Retur Produk di Shopee Ditolak karena Lupa Membuat Video Unboxing

Dengan hormat,

Perkenalkan, nama saya Mia Nathalia. Saya adalah pelanggan setia HP Apple. Sudah sejak lama saya gunakan semua produk dari Apple. Beberapa hari yang lalu, saya melakukan pembelian produk Apple via Shopee di Apple Flagship Store.

Sepertinya produk Apple yang saya beli bermasalah, karena pada saat charging ke iPhone 11 Pro saya, membutuhkan waktu 2,5 jam lebih. Padahal charger iPhone yang saya gunakan sebelumnya (yang didapat sewaktu beli iPhone 11 Pro saya), tidak membutuhkan waktu selama itu. Sayangnya charger tersebut sudah rusak, oleh sebab itu saya beli via Shopee di Apple Flagship Store (yang infonya menjual produk resmi Apple).

Saya sudah melaporkan via chat Shopee kepada penjual (Apple Flagship Store). Namun karena saya lupa memvideokan pada saat unboxing produk, penjual tidak bisa menerima permintaan saya untuk menukar produk.

Mohon bantuannya, apakah hanya karena tidak bisa menunjukkan video unboxing produk, saya tidak mendapatkan penggantian barang yang menurut saya mahal harganya?

Sungguh saya kecewa dengan pelayanan di Apple Flagship Store di Shopee. Kalau tahu begini keadaannya, mungkin saya akan langsung beli di iBox atau tempat-tempat yang menjual produk resmi Apple.

Regards,

Mia Nathalia
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kebijakan pengembalian barang di Shopee:
[Total:33    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Retur Produk di Shopee Ditolak karena Lupa Membuat Video Unboxing

  • 11 November 2021 - (11:06 WIB)
    Permalink

    soalnya juga dari sisi penjual pasti ada sisi kecurigaan sih, apabila tidak ada video, apabila produk yang anda kembalikan bukan produk yang dia jual kan bisa juga, alhasil penjual rugi

    bukan nuduh anda akan melakukan itu ya, cuma sudah pasti seller berhati2 untuk menghindari resiko kerugian..

    memang sistem nya seperti itu kalau di marketplace, lebih baik dijadikan pembelajaran untuk kedepannya saat membeli barang, terutama apabila dirasa barang tersebut mahal, lebih baik memang ada video unboxing, dan perhatikan juga apakah ada garansi nya barang tersebut

    selain itu coba aja klaim melalui shopee, tidak ke penjualnya langsung, mungkin shopee akan berpihak pada anda dan boleh ditukarkan

    17
    1
  • 11 November 2021 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Sekedar cerita saja, dulu banget sebelum booming online shopping itu sangat mudah dan cepat untuk komplain atau retur barang. Itu waktu masih belum banyak yang paham online shopping, jadi literasi digital yang belanja rata2 sudah bagus. Mau retur ga perlu video unboxing, cukup foto produk yang rusak. Waktu untuk komplain pun panjang, 30 hari setelah barang diterima,yang dimana itu aturan yg lumrah di semua negara.

    Dulu pernah beli sepatu merk, saya komplain untuk mengingatkan saja bahwa produk sedikit cacat ( ada dekorasi yang tidak melekat sempurna) , saya tidak minta ganti atau apa tapi pihak ecommerce malah mengirim sepatu BARU yang sama. Itu di Zalora 2013/2014 ya.
    Makin lama makin banyak yang belanja online, tanpa dibekali etika atau pengetahuan yang cukup. Jadi banyak kasus yang merugikan penjual, akhirnya terbitlah aturan macam2 untuk komplain yang akhirnya merugikan konsumen.
    Sekian cerita kakek untuk hari ini.

    8
    4
  • 11 November 2021 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Semua harus menyadari setiap barang yg dibeli apalagi di Marketplace sudah mewajibkan VIDEO UNBOXING agar tidak ada kesalahpahaman antara pembeli dan penjual. apalagi penjual juga untuk report ke tim terkait jika memang ada kerusakan.

    Sebenarnya sudah jelas yg diinfokan oleh CS yg dichat diatas alur pengajuan komplain atau apalah. cuma kakanya ga terima aja kali ya atas pelayanan CS tsb karena meminta vid unboxing, dan kaka lupa untuk memvideokan.

    aturan tersebut juga mungkin untuk mewanti wanti kejadian yg tidak diinginkan. karena penjual pun tidak mau rugi.

    Semoga casenya segera beres kak, ini opini saya saja tidak menyudutkan pihak manapun. Semangatt!

    • 13 November 2021 - (12:31 WIB)
      Permalink

      Di paketnya ada intruksi utk memvideokan apa nggak, klo gak ada ya jgn sepihak, penjual punya video ketika packing apa nggak, klo sama2 gak punya gmn.

  • 11 November 2021 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beli TV 40 dulu. Belinya di Official Store toko Ijo. Sampai rumah parah Displaynya retak. Tv ga mau nyala. Ini salah saya juga kirimnya ga pakai packing kayu. Tapi dibolehin retur tukar baru meskipun tanpa video Unboxing.

    Kalau yang non offiicial kayaknya ga bakalan sptnya di tuker baru meski barang rusak.

  • 11 November 2021 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Coba posisinya dibalik, buyer yg jadi seller. Kira2, klw ada yg komplain persis kaya gini, gimana respon anda?
    Lagian sekalipun ada video unboxing, berhubung chargernya nyala, kemungkinan tetap ditolak. Ga mungkin dong durasi videonya mesti 2,5 jam untuk membuktikan full charging.

    15
  • 11 November 2021 - (13:12 WIB)
    Permalink

    kenapa gak coba di pusat resolusi (kl di tokopedia) untuk komplain. gak bisa komplain langsung ke penjual, harus di tengahi pihak marketplace

  • 11 November 2021 - (13:15 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus ini, video unboxing apa gunanya yah? Yang dikomplain kan “fungsi” atau “performa” produknya, bukan masalah “fisik” produknya. 🤔

  • 11 November 2021 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Menurut saya, kalau barang sudah diterima dan ternyata setelah dipakai ada cacat fungsi, maka jalur complain yang dipakai adalah klaim garansi. Jadi datang ke service center untuk dicek, nanti setelah dicek baru bisa direkomdasikan apakah akan diganti produk baru atau free service dan spare part kalau masih bisa ditangani teknisinya.

    14
    1
  • 11 November 2021 - (21:52 WIB)
    Permalink

    beli toko ofline, kalo gak anda kapok wkwkwkwk online online banyak tipu muslihat

    1
    3
  • 11 November 2021 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Dh Bapak/Ibu,

    Alhamdulilah tadi sore sudah ada penyelesaian yang sangat baik dari pihak shopee, sebagai penggantian kerugian dari pembelian product Apple yang saya beli kemarin dalam bentuk voucher shopee senilai invoice barang yang saya beli, sebenarnya kalau boleh jujur saya tidak mau dikembalikan dalam bentuk voucher, hanya ingin dalam bentuk product karena memang saya membeli sesuai yang saya butuhkan, namun karena box atau kotak juga sudah dibuang oleh ART di rumah sepertinya tidak mungkin dikembalikan atau ditukar product ini hanya dengan menunjukkan invoice shopee.

    Namun saya sangat menghargai itikad baik dari shopee untuk penggantian ini. Dan terima kasih banyak atas masukan dan saran dari Bapak/Ibu yang sudah memberikan comment atas masalah yang saya hadapi saat ini, akan menjadi pelajaran berharga juga untuk saya ke depannya. Karena selama ini alhamdulilah dalam melakukan belanja online saya lancar2 saja, ini pertama kali saya membeli barang yang menurut saya bermasalah. Mudah2an ini akan menjadi kejadian pertama dan terakhir.

    Tentunya saya juga sangat berterima kasih pada Media Konsumen ini, karena bukan kali ini saja saya banyak dibantu, alhamdulilah sangat sangat bermamfaat untuk konsumen yang memang ingin murni membeli barang yang dibutuhkan tanpa berniat untuk merugikan penjual.

    Demikian disampaikan, saya ucapkan banyak terima kasih, sehat selalu Bapak/Ibu, sehat selalu Indonesiaku.

    Regards,
    Mia Nathalia

    5
    6

 Apa Komentar Anda mengenai Kebijakan pengembalian barang di Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Retur Produk di Shopee Ditolak karena Lupa Membuat Video Unboxing

oleh Mia Nathalia dibaca dalam: 1 menit
12