Saldo di Shopee Tertahan Karena Pemblokiran Akun Tanpa Pemberitahuan

Kronologi kejadian pemblokiran terjadi pada tanggal 16 Januari 2021, sekitar pukul 10.00 – 12.00 saya mencoba akses ke akun toko saya dengan dengan username: “Sanamapan” , namun terjadi error

“Gagal Login (F02): Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee”.

bukti pemblokiran
Pemblokiran akun

Setelah kejadian tersebut saya segera menghubungi pihak Shopee melalui call center 1500702. Melalui telepon tersebut, saya infokan bahwa saya tidak merasa ada pelanggaran penggunaan gratis ongkir karena saya sama sekali tidak merasa pernah belanja menggunakan akun tersebut di Shopee.

Lalu pihak Shopee menginfokan bahwa keluhan ini akan diteruskan ke tim terkait setelah meminta email saya. Namun sampai saat ini saya cek email tidak ada laporan kelanjutan dari Shopee.

Saldo 40 juta tertahan di Shopee karena pemblokiran akun tanpa pemberitahuan ini. Saya harap melalui surat ini pihak Shopee/Manajemen Shopee dapat segera memberikan tanggapannya karena dana yang ditahan bernilai sangat besar bagi saya. Dan dana tersebut diperlukan untuk pembayaran kepada supplier saya.

Terima kasih.

Haris Winoto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

12 komentar untuk “Saldo di Shopee Tertahan Karena Pemblokiran Akun Tanpa Pemberitahuan

  • 18 Januari 2021 - (13:22 WIB)
    Permalink

    Maaf saya bingung mas
    1. Dari mana mas tau kalo penyebab akun mas diblokir karena ada kemungkinan pelanggaran gratis ongkir?
    2. Akunnya tidak pernah dipakai belanja, tapi ada saldo 40juta untuk dibayarkan ke supplier? Itu belanja kan maksudnya mas?

    Tapi mungkin, dari cerita masnya, kemungkinan akun mas under review, karena seperti yang mas bilang, akunnya tidak pernah dipakai belanja tapi sekalinya belanja nilainya 40 juta (asumsi saya mas transaksi dengan supplier yg ada di shopee)
    Coba di tilik lebih detail sih Peraturan Komuntitasnya, siapa tau ada. Tapi iya sih, shopee harusnya kasih pemberitahuan.
    Semoga cepet selesai mas

    • 18 Januari 2021 - (21:05 WIB)
      Permalink

      Yang saya sebutkan di atas itu sebagai akun seller , bukan akun buyer.

      Sebelumnya saya sangat berterima kasih kepada shopee sudah mengaktifkan kembali akun saya, namun alasan yang mereka berikan tidak masuk akal.
      seperti:
      1. meminta pembeli yang order di toko saya wajib untuk centang sebagai dropshipper.
      2. Saya di minta untuk membaca syarat layanan, tetapi ketika saya meminta ke admin shopee di poin mana saya melakukan pelanggaran, pihak shopee tidak bisa menjawab.
      3. “banyaknya transaksi yang dibatalkan oleh penerima pada pesanan Kamu ” bagaimana saya sebagai penjual bisa mengatur hal tersebut.

    • 19 Januari 2021 - (07:59 WIB)
      Permalink

      yang saya sebutkan di atas itu “pelanggaran ketentuan gratis ongkir ” jadi tidak ada cashback.
      Jadi masalah ini juga bukan masalah gratis ongkir dan sudah di aktifkan oleh pihak shopee.
      biasakan lah membaca dulu baru comment.

  • 19 Januari 2021 - (09:37 WIB)
    Permalink

    Pelaku manipulasi sistem dengan penjualan palsu yang terdeteksi dan kemudian di blokir. Perhatikan tokonya https://shopee.co.id/sanamapan
    Produk terlaris terjual 1,6ribu unit, tetapi hanya ada 3 ulasan dari akun yang sama. Penjualan produk – produk lain yang jumlahnya ratusan juga palsu dan tidak ada ulasannya.

    Shopee sedang gencar bersih – bersih akun dengan praktek penjualan palsu seperti itu untuk menciptakan ekosistem jual beli online yang adil.

    • 19 Januari 2021 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Penjualan palsu darimana om? itu pembelian kebanyakan oleh pihak dropshipper yang menggunakan sistem cod. jadi mau ada di beri ulasan atau tidak, itu adalah hak pembeli.

      Jika saya ingin memanipulasi penjualan saya dengan sistem shopee, maka jelas saya sebagai penjual sangat bodoh, karena saya harus membayar ongkir di setiap pengiriman tersebut. untuk mendapatkan reputasi kosong / seperti yang anda maksud ulasan nya cuma 3.

      atau mungkin anda akan berasumsi bahwa saya mengirim ribuan barang tersebut dengan gratis ongkir, silahkan pihak shopee mengecek hal tersebut. atau om bs coba sendiri manipulasi sistem shopee dan di lihat apakah id om akan di banned dalam sekejap.

  • 19 Januari 2021 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Sudah menjadi rahasia umum di kalangan para Seller gan. Bisa dilihat juga produknya tidak ada deskripsinya dan dari segi judul maupun gambar sangat tidak optimal untuk bisa terjual. Normalnya produk yang benar – benar dibeli akan memiliki 1/3 ulasan dari jumlah penjualan. Itu 600an lebih terjual, bahkan ribuan tanpa ada ulasan.

    Produk dengan penjualan 1,6rb ini yang paling aneh. Dimana Gambar produk adalah Screenshot dari Marketplace lain, berharga Rp 29.000 yang kemudian Anda jual di Shopee dengan harga 110.000 – 150.000
    https://shopee.co.id/sana-cod-camera-protection-frosted-case-i.271102442.7153959822

    Saran aja nih, marketplace saat ini masih bersifat defensif dan hanya memblokir pihak – pihak yang melakukan manipulasi sistem seperti itu. Ke depan mungkin mereka akan bergerak offensif dan mulai membawa kasus seperti ini ke ranah hukum.

    Mereka tidak akan memblokir secara sekejap sepeti klaim Anda “om bs coba sendiri manipulasi sistem shopee dan di lihat apakah id om akan di banned dalam sekejap” tetapi mereka melakukan pembersihan secara bertahap.

    • 19 Januari 2021 - (11:39 WIB)
      Permalink

      Kan sudah di jelaskan di atas bahwa yang beli adalah kebanyakan dropshipper.
      singkatnya Jika memang saya sebagain penjual salah maka pihak shopee pasti banned akun saya.
      Masa sih shopee memberi kelonggaran bagi seller manipulasi sistem, harusnya di banned permanen.

      kondisi sampai saat ini akun seller saya sudah aktif kembali dalam waktu 1×24 jam setelah saya melakukan komplain.

      jadi case ini udah close. trims responnnya

  • 19 Januari 2021 - (11:48 WIB)
    Permalink

    Iya senada dengan pernyataan kita diatas bahwa marketplace untuk saat ini masih bersifat defensif dan lebih memilih melakukan pemblokiran. Tetapi hati – hati untuk ke depannya ketika mereka mulai offensif mungkin akan lebih dari sekedar pemblokiran.

    Beberapa sumber menyatakan untuk melakukan penjualan palsu seperti itu dibutuhkan lebih dari 1 akun yang berperan sebagai pembeli dan penjual namun dikelola oleh 1 pihak. Di dalam praktek itu harus ada “Modal” untuk melakukan pembelian. Apesnya Anda, “Modal” anda yang 40jt jadi tertahan.

    Dengan jumlah yang tidak sedikit Shopee masih lebih memilih untuk membuka kembali akun Anda. Tetapi saran dari kita aja, ke depan jangan dilanjutkan lagi. Entah dilakukan sendiri atau dilakukan pihak lain, itu adalah sebuah pelanggaran.

    Pahami bahwa diatas langit masih ada langit. Ketika kita mencoba mengakali sistem, sistemnya sebetulnya tau, tapi tindakan mereka lebih lanjut butuh beberapa pertimbangan. Tidak menutup kemungkinan suatu hari tindakan tersebut akan melalui jalur hukum.

    Salam..

  • 19 Januari 2021 - (23:03 WIB)
    Permalink

    F02 itu biasanya sistem yang deteksi otomatis kalau terjadi pelanggaran SK yang berlaku. Tapi kalau mau banding sebenarnya bisa aja nanti akan diminta verifikasi KTP dan data diri lainnya. Tapi ada tapi lagi nih, kalau diketemukan ada data yang sama di akun lain ya siap2 aja ditolak bandingnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Saldo di Shopee Tertahan Karena Pemblokiran Akun Tanpa Pemberitahuan

oleh Haris dibaca dalam: 1 min
12