Transaksi Dibatalkan oleh Sistem Tokopedia, tapi Voucher Tidak Dapat Digunakan Kembali

Pada tanggal 31 Oktober 2021, saya melakukan transaksi pembelian barang di Tokopedia. Nomor transaksi: INV/20211031/MPL/1720020875, memakai voucher belanja yang didapat, karena menyambungkan akun Tokopedia dengan akun GoPay. Sebagai informasi, Tokopedia/GoPay memberikan voucher belanja spesial untuk pengguna yang pertama kali menyambungkan kedua akun tersebut dan hanya bisa didapatkan satu kali saja.

Transaksi dinyatakan berhasil dan menunggu respon penjual. Namun ternyata hingga keesokan harinya, penjual tidak merespon transaksi tersebut. Hingga akhirnya transaksi itu pun batal dan dana dikembalikan ke akun saya.

Namun setelah dicek, voucher belanja yang digunakan tidak dikembalikan oleh pihak Tokopedia. Saya lalu segera melaporkan hal ini ke CS Tokopedia dan menanyakan kenapa voucher tidak dikembalikan. Tim CS lalu menjawab bahwa voucher telah berakhir masa aktifnya pada 31 Oktober 2021 pukul 23.59, sehingga tidak bisa dikembalikan ke user.

Saya merasa janggal dengan jawaban ini. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, setiap transaksi di Tokopedia, jika terjadi pembatalan maka dana maupun voucher yang dipakai akan langsung dikembalikan ke akun user-nya dengan penyesuaian masa expired agar bisa digunakan kembali.

Hal ini pernah dialami beberapa kali sehingga saya bisa yakin akan hal ini. Contoh paling jelas adalah saat promo WIB di setiap tanggal 25 tiap bulannya. Saat itu, terlihat bahwa masa aktif voucher hanya bisa dipakai hanya di tanggal 25 hingga pukul 23.59. Namun ketika terjadi suatu kejadian ketika transaksi dibatalkan oleh penjual ataupun sistem Tokopedia, voucher tersebut dikembalikan ke pihak user dengan masa aktif yang telah disesuaikan menjadi tanggal 26 ataupun 27 pukul 23.59. Para pengguna Tokopedia pasti tahu akan hal ini.

Saya lalu memberikan penjelasan mengenai hal ini ke tim CS dan meminta agar voucher tersebut bisa dikembalikan. Namun pihak CS Tokopedia tetap berkeras memberikan penjelasan yang sama dan mengatakan bahwa voucher tidak bisa dikembalikan, dan meminta saya untuk memakai voucher lain yang ada di Tokopedia. Kendala lalu ditutup sepihak oleh mereka.

Sya sangat merasa kecewa. Transaksi dibatalkan bukan karena kesalahan pembeli, tapi kenapa pihak Tokopedia tidak mau mengembalikan apa yang sudah menjadi hak pembeli? Kemudian voucher belanja yang digunakan ini hanya bisa didapat satu kali saja saat menyambungkan akun Tokopedia dan GoPay. Istilahnya ini adalah promo spesial 1x saja (di televisi pun sudah ada iklannya).

Namun dengan mudahnya voucher “dihanguskan” dengan alasan masa expired. Tidak ada gunanya kalau begitu menyambungkan Tokopedia dan GoPay, jika benefit yang ditawarkan pada akhirnya malah tidak dapat digunakan.

Bagi perusahaan sebesar Tokopedia dan Gopay, mungkin nominal voucher yang diberikan ini tidak ada artinya. Namun bagi orang awam seperti kami, voucher ini besar artinya dan bisa untuk meringankan pengeluaran akan kebutuhan harian.

Novy Srihartati
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Promo Tokopedia:
[Total:7    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Transaksi Dibatalkan oleh Sistem Tokopedia, tapi Voucher Tidak Dapat Digunakan Kembali

  • 12 November 2021 - (19:10 WIB)
    Permalink

    memang bkn salah pembeli tapi salah milih penjual pastikan chat dulu sebelum membeli kalo gak dibalas/slow respon mending jgn dibeli, sy juga pernah kaya gitu voucher jadi hangus karna melebihi tanggal voucher

    • 14 November 2021 - (10:04 WIB)
      Permalink

      Iya pak, salah juga karena melihat penjual online, jadi dipikir bisa langsung order barangnya. Tapi berdasar pengalaman jika transaksi dibatalkan sistem, voucher akan langsung dikembalikan dengan masa expired yang disesuaikan.

    • 14 November 2021 - (10:13 WIB)
      Permalink

      iya pak, memang hny demi sebuah voucher. Namun voucher tsb saya rasakan tidak mudah mendapatkannya, karena harus menyambungkan akun tokopedia dengan akun gojek. Harus membuat terlebih dahulu akun di gojek plus verifikasi data dan topup saldo juga.

  • 13 November 2021 - (12:07 WIB)
    Permalink

    “Transaksi dibatalkan bukan karena kesalahan pembeli, tapi kenapa pihak Tokopedia tidak mau mengembalikan apa yang sudah menjadi hak pembeli?”

    oi kak, kakak lulusan apa sih? Gak tamat SD ya? Soalnya di Sekolah Dasar diajarkan tuh hak dan kewajiban. Hak terjadi ketika kewajiban terjadi. Nah, kewajiban lu apa? Melakukan pembayaran. Lalu kalau terjadi refund atau transaksi batal, lu beranggapan menerima hak gitu? Uang kan dah lu terima, lalu masih nuntut hak? Ckckckk…

    pelajari lah arti hak dan kewajiban. Jangan suka suka elu berkata hak, hak, dan hak kalau gak melaksanakan kewajiban.

    kasi vocer itu kan hak nya tokopedia. Eh elu nya malah ngambek minta jatah vocer dimana itu lu klaim sebagai hak elu. Ckckck….

    balik lagi sana ke Sekolah Dasar. Biar pikiran gak korslet.

      • 14 November 2021 - (10:24 WIB)
        Permalink

        Dan hak nya adalah mendapatkan fasilitas pembayaran gopay dan gopaylater. Kalau customer gak nyambungin, maka gak dapat hak pembayaran gopay dan gopaylater. Ngerti ente?

    • 14 November 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Sepertinya pak Stevan yg tidak tamat SD ya. Tutur katanya ‘sopan’ sekali dalam memberikan tanggapan. Mohon dicermati dahulu surat yang saya buat.
      Saya tidak akan menuntut sesuatu yang bukan menjadi hak saya. Dalam surat yang saya buat, sudah terbaca kan kalau voucher yang menjadi permasalahan ini merupakan hak saya karena telah menyambungkan akun tokopedia dan akun gojek. Jadi rasanya sah2 saja jika saya meminta apa yang sudah menjadi hak saya.

      • 14 November 2021 - (10:27 WIB)
        Permalink

        Hak kamu itu mendapatkan pembayaran gopay dan gopaylater. Disamping itu dapat BONUS hak vocer kan? Dan vocernya sudah ente pakai kan? Walau gagal transaksi, vocer sebagai bonus hak ente sudah dipakai kan? Kalau hangus ya itu hak nya gojek sebagai pemberi hak. Ngerti?

        NGAPAIN NUNTUT YANG BUKAN HAK ENTE???

        • 14 November 2021 - (10:36 WIB)
          Permalink

          Sepertinya bapak bukan pelanggan tokopedia ya jadi tidak tahu S&K yang ada.
          Bapak bilang hak saya mendapatkan pembayaran gopay. Itu bukan hak tapi kewajiban, karena itu merupakan salah satu metode bayar yang ada.
          Saya terbiasa membayar memakai OVO, jadi ketika tokopedia merger dengan gojek, konsumen diwajibkan membuat akun gojek untuk mendapatkan beberapa manfaat.

          Voucher memang sudah dipakai. Manfaatnya apakah saya dapatkan? Tidak.

          Terserah bapak mau menanggapinya bagaimana. Silahkan jika bapak ingin berkomentar kembali, saya rasa sudah cukup untuk memberi tanggapan

    • 14 November 2021 - (12:00 WIB)
      Permalink

      Blok lu tau nggak sih masalah sebenarnya itu, Hhaaaa. Masalah utama voucher yg berubah sistemnya blok. Kok malah hak dan kewajiban dibahas

      • 14 November 2021 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Lah ngegas dia. Woi GOVLOK, penulis bilang hak konsumen. Jangan jangan lu satu angkatan sama penulis gak lulus SD. Kalau bukan hak nya, gak bisa lu nuntut.

        kewajiban penulis: menghubungkan gojek dengan tokopedia.
        hak penulis: mendapatkan metode pembayaran gopay dan gopaylater.
        bonus hak: mendapatkan vocer.

        sampai disini paham ente? Nah vocer dah dipakai, lalu batal setelah EXPIRED DATE. Nah lu minta vocer nya lagi? GOVLOK…!!!

        GOVLOK dipiara, ayam dipiara buat dimakan

  • 13 November 2021 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Jadikan pelajaran aja kak, lain kali mau order pakai voucher yang tanggal expirednya mepet hubungi dulu penjual untuk tanya stok.
    Bukan salah pembeli, tapi juga bukan salah Tokped juga transaksi batal. Ya tiap voucher emang ada tanggal expirednya.

    • 14 November 2021 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Terima kasih sarannya pak. Iya ini menjadi pembelajaran untuk kedepannya agar chat penjualnya terlebih dahulu. Karena sebelumnya ketika transaksi dibatalkan sistem, voucher selalu kembali otomatis. Jadi saya tidak terlalu khawatir, dan ini baru pertama kalinya seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Transaksi Dibatalkan oleh Sistem Tokopedia, tapi Voucher Tidak Dapat D…

oleh Novy Srihartati dibaca dalam: 2 menit
14