Program Cashback Merugikan Konsumen, Mending Diganti Saja dengan Program Diskon

Untuk semua konsumen, wajar untuk menyampaikan apa yang dialami saat berbelanja online, khususnya marketplace Tokopedia. Sebelumnya terima kasih tim redaksi Media Konsumen yang telah memuat surat saya.

Saya belanja sebuah unit handphone di marketplace Tokopedia. Sudah saya buktikan, bahwa benar adanya transaksi tersebut tidak fiktif dan resi pun valid. Namun tidak ada tanggapan yang berarti dari customer service Tokopedia.

Padahal saya konsumen loyal Tokopedia dengan status member Platinum. Saya bangga dengan Tokopedia, apapun yang saya cari selalu di Tokopedia. Karena rata-rata penjual Tokopedia untuk proses pengiriman barang terbilang cepat, tidak lama proses pesanannya.

Lanjut lagi, saat status transaksi selesai, selalu saja ada penarikan cashback. Saya sangat bermasalah dengan ini (apabila sudah tertera di invoice mendapatkan benefit cashback harusnya sudah sesuai). Tapi baru saya tahu, jika ada penarikan cashback sepihak yang saya tidak mengerti apa penyebabnya (sudah dibuktikan ke CS Tokopedia bahwa transaksi tidak fiktif). Kalau seperti itu, program cashback saya rasa, saya akan membandingkan promo marketplace lainnya. Alangkah baiknya program cashback itu diganti program diskon (untuk menarik konsumen). Kalau seperti ini, lama-lama saya berpaling dari Tokopedia.

Terima kasih

Mohammad Irshan Pamula
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:46    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Program Cashback Merugikan Konsumen, Mending Diganti Saja dengan Program Diskon

  • 9 Oktober 2021 - (09:09 WIB)
    Permalink

    Emang dr sisi buyer lebih baik discount drpd cashback ujung2nya buyer lebih konsumtif krn dipake belanja lagi, tapi dr sisi tokped ato seller makin banyak yg belanja makin cuan, walaupun belanja pake cashback, selama promo yg diiklankan sesuai sih gk masalah.. Semoga komplainnya segera direspons tokped

  • 9 Oktober 2021 - (10:37 WIB)
    Permalink

    @mohammad irshan pamula ersa

    Anda salah alamat. Jika anda mau komplain masalah cashback seharusnya denga OVO bukan Tokopedia.

    “ Untuk mendapatkan cashback, Pengguna harus aktivasi OVO dengan nomor handphone yang sama saat melakukan transaksi. Kesempatan aktivasi …….. “

    Yang ngasih cashback anda itu adalah OVO bukan Tokopedia.

    Pengguna Tokopedia yang sudah mengaktifkan akun OVO pasti banyak masalah.

    Ya jelas…

    Karena OVO itu dompet digital, semua dompet digital adalah Riba’.

    Yang Haram cepat atau lambat akan membawa penyakit.

    2
    36
    • 9 Oktober 2021 - (12:24 WIB)
      Permalink

      Catet Yaaa…..

      Semua Pengguna Tokopedia yang sudah aktifin Akun OVO, pasti akan banyak masalah. Baik itu masalah yang masih bisa di tolerir atau dipendam dalam hati, atau masalah yang mau tak mau harus di curahkan ke media.

      Jujur aja pada diri sendiri. Menurut yang di rasakan oleh sebagian orang, Cashback OVO itu dapetnya untung untungan.

      Sebagian lagi yang menyatakan harus pakek Teknik Teknikan.

      Artinya apa….. Cashback itu jadi ajang licik licikan.

      Kalian bisa mengakali yang ngasih Cashback. OVO pun bisa mengakali anda.

      Itulah bukti bahwa dompet digital Haram.

      2
      16
      • 9 Oktober 2021 - (13:56 WIB)
        Permalink

        Isdebe, cashback tokpedia itu sekarang bukan hanya dalam bentuk Ovo point, malah sekarang sudah ke tokpedia point, Ovo point itu udah gak jaman sekarang di Tokopedia catet yah 😁🙏🏻🙏🏻🙏🏻

        11
        • 9 Oktober 2021 - (15:48 WIB)
          Permalink

          Lo harus pelajari lagi. Kalo lo sudah terdaftar OVO atau akun Tokopediamu sudah ada akun OVOnya. s&k Tokopoint serta merta akan mengikuti s&k OVOpoint. Makanya ada larangan kesamaan identitas dengan pembeli lain. Itu fix karena aturan OVO tetap nyangkut disitu.

          Lo kalo emang beneran murni mau cari untung di Tokopoint ya buat akun baru atau pakai akun yang belum terdaftar di akun OVO.

          • 9 Oktober 2021 - (20:57 WIB)
            Permalink

            Tokopedia sekarang sudah ga pake OVO point, pakainya Tokopoint. Pembayaran yg ‘dianjurkan’ pun sudah dialihkan ke Gopay, karena Gojek dan Tokopedia sudah merger menjadi GoTo.
            OVO perlahan-lahan mulai ditinggalkan oleh Tokopedia.

          • 10 Oktober 2021 - (05:43 WIB)
            Permalink

            Bocil kudet skrng tokopoin det tokopedia sdh ga pakai ovopoin cil

      • 9 Oktober 2021 - (19:09 WIB)
        Permalink

        Selama ini belanja di tokped cashback ataupun kupon diskon beli apapun selalu cair dah

    • 11 Oktober 2021 - (07:21 WIB)
      Permalink

      padahal cb itu ke tokopoint bukan ke ovo lgi hadehh keliatan malah ga pernah pake tokped

  • 9 Oktober 2021 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Apakah kalau ada penarikan cashback bisa terlihat di history in out cashbacknya, gan? Saya ga pernah mengingat saldo cashback soalnya jd kalau ada penarikan secara diam2 jg ga tau kecuali bisa dilihat di history nya.

    • 9 Oktober 2021 - (11:48 WIB)
      Permalink

      Notifnya di email,untuk alamat rumah hanya saya saja yg sering belanja online…utk cashback bukan ovopoints ya skrg tokopedia juga ada cashback dlm tokopoints (semacam koin kalo di shopee)

      • 9 Oktober 2021 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Bisa juga krn prnh tolong tmn bayar tagihan atau beli d tokped, atau sebaliknya pernah ditolong tmn bayar atau beli d tokped.. bisa terdeteksi melalui no hp atau no rek pmbayaran. Itu sih setau saya, saya juga member Diamond disitu jadi sedikit tau…

      • 9 Oktober 2021 - (12:33 WIB)
        Permalink

        Itu Cashback masuknya kemana?

        Masuk ke Saldo Tokopedia atau masuk ke Saldo OVO.?

        Kalo yang masuk ke saldo tokopedia itu prosesnya cepat. Checkout langsung cashback masuk. Tidak nunggu barang terkirim apalagi sampai menunggu satu minggu setelah barang terkirim.

        Kalo yang akan masuk ke Saldo OVO, itu OVO yang ngasih. Makanya prosesnya lama, cashback akan masuk setelah transaksi selesai. Lalu OVO akan melacak apakah ada pelanggaran dari Aplikasi Tokopedia, atau Ada Pelanggaran dari Pembeli Tokopedia, atau ada Pelanggaran dari Penjual Tokopedia.

        Jadi OVO itu curiga dengan 3 pihak. Tokopedia di curigai, Penjual dan Pembeli pun di curigai. Makanya proses masuknya Cashback OVO lama.

        11
        • 9 Oktober 2021 - (14:26 WIB)
          Permalink

          mba ku yg cantik… sejak negara api menyerang, cashback toped itu masuknya ke toped point bukan ke ovo point lagi. mekanisme sama kaya ovo point, selesai baru masuk cashbacknya. ngetik panjang2 tp kaga tau mekanismenya. ibaratnya tong kosong nyaring bunyinya……….

          • 9 Oktober 2021 - (15:57 WIB)
            Permalink

            Sejak negara api menyerang tuh kapan bray. Tokopoint itu Program baru. Artinya apa…. jika lo bukan orang baru (sudah ada akun OVO) lo bakalan di protek oleh aturan main OVO.

            Coba lo bedain deh. Lo buat akun baru/ yang tidak terdaftar OVO. Trus lo belanja, semaunya, pasti lancar aja tuh Tokopointmu karena itu merupakan Program Tokopedia sendiri.

            Gak percaya coba aja.

        • 9 Oktober 2021 - (16:30 WIB)
          Permalink

          Bro, saya kasih tau.
          Cashback Toped ini akan diterima pembeli apabila BARANG SUDAH DIKONFIRMASI atau PESANAN SELESAI dan TIDAK ADA INDIKASI KECURANGAN.

          Dan untuk cashback berupa OVO Poin. Mengenai sah atau tidaknya transaksi tersebut, itu adalah urusan sistem Tokopedia, OVO tidak terlibat dalam hal ini.

          • 10 Oktober 2021 - (05:40 WIB)
            Permalink

            keren bang namanya 😂 ini isdebe manusia kolot .. kalo ga ada dy di komen ga seru ya kaan😂🤣

          • 10 Oktober 2021 - (05:42 WIB)
            Permalink

            kalo komen ngelantur kesana kemari, kalo bikin istilah kaya apaan tau🤣

  • 9 Oktober 2021 - (11:42 WIB)
    Permalink

    Ada yang punya akun di Tokped dengan alamat yang sana ? Atau mungkin pernah ada teman/saudara yang beli di Tokped menggunakan alamat Anda ? Soalnya Tokped ga boleh kl alamat ganda, blnja biasa tnpa cashback sih gpp. Tp kl pk cashback ga bisa

  • 9 Oktober 2021 - (14:59 WIB)
    Permalink

    Terima kasih temen2 media konsumen semuanya,cashback telah di kembalikan lagi walaupun baru hanya 1 transaksi (terdapat 2 transaksi yg mengalamin cashback serupa yang ditarik sepihak)

    • 10 Oktober 2021 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Nah ketahuan kan letak kesalahan nya. Om belanja pakai program cashback 2x diwaktu bersamaan maka terlacak akun ganda, jadi ya kena blok salah satu cashback nya.

  • 9 Oktober 2021 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Cashback itu yg buat tokopedia. Sedangkan diskon biasanya toko yg buat. Kl yg dibuat tokopedia itu ada aturannya, misal dalam 1 alamat yg sama hajya bisa menggunakan 1 voucher cashback. Kl yg buat toko tidak masalah, mau beli berapapun bisa.

  • 9 Oktober 2021 - (23:28 WIB)
    Permalink

    Ribet bener ya dikit dikit HARAM, dikit dikit RIBA 🙈🙈🙈🙈

    Ilmuan di Negara lain mikirnya udah jauh kemana tau malah sampe puter otak bagaimana caranya bisa jadiin Planet Mars sebagai tempat tinggal alternatif selain Bumi. Ini si Isdebe masih aja berkutat dengan RIBA dan HARAM 😂😂😂😂😂 btw obatnya jangan lupa diminum ya 🤣🤣🤣🤣 biar cepet sembuh 😄😄😄

    2
    1
    • 10 Oktober 2021 - (17:05 WIB)
      Permalink

      Isdebe itu bajer Mas, dimana mana komennya selalu menyerang penulis dan memutarbalikan fakta.

      Coba kroscek aja yg selalu komen negatif & menyerang penulis, ya akunnya itu itu saja. Hihi

  • 10 Oktober 2021 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Nyimak Para Bajer yang selalu komen negatif ke penulis ternyata ya itu itu saja.

    Untuk Penulis tetap semangat dan jangan terpengaruh bajer. Emang mereka para bajer itu makan dari hasil memaki dan memutarbalikan fakta.

    Hahaha

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Program Cashback Merugikan Konsumen, Mending Diganti Saja dengan Progr…

oleh mohammad irshan pamula ersa dibaca dalam: 1 menit
36