Akun Shopee Dibatasi/Dihapus/Diblokir, Dana Penjualan Ditahan

Berawal menjadi dropship dari Shopee ke Shopee. Saya tertarik jualan di Shopee, karena saya menemukan seller yang menurutku menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga murah, sehingga saya bisa jadi reseller. Karena saya masih awam, saya hanya mengikuti jejak si seller yang tampaknya sudah lama jualan di Shopee. Bagaimana dia jualan, bikin link pun saya belajar dari yang sudah ada.

Sampai akhirnya, suatu ketika Shopee membatasi akun saya dengan alasan penggunaan voucher. Ya memang jelas saya tawarkan customer saya pakai voucher dong, karena Shopee sendiri yang telah menyediakan agar customer saya semakin banyak membeli. Namun karena seringnya customer saya beli dengan menggunakan voucher, akhirnya akun saya ditutup permanen oleh Shopee.

Saya tidak keberatan, meski sebenarnya ini tidak adil buat saya. Kenapa Shopee bikin voucher kalau tidak boleh digunakan? Yang saya tidak terima, saldo penjual saya pun ditahan hingga saat ini, tanggal 9 Juni 2021. Karena itu hak penjual, seharusnya saldo sudah saya terima jika sesuai prosedur. Saya sudah bolak-balik kirim email, telepon CS, dan chat live Shopee, tapi balasannya sedang investigasi karena penyalahgunaan voucher.

Voucher yang digunakan itu pun merugikan saya loh. Setiap customer saya pakai voucher saya juga ikut bayar, karena saldo saya terima itu pasti dikurangi sama Shopee. Tolong kepada Shopee agar segera mengembalikan saldo penjual saya, karena kami sebagai penjual sangat sangat dirugikan karena kami tidak bisa putar uang kami.

Kalau gak ikhlas bikin voucher, ya gak usah bikin voucher. Lagipula yang pakai voucher pembeli. Kamu bekukan aja voucher dari pembeli, bukan malah ngerjain penjual seperti ini. Kamu itu wadah perantara dan tidak punya hak menahan uang kami apalagi berlama-lama.

Saya tunggu respon Shopee secepatnya untuk mengembalikan dana penjual saya. Terima kasih.

Estri Wahini
Klaten, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Dropship di Shopee:
[Total:168    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Akun Shopee Dibatasi/Dihapus/Diblokir, Dana Penjualan Ditahan

    • 10 Juni 2021 - (11:47 WIB)
      Permalink

      Terimakasih shoppe atas kerjasamanya dana penjualan saya yang terpending sudah masuk ke saldo penjualan, dan untuk akun yang dibatasi ternyata bukan karena vocer ..
      Dan masalah ini sudah ada titik terang nya…

      8
      5
        • 10 Juni 2021 - (13:36 WIB)
          Permalink

          Katanya ada kejanggalan pada akun kak, tapi kejanggalan apa saya nggak tau kejanggalannya belum dijelaskan kejanggalan apa Kok bisa dibatasi.. saya merasa ngga melakukan fake order,ngga nipu,ngga berburu promo

          1
          1
          • 10 Juni 2021 - (23:12 WIB)
            Permalink

            Ka berapa lama dana ditahan oleh shopeenya?

    • 11 Juni 2021 - (02:46 WIB)
      Permalink

      Hay shopee komplain saya belum tuntas, di aplikasi shoope, perihal pinalti yg di berikan shopee terkait penjualan yg tercancel di sipbuyer id,
      Sedangkan barang sudah siap kirim namun , pihak admin sipbuyer id menginformasikan untuk tidak mengirimkan paket tsb, sampai akhirnya tercancel dan kami kena pinalti, aneh bukan!!!!

      Pihak sipbuyer id yg info untuk tidak mengirimkan paket tapi saya kena pinalti, ,

    • 11 Juni 2021 - (13:45 WIB)
      Permalink

      Dengan teknologi yang dimiliki setiap marketplace bisa mendeteksi fraud yang terjadi, seharusnya setiap transaksi fraud bisa langsung dibaTalkan sebelum dikirim tanpa harus memblokir akun apalagi sampai menahan dananya. Semoga kasus seperti ini yang terakhir

  • 10 Juni 2021 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Itu hanya alasan shopee saja. Alasan sebenarnya mungkin krn anda dropship di shopee dan belinya jg shopee, itu yg tdk boleh sebenarnya. Kl anda dropship di shopee ya belinya di toped atau bl atau yg lainnya, kecuali jk anda beli ke dropahip dgn transfer. Itupun harusnya dlm satu kota/wilayah krn beda wilayah dropship beda lagi ongkirnya. Misal anda di klaten ya harusnya anda dropship dr toko yg ada di klaten. Kl anda setting alamt di jakarta ya harusnya anda dropship dr toko di jakarta.

    Lho kok malah menasehati kayak gini, padahal saya itu paling muak, muntah dgn penjual dropshipper. 😀

    12
    3
    • 10 Juni 2021 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Saya dropship juga sama2 di Klaten bukan ditoko lain/kota lain/ provinsi lain, sebelum saya jadi dropship saya sudah ijin terlebih dahulu sama seller dan meneruskan resi valid ke Cs shope dan pembeli melalui chat..lalu apa salah saya mengeluarkan unek2 disini terkait dengan kendala saya..

      2
      2
      • 10 Juni 2021 - (16:00 WIB)
        Permalink

        Nah itu dia, mungkin juga cs nya kesel, tiap produk anda terjual anda hub cs minta ganti resi kan ya repot. Marah tuh cs, wong kerjaanya itu menangani keluh kesah penjual dan pembeli, tiap hubungi cuma suruh gnti resi. Drpd repot2 mending tutup saja tokonya, nah gitu kali ya. Nah biar tidak kesel tuu cs tiap produk anda terjual, anda order produknya manual saja transfer langsung, terus lu kasih tuh nomer resinya, kan kebanyakan resinya sudah ototmatis.

        Loh kok malah menasehati lagi, bosok tenan 😀

        • 10 Juni 2021 - (20:07 WIB)
          Permalink

          Selamat, anda baru saja dapat cashback pahala amal karn kasih pencerahan ke Droshiper ruwet, kenapa anda muak sama Ds om, ama sering di Ghosting sama mereka2??

      • 14 Juni 2021 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Dropship dilarang Agama. Haram. Tidak berkah anda jualan Dropship.

        Kalau tidan percaya coba klik di google Dropship Haram. Anda akan tahu bahwa Menjual barang yang belum menjadi milikmu adalah perbuatan hina.

        Dropshipper adalah perbuatan hina.

    • 14 Juni 2021 - (13:34 WIB)
      Permalink

      Benar buat kang hery..anda ga bisa jual d shopee beli d shopee jg .kalo dropship wajib beli di luar shopee bgtu sebaliknya..Resi anda sdh Terlacak walaupun status terkirim,,tnggal shopee kerjai akun anda..

  • 10 Juni 2021 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Jadi takut saya jualan di market place karena masalah sama,hasil penjualan di tahan,begitu di urusin di klecein,toko di tutup dengan uang hasil jualan yang masih di tahan.parah bener yaa marketplace…

  • 11 Juni 2021 - (07:30 WIB)
    Permalink

    Memang shopee ini ga jelas gan, saya juga pernah gitu. Oiya mau nanya kalo ada yg pernah ngalamin kaya saya, akun pembeli saya di blokir sm shopee pdhl disana saya masih ada tanggung bayar spinjam sama paylater 2jt kira2 kalo akun saya di blokir trs saya ttp suruh bayar apa engga ya? Kalo bayar saya maunya hanya lewat akun yg di blokir kalo di luar itu saya tidak mau dong ya kan

  • 14 Juni 2021 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Akun saya dibatasi dan tidak dapat dipulihkan, padahal dalam akun masih ada dana 8 jutaan, sudah berkali-kali chat, tlp terus ada jawaban dari cs shopee kalau akun dibatasi dan tidak dapat dipulihkan dana dalam akun tidak dapat diproses, seharus kalau akun dibatasi apalagi kalau ada dana penjual dikembalikan kepada yang berhak, tapi sampai sekarang dana 8 jutaan belum dikembalikan dan masih tertahan tidak tau sampai kapan pihak shopee menahan dana penjual.
    Kepada cs shopee tolong kalau ada dana penjual dikembalikan kepada yang berhak

    Terima kasih

  • 14 Juni 2021 - (07:02 WIB)
    Permalink

    Sama om toko saya juga akun dibatasi shopee dari tgl 4 mei 2021…tiap 3 hari sekali saya telp email twiter cs shopee… Jawaban cs selalu sama… Akun tdk dapat di pulihkan.. Padahaldi toko tersebut masih ada dana 30 jutaan.. Pihak shopee minta di kirimkan foto ktp dan foto selfie dgn ktp sudah saya kirim berulang2… Tp tetap dana masih belum bisa di cairkan

    • 10 Agustus 2021 - (01:26 WIB)
      Permalink

      yuk bikin gugatan class action, kumpulin yang mengalami kasus serupa, kalau banyak korban kita bisa mengajukan gugatan class action

 Apa Komentar Anda mengenai Dropship di Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibatasi/Dihapus/Diblokir, Dana Penjualan Ditahan

oleh Estri Wahini dibaca dalam: 1 menit
22