Rekening PermataBank Dibobol 2 Kali di Hari yang Sama

Kamis, 25 Maret 2021 (pukul 05.23 WIB), saya menerima SMS notifikasi yang berisikan transaksi top up ke nomor OVO 081280709634 dari rekening PermataME saya (nomor rekening : 41***4*3*8 atas nama Feby Hardiansyah) dengan nominal Rp610.000. Saya menyanggah transaksi ini, karena saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut. Bagaimana bisa transaksi ini berhasil dilakukan dari PermataNet tanpa adanya verifikasi PIN ke aplikasi PermataMobile X saya?

25 Maret 2021 (pukul 07.15 WIB), saya menghubungi PermataBank call center di nomor 1500111 untuk dilakukan pemblokiran Pnet, Pmob, kartu ATM PermataME dan akun Permata Payroll saya serta mengajukan komplain penolakan transaksi tersebut (nomor tiket : 18NMK8).

25 Maret 2021 (pukul 14.26), dalam kondisi PermataNet dan PermataMobile X saya sudah diblokir oleh PermataBank, saya menerima SMS notifikasi kembali yang berisikan top up OVO ke nomor 081280709634 dengan nominal Rp1.600.000. Lagi-lagi transaksi ini berhasil tanpa adanya verifikasi PIN ke Permata Mobile saya dan yang lebih mengherankan lagi dalam kondisi PermataMobile X dan PermataNet saya yang sudah di blokir oleh PermataBank.

Bagaimana bisa bank sebesar PermataBank memiliki sistem yang begitu lemah dan bisa melakukan transfer tanpa verifikasi PIN? Yang lebih mengherankan lagi transaksi kedua berhasil dilakukan padahal user PermataNet dan PermataMobile X saya dalam keadaan terblokir?

Tanggal 30 Maret 2021 (pukul 10.35) pihak PermataBank atas nama Friska menelepon saya melalui nomor 021 29850678 dan menjelaskan bahwa uang saya TIDAK BISA DIKEMBALIKAN! Saya mempertanyakan bagaimana bisa transaksi bisa sukses tanpa adanya verifikasi PIN ke aplikasi PermataMobile X saya? Ibu Friska menjawab saya “Mungkin HP bapak sedang digunakan orang lain”.

Semua jawaban seolah mempersalahkan saya dan tidak ada solusi. Apakah segampang itu PermataBank menanggapi penyanggahan/komplain dari nasabah? Apakah seperti itu hasil investigasi PermataBank? Di mana bentuk pertanggungjawaban PermataBank terhadap nasabah? Bagaimana bisa top up OVO kedua berhasil dilakukan padahal akun PermataNet dan PermataMobileX saya sedang dalam masa blokir?

Kepada PermataBank mohon segera diproses pengembalian uang saya sebesar Rp2.210.000 karena saya tidak pernah melakukan transaksi tersebut dan jelas itu adalah kesalahan/kelemahan sistem Anda.

Feby Hardiansyah
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PermataBank:
[Total:30    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PermataBank atas Surat Bapak Feby Hardiansyah

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Bapak Feby Hardiansyah, berjudul “Rekening PermataBank Dibobol 2 Kali di Hari yang Sama”...
Baca Selengkapnya

Loading...

12 komentar untuk “Rekening PermataBank Dibobol 2 Kali di Hari yang Sama

  • 1 April 2021 - (08:55 WIB)
    Permalink

    Bedanya PermataNet sama PermataMobile X itu apa gan? 🤔 Ini transaksinya via aplikasi mobile banking apa internet banking?

      • 1 April 2021 - (15:56 WIB)
        Permalink

        Nah itu dia, kalo internet banking seperti KlikBCA kan ada layer security tambahan pake token KeyBCA. Di PermataBank apakah pake token juga apa gimana? 🤔

  • 1 April 2021 - (09:33 WIB)
    Permalink

    Bank Permata harusnya memperkuat keamanan datanya, masa ada orang yang bisa login aplikasi kita tanpa ada permintaan otp atau request pin dari pemilik rekening aslinya, ngeri banget kalau begini sebagai nasabah saya sih jadi ragu dan mikir2 kalau mau jd nasabahnya

  • 1 April 2021 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Kalau liat dr kronologisnya ini ngeri bgt ya kok bs sistemnya kyk gini, biasanya setau saya kalau transkasi dr permatanet (dr website) itu kan berapapun nominal transaksinya ada pin yg harus diinput di permatamobile (mobile aps) dan kok bs lolos transfer y tanpa pin? Trs udah d blokir masih bs d bobol lg???? 🥶🥶🥶 ayo permata segera di cek sistemnya, segera berbenahhh dan tanggung jawaba untuk kerugian nasabah.

  • 2 April 2021 - (06:49 WIB)
    Permalink

    PERMATA NET itu internet banking via browser seperti klik BCA..dimana saat transaksi di permatanet..untuk otentikasi terakhir harus lewat PIN di PERMATA MOBILE X.. kalo klik bca ada token tapi permata net mengirim persetujuan di apps permata mobile x.. (bank mandiri juga seperti ini sistem internet bankingnya seperti permata)

    tapi kalo dilihat cerita diatas..ngeri sih..koq bisa begitu..diblokir tapi masih bisa dibobol

  • 2 April 2021 - (11:02 WIB)
    Permalink

    Wah, sy kira hanya kartu kredit aja yg mudah dibobol ternyata rekening jg.
    Klo rekening bs bobol tanpa OTP bagaimana dgn kartu kredit ya?
    Sy harap pihak PermataBank segera mengusut tuntas kasus ini.

  • 5 April 2021 - (22:01 WIB)
    Permalink

    Gila yah..bank2 skg jadi sarang maling dan di diamkan saja..biar mampus pada malu2in di bobol pegawai sendiri..kok skg bank2 jadi tempat penampung kriminal yah? Kalau kita salah nggak ada ampun. Kalau mereka salah di ulur2..biar pada mampus nanggung default loans akivat Pandemi. Makan tug covid..*********..ch****..*****…*****..*****..

 Apa Komentar Anda mengenai PermataBank?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Rekening PermataBank Dibobol 2 Kali di Hari yang Sama

oleh Feby Hardianasyah dibaca dalam: 1 menit
12