Kecewa Jualan di Bukalapak, Good Bye Bukalapak!

Pada tanggal 18 Juni 2021 pukul 18:41, kami mendapat order 1 buah pompa air, nomor transaksi: 213154190648 dengan kurir SiCepat Halu, di Bukalapak. Nomor resi pengiriman: 001441354235, tujuan Jakarta – Pandeglang, Banten. Paket dikirim tanggal 19 Juni 2021 dan diterima tanggal 20 Juni 2021 oleh pembeli. Transaksi diselesaikan tanggal 20 Juni 2021.

Harga jual barang pada transaksi Rp310.000, ongkos kirim dibayar pembeli Rp55 ribu (berat barang 5.300 gram). Dari harga barang kemudian dipotong biaya layanan dan “dipotong” lagi selisih ongkos kirim Rp121.000, dengan alasan kelebihan berat barang. Berarti berat barang total adalah 5 Kg + 11 Kg = 16 Kg. Anehnya, hal ini hanya terjadi di Bukalapak, di marketplace lain tidak pernah dan yang pasti terjual jauh lebih banyak dibandingkan dengan di Bukalapak.

keterangan transaksi via web
keterangan transaksi via web

Kami sudah meminta bantuan CS BukaBantuan atas pemotongan irasional ini, dan infonya akan dicek. Namun mereka meminta bukti pengiriman berupa resi fisik, yang memang tidak pernah diberikan kurir sewaktu pick up barang. Sangat terkesan mencari-cari alasan, padahal dalam resi fisik hanya memuat nama penerima dan nomor resi yang sudah ada pada transaksi di Bukalapak. Lacak kiriman pun dapat dilakukan langsung pada transaksi.

Perusahaan digital yang sistemnya terintegrasi dengan sistem kurir meminta resi fisik, dengan alasan “supaya dapat dilakukan pengecekan”, adalah sangat mengada-ada menurut saya. Admin Bukalapak tidak bisa memahami masalah.

Untuk seller Bukalapak, harap berhati-hati! Harus cek detail saldo penjualan yang masuk, karena akan sangat merugikan apabila terpotong otomatis oleh sistem. Hari ini saya pastikan tutup dari Bukalapak, lebih baik fokus di marketplace lain yang lebih baik dan lebih menjanjikan. Bye-bye BL!

Tjoe William
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Bukalapak:
[Total:72    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Tjoe William

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa kendala yang dialami...
Baca Selengkapnya

Loading...

10 komentar untuk “Kecewa Jualan di Bukalapak, Good Bye Bukalapak!

  • 22 Juni 2021 - (13:23 WIB)
    Permalink

    Coba tanya ke sicepat, atau kurir yang pick up. Itu barang di drop di gerai mana. Kemudian suruh admin mereka fotoin barang agan yang mereka timbang ulang waktu proses pengiriman. Nanti kelihatan kok bedanya dimana. Thanks

    • 22 Juni 2021 - (17:38 WIB)
      Permalink

      minta cek fisiknya pas selisi ongkirnya gan, dan agan itung juga volumetriknya apa volumenya lbh berat dr berat aktual atau gimana biar enak..

      • 22 Juni 2021 - (22:19 WIB)
        Permalink

        Itu mah urusannya ama sicepat lah, mending ekspedisi lain, sicepat selisih dikit ati² potongannya gede, apalagi kalau pengiriman jarak jauh

        • 23 Juni 2021 - (09:23 WIB)
          Permalink

          Kami sudah setahunan UNINSTAL BUKALAPAK, karena sangat banyak promo bohong alias prank, ada hal yang paling membuat kami marah, pernah terjadi seller salah kirim barang, transaksi batal, kami kena ongkos kirim balik wajar dan anehnya saldo kami juga dipotong oleh Bukalapak untuk ongkir dan kami komplain ke CS hanya dapat jawaban yang dibuat2 kayak cuek dan pernah terjadi di Market Place lain Uang atau Saldo tak dipotong

  • 22 Juni 2021 - (13:55 WIB)
    Permalink

    Bukalapak sekarng ada potongan biaya layanan, ada 2 potongan.

    1. Promo biaya layanan super seller
    2. Pemotongan biaya super seller

    Hampir mirip ya? Entah apa bedanya saya juga bingung.

    Sebagai gambaran, penjualan 130rb kena 2 biaya diatas total rp. 10.200. Dan tokopedia sepertinya juga akan menyusul.

    Shopee saat ini msh lbh transaparan. Hanya kena biaya go extra dan cashback extra, itu saja bagi yg ikutan mendaftar.

    2
    1
  • 22 Juni 2021 - (22:00 WIB)
    Permalink

    Selisih ongkir itu urusannya antara seller dan sicepat. Di sicepat itu ada buktinya. Kalau boleh tahu type pompa airnya apa yach?
    Dugaan saya ini seller salah dalam memberikan informasi berat produk.

    Hal jni pernah saya alamai di tokopedia juga, sebingga saya beli timbangan digital

  • 23 Juni 2021 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Cuma bukalapak yg nelpon saya ketika barang belum dibayar
    Aneh2 aja memang, apa salahny checkout dlu

  • 23 Juni 2021 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Sudah dikembalikan dana nya. Berarti benar, admin nya bsa cek tanpa resi fisik, hanya akal-akalan utk meminta resi fisik dr seller. Alasannya “salah input”, sangat cerdas sekali. Dan seharusnya, apabila kurir claim ongkir tidak sesuai, kurir yg harus memberikan bukti timbangan. Bukan seller. Pelapak bukalapak, be carefull.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Bukalapak?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kecewa Jualan di Bukalapak, Good Bye Bukalapak!

oleh tjoe william dibaca dalam: 1 menit
10