Pre-Order JD.ID Merugikan Pelanggan!

Tanggal 11 November 2021, saya membeli 1 unit LG Kulkas 2 Pintu [209 L] GN-B215SQMT – Dark Graphite Steel, seharga 3 juta rupiah di JD.ID. Dimana pada foto barang tersebut ada tulisan “PREORDER”, tapi tidak ada tulisan kapan tanggal pengiriman akan dimulai. Jadi saya pikir hanya 1-2 hari saja.

Namun sampai hari ini, tanggal 18 November 2021, kulkas tsb sama sekali belum diproses kirim. Padahal sudah melebihi batas waktu yang seharusnya, yaitu 7 hari.

Saya membeli kulkas tersebut karena memang amat sangat urgent, karena kulkas di rumah sudah rusak. Saya sebagai pelanggan merasa sangat dirugikan harus menunggu lama sekali. Saya chat ke CS JD.ID sama sekali tidak ada kejelasan!

Dua hari lalu saya diemail, disuruh menunggu 2×24 jam. Pagi ini saya chat kembali dan disuruh nunggu kembali 2×24 jam. Jadi total saya sudah menunggu 4×24 jam, tanpa kejelasan tentang kapan barang pesanan saya akan dikirim!

Lebih baik jika barang PREORDER itu jangan dijual, daripada merugikan waktu pelanggan yang memang sangat butuh barang tersebut!

Maria Panggih
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:15    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Pre-Order JD.ID Merugikan Pelanggan!

  • 19 November 2021 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Saran saya untuk barang preorder dibaca terlebih dahulu syarat ketentuannya. Dan kalau untuk barang yg benar2 urgent jangan beli barang yg preorder karena setahu saya barang preorder itu stock nya terbatas. Makanya musti preorder/dipesan terlebih dahulu sehingga tidak bisa langsung segera dikirimkan

    13
    2
  • 19 November 2021 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Kalau butuh segera, jangan beli preorder. Belilah yg statusnya ready stock. Pastikan dengan chat ke penjualnya dan tanya kapan bisa dikirim. Kalau perlu jangan hanya mencari di satu marketplace.

    3
    1
  • 19 November 2021 - (08:46 WIB)
    Permalink

    3. Waktu yang dibutuhkan untuk pengadaan produk pre-sale rata-rata adalah 7 hari (di luar waktu pengemasan, pengiriman & peluncuran produk baru), namun untuk beberapa produk kategori memerlukan waktu pengadaan produk lebih lama hingga maksimal 30 hari.

    kalau dari page nya JD ID sendiri sebetulnya rata-rata 7 hari, bukan maksimal 7 hari, maksimal nya 30 hari

    argumen anda kalau barang preorder lebih baik jangan dijual karena merugikan pelanggan yang butuh cepat barang tersebut, sangat salah
    kalau anda sebagai pelanggan butuh cepat barang tersebut, ngapain order barang preorder?
    itu pertanyaan nya

    13
    1
    • 19 November 2021 - (11:25 WIB)
      Permalink

      lah emang ada tulisannya preorder itu 7 hari?? dan yg nanya plus beli ga cm saya doank loh, ada beberapa org jg nanya hal yg sama : KAPAN DIKIRIM?

      Jadi yg sangat salah bukan saya doank donk??

      Harusnya ditulis pengadaan barang itu 7 hari bahkan bs maksumal di 30 hari, pasti ga ada yg nanya justru krn ga ditulis makanya banyak yg nanya!

      11
      • 19 November 2021 - (13:38 WIB)
        Permalink

        lah terus kalau g ditulis JD ID saya nemunya dimana…………. g nganggur juga nulis sepanjang itu buat anda..

        anda tidak salah, cuma anda memang nulis di atas seperti ini,
        Namun sampai hari ini, tanggal 18 November 2021, kulkas tsb sama sekali belum diproses kirim. Padahal sudah melebihi batas waktu yang seharusnya, yaitu 7 hari.

        anda nulis sendiri batas waktu 7 hari.. itu anda informasi dari mana kalau begitu? kalau anda klaim memang tidak ada tulisannya?

  • 19 November 2021 - (09:17 WIB)
    Permalink

    klo butuh urgent jgn beli yg pre order, tapi belilah yg ready stock….gitu aja musti dikasih tau

    7
    1
      • 19 November 2021 - (21:27 WIB)
        Permalink

        Ketawalah sana. Saat barang tiba, PASTI kasi bintang 1. Tipe pelanggan kayak gini harus dihindari. Untung gak seberapa, tp merusak masa depan

  • 19 November 2021 - (10:52 WIB)
    Permalink

    [Dimana pada foto barang tersebut ada tulisan “PREORDER”, tapi tidak ada tulisan kapan tanggal pengiriman akan dimulai. Jadi saya pikir hanya 1-2 hari saja.]

    PREORDER tanpa tuilisan kapan dikirim malah lebih riskan karena waktu kirim tidak pasti. jangan berasumsi sendiri 1-2 hari saja.

    klik pembatalan aja masih bisa kan?

    • 19 November 2021 - (11:27 WIB)
      Permalink

      lah jelas2 abis checkout ditulis ESTIMASI PENGIRIMAN di tgl 12 nov-13 nov, enak aja blg klik batal setelah nunggu seminggu, gunanya masuk media konsumen biar bs lebih baik lagi bknnya malah memojokkan yg beli deh rasanya

      1
      12
  • 19 November 2021 - (11:23 WIB)
    Permalink

    yang komen tolong dibaca dulu ya! saya pesan dari tgl 11 loh, 7 hr nunggu itu di tanggal 18 dimana sudah melewati estimasi. Enak aja klik pembatalan sedangkan saya nunggu udah seminggu, kl emg mau saya batalin jelas saya udah batalin donk, dan tidak ada ditulis sama sekali kok presale itu 7 hari

    Saya checkout aja masih ditulis ESTIMASI PENGIRIMAN 12 NOV – 13 NOV, cermatlah menjadi netijen!

    1
    9
    • 19 November 2021 - (13:42 WIB)
      Permalink

      Namun sampai hari ini, tanggal 18 November 2021, kulkas tsb sama sekali belum diproses kirim. Padahal sudah melebihi batas waktu yang seharusnya, yaitu 7 hari.

      kalau tidak ditulis 7 hari… kenapa anda nulis gini? 7 hari itu angka darimana?

      4
      1
      • 19 November 2021 - (13:53 WIB)
        Permalink

        dibaca aja di kolom jawaban pertanyaan jdid, kan udah ada netijen jempol pedes yg mewakilkan

        1
        7
  • 19 November 2021 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Hari ini kulkas sudah diterima dengan baik sekali, di handle oleh Mas Bangkit yang super friendly dan helpful via telepon dan WA, dan SAYA SANGAT SETUJU jika ke depannya Jdid bisa lebih detail untuk menuliskan jika preorder itu adalah 7 hr bahkan bisa lebih dimana hanya di infokan di kolom PERTANYAAN ketika menjawab tanpa adanya detail lain di spec barang.

    Jadi untuk yg belum mengalami spt saya, jgn sampai mengalami dan berbijaklah dalam berkomentar!

    14
    • 19 November 2021 - (11:37 WIB)
      Permalink

      kan anda tidak menuliskan bahwa ada estimasi, jadi lain kali bikin SP lebih detail aja. selamat sudah beres urusannya. case closed

      2
      2
      • 19 November 2021 - (13:52 WIB)
        Permalink

        lebih detail mah siapa yg mo baca emangnya cerpen? INTI DARI KOMPLAIN INI ADALAH PENGIRIMAN MELEBIHI ESTIMASI DIMANA DIJANJIKAN 7 HARI, kelar urusannya. tgl 18 ga ada pengiriman ya wajar aja donk dimasukkin media konsumen!

        hari ini brg sampe cs jdid jg lsg hubungi saya lagi kok dan sudah beres jg via tlp jd sama2 enak, jd jempolnya ga usah pd ngegas

        12
        • 19 November 2021 - (13:55 WIB)
          Permalink

          nah dijanjikan oleh siapa? JD ID nulis rata-rata 7 hari kok, bukan pasti di hari ke 7 barang akan datang, ini bukan alkitab, yang hari ke 7 nya Tuhan pasti istirahat

          • 19 November 2021 - (16:11 WIB)
            Permalink

            ga usah bawa2 Tuhan, berkomentar itu yang bijak ga usah pake emosi

        • 20 November 2021 - (22:02 WIB)
          Permalink

          Biasalah warga +62, komplain dulu baru dia paham … Malas membaca, beli order kok ngarep 2hr :v

    • 19 November 2021 - (13:44 WIB)
      Permalink

      jadi betul diterima rata-rata 7 hari seperti yang ditulis oleh JD ID ya, wow mengejutkan bahwa info yang ditulis oleh marketplace nya betul!

      ya bagus lah, lain kali anda baca lebih baik lagi informasi yang ada, saya tidak ikut beli saja bisa nemu informasinya tersebut kok, anda yang beli harusnya bisa cari tahu dengan lebih baik, bukan marah dan tidak terima duluan

      5
      2
      • 19 November 2021 - (13:51 WIB)
        Permalink

        jelas aja bisa nemu krn dijawab di kolom pertanyaan kok, heran kok pada ngegas jempolnya. emangnya kl mo beli hrs dibaca dl jawaban ratusan pertanyaan yg ditanya?

        1
        11
  • 19 November 2021 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Dimana-mana preorder itu memang butuh waktu yang cukup lama, karena penjual tidak punya stocknya dan harus dipesan terlebih dahulu. Saya sendiri pernah preorder suatu barang dan baru dikirim setelah 14 hari.

    Seharusnya sebagai pembeli sudah tahu mengenai hal itu sebelum komplain. Dan jika buru-buru jangan beli produk preorder, tapi yang sudah ready stock sehingga bisa dikirim lebih cepat.

    5
    1
      • 19 November 2021 - (16:13 WIB)
        Permalink

        Kalau mau cepat, jangan beli produk preorder. Karena preorder artinya penjual tidak memiliki barangnya dan membutuhkan waktu hingga 90 hari (di Tokopedia) untuk menyiapkannya.

        2
        1
  • 19 November 2021 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk.. Lucu bacanya… Ngeyel nya top.. Tapi berhasil kan.. Masuk MK cepat diurus sm JD. id… Mending komplain jd k MK ajaa y, pernah 3 minggu barang gk sampai2.

  • 20 November 2021 - (07:24 WIB)
    Permalink

    bila akan membeli barang online yang bertanda “pre-order”, lebih baik berkonsultasi dulu dengan pihak penjual barang tersebut, tentang kesepakatan dan ketentuan-ketentuan lainnya ..

    dalam hal konsultasi dengan penjual, tergantung respon cepat dari penjual saja, karena bisa saja chat pembeli tidak direspon sama sekali ..

  • 20 November 2021 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Maaf sebelumnya, bukan bermaksud menggurui mbak. Sebaiknya kalau ada lapak yg menuliskan pre order, mbak Maria harus langsung tanya berapa hari barang bisa sampai. Karena pre-order itu berarti lapak tersebut tidak punya stoknya, sehingga harus order dulu ke disti atau tempat lain. Saya sendiri sering beli barang pre-order bahkan ada yg sampai 3 bulan karena barang tersebut dikirim dari luar negri… 🙏🙏🙏

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Pre-Order JD.ID Merugikan Pelanggan!

oleh Maria dibaca dalam: 1 menit
41