Call Center Bagian Kartu Kredit BRI Sungguh Keterlaluan

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya. Saya Adinda Agustian, nasabah kartu kredit Traveloka Paylater Card BRI dengan nomor: 4365 0203 **** **07. Sebelumnya saya pernah membuat surat keluhan terkait transaksi saya di ACE Samarinda yang tidak sesuai dengan promo yang dijanjikan sbb:

Namun sama sekali tidak ada tanggapan apapun atau respon dari pihak BRI mengenai keluhan saya tsb. Okelah, toh saya sudah mengikhlaskan karena saya memang tidak menuntut apapun, kecuali menjadi perhatian pihak BRI dan merchant terkait.

Bukti Struk Transaksi di ACE Samarinda

Transaksi tsb di atas kemudian baru dibukukan pada periode Januari, terlampir bukti melalui aplikasi Traveloka untuk pembayaran periode Januari, dan sudah saya bayar pula tagihannya.

Tagihan bulan Januari

Pada tanggal 2 Februari 2021 ketika saya akan melakukan transaksi online dengan kartu kredit, ditolak karena limit tidak mencukupi. Saya cek aplikasi BRI Kartu Kredit, dan muncul lagi tagihan atas transaksi saya di ACE Samarinda dengan nominal yang sama (bukti terlampir).

Tagihan bulan Februari

Langsung di hari itu juga saya menelpon call center BRI dengan nomor aduan 32266248 dan sudah saya kirim melalui email dokumen yang diperlukan per tanggal 4 Februari 2021 (bukti terlampir), dan akan diproses 20 hari kerja.

Bukti Tanggal Kirim Surat Sanggahan

Tanggal 3 Maret 2021, saya telepon lagi Call Center BRI di 14017, lalu si CS bilang pengaduan dengan nomor tsb TIDAK ADA/DITUTUP. Setelah menunggu selama 2 menitan, barulah si CS berkilah dokumen yang diperlukan sebagai syarat sanggahan baru diterima tanggal 17 Februari 2021. Bagaimana bisa?!

Tanpa meminta maaf, lalu CS mengatakan membutuhkan waktu 20 hari kerja dari tanggal 3 Maret 2021. Berati total 40 hari kerja lebih. Untuk menghindari bunga si CS menyarankan saya membayar full seluruh tagihan, yang berarti saya menyetujui untuk membayar transaksi di ACE Samarinda tsb sebanyak 2 kali.

Tolonglah pihak BRI hubungi saya. Saya maklum adanya human error, kalau misalnya email tsb tenggelam toh bisa menghubungi saya, bukan menutup kasus seenaknya. Untung saya inisiatif follow up, coba kalau tidak.

Kepada nasabah KK BRI lainnya waspadalah dengan kasus seperti ini, mengingat poin b di lembar sanggahan transaksi:

“Bank berhak menerima surat sanggahan transaksi secara lengkap dalam jangka waktu 30 hari kalender dari tanggal transaksi. Apabila Bank tidak menerima dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka pemegang kartu DIANGGAP TELAH MENYETUJUI TRANSAKSI TERSEBUT dan tidak ingin melanjutkan sanggahan transaksi tersebut.”

Kelalaian di pihak bank, tapi nasabah yang mesti menanggung akibatnya.

Adinda Agustian
Kab. Berau, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit BRI:
[Total:16    Rata-Rata: 1.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Call Center Bagian Kartu Kredit BRI Sungguh Keterlaluan

  • 6 Maret 2021 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Saya jg kurang setuju dengan ketentuan tetap mendahulukan pembayaran tagihan/utang/tunggakan apabila terjadi ketidaksesuaian jumlah tagihan, sanggahan , atau transaksi yang dianggap tidak dilakukan. Seolah2 urusan pembuktian itu dibelakangkan pembayaran terlebih dahulu. Meskipun pmbayaran itu atas transaksi yg dilalukan oramg lain atau penipu misalnya….Jika terbukti bisa dikreditkan uangnya. Tapi kalau tidak.? ALasan kalau tidak dibayar bunga akan menumpuk… Ngeri aturan seperti ini. Lebih baik tutup kartu kredit tidak aman dan menyusahkan

  • 10 Maret 2021 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada Media Konsumen dan segenap staff Call Center Bag. Kartu Kredit BRI.

    Per tanggal 10 Maret, jumlah transaksi yang disanggah sudah terkreditkan lagi ke limit saya. Dengan demikian permasalahan ini saya nyatakan telah tuntas dan semoga di kemudian hari Bank BRI bisa memperbaiki layanan costumer complaint handlingnya.

    Regards,
    Adinda Agustian

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BRI?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Call Center Bagian Kartu Kredit BRI Sungguh Keterlaluan

oleh Adinda dibaca dalam: 2 min
2