Mediator Shopee Tidak Fair dan Merugikan Penjual, CS Terkesan Lepas Tangan

Saya salah satu seller Shopee yang merasa keputusan pada komplain pesanan pada nomor 210211152302926 tidak fair. Komplain berupa pengembalian barang dan dana yang diajukan oleh pembeli, berakhir pada keputusan disetujui oleh Shopee, yang terkesan lebih berat sepihak.

Pada kolom diskusi saya telah mengajukan kepada pihak mediator Shopee atas kendala yang dialami, yaitu “barang yang diterima cacat”. Pembeli mengirimkan bukti yang tidak menunjukan kecacatan apapun dan telah saya jelaskan bahwa TIDAK mempengaruhi fungsi dari produk tersebut. Saya pun telah mengirim bukti foto barang kami di gudang yang masih tersegel, sama dan identik dengan produk yang diterima pembeli dan foto pembeli.

Mediator Shopee meminta mengirimkan kembali bukti pada pembeli. Namun pembeli hanya menjawab “buka riwayat file” tanpa bukti video atau kerusakan berupa kecacatan sebuah produk, sehingga mempengaruhi fungsi awalnya.

Jawaban pembeli

Pada Sabtu tanggal 13 Februari 2021 pukul 20:27 (di luar jam kerja toko kami), Shopee meminta bukti penjual di-upload. Esok harinya, yaitu hari Minggu tanggal 14 Februari 2021 pukul 08:28, yang lagi-lagi di luar jam kerja toko kami, keputusan dibuat sesaat kemudian.

shopee meminta bukti penjual

Saya telah mengajukan komplain ke pihak CS berinisial R, meminta keputusan untuk ditinjau ulang dan menunggu di hari dan jam kerja atau diulang pada esok harinya yaitu Senin 15 Februari 2021. Namun lagi-lagi tidak ada penyelesaian, yang berujung pada jawaban bahwa hal tersebut bukan wewenang CS. Tidak ada itikad untuk meneruskan pada pihak terkait dan langsung mengakhiri chat secara sepihak.

Pada pengumuman di laman seller centre bahwa seluruh komplain akan diperpanjang sehubungan dengan Libur Imlek yaitu 10-18 Februari 2021. Namun hari Sabtu pukul 20:27 saat dilaksanakan pengambilan bukti penjual, malah diakhiri pada hari Minggu yang seharusnya masih masuk pada rentang waktu Libur Imlek di atas.

 

Berikut adalah pernyataan kekecewaan saya atas keputusan tersebut:

  • Jika libur Imlek dihitung perpanjangan waktu, apakah di luar jam kerja dan hari Libur (Minggu) tidak termasuk ke dalamnya? Keputusan terkesan dibuat terburu-buru dan berat sepihak.
  • Jika bukti yang dikirim pembeli bisa ditinjau ulang, kenapa bukti pada penjual yang jelas telah kami kirim untuk menyanggah bukti tersebut tidak?

Saya telah mendengar banyak tentang hal ini (mediator shopee yang lebih memihak pembeli nakal). Kami berusaha untuk memberikan pelayanan prima pada setiap barang yang kami kirim agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Namun mediator shopee tidak fair, tetap saya alami.
Saya harap ada tindak lanjut atas kasus saya, dan terdapat peningkatan layanan sehingga tidak terjadi lagi pada “saya” lain seller di sana.

Kenny Anderson
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:6    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

11 komentar untuk “Mediator Shopee Tidak Fair dan Merugikan Penjual, CS Terkesan Lepas Tangan

  • 16 Februari 2021 - (21:56 WIB)
    Permalink

    Saya juga galau nih dengan kredibilitas mediator shopee karna kebetulan saya alami indikasi penipuan sama pembeli saya, yang mengaku pesanan tidak sesuai tanpa video, sebaiknya di ajukan ke shopee atau tidak ya, kayanya mereka gak teliti dan gak mau ribet 🙁

    • 17 Februari 2021 - (21:06 WIB)
      Permalink

      Saya jg ngerasa gitu kak, semoga ada peningkatan layanan karna masalah seperti ini sering berulang

    • 18 Februari 2021 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Iya sama saya juga seller yang kena, tim shopee tidak mau pusing dan retur barang, padahal dari chat pembeli uda ketauan cari masalah, tapi dibela shopee. Ini shopee harus rombak semua tim, tidak kompeten. Barangnya uda rusak, bahkan mungkin dirusak pembeli itu sebelum buka bubble wrap. Lucunya lagi katanya pembeli ada video unboxing uda nonton bareng ama tim shopee, ini kongkalikong namanya, setelah itu ketok palu barang rusak diretur. Saya anggap buang sial kasi mereka aja.

      • 18 Februari 2021 - (09:36 WIB)
        Permalink

        Kasus beginian sering terjadi, sedikit yg speak up, Atau mungkin ga tau tempatnya. Kalau cuma ngadu ke CS rata2 di abaikan mereka jawab sesuai prosedur aja.
        Entah si Oren ini makin besar bukan makin berisi. SDM nya ga imbang sm perkembangan dan kebutuhan

  • 17 Februari 2021 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Kalau bisa agan coba kumpulkan bersama para seller yg sudah dirugikan oleh para mediator Shopee, lakukan gugatan class action. Tuntut dengan nilai yg jauh lebih besar agar ada efek jera bagi Shopee.

    • 18 Februari 2021 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Sepertinya benar, harus ada efek jera. Banyak tulisan disini yg serupa, bermasalah sama mediator Oren. Apalagi dalam diskusi tidak ada nama mediator yg artinya tanggung jawab milik team Oren seluruhnya

  • 18 Februari 2021 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Saya minta nama tim shopee yang tangani kasus saya aja ga brani dikasi, wajar donk jadi kalo lain kali dia lagi yang tangani, kita ga perlu buang waktu di diskusi. Uda pasti kalah pny.

    • 18 Februari 2021 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Iya seharusnya didiskusi ada nama mediator yg handle kasus tsb, jadi transparan dan kita tau pola main orang tsb.
      Kasus sy sepertinya agak lambat bertele2 padahal sy cm minta supaya mediator bisa adil seadil-adilnya. Kalau memang barang rusak toko kami juga gak pernah lari atau lepas tangan, asal buktinya jelas kami selalu terima komplain yg sperti itu tanpa ajukan ke shopee. Nah ini cerita diatas saya kalah hanya karna Weekend masa admin saya harus kerja 24 jam mantengin komplainan

  • 20 Februari 2021 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Update untuk permasalahan ini.
    Hari ini tgl 20 Feb 2021,saya selaku penulis artikel diatas menyatakan permasalahan telah terselesaikan
    Saya sangat mengapresiasi pihak shopee yg telah menghubungi toko kami dan membantu menginformasikan hingga permasalahan ini jelas statusnya.
    Berikut kronologi penyelesaian kasus ini:
    Shopee menghubungi toko kami dan mengatakan bahwa keputusan Tidak dapat di ubah, berhubung pembeli belum melakukan tugasnya yaitu mengirimkan kembali barang tsb kepada penjual, dispute team Shopee menyarankan untuk menunggu (waktu tunggu pengembalian barang dr pembeli ke penjual adalah 5hari) dan jatuh tempo pada hari ini.
    Hingga hari ini pembeli tidak mengembalikan barang tsb kepada kami dan komplain pun terselesaikan oleh sistem, dana di teruskan kepihak penjual.

    Opini saya sebagai penjual, Barang tsb tidak di kembalikan kepihak kami dikarenakan memang barang tsb tidak cacat dan berfungsi dengan baik.

    Saya harap kedepannya Team shopee dapat mempertimbangkan bukti kedua belah pihak dgn fungsi dan kaitannya pada barang tsb masing-masing.
    Dan hal ini menjadi pelajaran bagi saya dan team untuk meningkatkan kinerja dalam menangani komplain pembeli.
    Terima kasih, kepada mediakonsumen untuk selalu menjadi wadah bagi kami.
    Dengan ini permasalahan saya tutup.

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Mediator Shopee Tidak Fair dan Merugikan Penjual, CS Terkesan Lepas Ta…

oleh Kenny Anderson dibaca dalam: 2 min
11