Buruknya Jaringan Telkomsel Sekarang

Sudah beberapa bulan di daerah saya Telkomsel down, dan saya sudah email CS tapi tanggapan mereka selalu bilang akan diperbaiki, sedang ada peningkatan dll, sampai sekarang belum ada perbaikan.

Untuk speed jaringan sangat parah, 4G bar sinyal penuh, hanya dapat 0.07Mbps/70Kbps = 8KBps.

Dan itu saya lakukan speedtest diluar rumah. Biasanya speed dipagi sampai sore dapat 12Mbps mau di kamar mau di luar rumah hasilnya dapat segitu, tapi sekarang down parah.

Dan saya cek di Fanspage My Telkomsel, dan Ternyata mereka juga banyak yang mengeuluh tentang jaringan Telkomsel.

Pda tahun 2017 saya pernah komplain tentang bandwidh Telkomsel lewat email, 1 hari setelah saya komplain di email, ada telpon masuk ke nomor saya (bukan 188). Dan dia menanyakan apa benar ditempat saya jaringan down dan sempat meminta alamat kampung saya, setelah 2 hari bandwidth normal kembali. Tapi sekarang pelayanan telkomsel sangat buruk juga jaringannya juga.

Yang paling jengkelnya lagi perbaikan jaringan tapi ngiklan di fanspage terus saja tiap jam. Semoga pihak Telkomsel melihat ini, biar tau betapa hancurnya jaringan mereka. Bagaimana pendapat kalian tentang jaringan Telkomsel sekarang?

Romi Junaedi
0812827458**
Pandeglang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkomsel :
[Total:192    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Romi Junaedi

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 30 September 2020 oleh Bapak Romi Junaedi mengenai buruknya jaringan Telkomsel sekarang....
Baca Selengkapnya

Loading...

42 komentar untuk “Buruknya Jaringan Telkomsel Sekarang

  • 30 September 2020 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Di tempat saya Jaksel normal normal aja. Selama berlangganan sudah sekali pernah gangguan tapi hitungan jam sudah normal kembali. Itu pun bukan karena signal tapi karena kabel di ODP nya longgar. Sejauh ini saya nyaman nyaman aja. Ya mungkin setiap wilayah beda beda kali ya tapi tetap Telkom harus bertanggung jawab.

    2
    6
    • 30 September 2020 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Dulu juga gitu bang, ada gangguan tapi gx lama, paling beberapa hari.
      Tapi semenjak maret 2020 itu drop, saya kira cuma beberapa saat, tapi malah sampai sekarang. Dan saya lihat di fanspage facebook my telkomsel, mereka juga mengalami hal yang sama, bahkan ada yang sudah 2 bulan, ada yang 3 bulan, ada yang baru sebulan.
      Klau speednya sekitar 1Mbps aja gx masalah bagi saya, ini sampe segitu 0.07Mbps mau pakai apa, WA aja jam pasir mulu. Biasanya speed daerah saya mau diluar/didalam rumah speed paling rendah 7Mbps.
      Yah semoga bisa lihat ini.

      6
      1
      • 1 Oktober 2020 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Apalagi di tempat saya bang, di Papua. Udh harga paket internet paling mahal se Indonesia, dpt kuota sedikit, ditambah lagi sinyal yang sering berubah dari 4G/LTE ke 3G. Hari gini sinyal 3G??! Sudah complain ke telkomsel katanya di daerah saya gk ada masalah, tapi kenyataannya justru sangat bermasalah. Sinyal gak pernah penuh, paling top cuma 3 bar aja. Lagi wfh tiba2 koneksi putus karena sinyal tau2 berubah 3G. Sangat mengganggu. Padahal saya tinggal di kota, bukan daerah kabupaten atau pedalaman. Tolong pihak telkomsel lebih perhatikan jaringan wilayah Indonesia Timur, terutama Papua Barat, jangan cuma jabodetabek dan pulau jawa aja. Saya disini sudah bayar mahal untuk beli paket, tapi pelayanan sangat tidak memuaskan.

        5
        1
      • 2 Oktober 2020 - (06:24 WIB)
        Permalink

        Pernah ganti simcard belum? Kalau belum coba minta ganti ke grapari nya. Siapa tahu bermasalah di simcard nya. Tapi kalau masih aja bermasalah, berarti memang dari signal telkom nya.

        • 2 Oktober 2020 - (12:27 WIB)
          Permalink

          Udah, saya punya 2 kartu simpati tapi sama aja dua”nya, bahkan temen yang sekampung pun mengalami hal yang sama, kalau untuk 4G+ sih memang gx ada kendala, cuma sayangnya 4G+ dikampung saya jangkauannya masih kecil jadi kadang dapet kadang gx,kalau di alun” menes itu 4G+ penuh, tapi 4G biasa speednya bener” down, yang terkendala 4G biasa menurut saya. Yah sejak bulan maret 2020 aja down, kalau dari februari ke belakang cepet sih, mau dikamar/diluar rumah speed diatas 10Mbps jarang speed dibawah 10, yah sekarang bisa lihat diatas 0.1Mbps aja gx nyampe

        • 15 Oktober 2020 - (01:41 WIB)
          Permalink

          Ih bener bgt.. daerah cimahi – jawa barat parah bgt,ping ga stabil.. malah keseringan RTO
          Asli ada bahan pindah kartu ini..
          #telkomselbusuk

        • 11 Desember 2020 - (17:07 WIB)
          Permalink

          Saya pakai kartu halo tidak ada yang special, saya nyesel migrasi dari simpati ke Halo, sumpah jaringannya ga stabil kadang down merah, main mobile legend memdadang RED, YouTube kadang buffer kadang lancar sampe saya turunin ke resolusi 144, maxstrem pun ga guna, macet2, untuk sekelas Telkomsel yang katanya sampai plosok, saya ga plosok2 baget, padat penduduk, 4Gpun dapet. Tagihan kartu halo saya dari 100 sampai 350rb pernah, dapat predikat platinum pun pernah tapi gada yang yang special, bahkan saya ngobrol sama temen pengguna Tsel dia langsung nonaktifkan paket, pindah ke halo reguler dan hanya bayar abodemen, karena dia kecewa kualitas internetnya 4G ga sekeren lapangan.

          Jujur sekarang saya coba pake XL, pake kartu H+ belum 4G tapi untuk youtube dll ga ada masalah. Asli beda banget, ga ada tuh mendadak drop RED.

          Saya mikir mau off paket halo ke reguler aja, terus pakai XL migrasi kartu 4G atau pake ooredo yang denger2 dia kerjasamanya sama Ericson, Taukan kualitas Ericsson?? Good

          Yang jelas saya kecewa

      • 15 Desember 2020 - (23:48 WIB)
        Permalink

        iya kenapa ya ko bisa tambah jelek oarah banget jaringan ny..padahal prtama pake 2014 wktu pindah rumah sinyal kenceng banget, ada 4G tambah lancar jaya. sampe awal tahun lalu masih full aja sinyalnya..udh 6 bulan terakhir malah tambah susah, buat ngegame oun gak bisa, bulan ini malah kalo masuk rumah sinyal H+ cuma 2 bar. gk bisa muter youtube atw aplikasi yg ringan paket data juga lemot..kalo d teras oun vuma dapet 4g 1 bar kadang…cara komolen ny gmn ya, tetangga 1 perumahan udah ngeluh semua ?? !! saya daerah ciperna-cirebon

      • 1 Oktober 2020 - (22:22 WIB)
        Permalink

        Bulan februari 2020 kebelakang memang normal di daerah saya, cuma pas bulan maret sampe sekarang drop nya, yang paling parah dropnya minggu” ini dari 20 september sampai sekarang

    • 19 Maret 2021 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Telkomsel ku sayang Telkomsel ku malang, hancur banget jaringan internet mu. Harga quota mahal gak sebanding dengan kualitas. Semenjak tahun 2018 sampai sekarang jaringan internet Telkomsel lemot. Tolong perbaiki dong. Kalo kayak gini terus kecewa banget dengan Telkomsel.

  • 30 September 2020 - (23:55 WIB)
    Permalink

    Kirain sinyal simpati ku doank. Ternyata memang banyak yg galau jg sinyalnya. Dulu beneran ok lah simpati. Biarpun lebih mahal dibanding operator lain tp selalu puas. Tp itu dulu. Sekarang ancurrrrrrr. Harga tetep aja mahal. Sueeeee. Mau ganti dah terlanjur lama make dan banyak nyimpen kontak2 orang2. Mau ganti agak sayang tp ngeselin juga lama nih sinyal simpati.

  • 1 Oktober 2020 - (01:09 WIB)
    Permalink

    Iya parah sekarang, dulu sih komplain langsung dilayani oleh CSnya gx berbelit belit, sekarang sangat masa bodoh.
    Apalagi 188 nelp, bilangnya tunggu tunggu, yah sudah 5 bulan daerah saya drop terus, dan sekarang lebih parah.. kirim WA aja jam pasir, IG apalagi gx jalan. Bener” kecewa sekarang sama telkomsel & pelayanannya

  • 1 Oktober 2020 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Klau dulunya gimana disana lancar apa gx sinyalnya?
    Klau dulu memang seperti itu, berarti telkomsel harus perataan jaringan.
    Kalau dulunya bagus, dan sekarang drop itu lebih parah lagi berarti sama kaya daerah saya.
    Saya sudah kasih saran ke CS bahkan ke 188 gx perlu peningkatan sistem untuk sekarang, yang penting perataan jaringan dulu apalagi pelosokan, saya yakin kalau jaringan telkomsel merata otomatis orang” yang dipelosok akan pakai telkomsel, kalau kaya gini terus speed lemot, komplain pelayanannya buruk, otomatis mereka bakalan pindah ke op lain.
    Di daerah saya speed telkomsel kalah sama smartfreen, smartfreen yang ditahun 2019 kebawah itu paling jelek, sekarang disini dipakai oleh mereka yah karena sinyal telkomsel yang drop terus terusan.
    Bahkan speednya bisa kalah dengan paket smartfreen unlimited yang sudah kena FUP

  • 2 Oktober 2020 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Di tmpt sy sinyal IndiHome sering hilang gk ada internet bgt laporan di wifi. Hampir tiap hari dicek teknisi nya, sy aja liatnya bosan. Dibetulin mrk malah sinyal hilang,

    • 2 Oktober 2020 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Kalau daerah ane kebanyakan indihome putus putus, kadang connect lagi beberapa hari dc lagi, tapi gx lama paling beberapa jam dc nya. Kalau sekarang mah masih mendingan ketimbang dulu

  • 13 Oktober 2020 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Gak jaringan WiFi gak jaringan kartu sim card sama aja jelek udah berhari-hari kayak begini terus di tambah saya jualan online gak bisa buka 😒 kapan benernya 😑,jangan jadi iklan doang jaringan seluler terbesar tapi nyatanya sinyal jelek 😒 jangan kecewakan para pengguna ya udah bayar mahal agar dapet sinyal stabil😌

    • 15 Oktober 2020 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Yah udah parah sekarang telkomsel, kalau disini untuk wifi speednya disuruh ditambah ke 20mbps dengan harga murah 320rb (normal 430rb), yah kalau 10mbps gx bakalan ngangkat sekarang, mungkin ini trik biar pengguan speedy di daerah saya tidak pada komplain seperti simcard Telkomsel.
      Dan sekarang saya beralih ke kartu 3, tahun lalu sinyal 3 gx ada sama sekali, sekarang penuh. Dan saya juga sudah kecewa dengan telkomsel komplain ke 188 ke email gx ada perubahan yaudah dari pada ribet mending ganti aja bagi saya.

  • 19 Oktober 2020 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Kirain punyaku yg error karena SIM card masih 3G, tgl 15 okt kemarin ku upgrade ke 4G ternyata sama aja, mana di suruh beli paketan 100rb lagi, sia2 dong 56 gb nganngur, tadi pagi tlp cs kek gitu lagi dikira main2 kali ya, hedeh sial2

  • 2 November 2020 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Telkomsel dengan bendera BUMN gk. Sepantasnya kualitas sinyal lemot
    Saya az di pusat kota sampai ganti HP dengan rambut 6 giga.. Eeeh tetep az sinyal simPATI nya lemah
    Pa yaaaa aaaah nih ..apalagi di jam 7 malam ke atas… Lemot. Banget
    Sampai rencana mau ganti kartu az….. Bye telkomsel

  • 8 November 2020 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Betul banget,saya di cimahi jg merasakan sekarang telkomsel sinyalnya parah jelek lep lepan

  • 9 November 2020 - (14:51 WIB)
    Permalink

    saya juga sama di kabupaten Bogor padahal gak jauh dari kota, sinyalnya lemot bgt. dulu padahal lancar-lancar aja. sekarang kayanya kualitas sinyalnya menurun nih.

  • 13 November 2020 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Harga paket nambah mahal tp pelayanan makin berkurang sinyal gak stabil, kalau ada masalah ngaku ajalah, benci bngt saya sama cs nya suruh ini itu setting, semua sama aja gak ada hasil

  • 22 November 2020 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Sekarang busuk telkomsel, ini udah mau satu bulan, kecepatan juga cuma kbps, buka sosmed dll gk bisa, loading lama bener, katanya operator paling cepet, tapi jaringan aja masih dikorupsi, parah2, katanya perbaikan tapi koq gk baik2, bye2 lah, telkomsel sudah hancur

  • 28 November 2020 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Telkomsel parah, jelek banget, nggak ada duit buat benerin jaringan apa gimanaa, perasaan duit lu banyak!!! tapi nggak mampu benerin jaringan. mana jaringan jelek banget lagi. tolong lah perbaiki. ***** !!

  • 3 Desember 2020 - (23:33 WIB)
    Permalink

    Udah semakin kesini jaringan semakin bobrok.
    Paket data yang awalnya murah sekarang naik terus.
    Semoga ada pesaing yang bisa menenggelamnkan popularitasmu. Karena sejatinya konsumen adalah yang ikut membangun anda.

  • 21 Desember 2020 - (21:16 WIB)
    Permalink

    Akibat BTSnya dijual ke anak perusahaannya, konsumen dirugikan dengan lemotnya jaringan telkomsel sekarang..

  • 30 Desember 2020 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Waah kirain saya, hanya saya saja yang punya komplain seperti ini.

    Saya pengguna telkomsel (kartu AS) sejak 2006. Ganti kartu upgrade ke 4G sudah 2 kali dengan alasan internet down karena fisik kartu.

    Ternyata masih saja. Bahkan yang paling menarik adalah hari ini saya ke grapari telkomsel Cimahi, dan sinyal yang muncul hanya 3G…hehehe

  • 18 Januari 2021 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Jaringan Telkomsel buruk sekali, problem di mulai awal tahun 2020. Saya sudah telpon ke 188 belasan x, selalu sama jawabannya “mohon di tunggu untuk proses perbaikannya”. Tapi sekarang sudah tahun 2021 masih sama aja. Udah tau jaringan berkendala tapi harga masih selangit / tidak ada kompensasi sama sekali. Sungguh buruk sekali pelayananya.
    Lagi meeting WFO tau2 sinyal jd H+, malah kadang” 4G pun tiba2 tidak ada koneksi internet. Lagi present tau2 putus. Ngaku sinyal kuat 4.5 G? 4.5x gembelnya. Harusnya sudah ada penegasan dari kominfo terhadap operator macem kyk gini selain merugikan masyarakat serta merusak citra pemerintah aja, sudah dari tahun 2020 masalahnya sampai sekarang tidak ada perubahan.

  • 20 Januari 2021 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Semuah lokasi bandung juga kaya nya gada perbaikan mutu jaringannya telkomsel padahal saya pelanggan setia tapi mutunya makin jelek jaringan nya..padahal semuah keluarga pakai telkomsel masa hanya buat sms dan telpon aja .sementara buat internet dan wifi pakai provider jaringan lain kaya axis /xl

  • 24 Januari 2021 - (01:03 WIB)
    Permalink

    Yang di Bandung kirain saya aja yang ngalamin gini kok telkomsel sinyalnya 2 bar 3 bar kadang 1 bar sinyal,paling sering di 2 bar,,saya pikir simcardnya udah jelek,tapi kok lihat yang lain sama aja sinyalnya hadeuhh

  • 24 Januari 2021 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Hadeh parah banget nih telkomsel, gw udah lapor ke customer service dicek in daerah gw, eh ternyata dia bilang tidak ada masalah. Padahal jelas banget ni gw rasain ama teman gw klo pindah kelurahan aja sinyal lancar pas balik ke rumah sinyal ancur kek tai. . Main Game online ga bisa, streaming ga bisa, browsing rasanya seperti 2G dlu padahal 4G, niat ga sih jadi provider. Ga guna dah, cuma makan uang konsumen aja

  • 25 Januari 2021 - (20:06 WIB)
    Permalink

    sama apalagi di cimahi, RTO terus. pulang kerumah dari magrip sampai tengah malam pun mandek….

  • 3 Februari 2021 - (20:47 WIB)
    Permalink

    koneksi tetap standar dari 30 september 2020 hingga kini 03 pebruari 2021, lebih-lebih di daerah saya aceh tengah terpaksa pasrah dengan perlakuan provider yang satu ini kalau saya menyebutnya bukan 3G melainkan 3L (lambat, lemot, lelet) dan bukan tidak mungkin kedepannya akan berubah dari 5G menjadi 5L ((lambat, lemot, lelet dan luluh-lantah). Thanks telkomsel atas layanannya karena di daerah saya tidak ada provider lain saya acungkan jempol buat anda.

  • 17 April 2021 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Terima kasih yang telah berkomentar yang telah merasakan jaringan telkomsel dari dulu sampai sekarang 🙏. Dan sekarang di daerah saya tambah parah bahkan untuk jaringan 4G saja harus diluar rumah, didalam rumah hanya 3G/HSDPA+ itu pun tidak stabil. Saya tidak tahu lagi dengan tindakan Telkomsel sekarang.. malah provider Three (3) sekarang yang bagus, dulu provider tersebut tidak ada sma sekali sinyal di daerah saya, tapi untuk untuk sekarang Three(3) mengambil alih jaringan.. dan menurut saya sekarang Three (3) adalah jaringan terbagus ketimbang Telkomsel

  • 3 Juni 2021 - (10:44 WIB)
    Permalink

    Seingat saya semenjak awal january-maret 2020 koneksi internet telkomsel berubah menjadi sangat buruk, saya yang tadinya bisa menggunakan internet lancar (meski terkadang rto/ping naik tapi jarang hanya sekitar 3-4 detik dan tidak putus), tp overall stabil dan bisa digunakan.
    Tp belakangan ini putus2 meski sinyal full, sudah tny ke cs (2020 & 2021) yah jawabannya sama seperti yang lainnya (akan di tingkatkan, segera diperbaiki, dll) sudah coba dari berbagai device sama saja.
    Saya ingat dulu paketan itu ada yang 70 ribu, sekarang sudah menjadi 85 ribu serta dihilangkannya kuota akumulasi pengguna, mungkin dari kebijakan perusahaan yang berubah dan saya berpikir perusahaan sedang butuh dana untuk perbaikan, namun hingga sampai saat ini tidak ada perubahaan sama sekali.
    Saya sendiri kecewa atas pelayanannya, karena mahalnya jasa yang ditawarkan dengan kualitas yang buruk, jika di bandingkan dengan pesaing lainnya meski sinyal ada yg tidak stabil tp harganya masih logis dan mau sekencang apapun internet jika tidak bisa digunakan (sering putus) tidak ada gunanya.
    Semoga saja hal ini bisa menjadi masukan, karena lambat laut saya rasa jika seperti ini terus, akan segera di tinggalkan.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel ?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Buruknya Jaringan Telkomsel Sekarang

oleh Romi dibaca dalam: 1 min
42