Tokopedia Menelan Uang Penjual

Transaksi Tokopedia INV/20210426/MPL/1200194581 mengalami masalah, lantaran status barang di sistem Tokopedia sudah diterima pembeli, tapi pembeli sama sekali belum MENERIMA. Pada tanggal 28 April 2021, sesuai rekomendasi kami sebagai pihak penjual, pembeli memasukkan komplain di resolusi Tokopedia dengan tenggang waktu penyelesaian 7 hari.

Tanggal 5 Mei diputuskan oleh pihak Tokopedia bahwa barang dinyatakan hilang akibat kelalaian pihak ekspedisi. Kemudian diputuskan pula, baik dana pembeli maupun penjual, akan dikembalikan utuh ke masing-masing pihak.

Saat itu juga di rekening saldo penjual masuk dana sebesar Rp392.000. Namun pada saat bersamaan langsung didebet kembali, dengan keterangan: “DIPOTONG KARENA SOLUSI DARI RESOLUSI“. Juga pada tanggal 6 Mei rekening kami didebet sebesar Rp10.000 dengan keterangan “PEMOTONGAN PENALTI UNTUK INVOICE“. Kemudian ada juga pemotongan poin penalti -3.

Pada tanggal 5 Mei 2021 kami ajukan komplain melalui Pesan Bantuan dan dikatakan akan di-follow up. Namun sampai surat ini dibuat, sesuai yang yang dijanjikan 3 hari penyelesaian, dana tersebut di atas belum juga masuk ke saldo rekening penjual.

Swandi Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:27    Rata-Rata: 1.8/5]

3 komentar untuk “Tokopedia Menelan Uang Penjual

  • 11 Mei 2021 - (17:51 WIB)
    Permalink

    Tanya : Apakah dana di debet ulang Tokopedia sebesar dana yang dikembalikan itu. Atau hanya di potong 10 ribu saja. Klw cuma 10 ribu potongannya di ikhlaskan saja. Karena itu ketentuan dari tokopedia sebagai pinalty. Saya rasa Tokopedia sudah memberikan solusi yang adil/sama antara penjual dan pembeli. Lagi pula pembeli juga dipotong karena menggunakan promo.
    Setahu saya kalau barang hilang diekspedisi. Itu tamggung jawab pihak ekspedisi bukan tokopedia. Pembeli bisa mengajukan asuransi dan pihak ekpedisi mengganti barang atau uang senilai barang tersebut

    • 11 Mei 2021 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Bang @Munzir
      Kayaknya sih dipotong 2 kali, coba deh baca kutipan penulis:
      “Saat itu juga di rekening saldo penjual masuk dana sebesar Rp392.000.

      Namun pada saat bersamaan langsung didebet kembali, dengan keterangan: “DIPOTONG KARENA SOLUSI DARI RESOLUSI“.

      *JUGA* pada tanggal 6 Mei rekening kami didebet sebesar Rp10.000 dengan keterangan “PEMOTONGAN PENALTI UNTUK INVOICE“. Kemudian ada juga pemotongan poin penalti -3.”

      Nah, gimana ga sedih tuh kepotong dua kali. Semoga cepat kelar ya urusannya, seller.

      • 11 Mei 2021 - (21:15 WIB)
        Permalink

        Parah ! Berarti Tokopedianya nggak benar. Curang namanya. Seller di rugikan. Tinggalkan aja.
        Sekedar info saja. Saya juga konsumen aktif di Tokped dan sering melakukan transaksi beli produk fisik maupun produk digital. Sampai saya mendapat member platinum dan mendapatkan fasilitas ovo pay later. Selama bertansaksi sdh menikmati cashback dan promo2nya. Tetapi semenjak tokopedia membuat kebijakan menghentikan aksi bakar uang terasa benar tokopedia kering promo dan cashback sampai sekarang. Sehingga sy pindah ke Shopee dan menjadi aktif. Sampai sy dapat member platinum, mendapatkan paylater dan ShopeePinjam dg nominal cukup besar.
        Anehnya sejak hengkang dari Tokped. Member saya langsung diturunin sepihak tokopedia menjadi gold. Alhasil promo dam casback makin berkurang

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Menelan Uang Penjual

oleh swandi hs dibaca dalam: 1 menit
3