Tokopedia Menunda Refund

Saya melakukan pembelian di Tokopedia pada tanggal 8 Desember 2020, barang dikirimkan juga pada tanggal 8 Desember 2020 oleh penjual. Nomor invoice pembelian saya: INV/20201208/XX/XII/694159625 dan nomor resi atas pembelian saya: 10000678447295, dikirim menggunakan ekspedisi Anteraja. Namun pada tanggal 9 Desember 2020, paket saya terhenti di hub Jakarta Timur (bahkan sampai sekarang statusnya masih sama).

Saya sudah lapor pusat resolusi dan sangat lama penanganannya. Singkat cerita, pihak Anteraja tidak mau mengakui bahwa barang saya hilang dan pada pusat resolusi tersebut intinya saya suruh menunggu, menunggu dan menunggu. Terakhir, mereka memberikan solusi kepada penjual bahwa dana akan diteruskan, dan dana ke saya akan di-refund.

Namun, anehnya ke penjual real time, sedangkan ke customer harus nunggu, nunggu, dan nunggu. 14 hari kerja katanya. Saya selalu bertanya, apa alasannya ke customer harus 14 hari kerja? Sedangkan pusat resolusi sudah tertutup. Ke siapa saya harus bertanya tentang hal ini? Sedangkan mereka cuek-cuek saja, ditanya alasan kenapa 14 hari kerja selalu jawabannya disuruh tunggu.

Saya baru menyadari bahwa pembelian di Tokopedia yang sangat dirugikan ketika ada masalah adalah customer. Tolong kepada Tokopedia, yang membuat marketplace ini besar adalah pembeli, tapi pembeli tidak merasa dibantu dengan maksimal ketika ada problem.

Untuk barang hilang seperti ini, penyelesaian sampai sebulan lebih. Padahal saya membeli di official store menggunakan asuransi Tokopedia. Lalu apa fungsinya asuransi Tokopedia ketika ada hal seperti ini? Konsumen tidak dibantu dengan segera mengembalikan uang pembeli. Belum lagi kerugian yang harus ditanggung pembeli. Saya yakin Tokopedia tidak perduli. Sangat kecewa dan menyayangkan hal ini.

Info tambahan juga, teman saya yang bermasalah seperti ini pembelian pada tanggal 12 Desember 2020 sudah di-refund dari tanggal 1 Januari 2021. Bedanya saya tidak membuat surat pembaca dan teman saya membuat surat pembaca. Saya tidak mengerti kenapa Tokopedia membeda-bedakan customer.

Semoga dengan terbitnya surat pembaca ini Tokopedia tidak menahan-nahan refund ke pembeli. Thanks.

Lanny Harjani
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:10    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

20 komentar untuk “Tokopedia Menunda Refund

  • 4 Januari 2021 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh tahu metode pembayarannya menggunakan apa bu?
    Biasanya pengembalian dana ke kartu kredit/debit memakan waktu 7-14 hari kerja, tergantung kebijakan bank masing-masing.
    Beda lagi dengan metode pembayaran virtual wallet, fintech, atau OVO misalnya, jika refund maka bisa segera dikreditkan kembali atau paling lama 3 hari kerja.

    • 4 Januari 2021 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Saran saya tetap push aja ke pusat resolusi dan buat laporan baru sampai dana diterima.
      Dan juga hubungi call center bank terkait (jika pembayaran menggunakan debit/kartu kredit) untuk bantu mempercepat proses refundnya.
      Note: 14 hari kerja dihitung dari saat pusat resolusi Tokopedia memutuskan utk mengembalikan dana. Normalnya selama tanggal cuti bersama di bulan Desember tidak ikut hitungan.

      • 4 Januari 2021 - (20:02 WIB)
        Permalink

        Iya kak.. sebenernya saya sampai up ke media ini karena memang sedari awal prosesnya lama, lalu saya tdk diberi alasan mengapa refund bisa selama ini, karena ada teman saya yg sama2 melakukan transaksi yg sama dan mengalami masalah yg sama dg saya. Hanya beda-nya dia up kesini terlebih dahulu dan saya ke pusat resolusi. Dia sekarang sudah di-refund (sudah masuk limit cc refund-nya). Padahal Masalah ini duluan saya yg mengalami dan duluan saya yg komplain di pusat resolusi. Menurut saya tokopedia hanya memprioritaskan customer yg berani up ke media, sehingga saya memutuskan jalur yg sama dg teman saya. Saya hanya ingin mendapatkan klarifikasi kenapa customer lain bisa mendapatkan refund lebih cepat (padahal menggunakan metode pembayaran yg sama), mengapa saya tdk diprioritaskan padahal masalahnya duluan saya. Apa karena saya tdk up ke media jadi diabaikan (ditunda2 refund saya) ๐Ÿ™ cs memang telepon saya, tp mentok dia blg suruh nunggu. Baik saya tunggu, tp saya juga berhak untuk up hal ini karena saya customer setia tokopedia dan saya rasa kalau pakai jalur ini semoga lebih didengar.

        • 4 Januari 2021 - (20:13 WIB)
          Permalink

          Apakah cc yg digunakan oleh temannya dari bank yang sama dengan cc yang digunakan mbak?
          Seperti yang saya tulis di atas, 7-14 hari kerja tergantung kebijakan bank masing-masing.
          Jadi bisa saja cc dari bank A lebih cepat proses refundnya dari cc bank B.

          Bisa juga karena temannya up masalah tersebut ke Media Konsumen sehingga menjadi mendapat perhatian dari Tokopedia. Tapi kecil kemungkinan karena hal ini, sebab proses refund kembali lagi antara Tokopedia dan bank penerbit cc masing-masing.

          Tapi semoga lekas diterima dana refundnya ya. Saran saya bersabar saja selama masa tunggu 14 hari kerja sejak diputuskan refund oleh Tokopedia masih belum berakhir. Jika 14 hari kerja berlalu dan belum ada pengembalian dana ke limit cc, segera push kembali ke pihak Tokopedia dan bank penerbit cc.

  • 4 Januari 2021 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Kalo sy cek resinya, ini beli emas yah? Parah banget nih Anteraja, tau isinya emas langsung ada yg ngembat. ๐Ÿ˜ˆ

    • 4 Januari 2021 - (21:08 WIB)
      Permalink

      Iyes bener bgt kak isinya emas.
      Dan menurut saya jumlahnya lumayan.
      Bukan ratusan ribu ๐Ÿ™
      Memang sih yg salah jelas pihak Anter Aja. Tp saya belinya di Tokopedia dan Tokopedia yg memilih expedisi tersebut. Jadi saya meminta bantuan Tokopedia. Semoga tdk terjadi pada customer lainnya.

      • 5 Januari 2021 - (02:58 WIB)
        Permalink

        Nah ini anda kelirunya disini. Tokopedia tidak pernah memaksa pembeli menggunakan jasa kirim tertentu. Ketika anda pilih jasa kirim reguler, yang keluar pertama kali memang Anteraja, urut sesuai abjad. Namun ketika anda klik anterajanya pasti ada opsi jasa kirim lainnya. Kedua, jika menggunakan opsi free ongkir dan di toko tsb misal ada jasa kirim anteraja, jnt, jne dan sicepat, maka prioritas ongkirnya menggunakan anteraja. Jadi free ongkir saat ini di toped kl tdk salah ya, hanya untuk jasa kirim sesuai prioritas yaitu anteraja, sicepat dan jnt.

      • 3 Februari 2021 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Saya juga mengalami hal yg sama , saya membeli di tokopedia dari tgl 13 dengan kurir anter aja, pembelian Iphone lalu paket saya dinyatakan hilang oleh kurir dan dana dikembalikan, tetapi sampai saat ini toikopedia belum mengembalikan dana saya ke alkun kredivo saya padahal jelas ada keterangan jika pengembalian dana ke kredivo real time langsung ke akun.
        tetapi setelah saya hubungi pihak kredivo mereka info kalau dari tokopedia belum mengembalikan dana saya sehingga masih masuk ke tagihan aktif padahal saya tidak menerima barang nya

  • 4 Januari 2021 - (21:19 WIB)
    Permalink

    maaf jika saya saya ikut ikut an , ya kak.
    tapi … setelah saya baca dr awal sampe akhir dr complain dan coment!

    1) jika yg di kirim emas !
    siapa yg ga akan gelap mata !

    2) pembeli jika cc ya (maaf) harap sabar 7 sampai 14 hari buat pengembalian dana !

    3) media konsumen adalah media sangat bagus ๐Ÿ™
    3 masalah saya di online shop clear setelah artikel ini di siarkan ๐Ÿ™๐Ÿ˜„๐Ÿ‘

    sampe cs nya tlp saya dan menawarkan resolusi !

    oke, sekian dan thank all๐Ÿ˜„๐Ÿ‘๐Ÿ™

    • 4 Januari 2021 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Iya kak semoga dengan adanya hal ini bisa sama2 introspeksi, baik saya, tokopedia maupun anter aja. Kalaupun disuruh menunggu, saya tetap menunggu kok, ya mau gimana lagi kan tdk ada pilihan lain. Tp yg saya maksutkan tadi adalah knp penyelesaian antara customer satu dan lain beda. Semoga bisa sama2 introspeksi. Terima kasih ๐Ÿ™‚

  • 4 Januari 2021 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Menjadi sebuah pelajaran jgn membeli emas via online jika emas yg di beli adalah emas dalam bentuk nyata ( bukan emas investasi yg gx ad bentuk nyata) jika sudah begitu biasa nya emas nya bakalan hilang di telan yah u know lah. Jd mending ke toko emaa aja meski harga lebih mahal paling tidak anda bs langsung mendapatkan emas nya ketika lunas membayar.

    • 5 Januari 2021 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Tidak semua seperti itu juga kog. Saya pribadi selalu membeli emas di tokopedia dan alhamdulillah sampe dengan selamat. Ekspedisinya juga menggunakan anteraja, tetapi kita selalu pantau perkembangannya, dan unboxing setelah paket sampai
      https://www.youtube.com/watch?v=MFvYBmtQHfg
      untuk jaga – jaga apabila nanti mungkin ada ketidaksesuaian isi paket

      Cuman memang ada beberapa risiko yang mungkin muncul.
      Pertama, pihak ekspedisi sebetulnya tidak memperbolehkan pengiriman emas di dalam paket, karena klaim kehilangan dan nominal harga barangnya yang terlalu tinggi.
      Kedua risiko diambil oleh pihak kurang bertanggung jawab seperti diatas.

      • 5 Januari 2021 - (08:43 WIB)
        Permalink

        Itu lah kenapa lebih aman adalah membeli langsung di toko emas ataupun di bank. Kalo online biasa nya memang selalu menawarkan harga murah tp sayang nya sangat jarank ad expedisi yg bnr2 bisa menjamin barang yg dikirim menggunakan jasa mereka bakalan 100% aman. Bkn cuma indo bahkan di berbagai belahan dunia pasti ad yg nama nya oknum.

  • 5 Januari 2021 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Intinya jgn pake anteraja dehh. Udah banyak kejadian barang ilang.. sistem manajemen anteraja itu amburadul.

  • 7 Januari 2021 - (11:23 WIB)
    Permalink

    intinya baik penjual maupun pembeli yang mempunyai masalah dan berurusan dengan pusat resolusi maka yang diuntungkan jelas TOKOPEDIA. bayangkan 1000 orang bermasalah tiap hari dan TOKOPEDIA menahan dana itu untuk dikembalikan kepada yang berhak, semakin lama dana mengendap di TOKOPEDIA semakin besar cuannya, ketika belanja pakai OVO / TOKOPEDIA POIN pasti refund dananya cepet, soalnya sama saja dana konsumen tetap berada di pundi2nya TOKOPEDIA juga. PUSAT RESOLUSI = CERUK KEUNTUNGAN TERBESAR TOKOPEDIA, makanya motonya ” kalau bisa mengembalikan dana bisa lebih lama ngapain harus dibikin cepat-cepat”.

  • 13 Januari 2021 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Untuk kelanjutan kasus diatas bagaimana? Apakah sudah di refund oleh pihak Tokopedia?

    Saya juga mengalami kasus pencurian iPhone 12 senilai 16.5jt yang saya beli melalui Tokopedia dan dikirim oleh kurir GrabExpress pada 26 Desember 2020 hingga saat ini proses klaim masih belum saya terima. Makin takut untuk belanja online sekarang jika ada oknum2 seperti ini.

    Semoga cepat kelar urusannya.

    • 13 Januari 2021 - (15:03 WIB)
      Permalink

      Sudah dikembalikan tp prosesnya memang lama kak. Dan baru bener2 diproses serius setelah aku up ke media konsumen ini.
      Kak temenku pernah ngalamin, jadi toko hp yg dia beli ada bukti rekaman cctv bahwa hp sudah di pick sama ojol. Trus uang dikembalikan sama tokopedia kak katanya. Coba toko yg kakak mau bantu gak untuk hal ini. Soalnya nominalnya gede bgt itu kak. Semoga cepat terselesaikan ya kak.

      • 13 Januari 2021 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Udah dibantu sih dan saat ini statusnya “menunggu proses klaim selesai” sejak 04 Januari 2021 sama Tokopedia-nya. Tapi sampai saat ini 13 Januari 2021 masih belum ada pencairan dana. Kalo boleh tau kasus Penulis berapa lama sejak dinyatakan sedang “dalam proses klaim”?

        • 14 Januari 2021 - (15:20 WIB)
          Permalink

          Barang hilang tanggal 9 desember 2020
          Trus diproses pengembalian 4 januari 2021
          Tp umpama saya ga post di media, ga secepat itu kak. Karena temenku itu sama persis kejadian tp hilang nya tgl 12 des 2020, dia langsung up ke media dan sudah di refund di minggu yg sama ketika dia up ke media ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menunda Refund

oleh Lanny dibaca dalam: 1 menit
20