Penipuan yang Mengatasnamakan Undian Shopee

Assalamualaikum,

Nama saya Robbi Arham, saya korban penipuan yang mengatasnamakan Shopee. Saya ditelepon oleh si pelaku melalui WhatsApp dengan nomor +1(604)449-2783, yang mengatakan bahwa saya menang undian Shopee. Kemudian saya disuruh menyebutkan nomor rekening saya dan saya diarahkan ke ATM. Di situ saya disuruh untuk melakukan transfer sebesar Rp1.460.00 ke nomor LinkAja si pelaku (083178644758). Setelah selesai saya disuruh menunggu.

Kemudian saya disuruh melakukan top up ShopeePay lagi. Setelah selesai melakukan top up, kemudian saya disuruh menunggu. Setelah saya coba menunggu, tidak ada jawaban, malah teleponnya dimatikan. Setelah saya coba hubungi lagi, nomornya tidak aktif.

Saya coba buka akun aplikasi Shopee, kenapa ada tagihan Shopee PayLater sebesar Rp588.000 dan SPinjam sebesar Rp1.460.00? Padahal saya tidak mencairkan SPinjam saya, karena tidak ada notifikasi kode OTP dari pihak Shopee.

Dari situ saya baru sadar bahwa uang yang saya transfer ke nomor si pelaku itu uang dari SPinjam saya yang sudah dicairkan. Berarti akun Shopee saya sudah berhasil di-hack terlebih dahulu oleh si pelaku penipuan.

Saya langsung lapor ke pihak Shopee terkait permasalahan ini. Setelah saya melaporkan ke pihak Shopee, akun saya dibekukan selama 1-3 hari dan menunggu balasan dari Shopee.

Setelah itu saya mendapatkan e-mail balasan dari Shopee bahwa akun saya sudah berhasil dipulihkan. Setelah saya coba cek lagi, ternyata masih ada tagihan dari Shopee PayLater dan SPinjam dari Shopee. Yang mana berarti permasalahannya belum selesai, karena saya tidak pernah mencairkan SPinjam saya tapi saya diharuskan melunasi tagihannya. Saya juga tidak mendapatkan kode OTP dari Shopee.

Robbi Arham
Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:35    Rata-Rata: 3.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

39 komentar untuk “Penipuan yang Mengatasnamakan Undian Shopee

    • 16 Maret 2021 - (14:42 WIB)
      Permalink

      Untuk saat ini masalah sudah diselesaikan oleh pihak shopee dan saya sendiri

          • 17 Maret 2021 - (05:49 WIB)
            Permalink

            Jadi intinya tetep bayar kan ? Pihak shopee gak tau menahu.

          • 17 Maret 2021 - (05:54 WIB)
            Permalink

            https://www.change.org/Usuttuntasakunshopeediretas

            Saya juga korban, dan saya bikin petisi, untuk pihak shopee membantu menyelesaikan penipuan ini. Bagaiman keamanan sistem dan seperti apa tindak lanjutnya.jangan hanya kita yang bayar tapi pihak shopee hanya diam saja. Sedangkan kita juga gak bisa lapor ke polisi dikarenakan akan lebih banyak uang yang keluar.

    • 17 Maret 2021 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Beberapa hari yang lalu saia juga dapat telpon dari nomor seperti itu, mengaku dari shopee. Kalo saia menang undian. Si penipu nanyak, wangnya mau dikirim ke rek apa shopee pay. Saia bilang shopee pay ja. Dan beberapaenit kemudian kode OTP mendarat melalui WA, si penipu nanyak, kodenya berapa. Saia kasih dia kode yang salah. Dan kode OTP mendarat lagi via sms, nanyak lagi tuh penipu ya ta kasih lagi kode palsu. 😂😂 Lama2 dia dongkol, dan mematikan telponnya. Ya kita harus mikir juga, udah jelas2 sms yg kita terima berisi notrle bahwa jangan memberika kode ke siapapun juga.

    • 17 Maret 2021 - (13:49 WIB)
      Permalink

      Saya dulu 1 tahun yg lalu juga dapatt tlp dari no trsebutt dia bilang saya menang undian 50 juta trus saya di suruhh top up shope pay sebesar 300 kalo pabila saya top up saya langsung dapat uang 50 juta karna kerasa saya suda percaya akhirnya saya berlawanan dengan kata hati saya bahwa saya ingin di bohongin namun si pelaku trus2san menelp saya setelah saya pergi ke alfa untuk top up shope pay sebesar 300 ribu pas stlah di top up si pelaku meminta lagii namun saya tutup tlp nya dan saya marah2 in dan bentak tuh si pelaku namun setalah saya cek saldo yg tadii saya top up tiba2 ga ada dan situ uda ada pembayaran biro perjalanan ..saya melapor ke shopee dan akun saya di bekukan serta saya gantii kode pin namun sampe sekarang shope ingin menjanjikan mengantikan saldo shope pay saya sampe sekarang ini pihak shopee pun ga da responn dan sampe sekarang saya trauma untuk isii top up saldo lagii karna nantii takutnya diambil lagi ama si pelakuu….bego nya kita tuh mao aja kita kasii kode otp …buat pelajaran yg sangatt berartii untuk tetep berhati2 sekarangg

    • 15 Maret 2021 - (20:54 WIB)
      Permalink

      Ya jelas lah, anda suruh bayar lunas.
      Dari cerita anda saja sudah sangat jelas, jika anda sendiri yg mengirim uang nya, secara sadar atau pun tidak.
      Namun disini anda yg ingin menyalahkan pihak shopee, dengan alasan tak mendapat kode OTP dari shopee.

      • 16 Maret 2021 - (14:48 WIB)
        Permalink

        Untuk saat ini masalah sudah diselesaikan oleh pihak shopee dan saya sendiri

    • 15 Maret 2021 - (21:28 WIB)
      Permalink

      ya pastinya anda yg bertanggung jawab melunasinya. karna itu akun anda. walaupun bukan anda yg meminjam tapi itu atas nama anda. berhati2lah jika anda mendapati telpon dengan awalan kode +1 sudah pasti itu nomor penipu. semoga saya dan yang baca komentar saya ini dijauhkan dari penipuan semacam ini. aamiin

    • 16 Maret 2021 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Untuk saat ini masalah sudah diselesaikan oleh pihak shopee dan saya sendiri

  • 15 Maret 2021 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Wah… kok gampang sekali ditipunya pak ?
    itu jelas nomornya bukan nomor dari indonesia… pasti pake nomor virtual gratisan.
    dan masa yg menang yg transfer dananya ? pasti bilangnya buat pajak dll ya ? x_X

    Tapi gimana tu maling bisa masuk ke akun shopee bapak ya ?
    Biasanya harus ada OTP dulu baru bisa masuk ke nomor hp yg tercantum di account shopee.

    • 19 Maret 2021 - (05:53 WIB)
      Permalink

      Waktu hari minggu tgl 14 maret 2021 jam 15 kemarin saya juga dapet tlepon katanya dari shopee, toko saya menang undianRp 1500 000 katanya mau dicairi dimana kata pelaku, saya bilang ke rekening saya, awal nya saya tida percaya tapi data diri di akun saya yang harusnya orang lain tida bisa lihat, dia tau bodoh nya saya jadi percaya, dan pelaku menggiring saya untuk masuk i bengking saya saya turuti, terus datang kode OTP, dia minta saya bilang itu kan rahasia kata si pelaku kan dia dari pihak shopee, saya kasih terus pelaku nyuruh saya buka aplikasi shopee katanya di masukin no kartu ATM user id, pasport di fropil saya, kata saya ini kan kode rahasia, pelaku bilang itukan di akun shopee emba ga ada yang bisa lihat, nah bodoh nya aku di ditulis di profil saya, terus dia suruh isi pin inbengkin pikir saya dia ga bisa lihat kan akun saya, langsung saya kasih, nah secara ga sadar saya udah ngasi akun shopee dan ibengking saya ke pelaku, ga berhenti di situ mungkin karna di rekening saya cuma ada uang 50 ribu, pelaku tida puas dia menggiring saya untuk daptar ke aplikasi Sipinjampintar kalo ga salah, kata saya ko masuk ke aplikasi pinjam onlen si, kata si pelaku untuk yairin uangnya di situ saya isi data untung belum berhasil, kata suami saya tutup tlepnya terus taya ke shopee, pasaya tanya teryata gada undian, bodoh ya saya percaya, pas buka internet bengking saya ga bisa di buka sekitar 5 jam eh pas bisa saya buka ada uang masuk dari shopee Rp 2360 000,dan uang keluar lagi semuanya. Dan yang bikin saya bingung dari mana uang itu????
      Ini no penipu +1(219) 220 -2273,
      Terima kasi

  • 15 Maret 2021 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Ternyata masih banyak yg ketipu gini dengan iming” duit ya, pantesan penipu masih banyak toh korban yg gampang tergiur juga masih banyak🤣

    • 15 Maret 2021 - (18:05 WIB)
      Permalink

      Wah bahaya juga ya shopee, klo tdk ada terima kode otp, kok si penipu bisa masuk di akun bapak, wah parah sih shopee

    • 15 Maret 2021 - (19:51 WIB)
      Permalink

      kok sama sama istri saya kejadianya 500 ribu di akun shopee pay lenyap. padahl shopee pay blom di verifikasi ktp🤣 sudah jelas shopee pay di hack dan tidak aman. otp gak ada yg masuk . tau tau saldo shopee pay di tarik ke akun link aja dalam kurun waktu 10x transfer dengan nominal 50.500 10x penarikan. 🤣 . konfirmasike shopee gak ada angsuransi uang kembali. di kasih vocher belanja 399 ribu gak saya ambil. sudah lapor ke cyber crime indonesia gak di respon apalagi cs shopee malah muter”🤣🙏 terus kemana lagi kita mengadu🤣🤣🤣. nama akun shopee naunaussy

    • 16 Maret 2021 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Biasanya dia menggunakan kata2 suruh masukin no hp penipu ke akun shopee kita via telpon itu.. abis itu nanti kode pro masuk ke nomor dia . Barulah akun shopee kita bisa d buka sama dia.jadi . Ya ambil pelajarannya aja . Kalo ada nmr ga d kenal lbh baik gak usah d angkat .kadang juga secara gak sadar kita bisa terhipnotis dg kata2 dia. Pikiran manusia kadang kosong atau lg pusing banyak kebutuhan . Wajar saja jika tidak was2 lalu ada penipu seperti itu kita jd tidak sadar.

  • 15 Maret 2021 - (19:52 WIB)
    Permalink

    kok sama sama istri saya kejadianya 500 ribu di akun shopee pay lenyap. padahl shopee pay blom di verifikasi ktp🤣 sudah jelas shopee pay di hack dan tidak aman. otp gak ada yg masuk . tau tau saldo shopee pay di tarik ke akun link aja dalam kurun waktu 10x transfer dengan nominal 50.500 10x penarikan. 🤣 . konfirmasike shopee gak ada angsuransi uang kembali. di kasih vocher belanja 399 ribu gak saya ambil. sudah lapor ke cyber crime indonesia gak di respon apalagi cs shopee malah muter”🤣🙏 terus kemana lagi kita mengadu🤣🤣🤣. nama akun shopee naunaussy

  • 15 Maret 2021 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Hal kaya gini pasti ada kelalaian dari korban. Saya juga pernah dapat chat dari nomor usa dgn ikon shopee. Tp sy langsung hapus, dan sy robah pin dan otentifikasi akun shopee sy. Alhamdulillah aman2 saja. Perihal tagihan, karena memang ada kelalaian korban, ya mau tdk mau harus diselesaikan. Kecuali masuk laporan polisi/pengadilan untuk pembuktian, yg prosesnya pasti ribet dan bisa jadi jauh lebih mahal biayanya

  • 15 Maret 2021 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Bagaimana kalau harga SIM Card untuk kartu perdana kembali dibikin mahal seperti di era 2000-an awal saat telekomunikasi seluler baru berkembang. Apa alasan SIM Card dibanderol jadi mahal? Misal 100rb!

    Yang menjadi alasan harga SIM card naik jadi Rp 100 ribu tak lain karena selama ini harga kartu perdana dijual terlalu murah. Harga pasaran terendah ada yang dijual Rp 2000, atau bahkan gratis.

    Sehingga kadang orang ada yang mudah saling ganggu dan habis itu dibuang.
    Selain itu, harga kartu perdana yang murah diiringi bonus jor-joran dari operator, membuat SIM Card sering kali dijadikan alat untuk promosi dan cenderung mengarah spamming. Misalnya, SMS tentang penawaran kredit tanpa agunan (KTA), juga SMS pemberitahuan sebagai pemenang undian yang sering sekali kita terima.

    Bahkan yg lebih parah dan lebih sering terjadi adalah harga kartu perdana yg murah sering dimanfaatkan oleh para penipu untuk menipu korban-korbannya.

    Andaikan harga SIM Card untuk kartu perdana menjadi minimal Rp 100rb saja, maka para penipu akan keluar modal yg tidak sedikit hanya untuk beli kartu perdana saja.

    Jika pendapat ini benar, silahkan di share…

    6
    1
    • 15 Maret 2021 - (23:33 WIB)
      Permalink

      Percuma dimahalin kalo bikin nomor virtual di gampangin. Itu +1 jelas kode negara US sudah pasti yang membodohi si bapak pakai nomor virtual yang secara gratis bisa di dapat.

  • 15 Maret 2021 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Masih banyak yang belum pandai menggunakan telpon pintar.. Masih ada juga yang TERBODOHI kek gini. Ckckck… Yang sabar aja pak, ikhlas adalah kunci dari kesuksesan, semoga tidak terulang kembali kebodohan nya.. Semoga juga di ganti lebih sama yang maha kuasa, dan sipembodoh cepet ketangkep.

  • 16 Maret 2021 - (00:11 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal serupa ceritanya sama persis dengan bapak ini. Si penipu pandai sekali dalam meyakinkan . Dan kata2nya juga tidak menuju ke penipuan. Tapi alhamdulillah saya masih lindungi . Karena pas penipu mulai berbelit2 katanya. Saya ikuti dulu ini benar atau tidak nya . Akun shopee saya sempat logout juga dan berhasil di bajak penipu via no telpon. Untungnya saya masih bisa login menggunakan email dan penipu blm mengubah kata sandinya. Pas saya login kembali. Sama seperti bapak ini ada tagihan s pinjam sebesar 300 ribu yang padahal penipu itu udah kiri. Ke rekening saya. Dan penipu juga sudah sempat memesan barang lewat pay later sebesar 1.400 untungnya penipu blm memasukan pin dan akhirnya pesanan otomatis terbatalkan. Alhamdulillah. Bisa jadi pelajaran untuk kita semua agar kita lebih berhati2. Dan logika aja jaman sekarang ga ada namanya bagi2 uang gratis secara cuma2 dengan cara semudah itu.

  • 16 Maret 2021 - (01:30 WIB)
    Permalink

    WADUH….. LUGUNYA, MUDAH KALI DIPERINTAH ORANG SURUH INI ITU MAU AJA DEMI HADIAH, SEKARANG TANGGUNG AKIBATNYA, JANGAN SALAHKAN SHOPEE.

    1
    1
  • 16 Maret 2021 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Coba cek anda aktifkan kode otp tidak? Kl tidak diaktifkan ya tidak perlu kode otp. Saya pernah non aktifkan otp krn kalau login untuk print penjualan sangat susah dapat otp. Saya berfikir mungkin krn operator dr nomor hp yg saya gunakan jelek, nah terus saya ganti pakai nomor satunya dr operator lain, nah baru lancar dpt otp. Bagus lagi tokopedia, dia sudah menggunakan google authenticator atau lewat WA, tidak perlu nunggu sms otp masuk. Sangat cepat prosesnya.

  • 16 Maret 2021 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Mas penulis tolong bgt respon atau share kontak kaka saya juga ketipu paylaternya kepake gimna caranya supaya g nanggung perbautan penipunya. tolong bgt mas infonya bagaimna . mohon banget

  • 17 Maret 2021 - (19:22 WIB)
    Permalink

    Pakai password yg kuat, diatas 12 digit gabungan huruf besar kecil angka dan simbol. Dan ganti minimal 1 tahun sekali. Saya sendiri tidak hapal password saya jika tidak buka catatan. Kedua aktifkan kode otp. Lindungi paylater dan spinjam dgn pin.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Penipuan yang Mengatasnamakan Undian Shopee

oleh ROBBY dibaca dalam: 1 min
39