IndiHome Menaikkan Kecepatan Internet Secara Sepihak dan Tidak Berkenan Mengakuinya

Dear IndiHome,

Pada tanggal 24 Juni 2021 saya mendapat pesan dari Whatapps IndiHome yang mengatakan bahwa saya telah bertransaksi untuk menaikkan kecepatan internet saya dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps. Sejak tahun lalu 2020 saya sering ditelepon oleh telemarketing IndiHome untuk pengajuan upgrade kecepatan internet dan selalu saya tolak karena tidak butuh dan 10 Mbps sudah lebih dari cukup. Masalah ini sudah saya tanyakan ke customer service IndiHome melalui media twitter @Indihomecare.

Menghubungi Customer Service Indihome melalu Twitter membutuhkan perdebatan yang panjang dan melelahkan serta menjengkelkan. Ketika saya tanya tentang upgrade kecepatan, mereka mengonfirmasi bahwa benar terjadi transaksi upgrade pada tanggal 24 Juni 2021 dan yang menyetujui menurut sistem mereka adalah saya.

Padahal sejak bulan Januari 2021 sampai sekarang surat ini ditulis tanggal 1 Juli 2021 saya tidak menerima telepon sama sekali dari telemarketing IndiHome. Begitu juga keluarga saya juga tidak ada yang mengonfirmasi hal tersebut, serta tidak ada petugas marketing yang datang ke tempat saya untuk penawaran.

Pada saat saya minta bukti konfirmasi kalau saya yang menyetujui pihak IndiHome tidak dapat membuktikan dan malah menyarankan saya tetap di kecepatan 20Mbps. Ketika saya desak mengenai bukti kalau saya yang mengonfirmasi kenaikan upgrade, pihak IndiHome malah menjawab alasan lain lagi bahwa speed yang tersedia minimal 20Mbps.

Pada akhirnya pihak IndiHome mau memproses dan meminta data diri saya dan mendapat id nomor pelaporan IN102419137 dan pihak IndiHome mengatakan akan menghubungi saya ketika butuh konfirmasi.

Pada tanggal 29 Juni, setelah 3 hari kerja dan tidak dihubungi sama sekali, saya pun bertanya kembali melalui twitter. Pihak IndiHome cuma mengatakan kalau paket internet saya telah terealisasi di 20 Mbps per tanggal 24 Juni 2021 tanpa menjawab pertanyaan sebelumnya mengenai bukti kalau saya yang melakukan transaksi tanggal 24 Juni untuk upgrade kecepatan.

Akhirnya pihak IndiHome membuat laporan baru lagi dengan nomor IN102780656, tetapi ketika saya cek nomor laporan baru tersebut pada 1 Juli 07.00 WIB hasilnya nomor laporan tidak ditemukan di website IndiHome. Saya pun pesimis hasilnya akan sama seperti sebelumnya, IndiHome tidak memproses laporan saya dan hanya menjawab seperti sebelumnya tanpa bisa membuktikan kalau saya yang melakukan transaksi upgrade kecepatan internet.

Yang ingin saya tanyakan kepada pihak IndiHome sebagai berikut:

1. Siapa yang menyetujui dan bertransaksi atas nama saya pada tanggal 24 Juni 2021 yang menyebabkan kenaikan kecepatan internet saya yang akan berdampak kenaikan biaya langganan bulan berikutnya?

2. Pihak IndiHome ketika saya desak untuk membuktikan kalau saya yang melakukan upgrade kecepatan internet, mereka mengelak dengan alasan lain bahwa sekarang kecepatan minimal 20 Mbps. Kalau saya pelanggan baru memang benar speed minimal 20 Mbps. Saya mengetahui hal tersebut tapi saya kan pelanggan lama dan awalnya kecepatannya 10 Mbps dan dinaikkan secara sepihak oleh IndiHome.

Jika memang benar pelanggan lama 10 Mbps WAJIB imigrasi menjadi 20 Mbps, kapan dan di mana sosialisasinya? Karena saya tidak pernah mendapat pemberitahuan melalui telpon maupun email. Apakah etis secara sepihak menaikkan kecepatan pelanggan dan ketika ditanya persetujuan siapa malah dijawab minimal 20 Mbps? Bukankah hal tersebut termasuk pemaksaan dan licik?

3. Bagaimana SOP customer service IndiHome? Karena ketika saya bertanya melalui twitter, saya seperti dikeroyok dan hal tersebut terkonfirmasi dari tata bahasa dan nama admin yg berbeda di akhir jawaban chat. Kenapa tidak 1 admin melayani 1 pelanggan ? Yang saya amati ketika lagi chat dengan admin A tiba-tiba yang menjawab pertanyaan selanjutnya admin B, setelah itu yang menjawab lagi admin C. Kalau jawabannya nyambung tidak masalah, tetapi sudah muncul mendadak dan tidak nyambung membuat jengkel saja.

Kurniawan Lay
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:4    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan Telkom Regional 5 Jatim Balnus untuk Bapak Kurniawan Lay

Kepada Yth: Yth. Redaksi Surat Pembaca MEDIA KONSUMEN Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah memuat surat komplain pelanggan atas nama...
Baca Selengkapnya

Loading...

4 komentar untuk “IndiHome Menaikkan Kecepatan Internet Secara Sepihak dan Tidak Berkenan Mengakuinya

  • 1 Juli 2021 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Gak usah khawatir mas, setau saya biaya yang 20 mbps itu hanya selisih 10 ribu rupiah dari biaya semula. Saya tau karena saya juga sempet ditelpon oleh pihak Indihome untuk upgrade ke 20 mbps dan diberi info bahwa biaya bulanan tidak akan naik drastis hanya naik 10 ribu saja.
    Setelah saya cek di situs Indihome ternyata memang sekarang minimal kecepatan di 20 mbps.

    • 1 Juli 2021 - (20:36 WIB)
      Permalink

      Gak cuma 10rb sih mas, saya ada 2 nomor indihome, 1 yg bermasalah ini 10mbps bulanannya 309rb yg satu lagi 20mbps bulanannya 349rb. Selisihnya 40rb dan indihome yg 10mbps cuma saya gunakan untuk keperluan cctv jadi sudah lebih dari cukup dan selisih 40rb kalau di kali 1 tahun lumayan 480rb 😁

  • 1 Juli 2021 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Sore ini tanggal 01 Juli 2021 jam 16.30 setelah post di muat mediakonsumen saya telah di hubungi pihak indihome yg di wakilkan mas Diko dan telah menindaklajuti keberatan saya serta kecepatan internet saya telah di kembalikan ke semula 10mbps. Sekian konfirmasi dan kelanjutan dari post saya dan dengan ini sudah clear masalah saya dengan indihome.

    • 1 Juli 2021 - (20:11 WIB)
      Permalink

      Wahh sayang juga ya klo sebenarnya biayanya gak naik drastis… Sudah 3 bulan berjalan dari upgrade kecepatan itu billing indihome saya normal2 aja sih, harganya tetap sama dengan ketika 10 Mbps hanya naik dikit ya disekitar 10 ribuan… Oke deh mas klo masalahnya sudah clear

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

IndiHome Menaikkan Kecepatan Internet Secara Sepihak dan Tidak Berkena…

oleh Kurniawan dibaca dalam: 2 menit
4