Pelayanan Atas Masalah di Gojek Tidak Profesional

Saya tergolong pengguna aktif di aplikasi karena setiap akhir minggu yaitu Jumat, Sabtu dan Minggu, keluarga tidak masak, jadi beli makan jadi via Gofood.

Selama ini aktivitas Gofood tidak masalah dan lancar-lancar saja. Masalah mulai timbul pada bulan Oktober awal, dimana saya merasa heran kok voucher-voucher di Gofood saya HILANG semua. Biasanya voucher-voucher banyak karena mungkin saya sering belanja via Gofood.

Saat itu saya berpikir, mungkin Gojek lagi tidak memberikan voucher kepada pengguna semua. Tapi setelah berlangsung lama dengan kondisi tanpa voucher, akhirnya saya penasaran dan cross check dengan akun kakak dan istri, ternyata mereka punya, ada voucher-voucher-nya betebaran (banyak), Dari sini saya simpulkan ada masalah dengan akun saya. Tindakan berikutnya saya coba uninstall aplikasinya dan install ulang, tapi tetap sama hasilnya TANPA VOUCHER.

Akhirnya tanggal 10/11/2021 pukul 12.30 saya putuskan telepon call centre di (021) 50849000 diterima oleh ibu Yosi dengan tiket no. 89005119 mengadukan masalah tersebut di atas. Petugas info agar ditunggu 2 hari untuk team terkait menindaklanjuti.

Setelah 2 hari belum juga dapat kabar, akhirnya saya chat di aplikasi untuk tiket laporannya. Saat itu langsung keluar respon chat Gojek (sepertinya respon mesin) yang info bahwa masalah saya telah terselesaikan (entah apa yang selesai, nyatanya TIDAK SELESAI), dan langsung tiket di-tutup. Di sini saya ketawa sendiri, sekelas Gojek, aplikasinya kok seperti gini 🤦‍♂️.

Akhirnya hari ini tanggal 13/11/2021 pukul 12.00 saya putuskan telepon call center lagi dan diterima oleh ibu Nana dengan no tiket baru 89309113. Singkatnya saya ceritakan ulang lagi masalah saya (referensi tiket saya sblmnya no. 89005119. Petugas menjelaskan kalau solusi tiket sebelumnya sudah diemail. Saya jelaskan bahwa tidak ada email masuk terkait masalah ini (sudah saya check juga di spam tidak ada).

Akhirnya saya blg okelah anggap sudah diemail dan email saya belum terima, apa isi email tersebut (karena saya tetap fokus solusinya). Berulang kali petugas tidak mau menjelaskan dan hanya bicara bahwa sudah diemail. Akhirnya setelah saya desak terus, petugas dengan entengnya bilang kalau solusi diemail tersebut adalah AKUN saya SUDAH TIDAK DIBERIKAN VOUCHER. Saya semakin heran, saya tanyakan sebabnya kenaoa demikian, petugas tidak bisa memberikan jawaban.

Di sini saya simpulkan bahwa:

  1. Petugas bisa bicara asal saja tentang solusi di email tersebut.
  2. Kalau seandainya benar solusi di email tersebut seperti itu, alangkah TIDAK PROFESIONALNYA Gojek, tanpa sebab dan kesalahan pengguna, main seenaknya aja memberikan putusan (walau memang pemberian voucher adalah hak Gojek).

Untuk info tambahan, setelah saya cek di laman twitter Gojek, ternyata ada beberapa pengguna mengalami hal yang sama seperti saya. saya merasa kok waktunya bersamaan dengan saat akun Gojek di link ke akun Tokopedia, padahal akun Tokopedia saya normal-normal aja tanpa kendala.

Mohon Gojek dapat memberikan penjelasan yang lebih profesional, supaya setiap pengguna dapat menerima alasan dengan logika yang sehat. Saat ini untuk aktivitas pemesanan makanan saya, saya lakukan via Grab!!!

Alvin Permana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:69    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

40 komentar untuk “Pelayanan Atas Masalah di Gojek Tidak Profesional

  • 15 November 2021 - (14:12 WIB)
    Permalink

    dulu begtu voucher nya ada, tapi pas sekarang klo beli apa2 si voucher otomatis kepasang sendiri gitu mas

    • 15 November 2021 - (17:20 WIB)
      Permalink

      Iyaa om beneer… Tapi skr punya sy sama sekali gak muncul kuponnya.. Dan anehnya mendadak dan tanpa sebab.. 🤦‍♂️

  • 15 November 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    🤣🤣 kakak masih mending karena voucher hilang ..
    Gimana kalau driver
    Kena alorderan fiktif soal goofood
    Pelayanan gojek 0 🤣🤣 mesti nunggu 1 harian dah itu ribet nya minta ampun baru cair…
    Kalau misalnya orderan 50k
    Nungggu di lokasi ber jam jam…
    Bagus gorder LG…anggap buang sial
    🤣🤣 Walau pun rugi yang penting enjoy

    1
    2
    • 15 November 2021 - (18:07 WIB)
      Permalink

      @satria capeee ya… Gak tau motifnya apa, org iseng order fiktif.. Kerjanya nyusahin org aj..

  • 15 November 2021 - (16:04 WIB)
    Permalink

    Ini terjadi juga sama saya ..Kalo saya sih mending buat akun baru aja..biar ga terlalu terlihat pemuja Diskonnya..lagi pula voucher itu DIBERI/DIKASIH…. dan lagi pula pihak gojek tidak punya KEWAJIBAN untuk memberi voucher pada kita..karena itu kembali ke pihak gojek nya mau ngasih nggaknya…
    Jika di ilustrasikan…anda beri sedekah oleh Si A..lalu pada suatu saat Si A tidak beri sedekah lagi….masa iya anda menungtut sedekah kan ga lucu…..apalgi ini masuk langsung ke Media konsumen

    8
    3
    • 15 November 2021 - (17:00 WIB)
      Permalink

      ya ngga bs begitu logikanya, gojek khan dasarnya perusahaan profesional, semua harus dilandasi aturan yang jelas, si A ga dikasi tapi si B dikasi, itu harus ada alasan yg jelas, ga semena2, ga dikasi apa karna melanggar, sistem error atau apalah, itungannya bukan sedekah, tapi saling menghargai antara penyedia jasa dan pengguna jasa, dan sesuatu itu di dunia bisnis sebtulnya gak ada yg gratis

      4
      1
      • 15 November 2021 - (18:04 WIB)
        Permalink

        @Dhodhee setuju bro… Sy sependapat dgn anda.. Mknya ini kan keterkaitan antara pengguna dan aplikator.. Apapunlah namanya kalo jalinan, hrs ada 2 pihak.. Cuma yang dangkal doang pikirannya kalo blg aplikator ga butuh pengguna… Nih lah gampangnya, kalo pengguna udah bnyk yg pake aplikasinya fokuslah di gofood, memangnya promo2 yang keluar semua dari Gojek..?? Trus pengguna transaksi, Gojek ga dapet fee..?? Aahh sudahlah.. Susahlah kalo ajarin “Kotak” jadi “bulet”.. Gojek semena2 gini krn merasa ud besar dan bnyk pengguna.. Sombong bener..

      • 15 November 2021 - (18:21 WIB)
        Permalink

        Sebetulnya tergantung pemakaian sih kalau biasa pakai pas ada voucher aja pasti bakal hilang tuh Voucher nya.. Kalau pengen aman sih pakai juga saat tidak ada voucher
        Saya juga pengguna aktif sampai club di juragan mau ke Sultan dan voucher ada terus ..

        • 15 November 2021 - (18:29 WIB)
          Permalink

          @Sandi kayanya ga bgtu deh sistemnya om, krn sy pengguna ud lama bertahun2.. Sprtinya sejak sy link dgn Toped, tp pastinya kaga tau juga.. kalo seandainya sistemnya kaya gitu, kaga bener juga dong om… Lha suka2 pengguna kalo mau gunain dengan atau tanpa voucher, toh voucher yang keluar bukan semua dari Gojek juga..

        • 15 November 2021 - (20:02 WIB)
          Permalink

          Masalah mulai timbul ketika hubungkan akun gojek kita dengan akun tokopedia ketika sudah terhubung kita tidak diberikan voucher lagi. Status akun gojek saya anak sultan dengan 15168 XP setelah dihubungkan dengan akun tokopedia tidak satupun voucher diberikan gojek baik itu voucher gofood, goriede/gocar maupun gosend parah gojek

          • 15 November 2021 - (20:29 WIB)
            Permalink

            @Rachmatullah ooh… Om juga bgtu ya… Berarti bner, krn kayanya moment masalah ini timbul saat sy link gopay ke Tokopedia… Pdhl Tokopedia sy mah lancar2 aj gak mslh…nyesel deh sy link, tau biar aj linknya dgn Ovo.. Paraah..

          • 16 November 2021 - (17:41 WIB)
            Permalink

            Ga semua juga sih, saya sambungin akun juga normal2 aja. Tokped udah Diamond, kl Gofood udah Anak Sultan. Bingung juga knpa skrg bnyk bnget yg komplain ga dikasih voucher setelah sambungin akun ke Tokped. Soalnya saya sendiri normal aja tuh. Ada apa dengan Gojek ? 🤭

      • 16 November 2021 - (00:16 WIB)
        Permalink

        Bokis amat hidup lu,, nggak suka ya udah, masih banyak castamer royal di gojek tanpa voucherpun jadi

        1
        5
        • 16 November 2021 - (08:12 WIB)
          Permalink

          @rudi hidup elo berat penuh tekanan ya Tong, sampe otak elo kegencet tertekan juga..?? Kalo liat PP elo, kaga heran krn pake seragam Gojek.. Doa aj biar bnyk yg ngasih tip, congor jgn suka ngegas..!!!

          • 16 November 2021 - (09:06 WIB)
            Permalink

            Sama lah bg….
            Kalau kita komplen via app, g juga dapat solusi…
            Main putus dan di anggap sudah selesai aja masalahnya
            Apa lagi abg pengguna aktif…
            Kalau saya, g terlalu mikirin juga voucher nya…. Dima kasih syukur, g diri kasih gpp lah..
            Salam

          • 16 November 2021 - (09:42 WIB)
            Permalink

            @bobby iyaa bang, justru kelakuan respon yang seperti itu yg sy komplain.. Kog kita pengguna tanyakan masalah, eeh gak respon sama sekali kasih penjelasan, taunya status tiket diselesaikan dan ditutup.. Jd buat apa ada fitur “help”, call centre segala..?? Buang aj tuh fitur…
            Kalau soal vouchernya mah, sy pribadi kaga pusing, toh sebulan terakhir sy transaksi di Grab, wong sy yg punya duit, kog Gojek (sbg penyedia layanan) yang sok belagu…
            Salam..

    • 15 November 2021 - (17:26 WIB)
      Permalink

      @LimboFindEVO jangan samain sedekah sama voucher.. Ini ud jelas beda bumi dan langit.. Ini kan kita punya akun ud lama dan antara pengguna dan aplikator ada jalinan, ya kalo ada kebijakan apa, hrs dijelaskan ke pengguna.. Ente ngom buat akun baru, menandakan ente enteng ngomnya doang, krn ga tau kalo buka akun di Gojek hrs verifikasi KTP.. Ente punya KTP lebih dari 1..? Siapakah ente..??

      • 15 November 2021 - (17:35 WIB)
        Permalink

        Lah akun ke 2 saya tanpa verifikasi KTP lancar lancar saja order..ya kalo mau order ya tinggal order saja …. kan bisa isi Go-pay tanpa verifikasi KTP(Jika promonya Harus pembayaran pake Go-pay)……karena
        KTP hanya di peruntukan buat bisa krim gopay kesesama pengguna gojek dan tarik dana dan aktivasi GopayPaylater..kalo mau order go-food gak pake ktp……

        • 15 November 2021 - (17:56 WIB)
          Permalink

          @LimboFindEVO ya masalahnya, sy itu pake semua fitur yang ada di aplikasi gojek, bukan skedar pesen makanan pake voucher doang.. Mknya akun sy ini hrs dibikin clear… Kalo sampe gak clear, yaud uninstall aj aplikasinya.. Selama sebulanan aj sy bisa pake Grab..

    • 15 November 2021 - (17:28 WIB)
      Permalink

      @agi ada kalimat maksa..?? budayakan baca.. Kalo ud baca msh gak ngerti, terima nasib aj…

  • 15 November 2021 - (17:35 WIB)
    Permalink

    yg ga profesional tuh pemilik akunnya.. saking pengin banyak voucher daftar lagi akun baru di hp yang sama dengan cara logout atau mengclear data.. dan gojek mendeteksi bahwa no imei telah di gunakan untuk multi account.. maka secara otomatis voucher hilang semua..

    1
    1
    • 15 November 2021 - (18:09 WIB)
      Permalink

      @Siapa kalo ngom pake otak dikit…otak ente liar, main nuduh sembarangan… Ente punya pemikiran seperti itu, berarti ente yang begitu..!!!

    • 16 November 2021 - (08:51 WIB)
      Permalink

      Nah ini juga bisa sih jadi faktor.. 1 ponsel banyak akun.. Udah dicoba 😁 soalnya lumayan sih promo.. Dulu pake grab coba bikin banyak akun di 1 ponsel buat ambil promo eh malah di suspend semua akunnya.. Tapi udah dapat untungnya sih

      • 16 November 2021 - (09:04 WIB)
        Permalink

        @Sandi Kaga om, Hp sy cuma 1 dan semua aplikasi (bukan Gojek aja) hanya ada 1 akun pribadi sy, gak pernah akses akun org di hp sy juga… Demikian juga sebaliknya, akun sy pun gak pernah sekalipun akses di hp org lain termasuk di hp istri ataupun teman..

  • 15 November 2021 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Ini bagian dari algoritma gojek, yang kemungkinan besar maksudnya buat ngetes loyalitas user, ini ada kaitannya dengan hasil riset FEB UI beberapa waktu lalu, hasilnya 86 persen pengguna gojek itu loyal meski tanpa promo. Sekitar sebulan saya juga gak dapet promo, hanya promo dari goclub, minggu lalu dapet lg tl dengan case lain yaitu gak bisa subscription gofood plus. Gojek lg test the water.

  • 15 November 2021 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Akun gojek sy juga gitu jarang dpt vcr harus masukin kode promo dulu kalo dpt info, dah gitu diskon gofud juga kecil 35% yg lain bisa 50% lbh

  • 15 November 2021 - (22:38 WIB)
    Permalink

    @Daryoto Yahya Kalo masalah om, memang Gojek gitu om, kita semakin sering transaksi pake Gojek, semakin banyak voucher yang dikasih… Sy dulu juga lewatin fase seperti om, sblm voucher akun sy mslh, voucher2 sy bnyk sekali diskonnya, beda sama akun gojek istri yg minim, karena akun sy lbh sering beli gofood.

  • 16 November 2021 - (03:58 WIB)
    Permalink

    Lucu lucu, orang gk dikasih voucher kok dibilang gk profesional 🤣🤣🤣, maksa smpai nelpon cs segala..
    Lha suka suka yang kasih voucher dong dikasih kesiapa, situ kok ngarep.

    1
    2
    • 16 November 2021 - (08:09 WIB)
      Permalink

      @aditya nyak elo susah2 nyari duit suruh sekolah, elo malahan bolos maen game Tong.. Sampe baca bhs Indo aj kaga ngarti maksudnya.. Yang kaga profesional itu tanggapin orang TONG..!!!

  • 16 November 2021 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Setahu saya, dan yg pernah saya alami… Begitu telp c.s langsung di tanggapi lewat email maks 2×24 jam… Klw slow respon segera email balik disertai bukti screenshot,… ,..Klw kupon ( voucher) hilang wajar Krn ada jangka pemakaian nya smp tgl…… , Jadi positif thingking saja,…

  • 16 November 2021 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Grab aja om.. Ane bertahun2 Grabfood, grabcar ga pernah ngecewain.. Drivernya jg baik2 smua, ga pernah ada yg ane ksh bintang 1.. Lebih profesional Grab.. Yg ane tau soalnya di Grab dksh tau kalo drivernya macam2 lgsg dtindak tegas jd layanannya profesional smua.. Vocer jg ane dpt byk ada diskon 40-60%.. Apalagi ikutin challenge bs dpt diskon 100% utk 1x pemakaian..
    Semoga masalahnya bs terselesaikan om.. Salam dari pengguna Grab 😃

    1
    1
    • 16 November 2021 - (12:10 WIB)
      Permalink

      @Victor ya om, sejak masalah ini sebulan terakhir sy sih pakenya Grab mulu.. Kalo soal drivernya sih sepanjang sy pake Gojek n Grab sama bagusnya, selalu sy ksh tip dan bintang 5… Cuma ada sekali di Gojek, terakhir sebelum kejadian mslh ini, ada pesen Gofood tp driver gak sampe2, titik juga ga bergerak, penasaran sy telp restonya, ktnya driver ud 1 jam an pick up.. Pas sampe tuh driver lgsg sy tegor, dia ngeyel, sy apeaker tlp restonya lagi biar dia denger, lgsg diam… Ga ada ampun bintang 1 tanpa tip…

  • 16 November 2021 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Kan gojek memang gitu gak semua dapet vocher , aku punya vocher melimpah sedangkan temen ku enggak punya ,aku bisa belanja janji jiwa dari harga 50k bayar hanya 4500, beli trafik bun dari harga 80k bayar 13k. Dll , harga murah yang aku pakai gak semua karena vocher , tapi karena promo resto ,dan promo resto berbeda beda dari user satu sama user yang laen , karena promo resto yang muncul di aplikasi ku gak muncul di user laen . Padahal aku bukan pengguna layanan aktif yang ada di gojek , layanan yang sering aku pakai hanya go pulsa , sama transfer ke bank , untuk gofood seminggu belum tentu makai walaupun ada vocher ( lebih sering pakai promo resto ) untuk yang laen belum tentu aku pakai layanannya , karena memang gak ada kebutuhannya. Tapi masih aja ada vocher ,( send ,mart , shop ,ride ,dll )

    • 16 November 2021 - (16:39 WIB)
      Permalink

      @Baim iya om, bener gak sama alias beda voucher antara akun 1 dgn lainnya, tapi akun sy ini sering belanja gofood, seiring dgn seringnya dipake, maka voucher semakin melimpah (sistem memang gitu).. Tapi mdadak skr semuanya gak ada n ud jalan sebulanan… Ini sy baru aj dpet email dari Gojek, ktnya ada transaksi tidak wajar… Wkwkwk akun yg pake sy pribadi, di hp pribadi, untuk kebutuhan pribadi, dikata kaga wajar kalo suka belanja, kaya bapak sy aj, takut duit sy habis… 🤦‍♂️

  • 16 November 2021 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Kalau gofod manfaatin promo resto saja . Lebih cuan , harga 50k bayar 4500 , itu gak pakai vocher

    • 16 November 2021 - (16:50 WIB)
      Permalink

      @Baim semua punya sy ud gak ada om… Hilang semua.. Mknya gila tuh Gojek..

  • 17 November 2021 - (03:04 WIB)
    Permalink

    Besok lagi bakal ada youtuber yang komplain, “kok yang lain ditrendingin sama youtube, tapi video gua g pernah…” Kan sama2 bikin akun, sama2 bikin video… Wkwkwkw… Susah ngomong sama orang g paham algoritma

  • 1 Desember 2021 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Pelayanan Gojek memang paling buruk, sebagai pengguna selayaknya kita memilih provider lain sejenis, mungkin Gojek sudah tidak butuh pelanggan, CS gojek seperti Robot..

 Apa Komentar Anda?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Atas Masalah di Gojek Tidak Profesional

oleh Alvin Permana dibaca dalam: 2 menit
40