terulang.
    Terima kasih kepada tim media konsumen yang telah me-review dan menerbitkan keluhan saya.

    Salam,
    Susanti

    • 9 Oktober 2020 - (08:12 WIB)
      Permalink

      Halo kak saya mau tanya apakah jika dana sudah dikembalikan ke rekening, akan ada notifikasi dari pihak shopee bahwa dana sudah terkirim, atau tidak ada notifikasi dari pihak shopee klo dana sdh terkirim???
      Mohon dijwb kak soalnya saya juga seperti kakak saya sudh menunggu 2-5 hari kerja tapi dana belum dikembalikan juga sampai saat ini, malah saya disuruh untuk menunggu 1-3 hari kerja lagi, dana saya sebesar 6.520.500 kak, pengembaliannya melalui rekening bank, mohonn share informasinya ya kak suapaya dana bisa kembali
      Trimaksihhh

      • 9 Oktober 2020 - (08:39 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah kak tdi saya habis cek rekening dana saya sudah masuk, ternyata tidak ada notifikasi dari shopee klo dana sudah masuk ke rekening.

        Emng estimasi pengembalian dana dishopee itu prosesnya lumayan lama dan bikin kita khawatir tapi insya’allah pihak shopee amanahh
        Kita hanya bisa sabar menunggu untuk prosesnya:))

  • 26 September 2020 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Jadi pada akhirnya katakanlah hanya telat 1 hari ya dari apa yang dijanjikan semula?
    Hanya susahnya adalah CS yang ditanya jawabannya ngasal2 aja, sehingga malah bikin panik.
    Malah ada yang begitu semangatnya copas template sampe bawa2 metode pembayaran KK segala…

    Btw kalau boleh saya sekedar kasih masukan, memang sebagian besar (kalau tidak mau dibilang semua) refund via transfer itu makan waktu berhari-hari (walaupun kalau kita sendiri yang transfer, bahkan antar bank pun bisa realtime online 1 detik sampai), entah apa alasannya.
    Makanya beberapa marketplace dengan alasan “untuk mempercepat proses refund” bikin dompet di internal masing2. Tapi saya memahami keengganan beberapa orang untuk mengaktifkan dompet tersebut. Saya & istri juga ada akun sopi, tapi kami berdua tidak mengaktifkan dompet nya.

    Refund yang “tercepat” (maksudnya: lebih cepat daripada metode yang lain2) adalah kalau pembayaran via KK, karena sistemnya otomatis dari jaringan internasional yang sudah berkualitas internasional pula. Sehingga begitu transaksi approved/confirmed dibatalkan, maka sistem refund otomatis berjalan & nyaris tidak ada hal2 lain yang bisa “memperlambat” proses tersebut (yah biasanya yang bikin agak lambat cuma dari pihak bank penerbit KK yang rada slow meng-update pembukuan transaksi, tapi hal ini tidak mempengaruhi fakta bahwa proses refund tersebut berjalan cepat & otomatis).
    Tentunya jangan lupa, KK nya harus yang beneran, jangan yang semi2 yang entar susah/gak bisa terima refund, itu soal lain lagi.

    • 26 September 2020 - (12:12 WIB)
      Permalink

      Aku jadi makin malas beli online. Nilai baru seratusan ribu pun saya ogah belanja online. Banyak keluhan yang muncul di sini mulai dari marketplace sampai ke ekspedisi.

  • 26 September 2020 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya yang begini bisa ditangani cepat cuma kemungkinan CS selalu mengambil antisipasi dengan estimasi waktu terlama. Padahal refund itu tidak lama asalkan mereka niat kerja cepat dan aktif berinteraksi dengan bank. Tapi, dalam hal ini masing-masing market place punya dompet digital masing-masing. Yang kemungkinan besar alasannya adalah agar dompet digital mereka diakses banyak orang dan jadi platform besar tersendiri. Dan perputaran dana mereka pun bisa bertambah besar.

  • 26 September 2020 - (15:58 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya tinggal mengakfifkan shopeepay itu cepat kembali uangnya dan secara otomatis pula. Nah saat itu bisa di belikan barang lagi atau transfer ke Bank, prosesnya cepat biasanya karena sudah masuk ke sistem secara otomatis. Tapi yah penggunanya sendiri yang rewel, Keamaan akun itu bukan terletak pada sistemnya saja tapi juga penggunanya, kena tipu tapi menyalahkan sistem ataupun sesuatu tapi tidak mencoba utk intropeksi diri sendiri dulu.

Tinggalkan Balasan

Pengembalian Dana Pembatalan Pembelian Ditahan Pihak Shopee Tanpa Keje…

oleh Susanti Susanti dibaca dalam: 2 min
7