Pengembalian Dana Tokopedia Tidak Sesuai

Saya melakukan transaksi pembelian di Tokopedia pada tanggal 30 September 2020 dengan nomor pemesanan INV/20200930/XX/IX/640967134. Total transaksi saya Rp733.000 menggunakan pengiriman instant+asuransi. Tanggal 1 Oktober 2020 pemesanan tersebut terbatalkan karena tidak profesionalnya penjual.

Tokopedia memproses pengembalian dana saya hanya Rp673.000, tidak dengan biaya ongkos kirim 57.000 dan asuransi Rp 3.000. Saya sudah komplain dengan ID: 21834572. Kronologi berikutnya:

  • Tanggal 30 September 18:04 “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Menanggapi kendalanya, Rayhan infokan saat ini transaksi tersebut sudah dalam pengiriman apabila Ibu menghendaki pembatalan Rayhan sarankan untuk klik tombol Ajukan Komplain pada menu Sedang Dikirm yang akan muncul 1×24 jam sejak transaksi dikirim.”
  • Tanggal 30 September pukul 19:15 “Rayhan akan lanjutkan penanganannya terkait pembatalan pesanan. Melanjutkan penanganan kendala yang Ibu alami jika kami cek status pesanan Ibu saat ini sedang diresolusi pada tanggal 30 September 2020 pukul 18.08 WIB. Terkait hal tersebut kami sarankan Ibu bisa aktif berdiskusi di Pusat Resolusi dan mengikuti arahan yang diberikan oleh Tim Resolusi Tokopedia Care agar kendala segera terselesaikan dengan baik ya.
    Sebagai info tambahan apabila kendala belum terselesaikan dengan baik mohon jangan batalkan komplain ya.”
  • Tanggal 1 Oktober “Dana telah dikembalikan sebesar Rp 673.000”.
  • Tanggal 2 Oktober pukul 15:02 “Saya kembali komplain pengembalian dana yang masuk ke saldo akun tidak sesuai”.
  • Tanggal 2 Oktober pukul 16:16 “Mohon maaf atas kendala yang dialami. Rayhan bantu lanjutkan penanganannya ya. Perihal kendalanya Kami sudah bantu lakukan pengembalian Dana ongkos kirim Rp 57.000 dan Asuransi Rp 3000 dengan estimasi waktu 3 hari kerja atau maksimal hingga 6 Oktober 2020. Untuk itu, silakan Ibu bisa cek Saldo Refund Tokopedianya secara berkala ya. Namun apabila hingga tanggal tersebut Anda masih belum menerima pengembalian Dananya, mohon hubungi kami kembali ya. Selanjutnya, perlu kami infokan, bahwa untuk pengembalian dana tersebut memerlukan beberapa proses verifikasi untuk keamanan dananya. Semoga info yang Rayhan sampaikan bisa membantu dan Pengembalian dana segera diterima ya Bu.”
Pengembalian dana tidak sesuai

Saya menunggu hingga waktu tersebut, tanggal 6 Oktober 2020, tapi hingga pukul 23:59 kekurangan dana saya belum juga masuk ke saldo akun. Saya email kembali di tanggal 7, tapi tidak ada jawaban sama sekali dari pihak CS email Tokopedia. Hari ini pun sudah saya email dan tidak ada tanggapan juga.

Mohon kiranya dapat membantu agar masalah saya agar cepat terselesaikan, karena sangat sulit untuk menghubungi CS Tokopedia. Tidak ada layanan chat dan call, hanya komplain hanya dengan email, tapi tidak ada itikad baik menyelesaikan.

Terima kasih.

Meloni Wulan Mega Ayu
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:7    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

Satu komentar untuk “Pengembalian Dana Tokopedia Tidak Sesuai

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana Tokopedia Tidak Sesuai

oleh Meloni dibaca dalam: 2 min
1