Shopee dan Shopee Paylater Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam sejahtera untuk kita semua.

Melalui surat ini saya ingin meminta pihak Shopee untuk segera bertanggung jawab atas masalah yang berlarut-larut selama 2 bulan lebih ini. Kronologis:

  • Tanggal 4 Agustus – Saya melakukan transaksi di Shopee untuk pembelian Tempered Glass Iphone 11 dengan no. pesanan 20080478SG8J1D, dengan pembayaran melalui Shopee Paylater dan menggunakan pengiriman reguler.
  • Tanggal 6 Agustus – Paket telah sampai di rumah dan diterima oleh kakek saya. Kemudian paket saya buka dan ingin langsung saya pasang di Iphone saya, tetapi ternyata produk mengalami defect sehingga saya berinisiatif untuk mengajukan klaim ke Shopee untuk bisa ditukar barangnya, dengan mengirimkan bukti foto dan video.
  • Tanggal 9 Agustus – Pihak Shopee menolak pengajuan klaim yang sudah saya kirimkan tanpa alasan yang jelas. Disaat yang sama saya menolak keputusan yang diberikan oleh pihak Shopee karena saya mempunyai hak untuk mendapatkan produk yang sesuai.
  • Tanggal 25 Agustus – Saya menerima tagihan di Shopee Paylater senilai Rp 165.068 untuk 2 barang yang saya beli di bulan Agustus, yaitu sabun cuci muka & tempered glass yang bermasalah tersebut.
  • Tanggal 27 Agustus – Saya ingin melakukan pembayaran untuk sabun cuci muka yang sudah saya pesan, tetapi ternyata Shopee Paylater tidak bisa menerima pembayaran untuk 1 pesanan dan harus 2 pesanan, bersamaan dengan tempered glass. Namun saya keberatan jika harus membayar barang yang bermasalah, apalagi sampai tidak ada penjelasan dari pihak Shopee yang menghubungi saya untuk penyelesaian laporannya.

Sampai hari ini 11 November 2020, pihak Shopee Paylater masih terus menghubungi saya supaya bisa melakukan pembayaran dan saya selalu jelaskan saya akan bayar saat itu juga. Tapi saya tidak akan pernah membayar barang yang tidak pernah saya pakai dan saya gunakan, apalagi tidak ada itikad baik dari Shopee untuk menghubungi saya. Namun pihak Shopee Paylater selalu menghubungi saya dan menjelaskan hal serupa yang berulang, dan saya pun selalu menjelaskan alasan yang sama yang berulang. Jadi silakan dari tim Shopee & Shopee Paylater untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Andri Prasetio
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:76    Rata-Rata: 3.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

14 komentar untuk “Shopee dan Shopee Paylater Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah

  • 8 November 2020 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Selamat Sore
    Hari ini 8 November 2020 sudah ada perwakilan dari tim sosial media shopee yg menghubungi saya untuk penyelesaian masalah dan saya sepakat dengan penawaran solusi dari yg ditawarkan

    Kritik saya tetep ada khususnya kepada bagian mediasi shopee. Semoga kedepannya bisa diperbaiki lagi

    Terima kasih untuk mas rudal yg sudah menghubungi saya

    • 8 November 2020 - (17:10 WIB)
      Permalink

      Kalo nilai nominal kecil insya Alloh Shopee bisa membereskan mas,,, kalo nilai materinya gede ga akan menyelesaikan malah membuat rumit…. Kalo nilai nominal segitu mah pasti bisa beres mas…. Kalo besar Shopee buat rumit….

      • 8 November 2020 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Klau barang bermasalah, tdk sesuai dengan DESKRIPSI BARANG, atau BARANG RUSAK. Kan bisa mengajukan pengembalian barang ke seller, ke tokonya. Kok komplain ke shopee ya? Apa menurut anda shopee yg jualan barsng tsb? Dan ingat komplain tsb hanya bisa kalau barang tidak sesuai deskripsi atau barang rusak. Tp kl itu kesalahan anda sendiri ya tidak bisa.

        11
        5
        • 8 November 2020 - (19:16 WIB)
          Permalink

          Media nya Shopee, jadi ada forum diskusi antara pembeli dan penjual dimana pembeli mengkomplain barang yang di terima, tetapi itikad baik dari penjual tidak merespon,konsumen udah di lindungin oleh undang-undang dan pihak yang dirugikan bisa membawa ke ranah hukum karena penjual NAKAL,berapapun nominal nya jangan ragu untuk mempertahankan hak anda ๐Ÿ™
          saya beberapa x mengalamin hal sama alhamdulillah semua clear dan pihak shopee memberi peringatan kepada oknum pihak penjual,disini shopee sebagai pihak perantara dan di sebutkan diatas oleh pihak yang dirugikan bahwa terjadi “tagihan” makanya di nalar baik-baik

          Salam

          M.ANDRE SH

          • 8 November 2020 - (21:49 WIB)
            Permalink

            Hahahha nama embel embel .SH gara gara tempered glas kluar :v

        • 9 November 2020 - (13:56 WIB)
          Permalink

          Shopee bertanggung jawab melindungi semua konsumen yg melakukan transaksi di market place nya. Jika terjadi complain shopee harus melakukan mediasi dengan jalan keluar win win solution.

          Jadi jika masih ada yg berprinsip semua complain hanya boleh diajukan ke pihak penjual itu keliru besar. karena ada kalanya pihak pembeli dan penjual sudah menjelaskan inti permasalahan dn sudah sesuai sehingga harus ada 1 pihak yg bisa mengakomodir jalan keluar lain ๐Ÿ™‚ undang-undang perlindungan konsumen sudah mengatur itu semua

          But Thnks for feedback

    • 9 November 2020 - (07:27 WIB)
      Permalink

      Hai mas saya mau kasih tau aja ya kalau kita pesan barang kan ada yg namanya kurur pengiriman dan asuransi, jadi kalau mau klaim bukan pihak shopee, lazada, tokopedia Dll melainkan penjual dan kurir, jadi sebelum membeli barang baca dekripsi barang yang jelas toko memberikan garansi ngak kalau ngak kasih garansi kan bisa pakai ansuransi pengiriman kalau ada masalah dan kalau barang rusak tanyakan kepenjual dan pengiriman barang yang harus bertanggung jawab bukan pihak shopee, lazada, tokopedia dll kan aneh sampe minta tanggung jawab kepemabayaran

      2
      2
      • 9 November 2020 - (13:48 WIB)
        Permalink

        Thnks mas info nya,,yg harus mas tau pada praktiknya tidak se simple itu loh ๐Ÿ™‚

  • 8 November 2020 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Pihak Shopee mohon selesai transaksi hal tersebut! Apabila ada Penjual yang menjual tidak sesuai dengan deskripsinya dan mendapat klaim dari Pembeli, maka harus ada penangguhan pembayaran kepada pihak Penjual. Sehubungan pembayarannya menggunakan Shopee paylater, maka segerakan proses tindakan tersebut sebelum jatuh tempo! Apakah barang perlu ditukar dengan barang sejenis atau pembatalan transaksi tersebut! Apabila hal tersebut lambat, maka saya sebagai pihak pengguna setia Shopee pun akan meragukan kinerjanya.
    Terima kasih!
    Ditunggu kabar selanjutnya Pak M. Andre SH

    2
    1
  • 9 November 2020 - (05:56 WIB)
    Permalink

    Yg penting klo mw klaim pengembalian barang harus ada bukti video unboxing. Itu udh jdi bukti pling kuat, pasti di acc shopee

    5
    1
  • 9 November 2020 - (22:19 WIB)
    Permalink

    tidak ada yang sempurna. saya pernah barang kurang saya komplain ke seler jawabanya aneh ” jatuh kali kak” wkwkwk ini softcase hp dan jumlahnya lumayan ko bisa jatuh.
    akhir cerita, saya review jelek di seler, trus lapor ke shopee agar seler tersebut di perhatikan.
    menurut saya review jelek lebih pas untuk seler yg nakal.
    memang mungkin ada hak kita yg hilang. tapi bener ga sih kalo katanya rejeki tuh ga akan tertukar?

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Shopee dan Shopee Paylater Tidak Bisa Menyelesaikan Masalah

oleh Andri Prasetio dibaca dalam: 1 min
14