ATS Vacation Menahan Uang Refund Hingga April 2021, Meskipun Refund Tiket dari Singapore Airlines Sudah Cair

Saya membeli tiket PP Surabaya-Brisbane untuk 4 orang (sekeluarga) pada tanggal 13 Feb 2020 melalui ATS Vacation, untuk keberangkatan tanggal 9 April 2020. Karena pandemi, kami cancel tiket di bulan Maret 2020. Ketika ada term dari Singapore Airlines untuk full refund, kami mengajukan full refund pada tanggal 14 April 2020 via ATS Vacation. Beberapa kali saya follow up, dan baru di bulan November saya follow up kembali di 14 November 2020 (7 bulan setelahnya).

ATS infokan kalau refund dana sudah cair dari airlines (ada bukti WA), kemudian saya minta kejelasan tanggal saya akan ditransfer. Tanggal 18 November 2020, ATS info kalau refund tiket kami akan dibayar 2 tahap, sejumlah Rp10 juta di 19 Maret 2021 dan Rp20.282.900 (seharusnya Rp22 juta, yang akhirnya dikoreksi oleh ATS) di 9 April 2021. Kami sekeluarga kaget karena sudah jelas refund dana sudah cair dari airlines, tapi kenapa kami harus menunggu hingga 9 April 2021 untuk pembayaran semua dana refund kami?

Akhirnya tanggal 20 November 2020 (ralat -red) saya dan suami datang ke ATS Surabaya untuk meminta kejelasan. Dijelaskan oleh Pak Agus bahwa ini adalah keputusan terbaik dari ATS kalau kami dijadwalkan dibayar bulan April 2021 karena customer lain banyak yang belum dapat jadwal. Beberapa customer ATS Vacation sudah mulai dibayar refundnya dari bulan November (perkataan Pak Agus sendiri), lantas apa dasarnya kami yang dana refundnya sudah cair malah harus menunggu dana kami hingga April 2021??

Saya juga sempat berhubungan dengan pihak ATS Jakarta dengan Ibu Stefani, dan berkali-kali saya meminta bantuannya untuk bisa mempercepat pembayaran refund kami (ternyata ATS Jakarta yang bertanggung jawab transfer refund). Bahkan saya berkata bahwa saya melonggarkan pembayarannya hingga ke bulan Januari 2021, namun tetap dari pihak ATS Jakarta bilang tidak bisa mengubah jadwal transfer dana refund.

Saya sebagai customer sangat dirugikan dengan ketidakadilan yang ATS Vacation sudah lakukan. Poinnya adalah dana refund dari Singapore Airlines sudah cair, dan sudah seharusnya dana tersebut diteruskan ke customer bersangkutan tanpa ditahan-tahan seperti ini. Jika saya kelupaan follow up lagi, mungkin dana refund ini juga tidak akan pernah dijadwalkan oleh mereka untuk dikembalikan ke saya, ATS Vacation tidak pernah menghubungi saya untuk info tentang dana refund yang sudah cair kecuali saya bertanya sendiri ke mereka.

Saya meminta tanggung jawab ATS Vacation untuk segera mengembalikan dana refund kami (Rp32 juta) yang sudah menjadi hak customer tanpa menahan hingga April 2021. Semua informasi yang saya sampaikan benar adanya dengan bukti foto dan rekaman suara. Besar harapan saya dapat mendapatkan penyelesaian masalah ini segera.

Terima kasih.

Yurike Tedjakusmana
Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ATS Vacation:
[Total:5    Rata-Rata: 1.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

6 komentar untuk “ATS Vacation Menahan Uang Refund Hingga April 2021, Meskipun Refund Tiket dari Singapore Airlines Sudah Cair

  • 2 Desember 2020 - (10:05 WIB)
    Permalink

    “Akhirnya tanggal 20 April 2021 saya dan suami datang ke ATS Surabaya untuk meminta kejelasan.”

    Time Travel ke masa depan kah bund? Gara-gara ini jadi buyar konsen baca tanggal2 nya hehehehe

    • 3 Desember 2020 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Mohon Maaf ada kesalahan pengetikan, seharusnya:
      “Akhirnya tanggal 20 November 2020 saya dan suami datang ke ATS Surabaya untuk meminta kejelasan.”

      • 3 Desember 2020 - (11:41 WIB)
        Permalink

        padahal ATS nih travel yg lumayan punya nama lho ya…
        Di masa pandemi gini segala hal dilakukan spy cash flow mereka tetap jalan.

  • 2 Desember 2020 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Pihak travel ada Medsos kah ibu ? Saya sarankan posting di Medsos ,twitter atau IG dengan mention/tag pihak terkait seperti YLKI , pihak airline dan pasti pihak travel sendiri.
    Pengalaman saya dana refund pesawat di Tokped ditahan 5 Bulan, saya tweet dengan mention pihak airline 4 Hari langsung cair. Itu saya tweet tiap Hari.

    • 3 Desember 2020 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Saya masih mencoba utk posting via media konsumen dan beberapa surat kabar (yg kompas dan jawa pos sudah tayang). Saya juga sempat kirim email ke Singapore Airlines dengan tag ke ylki, travel juga. Dari pihak Singapore Airlines bilang akan memberikan teguran ke ATS, mereka sendiri tidak menyangka ATS akan mengulur-ulur pembayaran uang refund dan penjadwalan hingga April 2021. Semoga dengan segala cara ini ada respon dari pihak manajemen ATS untuk percepatan dana refund kami karena follow up ke mereka secara pribadi tidak berhasil.

    • 3 Desember 2020 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Kebetulan saya cuma ada ig, dan follower saya juga sedikit. Saya akan coba cara ini juga kalau ternyata posting di media massa masih belum berhasil. Terima kasih utk sarannya 🙏🏻

 Apa Komentar Anda mengenai ATS Vacation?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

ATS Vacation Menahan Uang Refund Hingga April 2021, Meskipun Refund Ti…

oleh Yurike Tedjakusmana dibaca dalam: 2 min
6