Jualan di Shopee, Pembeli Dapat Barang dan Refund Dana Full, Penjual Dapat Apesnya Saja

Saya selaku penjual di Shopee sangat kecewa dengan tindakan Tim Pusat Resolusi Shopee. Dana pesanan dicairkan ke pembeli, padahal paket sudah diterima, lengkap dengan bukti tracking. Hanya karena pembeli mengajukan komplain dengan alasan “Tidak menerima pesanan”.

Kronologi kasus (laporan 142649892):

1. Tanggal 11 Maret 2021 pukul 10.02 WIB pembeli memesan barang di toko saya dan pesanan dikirim ke JNT pada hari yang sama pukul 14.18 WIB.

2. Pembeli mengajukan pengembalian dana tanggal 12 Maret 2021 pukul 17.29 dengan alasan tidak menerima pesanan. Saya merespon di pusat resolusi bahwa setelah konfirmasi dengan CS JNT, paket sudah diterima tanggal 12 Maret 2021 pukul 11.26 disertai bukti tracking web JNT dan aplikasi web Shopee sendiri.


3. Tanggal 15 Maret 2021 pukul 10.52 Shopee pun meminta tanggapan pembeli di kolom diskusi sampai batas waktu yang diberikan. Sampai titik ini masih wajar, yang tidak wajar adalah proses selanjutnya.

4. Tanggal 15 Maret pukul 17.08, tidak ada tanggapan apapun dari pembeli, tapi Shopee memutuskan klaim ini disetujui, dengan alasan tidak ada jawaban dari jasa kirim dan dana dikembalikan ke pembeli. Jika terdapat sisa pembayaran akan ditransfer ke penjual. Pesanan Rp73.300, dicairkan Rp73.300 ke pembeli, apa yang tersisa untuk penjual??

5. Saya pun langsung menghubungi CS Shopee hingga 3 orang. Ketiganya menyatakan tidak ada bukti yang kurang, HANYA SAJA tidak ada jawaban dari jasa kirim maka dana dicairkan ke pembeli.

Shopee terus menyatakan punya hak memutuskan keputusan mediasi sesuai kebijakan Shopee. Iya Shopee adalah pemilik marketplace, tapi alangkah baiknya dijelaskan apakah setiap pesanan yang pembeli nyatakan tidak terima meski bukti tracking lengkap, lantas dana tetap dicairkan? Jawaban jasa kirim seperti apa yang anda inginkan?

Saya tunggu respon pihak Shopee akan hal ini, karena bila hal ini didiamkan akan bermunculan pembeli nakal dan tentu akan membuat banyak penjual mundur dari Shopee.

Erwin Wijaya
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:119    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

31 komentar untuk “Jualan di Shopee, Pembeli Dapat Barang dan Refund Dana Full, Penjual Dapat Apesnya Saja

  • 16 Maret 2021 - (14:32 WIB)
    Permalink

    Dana di teruskan ke pembeli karna pihak kurir tidak merspon setelah shopee konfirmasi ke pihak J&T ya .

    1
    2
    • 16 Maret 2021 - (15:29 WIB)
      Permalink

      Betul. Pertanyaannya benarkah Shopee ada konfirmasi ke pihak J&T ?

      Saya selaku penjual sudah konfirmasi CS J&T dan dari pihak J&T menyatakan paket sudah diterima. Bukti tracking J&T juga ada bahkan tracking dari aplikasi Shopee sendiri juga paket sudah diterima. Shopee terus berkelit bahwa ini merupakan kebijakan Shopee.

      Bukankah hebat sekali kebijakannya, paket diterima pembeli + dana refund full?

      11
      • 17 Maret 2021 - (04:05 WIB)
        Permalink

        karena bukti tracking bisa salah dan dimanipulasi pihak kurir, paket saya kadang begitu, di tracking sudah diterima, padahal belum/masih dibawa kurir, mungkin ada target harian dari pihak kurir. atau bisa juga diterima oleh orang lain, untung yang menerima tetangga yang amanah, lha kalau sembarang orang bagaimana.
        jadi dari shopee mungkin butuh foto penerima paketnya dari pihak kurir, bukan cuma tracking log saja, begitu 👍

      • 17 Maret 2021 - (04:24 WIB)
        Permalink

        Klo dri cerita agan kemungkinan masih kurang bukti klo agan udah konfirmasi dri pihak jasa kirim, karna jasa kirim skrg suka kasih keterangan gak sesuai ditrackingnya sudah diterima tpi pembeli belum terima, entah itu emang kurir nakal ato emang ada target tertentu,, aku juga pernah gitu gan kirim barang buat babe distatus keterangannya udah diterima padahal babe ku belum terima sma skali ternyata paket masih dibawa jasa kirimnya,,

        • 17 Maret 2021 - (09:30 WIB)
          Permalink

          Ya saya juga beberapa kali kena ekspedisi yg begini, barang belum terima tapi uda konfirmasi pembeli sudah terima barang ini terjadi lagi pada saya lagi kemarin dan masih dalam proses , saya sendiri yg cari kurir nya , jadi repot banget dan belum direspon pihak kurir hingga sekarang.

        • 17 Maret 2021 - (22:49 WIB)
          Permalink

          Dari kronologi yang terlampir, proses nya adalah sedang menunggu tanggapan pembeli. Herannya, tiba-tiba shopee langsung me-REFUND dana tanpa adanya tanggapan pembeli ataupun info bahwa tidak mendapat konfirmasi JNT.

          Kalaupun bukti kurang, hendaknya info bukti apalagi yang dibutuhkan. Di kasus ini, shopee tidak meminta bukti tambahan apapun. Setelah Case ditutup, saya chat ke 3 orang CS dan mereka menyatakan bukti sudah lengkap.

  • 16 Maret 2021 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Udah ga heran lagi sih gan, udah sering kasus begini. makanya kalo jualan barang mahal di tokopedia. klo dishopee bnyk kejadian begini.

    tim mediasi shopee seenaknya terus. pdhl status sudah di terima. trus pembeli ngajuin pengembalian malah di setujui. pembeli dapat dana + barang

    7
    1
    • 16 Maret 2021 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Saya seorang seller shopee, setiap user pembeli yg Komplain bahwa pesanan tdk diterima, saya selalu di mediasi dan suka lampirkan bukti yg valid. Alhamdulillah saya selalu menang sebagai seller, walau user akhirnya Kasih rate jelek, tapi saya kan perjuangkan hak saya… Saya punya bukti sangat kuat, so. Akhirnya buyer kalah terus

      5
      2
      • 16 Maret 2021 - (22:37 WIB)
        Permalink

        Bagi Info kak, bukti seperti apa yang kakak berikan sehingga bisa menang?

        Saya melampirkan bukti tracking web JNT dan tracking dari aplikasi shopee serta sudah konfirmasi langsung ke CS JNT tapi tetap kalah. Alasan shopee karena pihak Shopee tidak mendapat konfirmasi dari JNT.

        • 17 Maret 2021 - (00:58 WIB)
          Permalink

          Coba ajukan komplain ke cs jnt nya, ceritakan kronologi dan lampirkan bukti” yang agan punya, termasuk hasil keputusan shopee yang menyatakan tidak ada jawaban dari jnt. Lihat gimana tanggapan jnt

        • 17 Maret 2021 - (04:08 WIB)
          Permalink

          komplainnya ke jnt, bukan ke shopee, pihak oknum kurir bisa nakal/tidak bertanggung jawab dalam kasus ini, coba minta bukti foto penerima paketnya 👍

          • 17 Maret 2021 - (22:08 WIB)
            Permalink

            Setelah saya komplain ke J&T, justru mereka bingung dengan keputusan shopee padahal bukti tracking lengkap TAPI dana di refund ke pembeli. J&T bingung dengan Shopee, konfirmasi apalagi yang dibutuhkan??

            Saya telpon dan chat ke pembeli tapi tidak ada respon sama sekali. Kurir kembali mendatangi pembeli kembali dan tahukah saudara semua?
            Ternyata pembeli sudah menerima paket tersebut.
            Kurir yang nakal? Pembeli nakal ATAU Shopee berpihak ke pembeli nakal?

            Penyelesaian dari Shopee untuk case ini adalah
            1. Pembeli dapat barang + dana refund FULL
            2. Penjual HANYA dapat penggantian maksimum 10x dari ongkir. Syukur2 masih lagi baik aja mau diganti. Sisa selisih nya, anggap saja penjual dapet apes nya.

  • 16 Maret 2021 - (20:46 WIB)
    Permalink

    Menurut saya 1 alasan kenapa dalam kasus ini mereka tidak menginvestigasi status paket ke kurir secara tuntas karena tidak adanya asuransi. Tidak ada “sangkutan”. Mereka seolah tidak mau ambil pusing dengan tameng “shopee berhak memutuskan”.
    Sekali diambil keputusan clear sudah. Pihak yang dirugikan hanya bisa pasrah.

    Saya udah ga mau lagi jualan di MP yg satu ini. Entah kenapa cs nya banyak yang tidak kompeten.
    Sudah banyak kasus pun tidak mau berbenah dan memperbaiki celah.

    • 16 Maret 2021 - (22:45 WIB)
      Permalink

      Iya habis penjual di Shopee bila hal ini terus berjalan. Pembeli hanya perlu mengajukan komplain barang tidak diterima, barang penjual lenyap + dana pesanan pun lenyap.

      Shopee hanya berbenah penyesuaian pemotongan komisi saja. Per 1 April, komisi Non Star Seller naik jadi 5,6% dimana lapak sebelah hanya 1,8%.

      1
      1
  • 16 Maret 2021 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya kasus Seller kalah gugatan dari Buyer yang menyatakan produk belum diterima, padahal sudah diterima sangat jarang sekali. Entah kenapa akhir2 ini jadi ada beberapa yang muncul ke publik. Mungkin harus menjadi perhatian khusus juga bagi platform marketplace.

    Disitu penjual dan pembeli sama2 di Medan, mungkin kalo penasaran mampir aja ke alamat pembeli. Kadang2 kita harus memfollow up komplain, sampai keluar marketplace agar bisa diselesaikan secara baik2..

    4
    1
  • 16 Maret 2021 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Lebih suka transaksi di hijau (TP), lalu merah (BL) jelas milik Anak bangsa, mgkn sdh 300an transaksi.
    Btw
    Penerima paket atas nama Iwan (asisten) itu siapa?

    2
    1
  • 17 Maret 2021 - (07:15 WIB)
    Permalink

    Maaf ya,,,bagi ilmu sedikit,,saya mantan pembuat aplikasi/programmer,,,,sistem aplikasi itu cuma kenal/tahu data yg di input,,,,,semua bukti apapun kalau ngak di input,,,akan sia sia,,,,emang ribet kalau urusan dgn sistem aplikasi( kaku,,ngak bisa flexible)

    1
    1
  • 17 Maret 2021 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Kalau shopee ada pilihan asuransi lebih enak ya.
    Jadi seller lebih tenang jualan nya. Kalau kyk sekarang, barang hilang di ekspedisi, seller yang ke bagian ribet dan rugi.

    Sayang bgt nih, pdhl marketplace no.1 di indo.

  • 18 Maret 2021 - (04:18 WIB)
    Permalink

    Sayang banget ya , cs shopee tidak dapat jawaban dari expedisi , dan bingung nya itu dari situ, kog tracking nya juga gak ada kendala, ya mungkin atau ada penerima lain, kasus itu membuat aku ingat betapa pentingnya tanda tangan pakai foto, seperti jasa kirim ID, tapi ya belum semua toko d dukung jasa kirim itu

    • 19 Maret 2021 - (08:47 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya saya ragu Shopee ada konfirmasi ke pihak ekspedisi.

      Tracking tidak ada kendala dan saya menelpon ke call center J&T, CS juga menyatakan paket sudah diterima dan menyarankan agar pembeli dan menelpon ke CS J&T untuk konfirmasi ulang.

  • 19 Maret 2021 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Mediasi Shopee emang bobrok, saya seller juga. Pembeli mengaku terima barang kurang. Tapi fotonya ambil dari display saya bukan foto real pembeli dan tanpa video. Malah di menangin pembeli dan langsung tutup mediasi dlm 1x jawaban tnpa minta bukti lain
    Cs nya kaya robot atau anak magang x ya tuh gak ada 1pun yg menyelesaikan

    • 19 Maret 2021 - (08:44 WIB)
      Permalink

      wow tanpa video unboxing, tanpa foto real dan video unboxing case juga bisa dimenangkan pembeli?
      Dibuatkan kronologi dan post artikel di media konsumen kak, agar Shopee bisa berbenah.

    • 26 Maret 2021 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Mirip kasus nya sama saya, pembeli merasa barang yang diterima salah trus pengajuan pengembalian dana,.saya konfirm tuh pembeli lewat chat dulu apa benar saya salah kirim, tidak ada tanggapan sama sekali,.saya lihat bukti yang diupload eh cuma foto barang yang masih dalam packingan,. Saya ajukan usulan pengembalian barang dan dana biar sama2 enak, malah mengajukan pengembalian dana lagi., dan terakhir saya ajukan banding ke Shopee dengan putusan pembeli kirim barang ke penjual dahulu baru dana bisa dilepas,ditunggu dong sampe hampir 5 hari dan ternyata no resi tidak valid 😁Hadeehhh., dimintain bukti foto biar jelas malah ambil foto review orang lain., Hadeehhh 😁

  • 19 Maret 2021 - (21:43 WIB)
    Permalink

    Case ini diselesaikan per hari ini 19 Maret oleh Bu Dita dari pihak Shopee.
    Selisih dana pesanan sudah ditransfer manual ke rekening saya. Terima kasih Shopee dan Bu Dita atas tanggapannya akan case ini.

    • 23 Maret 2021 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Halo juga Mas Dimas,
      tgl 15 Maret jam09.36 WIB mulai investigasi, hari yang sama jam 17.08 WIB diputuskan dana refund full ke pembeli disebabkan tidak ada respon dari JNT.

      Setelah up ke Media Konsumen, dana dicairkan. Tapi bertahap:
      1. Tahap 1, dana cair 10 kali ongkir.
      2. Tahap 2, transfer manual atas selisih dana pesanan

      Mas Dimas punya kendala yg sama?

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Jualan di Shopee, Pembeli Dapat Barang dan Refund Dana Full, Penjual D…

oleh Erwin dibaca dalam: 1 menit
31