Paket Hancur, Sticker Fragile SiCepat Tidak Berguna, SiCepat Tidak Mau Bertanggung Jawab

Pada tanggal 21 Juni 2021, saya mengirimkan pesanan pembeli di Shopee berupa 1 unit jam dinding menggunakan jasa pengiriman SiCepat. Paket diterima oleh pembeli di Bandung tanggal 22 Juni 2021 yang berarti hanya sehari sampai. Ternyata paket diterima pembeli dalam kondisi kaca pecah remuk, sehingga pembeli mengajukan komplain di Shopee dengan menyertakan foto bukti.

Pembeli juga memberikan foto bahan-bahan yang saya gunakan untuk pengemasan. Saya pun memberikan bukti kondisi produk sebelum dikirim sampai pada pengemasan. Namun karena pembeli merupakan pelanggan yang sudah beberapa kali berbelanja di toko saya, apalagi pembeli juga heran kenapa bisa pecah karena packing sangat tebal dan aman, ditambah lagi juga sudah pernah membeli sebelumnya aman sampai tujuan, maka saya memutuskan barang itu diretur saja ke saya. Pembeli mengikuti arahan Shopee untuk mengirimkan produk ke penjual dengan menggunakan resi otomatis J&T sehingga pembeli tidak perlu membayar ongkir lagi.

Karena sebelumnya tidak pernah terjadi kasus pecah seperti ini walaupun pengiriman sampai ke luar Pulau Jawa, saya menghubungi Call Center SiCepat untuk mengajukan komplain. Saya diarahkan untuk mengirimkan bukti-bukti ke nomor WA SiCepat. Tanggal 23 Juni 2021 saya kirimkan bukti barang yang pecah berikut bahan-bahan kemasan yang digunakan ke no WA SiCepat sekaligus menginformasikan kalau saya setiap hari mengirimkan produk jam dinding menggunakan jasa SiCepat dan baru kali ini pecah. Padahal packing dari saya sangat tebal, produk jam dinding dibungkus bubble wrap sampai 8 lapis kemudian baru dimasukkan ke box asli jamnya, lalu dibungkus lagi dengan 4 lapis foam sheet ukuran 4mm dan gabus styrofoam setebal 2cm, lalu dilapisi dus lagi sebanyak 2 lapis, kemudian dibungkus lagi dengan bubble wrap 3 lapis. Jadi packing benar- benar seperti bantal bila dibanting bisa membal.

Di bagian paling luar ditempel label alamat dan lakban fragile, sticker fragile SiCepat dan catatan tambahan berupa tulisan: Kaca. Jangan dibanting/ diinjak/ ditimpa. Packing seperti ini sudah teruji tahunan selama saya mengirimkan barang lewat ekspedisi. Jadi saya menduga paket ini kemungkinan besar diinjak atau ditimpa barang yang sangat berat, sehingga efek ke barang yang ada di dalam seperti dipres.

CS SiCepat membuatkan laporan dengan nomor P-1134942 dan saya diminta menunggu prosesnya. Hingga tanggal 26 Juni 2021 belum ada follow up sama sekali dari SiCepat sehingga saya menanyakan perkembangannya dan dijawab dengan pertanyaan apakah sudah ada dari pihak SiCepat yang menghubungi saya. Saya bertanya followup justru karena belum ada yang kontak saya sama sekali, dan saya diminta menunggu kembali. Sampai pada akhirnya tanggal 29 Juni 2021 saya tegur lagi, baru dijawab bila penerima sudah mengirimkan kembali paket tersebut ke penjual lewat ekspedisi lain sehingga tidak dapat diinvestigasi/ pergantian. Saya bilang pembeli mengirimkan ke penjual menggunakan ekspedisi lain atas arahan Shopee, malah saya diminta untuk bisa konfirmasi ke penerima. Sungguh aneh.

Dalam kasus ini saya melihat SiCepat berniat lari dari tanggung jawab. Pertama, laporan saya tidak ada follow up hingga 6 hari sampai saya harus kejar terus. Kedua, SiCepat mencari celah dengan mencari alasan kalau paket dikirim balik oleh penerima ke pengirim dengan menggunakan ekspedisi lain, dimana pada kenyataannya pembeli memang tidak diberikan pilihan kurir lain selain J&T oleh Shopee. Pertanyaan saya adalah bagaimana tanggung jawab SiCepat dalam menangani paket dari customer? Untuk apa customer menempelkan begitu banyak atribut Fragile termasuk sticker fragile dari SiCepat, toh pada kenyataannya tidak berguna sama sekali hanya sebagai hiasan, tetap saja ditimpa barang super berat atau diinjak. Begitu paket rusak/ pecah tinggal cari alasan saja untuk tidak bertanggung jawab.

Hati-hati kirim barang menggunakan SiCepat, Sticker Fragile SiCepat dan berbagai atribut fragile tidak ada gunanya. Paket yang sudah diserahkan ke tangan SiCepat akan menjadi resiko si pengirim walaupun paket sudah dipacking seperti bantal.

Yuliana Husin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:126    Rata-Rata: 4.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

24 komentar untuk “Paket Hancur, Sticker Fragile SiCepat Tidak Berguna, SiCepat Tidak Mau Bertanggung Jawab

    • 2 Juli 2021 - (15:38 WIB)
      Permalink

      Gini ya Bung. Gua aja skali baca tau penjual ini sdh lama dan pengalaman dan tau masalahnya. Lu udah tau blm kalo si cepat itu tidak ada layanan packing kayu? Packing kayu itu hanya ada di layanan jne jd Ongkir yg dibayar jd sdh include, jd jne pusat la yg pack kayu. Kgk ada penjual yg packing kayu sendiri Bung? Kalo ada juga namanya penjual yg BODOH! Lah! pd saat beli di deskripsi pasti sudah tercantum pilihan dan penjelasan. Kebanyakan apa?? Konsumen mau murah! Mau Ongkir gratis! Ujung2nya apa? Bikin susah penjual! Dan lu kalo emg udah biasa dagang pasti tahu si cepat ini banyak masalah! Terutama dgn system cashless banyak korupsi timbangan!!

      35
      3
      • 4 Juli 2021 - (03:53 WIB)
        Permalink

        Maaf, Kalau ada Seller berpikiran seperti ini “Konsumen mau murah! Mau Ongkir gratis!”
        Itu sudah negatif thinking.
        Itu tidak benar.

        Kalau ada konsumen/Buyer order Jam dinding berkaca, Seller harus tulis di deskripsinya, gunakan huruf besar >wajib gunakan packing kayu dan informasikan juga wajib gunakan ekspedisi yang support packing kayu. Cantumin ekspedisi apa yang support packing kayu. Dan tulis juga, karena berkaca jika di packing tebal pun, 99% bisa pecah dan Seller tidak tanggung jawab jika Buyer terima dalam keadaan retak atau pecah. Informasikan juga setelah Buyer terima paket di unboxing rekam video <supaya Buyer berpikir 7x untuk gunakan jasa kurir yg ada support packing kayu.
        Karena setelah Buyer transfer ke Shopee, Buyer bisa pilih atau menganti jasa kurir, mau gunakan jasa ekspedisi apanya hanya 1 kali saja, di bagian Rincian Pesanan – Informasi Pengiriman ada kata UBAH, di klik ada pilihan jasa jasa ekspedisinya. Di lihat packingnya tebal dan benar tapi Seller tidak packing jam dinding di bagian kacanya, di silang X oleh kayu kecil atau di berikan tambahan lapisan2 di lipat2 kardus tebal lagi di atas bubble wrap yang bawahnya kaca jam dinding tsb.
        Buyer Penerima Paket yang harus komplain langsung ke jasa ekspedisi di wilayahnya dulu dengan bukti unboxing video. Tunggu tindak lanjuti dari jasa ekspedisinya. Jika tidak ada tindak lanjuti 1x24jam, Seller komplain lagi ke jasa Ekspedisi dengan sepengetahuan admin penyedia toko onlinenya, sertakan bukti unboxing video dari Buyer. Dan Buyer Jangan kirim balik barang dulu ke Seller dgn gunakan jasa ekspedisi lain. Tidak akan bisa di klaim, pasti di tolak klaimnya. Bukan hanya sicepat tapi jasa ekspedisi lain juga ada aturan dan kebijakannya masing2.

        1
        7
  • 2 Juli 2021 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Mau ditulis jangan ditimpa juga tetep aja ditimpa, dilempar, karena volume pengiriman sangat banyak di SiCepat jadi ga mungkin ada paket yang diperlakukan istimewa.
    Kalau ga salah ada packing kotak berbahan styrofoam tebal yg biasa dipakai utk packing ikan atau makanan beku. Atau bubble isi angin yg biasa dipakai utk bungkus barang elektronik. Bisa pakai itu tapi harga jam dindingnya jadi mahal buat bayar packingnya

    2
    1
  • 2 Juli 2021 - (18:49 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya sih jika ada kasus seperti ini lagi, selesaikan melalui market place saja. Ajak pembeli untuk mengajukan komplain dan meminta pertanggung jawaban pihak ekspedisi. Pengalaman saya sih, kalau diselesaikan melalui market place, selalu dapat penggantian dari ekspedisi, yang penting bukti dari pembeli dan penjual sama” kuat dan jelas.

    5
    2
    • 2 Juli 2021 - (20:03 WIB)
      Permalink

      Iya benar, saya pikir nya juga begitu, tapi masalah nya harga barang jadi tambah mahal dan ujung2nya pembeli pasti mikir 1000x atau bahkan tidak jadi beli mengingat perbedaan harga dengan penjual lain agak jauh

    • 2 Juli 2021 - (22:57 WIB)
      Permalink

      Saya pembeli bukan penjual, kalau untuk barang beresiko seperti itu kenapa nggak pakai asuransi saja ya?

      • 3 Juli 2021 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Saya pakai SiCepat hanya untuk pesanan yang buru2 aja, karena memang cepat. Tapi kalau barangnya ada kemungkinan rusak ketika pengiriman, alangkah baik pilih jasa pengiriman lain.

  • 3 Juli 2021 - (06:46 WIB)
    Permalink

    ya jelas yg bodoh anda.
    anda fikir dengan menempel sticker fragile paket anda akan diperlakukan istimewa, dibawa dengan hati hati dan pelan pelan??
    wkwkwk wkwk
    kalo mau diperlakujan seperti itu jangan oake si cepat yg harga nya murah.
    gini gini lhoo.. anda ini kayak pinter tapi sebetulnya tidak.
    emang nya ada ketentuan dari si cepat kalo nempel sticker fragile bakal diperlakukan istimewa?
    sy ini seller sejak 2007…!! catat 2007.
    sdh faham cara kerja kurir.
    kamu bayar ongkir murah pengen dilakukan special, anda sehat?
    JANGAN BELI ONLINE UNTUK BARANG2 YG RINGKIH!!
    nah hal sepele itu aja anda ga faham.
    cuma bisa nya komplen wkwkw
    bayar ongkir tarif hemat pengen diperlakukan kaya diplomat.
    ANDA WARAS????

    3
    31
    • 4 Juli 2021 - (03:14 WIB)
      Permalink

      Maaf, di Shopee, ada pilihan jasa jasa kurir pengiriman dan bisa di ganti 1 kali setelah di transfer dananya ke Shopee. Ada di bagian Rincian Pesanan, di bawahnya ada Informasi Pengiriman dan ada kata UBAH di klik dan muncul pilihan mau gunakan jasa jasa kurir apanya.
      Kalau sudah tahu sicepat tidak ada packing kayu, kenapa gunakan jasa sicepat? Ini yang jadi pertanyaan, sudah di packing dengan banyak bubble wrap, packing tebal, kenapa bisa permukaan kaca pada jam dinding bisa pecah ?? Kalau di tumpukin juga, tidak mungkin bisa pecah, di banting juga pasti kardusnya adakah yang penyok di ke empat sisinya? Atau bubble wrapnya terlipat2 ujungnya. Dilihat dari gambar, bungkusan packingnya tidak yang aneh yang bisa membuat kaca jam dinding bisa pecah ? Untuk packing jam dinding seharusnya setelah di bubblewrap bagian kacanya itu di taruh lapisan lapisan kardus tebal juga, atau kayu menyilang X. Untuk komplain ke jasa pengiriman, Pembeli atau Penerima Paket yang harus komplain langsung ke jasa pengiriman dulu dengan bukti unboxing video. Bukan di kirim balik ke Seller dengan mengunakan jasa kurir lain. Ya tentu saja itu tidak bisa di klaim.

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Paket Hancur, Sticker Fragile SiCepat Tidak Berguna, SiCepat Tidak Mau…

oleh Yuliana dibaca dalam: 2 menit
24