Pengembalian Dana JD.ID Selalu Melebihi Batas Waktu dan Layanan CS-nya Cuma Memberikan Janji Palsu

Kepada direksi dan tim terkait JD.ID, apakah kebijakan pengembalian dana JD.ID dan layanan CS JD.ID cuma lelucon???

Pada S&K yang JD.ID tetapkan sendiri, tertulis pengembalian dana untuk Kartu Debit maksimal 14 hari kerja. tapi kenyataannya selalu lebih dari 14 hari kerja!

Bulan lalu, transaksi saya gagal pada tanggal 11 November 2020, pengembalian dana baru masuk ke Kartu Debit (rekening) tanggal 11 Desember 2020. Itu pun setelah saya bersusah payah komplain ke pihak jd.id dan pihak bank penerima.

Kali ini, transaksi pembayaran tagihan PLN pada tanggal 3 Desember 2020 berakhir gagal (no pesanan 1038456122 dengan metode pembayaran Kartu Debit Jenius), sampai hari ini 29 Desember 2020 pengembalian dana malah belum diproses!

Saya sudah menghubungi CS JD.ID baik melalui layanan live chat maupun telepon call center. Tanggal 24 Desember 2020 komplain melalui live chat dapat nomor laporan 02102085.

Tanggal 25 Desember 2020 mempertanyakan kelanjutan proses sampai di mana, malah dapat nomor laporan baru 02115493.

Setiap menghubungi CS selalu diberi nomor baru dan menunggu 2×24 jam tanpa akhir. Konyolnya, malah ada email survey dari JD.ID, bahwa nomor laporan tersebut sudah terselesaikan. Apa-apaan ini???

Saat menghubungi layanan call center JD.ID, saya dijanjikan akan dihubungi melalui telepon dalam waktu maksimal 2×24 jam. Tapi semua nomor laporan dan janji CS JD.ID itu cuma TONG KOSONG, sampai hari ini 29 desember 2020, sudah lebih dari batas waktu yang dijanjikan, tidak ada respon sama sekali dari pihak JD.ID!!

Apakah begini etika bisnis JD.ID? Sudah melanggar batas waktu yang ditetapkan sendiri, begitu ditagih bukannya segera diproses, malah ditelantarkan. Apakah CS JD.ID memang cuma pajangan untuk memberi informasi/janji palsu kepada konsumen??

Saya percaya JD.ID pasti akan mengembalikan dana konsumen, tapi sistem dan layanan CS macam begini sangat tidak pantas, apalagi dibandingkan dengan nama besar JD.ID dan investornya.

Djuwanda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:0    Rata-Rata: 0/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Djuwanda

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Djuwanda pada hari Selasa, 29 Desember 2020 lalu di...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Pengembalian Dana JD.ID Selalu Melebihi Batas Waktu dan Layanan CS-nya Cuma Memberikan Janji Palsu

  • 30 Desember 2020 - (07:01 WIB)
    Permalink

    Saya juga dulu pernah beli barang di jd.id dengan tujuan Cilacap tapi barang tidak sampai entah barang di kemanain,saya sudah komplen dan sudah habis pulsa banyak tapi tidak ada tanggapan, sungguh tetlalu

  • 30 Desember 2020 - (08:16 WIB)
    Permalink

    kl jd,id hindari bayar pakai kartu kredit/debit refund-nya lama. saya selalu pakai virtual account, refund langsung masuk di saldo jd.id dan bisa ditarik saat itu juga masuk rekening.

  • 3 Januari 2021 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Tanggal 30 desember 2020 pihak JD.ID, sudah menghubungi saya melalui telpon, untuk konfirmasi bahwa pengembalian dana telah ditransfer ke rekening Jenius saya.

    Saya apresiasi keputusan JD.ID untuk melakukan jalan pintas, dengan mentransfer pengembalian dana langsung ke rekening saya, sehingga saya selaku konsumen tidak perlu berlama-lama menunggu ulang 7-14 hari kerja lagi jika lewat jalur normal (debit visa/mastercard)

    Semoga proses pengembalian dana saya berikutnya tidak bermasalah lagi. (2 transaksi pada tanggal 25 desember 2020)

    Terima kasih JD.ID dan Media Konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pengembalian Dana JD.ID Selalu Melebihi Batas Waktu dan Layanan CS-nya…

oleh Djuwanda dibaca dalam: 1 menit
3