Shopee SPayLater Dibobol 3 Juta Rupiah, Padahal Tidak Pernah Kasih Kode OTP dan Angkat Telepon Pembobol

Akun Shopee saya: nurulhasanah035 dibobol, padahal saya gak pernah kasih kode OTP kepada siapa pun. Awalnya pada tanggal 1 Juni 2021 pukul 15.37, ada yang menelepon melalui WA menggunakan nomor luar negeri, tapi gak saya angkat. Karena saya memang gak pernah angkat nomor yang tidak dikenal.

Bukti saya gak akngkat telpon dari si penipu

Lalu saya mendapat SMS dari Shopee pada pukul 18.41, yang isinya kode OTP untuk menggunakan Shopee SPayLater. Sampai 3x masuk, SMS saya abaikan saja. Kemudian pukul 18.55 saya mendapatkan telepon WA lagi menggunakan nomor luar negeri. Namun gak saya angkat juga, saya abaikan saja.

Karena saya gak angkat dan gak respon, lalu tiba-tiba saya dapat SMS lagi dari Shopee yang isi katanya akun Shopee saya sudah diganti dengan nomor telpon lain. Berarti si hacker sudah masuk terlebih dahulu ke akun Shopee saya. Namun karena saya gak respon kode OTP untuk transaksi SpayLater, dia langsung ganti nomor HP di akun Shopee saya.

SMS masuk berupa kode OTP sampai 3x, tapi gak saya respon. Lalu masuk SMS lagi bahwasanya akun saya sudah diganti nomornya.

Saya langsung panik dong dengan keadaan begini, langsung saya hubungi CS Shopee melaporkan bahwa akun saya telah diganti nomornya dengan nomor lain. Lalu pihak Shopee langsung mengambil tindakan untuk memblokir akun saya.

Keesokan harinya, tanggal 2 Juni 2021, saya mendapatkan email bahwasanya akun saya sudah normal kembali dan nomor HP di akun saya sudah balik menggunakan nomor HP saya yang benar. Saya langsung login dong, eh ternyata si hacker sudah melakukan transaksi pada tanggal 1 Juni 2021 malam. Dia belanja HP SAMSUNG seken seharga Rp3 juta dan dibuat cicilan selama 12x. Kan gila?! Padahal akun saya posisinya saat itu sedang diblokir, tapi dia masih bisa transaksi.

Transaksi si penipu dan alamat tujuan

Saat itu juga saya langsung klik batalkan pembelian, tapi pihak toko menolak. Saya hubungi toko, katanya barangnya sudah dibawa ke kurir. Lalu saya langsung telepon lagi CS Shopee untuk melakukan pembatalan, katanya juga gak bisa. Mereka malah meminta saya untuk menunggu saja agar transaksi tersebut selesai, lalu ketika barang sudah sampai klik saja tidak terima barang.

Namun saya tidak percaya, berkali-kali saya telpon CS Shopee, tapi jawabannya hanya akan dihubungkan ke tim terkait, itu-itu saja jawabannya. Saya hubungi pihak J&T agar barang diarahkan ke alamat saya yang benar saja karena itu alamat hacker, mereka juga gak mau tahu.

Intinya saya sudah telepon sana sini, tapi gak mendapatkan solusi apapun. Apalagi CS Shopee yang masa bodoh aja dan membiarkan transaksi tersebut berhasil dengan gampangnya. Setelah transaksi sampai ke penipu, saya klik tidak menerima barang sesuai anjuran dari si CS Shopee. Eh malah gak ada solusi apapun dan berhasil lah si hacker mendapatkan HP itu dengan gampangnya.

Lalu saya baca-baca postingan di Media konsumen ternyata ada juga yang nasibnya hampir sama dengan saya. Akunnya Tina gitu kalau gak salah, di-hack juga dan saya lihat dia transaksi HP juga. Yang lebih gilanya ternyata alamat tujuannya sama dengan alamat tujuan hacker akun saya, tapi nama dan nomor HPnya saja yang diganti-ganti. Berarti kan ini penipu udah berkali-kali melakukan aksinya.

Postingan yang di-hack juga, tujuannya sama dengan alamat hacker akun saya.

Saat ini saya sedang diteror habis-habisan diminta untuk membayar tagihan tersebut. Pada bulan Juli lalu tagihannya tetap saya bayarkan, karena masuk ke tagihan belanja saya di bulan sebelumnya. Saya bayar saja karena memang saya ada belanja. Gak apa-apa lah pikirku, sebulan kubayar karena memang sudah masuk ke tagihan belanjaku, tapi untuk selanjutnya saya gak mau bayar sesuatu yang bukan perbuatan saya. Gila aja saya diminta bayar cicilan selama 12x.

Nurul Hasanah
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

116 komentar untuk “Shopee SPayLater Dibobol 3 Juta Rupiah, Padahal Tidak Pernah Kasih Kode OTP dan Angkat Telepon Pembobol

  • 14 Agustus 2021 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Saya juga jadi korban kak ?? saya sudah mengajukan ke pihak kepolisian pihak kepolisian pun tidak dapat membantu saya malah saya disuruh tetap membayar ? karena sudah kena denda dan pihak shopee sama sekali tidak bertanggung jawab .. Saya pun sangat kecewa dengan pihak shopee sekarang saya luntang lantung memkirkan membayar tagihan tersebut? mohon kak gimana caranya mengembalikan uang saya???

    • 15 Agustus 2021 - (11:08 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf nih akun akun buzzer gak jelas.
      Saya nulis ini bukan untuk mendapatkan konpensasi atau keringanan biaya pembayaran ya, saya sudah dihubungi pihak shopee di iming imingi hal tersebut tp saya MENOLAK karna saya sama sekali gak mau bayar hal yg bukan saya lakukan.

      Dan semoga dengan adanya tulisan saya ini publik tau, kalau punya limit spaylater di akun shopee nya mending tutup akun aja, mending gak usah pake shopee juga ajalah, gak usah aktifin hal hal begitu juga gak ada gunanya.
      Kalau tagihan masih tetap diberatkan ke saya, saya mau viralkan hal ini. Ini jaman sosmed bung viralkan saja, mau sampai kapan korban terus terusan berjatuhan.
      Investigasi dong si pelaku dari IP address bukan korbannya yg di investigasi !!!

      • 15 Agustus 2021 - (11:23 WIB)
        Permalink

        Betul banget mba nurul…ngapain dibayar, keenakan dong shopee ..bukan anda yg ngutang anda yg hrs bayar…nih syopi kbiasaan otakx dipake dikit mau untungx gede..semisal dikasi voucherpun jg ga seimbang dg kerugian kita..voucher pelit shopee cuma diganti sekitar 20 persen dr kerugian kita…ya ndak usahlah mending uang sebanyak yg csx tipu….cocok jualan di planet lain nih shopee wkwkwkwkwj

        • 15 Agustus 2021 - (11:34 WIB)
          Permalink

          makanya kalo komplain di admin jangan jadi orang baik.makin baik makin dicuekin . saya aja kalo komplain di tokopedia ato shoppe ato bukalapak SELALU MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL supaya adminnya tau kalu anda seriuSS MARAH . saran saya bisa ke LBH khasus shopee dan tokopedia itu duitnya “GRESSHHHH HOOOT” loh bisa masuk uu perlindungan konsumen dan tentunya anda bisa menuntu ganti rugi inmaterial .coba konsultasikan ke LBH atau tanya teman2 universitas hukum mereka pasti bantu gratis janjikan aja komisi kalo berhasil masuk kemeja hijau . KARENA KALAU BETUL shopee melalaikan anda bisa menang anda di meja hijau apalagi kalo shoppee tidak bisa memberikan bukti rekaman suara sewaktu penipu menelepon admin untuk ganti no hp

      • 16 Agustus 2021 - (14:33 WIB)
        Permalink

        maaf saya bukan akun buzzer ga jelas. saya juga korban penipuan shopee resmi. bedanya saya seller. barang sudah saya kirim ke pembeli sesuai pesanan. sudah di konfirmasi pembeli. tapi dana hasil penjualan saya malah ditahan sepihak dan juga akun saya di nonaktifkan. bisa dibaca di artikel ini https://mediakonsumen.com/2021/07/12/surat-pembaca/shopee-membatasi-akun-dan-menahan-dana-hasil-penjualan-tanpa-alasan-yang-valid/amp kronologisnya. ini saya jualan loh, bukan minjem duit shopee.

        yaudah bagus kalau begitu. saya dukung jika memang anda benar dan jujur.

        saya nanya tujuannya juga supaya tidak ada yang ditutup”i, supaya orang lain bisa belajar dari pengalaman anda. terutama bagi orang lain supaya jangan sampai ada korban shopee lagi.

        maaf nih, terkait investigasi. setau saya dalam suatu kasus semua pihak ybs ikut di investigasi bukan hanya pelaku. tapi yang mengaku korban juga ikut “dilacak”, supaya nanti bisa dibuktikan mana yang benar mana yang salah. kalau memang anda merasa benar dan ga salah. kenapa harus takut kalau harus di investigasi? kalau anda takut, malah orang lain juga curiga anda termasuk komplotan pelaku tsb. cmiiw

    • 5 Oktober 2022 - (05:17 WIB)
      Permalink

      Ya Allah baru baru ini saya juga mengalami kasus ini
      Shopee saya d hack pada tgl 21 Agustus 2022 dan dan ada prodak yg terkirim saya belum pernah menggunakan spayleter tersebut,, tidak tanggung tanggung sampe jutaan gitu
      Terus spayleter menelpon terus menerus dg no yg berbeda dan mengirim meluk WA juga
      Sampai sekarang saya bingung
      Gmn solusi nya saya bingung JD kepikiran juga
      Tolong dong pihak shopee saya merasa d rugikan mnta pertanggungjawaban nya

  • 15 Agustus 2021 - (11:26 WIB)
    Permalink

    menurut saya ini khasus real ya , karena hal ini pernah terjadi sama saya TAPI KHASUS SAYA BANK MANDIRI . nomor hp kk saya diganti tanpa pemberitahuan, 70jt di pake belanja dalam 1 hari .untung saya punya firasat sehingga melepon cs mandiri dan kaget ternyata nomor telepon saya sudah diubah dan ada transaksi banyak . singkat cerita komplain ke mandiri selama 2bulan tapi tetap saya disuruh bayar dulu nanti diganti kan oleh bank mandiri dan ya proses selesai dan dana sudah kembali .
    NAH POINT SAYA , triknya ini sama yg dilakukan oleh pelaku . banyak miscall nomor2 aneh sampai puluhan kali dan ada banyak sms otp sehari bisa 20 x .NAH FIRASAT yg saya ngomongkan itu kenapa tiba2 gak ada yg telepon2 sms2 otp langsung saya telepon bank mandiri dan ketahuan . SAYA bukan ahli cybercrime tapi pelaku kejahatan ini sepertinya sengaja terus menelpon kita agar kalo ada cs menelepon untuk memastikan perubahan nomor teelepon itu gak bisa masuk teleponnya karena si penipu menelpon terus menerus dan adminnya akan menggangap nomor rusak atau sejenisnya . JADI SARAN SAYA BELI IPHONE BEKAS , PAKE IPHONE KARENA PP ANDROID ITU TIDAK DALAM PENGAWASAN GOOGLE BEDA DENGAN APPLE . setelah kejadian itu saya ganti iphone yg dulunya pake oppo

  • 15 Agustus 2021 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Kejadian bulan juni baru buat surat agustus ,lama amat.
    ini mau komplain / sharing aja ?

    hayo bahas dibawah ini ada yg bikin saya bingung sama ceritanya
    1. “saya dapat SMS lagi dari Shopee yang isi katanya akun Shopee saya sudah diganti dengan nomor telpon lain.”
    ASK =
    Kok bisa nomornya sudah diganti pelaku klo ga pernah berikan OTP login ?
    gimana pelaku bisa login tanpa OTP ?
    klo memang bisa mengganti nomor telpon korban tanpa OTP , ngapain pelaku bersusah payah kirim OTP sampai 3x bahkan di telpon pakai nomor USA 2x ?, mending si pelaku langsung masuk aja terus ganti tuh nomor telponnya.

    2. “Namun karena saya gak respon kode OTP untuk transaksi SpayLater, dia langsung ganti nomor HP di akun Shopee saya.”
    ASk =
    Tadi kan dpt sms klo nomor telpon sudah diganti yg artinya si pelaku sudah berhasil login dan mengganti nomor telpon dengan ditandai adanya sms pemberitahuan, lah yg Spaylater ini kenapa bilang nomornya langsung diganti gara” OTP utk Spaylater ga dikasih ?
    emang ada berapa nomor telpon OTP utk shopee ? nomor telpon OTP untuk login dan nomor telpon OTP utk SPaylater berbeda kah ? (Saya bukan pengguna jadi ga tau ada brp)

    3. Jam 18:41 ada 3x sms OTP yang masuk ,
    jam 22:45 ada 1x sms OTP ,
    jam 19:52 pelaku melakukan pembayaran
    ASK =
    Sms OTP untuk jam 19:52 dimana ? setidaknya ada sms yg masuk dikisaran kurang lebih 3 menit dari jam19:52.
    klo pelaku sudah merubah nomor telpon nya yg katanya “nomor dirubah pelaku karena kode OTP utk spaylater tidak diberikan” lalu kenapa jam 22:45 ada sms OTP dinomor korban ? kan nomor sudah dirubah oleh pelaku ya ?

    4. Saya baca kasusnya si Tina emang dia sendiri yg teledor memberikan kode OTP dan itu memang dia akui sendiri saat membuat surat, sedangkan di kasus ini kan tidak memberikan OTP
    jadi ada perbedaan kasus, walaupun alamat penipuan sama.

    Sekian dulu, beberapa puzzle yg bikin saya bingung.

    3
    2
    • 15 Agustus 2021 - (22:43 WIB)
      Permalink

      Sekarang log in shopee cuma pakai email/no hp dan password tanpa OTP lg sperti sebelum2nya. Coba aja sendiri. Kalau ganti no hp memang ada OTP tp OTP meluncur langsung ke no baru. Pakai shopeepay later gak pakai OTP tp pakai pin kadang cuma pakai fingerprint yg disimpan di hp. Ditunggu akun anda ditipu biar sadar lu

      3
      1
      • 16 Agustus 2021 - (06:58 WIB)
        Permalink

        Betul banget Kak Squall..

        Harusnya kalo bukan pengguna Shopee jangan berasumsi yg bukan². Yaa ga bakal percaya, kalo ga mengalami menjadi korban penipuan.

        • 16 Agustus 2021 - (11:14 WIB)
          Permalink

          Saya pengguna Shopee tapi bukan pengguna SPaylater.
          Walaupun bukan pengguna shopee emang ga boleh tanya puzzle yg bikin bingung ya ?
          orang tanya bukan berarti untuk berasumsi yg bukan”
          tujuan tanya kan supaya tahu bagaimana si pelaku beraksi, jadi saya maupun yg lain ga jadi korban.
          Jangan menunggu jadi korban dan kehilangan berjuta-juta dulu baru mau cari info/ilmu.
          mending cari info/ilmu dulu supaya ga jadi korban.

          Silakan dibantu jawab puzzle” nya itu klo emang tahu.

      • 16 Agustus 2021 - (11:00 WIB)
        Permalink

        1. “Sekarang log in shopee cuma pakai email/no hp dan password tanpa OTP lg sperti sebelum2nya.”
        Jawab = Untuk Handheld baru pertama kali login akan dimintai OTP, tapi klo sudah pernah login pada handheld yang sama, cukup masukkan email/no hp & password. Semacam “cache” yg telah disimpan dan akan digunakan berikutnya jika login, makanya tidak ada OTP lagi.

        Ask = Klo pelakunya sudah memiliki no hp+password yang artinya ga butuh OTP lagi, terus ngapain itu pelaku repot” kirim sms OTP 3x dan telpon 2x ?
        Kenapa ga langsung login aja pake no hp+ password nya itu ?
        Makanya pada postingan saya sebelumnya ada puzzle yg bikin saya bingung dan ingin saya tanyakan.

        2. “Kalau ganti no hp memang ada OTP tp OTP meluncur langsung ke no baru.”
        Ask = Saya ga coba sendiri jadi saya anggap aja benar.
        Tapi pertanyaan saya, sebelum pelaku bisa melakukan hal ini bagaimana dia bisa login ? pake cara apa ?
        sedangkan katanya tidak pake Otp , berarti pake password ? dan pertanyaan ini akan berputar balik ke point 1 diatas

        3 “Pakai shopeepay later gak pakai OTP tp pakai pin kadang cuma pakai fingerprint yg disimpan di hp.”
        Jawab = ini kutipan dari penulis “Namun karena saya gak respon kode OTP untuk transaksi SpayLater, dia langsung ganti nomor HP di akun Shopee saya.”
        Penulis sendiri yang bilang kode OTP bukan saya, kita anggap aja kode OTP yg dimaksud penulis itu PIN.
        Ask =
        Klo memang yg dibutuhkan PIN untuk SPaylater terus ngapain pelaku merubah nomer HP hanya gara” kode PIN tidak diberikan ? emang dgn merubah nomer HP bisa mendapatkan PIN Spaylater ?
        Nomer HP kan sejak awal sudah dirubah, nomer apa lagi yg dirubah ? sedangkan Spaylater itu butuh PIN
        ( PERLU DIINGAT pada postingan saya sebelumnya di point 1 pelaku sudah merubah nomer pemilik dgn adanya sms pemberitahuan kemudian pelaku mengakses Spaylater yg kode OTP(PIN) Spaylater tidak diberikan oleh penulis dan pelaku langsung mengganti nomer HP pemilik, makanya pada point ke 2 di postingan sebelumnya saya bertanya, ini kutipannya “emang ada berapa nomor telpon OTP utk shopee ? nomor telpon OTP untuk login dan nomor telpon OTP utk SPaylater berbeda kah ?” )
        ga bikin bingung ya puzzle nya ?

        4. “Ditunggu akun anda ditipu biar sadar lu”
        Waduh dikutuk ya ?…hehehe.
        saya kan nanya puzzle itu supaya tahu cara pelaku jadi ga kejadian disaya maupun yg lain

        Klo saya bandingkan jawaban anda ,cerita sipenulis dan puzzle yg saya tanyakan, tetap aja jawaban anda itu masih belum menjawab puzzle yg bikin bingung itu. dan itu selalu menjadi blunder lingkaran yg selalu balik ke point 1 & 2.

        1
        1
        • 16 Agustus 2021 - (14:34 WIB)
          Permalink

          Memangnya saya gak tau soal cache. Sy sdh pernah coba di komp lain yg blm pernah sy log in dan kenyataannya emang sperti itu. Log in hanya username/hp dan password. Susah kalau jelasin orang bukan pengguna shopee. Toped log in saja security berlapis. Sdh OTP masih harus pin. Padahal database nasabah bertebaran di dark web. Penipu kirim OTP dan hubungi korban katna ingin penipuan tingkat lanjut. Paham kan!!!

          • 16 Agustus 2021 - (21:01 WIB)
            Permalink

            dipost sebelumnya kan saya uda bilang saya pengguna shopee tapi bukan pengguna Spaylater.
            Yakin nih ga ada OTP login ? cukup username dan pass aja ?
            saya uda bilang klo saya pengguna shopee loh, tadi uda saya coba pakai opera di laptop baik itu mode incognito maupun mode normal , sewaktu login dimintai OTP yg dikirim ke WA/sms/ 1 lagi lupa.
            bukan cuma metode username+pass , saya juga coba login pake metode no HP tetap dimintai OTP tuh.
            bahkan saya coba login pake browser di HP pun dimintai OTP
            yakin browsernya ga simpan sisa” cache,cookie ?
            cuma 1 yg belum saya coba , hapus data/cache di applikasi shopee.

    • 16 Agustus 2021 - (10:05 WIB)
      Permalink

      Namanya pingin dibebaskan dari tagihan SPaylater pasti ada yang ditutupi, pasti ada yang disembunyikan.

      Tidak percaya akun bisa dibobol tanpa mengisi kode otp, tapi penulis tidak mengakui.

      3
      1
      • 16 Agustus 2021 - (13:44 WIB)
        Permalink

        bank mandiri aja ganti nomor hp tanpa konfirmasi loh . saya dulu korban kebobolan kk mandiri ,tapi mandiri mau ganti rugi itupun tunggu dua bulan .jadi jangan mengentengkan ini khasus, sekelas BUMN aja bisa lengah apalagi cuman perusahaan belanja kanyak gini

        • 16 Agustus 2021 - (13:52 WIB)
          Permalink

          Itu yg komennya sok sok nanya padahal buzzer dan sekomplotan si hacker ya gitu.

          Mangkannya darisini saya gak mau dgn gampangnya dikasih keringanan 50% pembayaran.
          Disini saya minta tagihan tsb dihapuskan utk saya dan saya akan viralkan kasus ini terus jika tdk di hapuskan tagihannya.
          Dari awal shopee penanganannya santai dan masa bodo

          • 16 Agustus 2021 - (14:37 WIB)
            Permalink

            maaf mba, sebaiknya kalau ga mau dituduh jangan nuduh orang. orang juga beneran nanya malah dibilang sok”an. disini orang kebanyakan nanyanya pun pertanyaan yang masuk akal. kenapa anda ga jawab? ga berani atau gimana? hati” anda kalau menyatakan suatu hal, bisa dikenakan pidana atas dugaan pencemaran nama baik.

            ya kalau memang anda benar dan jujur. yaudah, perjuangkan terus hak anda, maju terus pantang mundur. saya dukung. cmiiw.

          • 16 Agustus 2021 - (21:23 WIB)
            Permalink

            Setiap orang punya pemikiran dan logikanya sendiri, kamu ga bisa paksa mereka untuk mengikuti keinginan mu.
            klo setiap komen atau pertanyaan tidak sesuai dgn keinginan mu terus kamu respon dengan memusuhi mengataiin mereka buzzerlah, komplotanlah.
            justru kesannya kamu terlihat menghindar atas komen/pertanyaan mereka.
            gimana mau dapat support klo caranya kek gini ?

            tapi yah terserah situ lah.
            O iya saya juga minta maaf ternyata ada salah baca sms ,awalnya saya kira kode OTp login ternyata Otp Spaylater.
            tapi klo saya mau tanya keliatannya juga ga ada gunanya melihat responnya kek gitu.jadinya saya lupain aja semuanya.

          • 17 Agustus 2021 - (09:14 WIB)
            Permalink

            Untungnya banknya bertanggung jawab ya gan.
            Nih shopee belum ada tanggapannya gan, tagihan masih di bebankan ke saya

        • 16 Agustus 2021 - (20:49 WIB)
          Permalink

          Kemungkinannya itu pakai teknik social enginering dengan target (mungkin)CS bank.
          jadi si pelaku nyamar sebagai anda lalu menghubungi CS dan meminta pergantian nomer hp. (entah percakapan apa saja yg dilakukan)
          untuk melakukan ini si pelaku setidaknya harus memiliki nomer rekening, nama…DLL. atau mungkin hanya memiliki salah satu data.
          dan mungkin Cs nya masih kategori “polos” langsung diapprove lah perubahan nomer hp itu.

          klo di kasus ini pakai teknik social enginering dengan target ke CS untuk bisa mengganti nomer hp, kok saya ga yakin yah.
          Sebab sudah ada 3x sms OTP Spaylater (Maaf, awalnya saya kira ini OTP Login) , baru kemudian nomer diganti.
          Berarti sejak awal pelaku sudah ada didalam lalu melakukan transaksi Spaylater dan kode itu terkirim 3x ke korban baru kemudian nomer diganti.
          Namanya juga pelaku sudah ada didalam tentu saja bebas melakukan apa saja termasuk mengganti nomer. wajar dong.
          pelaku kok bisa sudah ada didalam ? ini dia puzzlenya ?
          (ada yg bilang spaylater pakai PIN bukan OTP, tapi klo dipoto tulisannya OTP, siapa yg benar saya ga tau, cek aja sendiri)

          Dalam kasus Anda itu walaupun sama” nomor hp nya diganti, tapi masih ada perbedaan proses dan itu tidak bisa disamakan dengan kasus ini, karena pelaku sudah ada didalam tentu saja bebas untuk mengganti nomer hp.
          kasus anda lebih pure ke arah social enginering.(cuma nebak aja ya)

          kasus anda itu ada dimuat disini juga ? saya mau baca juga.
          link atau judul ?

          • 16 Agustus 2021 - (21:19 WIB)
            Permalink

            Nah itu juga yg jadi pertanyaan saya, berarti si pelaku udah masuk terlebih dahulu ke akun saya. Sedangkan saya memang sama sekali gak ada nerima OTP login, gak tau dari mana si pelaku bisa masuk. Bahkan saat saya tanya sama si tim investigasi shopee saat mereka investigasi saya kenapa saya gak menerima OTP login sama sekali, OTP masuk ke saya cuma OTP utk menggunakan SPaylater, mereka juga gk bisa jawab.
            Padahal harusnya mereka bisa jawab hal tersebut karena mereka by sistem ya.

            Spaylater memang menggunakan PIN, nah karna si pelaku waktu itu mau pakai dan gak tau PIN nya lah mangkannya masuk OTP itu utk ganti PIN di spaylater. Lalu setelah OTP itu gak berhasil dia dapatkan karna gak saya gubris telponnya maka dia gantilah nomor Hpnya. Jelas kalau nomor hp sudah diganti berarti dia bebas dong ganti PIN spaylater dan semua yg ada di akunku.

            Dan saat ini shopee masih belum ada kabar nih, apakabar nih shopee tagihan masih dijatuhkan ke saya nih

          • 17 Agustus 2021 - (08:00 WIB)
            Permalink

            khasus kk bank mandiri saya sudah selesai , prosesnya 2bulan ++ penyelidikan oleh bank madiri . tapi tetap 70 jt haru saya bayar dimuka nanti setelah 2bulan baru bank mandiri ganti .kalo saya baca cerita dari penulis ini mekanismenya sama kanyak sewaktu kk mandiri saya kebobolan , sehari itu bisa ada 20 x telepon penipu (saya pake truecaller) ada 20 sms otp orang belanja . AWALNYA sama kanyak2 anda semua saya cuekin gak angkat telepon otp di cuekin . nah tiba tiba telepeon2 itu berhenti sms2 otp berhenti saya kirain tobat .saya telepoon CS mandiri ,EH EH EH orangnya berhasil ganti nomor hp saya tanpa ada notifikasi kenomor hp terdahulu ,akhirnya kartu diblokir lalu digantikan kartu baru .kejadian ini tahun 2019 pertengahan juli .masalah sudah selesai saya bikin surat complain di bank mandiri tulis kronologis cerita pake materai lalu difoto bersama kk saya dan dikirim ke email bank mandiri .proses penyelidikan 2bulan++, gila waktu tulis kronologisa saya juga harus masukkan transaksi yg saya complain tidak saya lakukan ..bayangklan banyak amat itu hacker belanja voucher game 10jt , laptop apple 23jt++ pulsa perhiasan dll gila deh

  • 17 Agustus 2021 - (10:45 WIB)
    Permalink

    Akhirnya pada hari ini kemerdekaan ini tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.27 WIB saya di hubungi oleh pihak shopee atas keluhan dan permasalahan ini. Pihak shopee telah menyelesaikan masalah saya ini dengan BAIK dan sangat Bertanggungjawab.
    Terimakasih

    1
    1
  • 18 Agustus 2021 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Gimana caranya ka supaya pihak shopee mau membantu kita? Kemarin adik saya kena tipu jg sampe spinjamnya habis limitnya 5jt ,tapi nghubungin CS nya masih proses terus belum ada kemajuan ,tolong informasinya ka , terimakasih

    • 18 Agustus 2021 - (06:10 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin dg adiknya yg kena tipu jg…pengalaman dg orang yg senasib d MK ini bisa di ambil jadi pelajaran….bisa mungkin di tulis di MK mba ..in shaa Allah ada solusinya…si syopi ni ga tulus dalam jual beli pokoknya sll ada ajah

  • 30 Agustus 2021 - (20:49 WIB)
    Permalink

    Iya kak tolong diviralkan karna saya juga yg kerja diekspedisi kewalahan dengan wilayah tulung selapan ini, setiap harinya selalu ada transaksi pemesanan yg besar untuk wilayah disana, dan rata rata tidak mencantumkan alamat asli

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan Shopee SPayLater?

Ada 116 komentar sampai saat ini..

Shopee SPayLater Dibobol 3 Juta Rupiah, Padahal Tidak Pernah Kasih Kod…

oleh Nurul dibaca dalam: 2 menit
116