Kecewa dengan Layanan Konsumen Tokopedia Care yang Tidak Solutif

Izinkan saya melanjutkan permasalahan saya sebelumnya dengan Tokopedia yang masih tidak diselesaikan dengan tuntas pada surat saya sebelumnya di Media Konsumen, terkait transaksi saya dengan invoice INV/20211125/MPL/1792455653. Ada beberapa hal yang membuat saya kecewa dengan layanan konsumen Tokopedia Care:

  • Pertama, tim Tokopedia sama sekali tidak menghubungi saya terkait masalah yang saya alami pada saat bertransaksi di Tokopedia. Sayalah yang harus aktif menanyakan permasalahan berkali-kali, baru mendapat respon dari mereka.
  • Kekecewaan saya yang kedua, meskipun kendala saya sudah direspon oleh tim Tokopedia Care di Twitter, tapi kemudian seolah mereka “mempingpong” permasalahan saya untuk diurus oleh tim CS Tokopedia di aplikasi. Karena menurut mereka permasalahan saya sudah di-handle oleh tim di sana. Sedangkan justru permasalahan saya ditutup sepihak oleh tim CS Tokopedia di aplikasi, tanpa adanya solusi dan penjelasan mengenai permasalahan yang saya alami.
  • Kekecewaan saya yang ketiga, setelah katanya permasalahan saya akan dicek oleh tim Tokopedia Care, pada akhirnya saya lagi-lagi hanya mendapat jawaban standar bahwa transaksi saya telah melanggar ketentuan yang ada. Namun kali ini perbedaaannya saya dianggap melakukan manipulasi sistem. Lho, saya saja bahkan tidak punya toko di Tokopedia. Bagaimana bisa saya melakukan manipulasi sistem?

Kemudian lagi-lagi kendala saya ditutup sepihak oleh mereka dan saya langsung disodorkan survey kepuasan pelanggan via inbox Twitter. Bagaimana bisa jawaban tim Tokopedia Care via aplikasi dan jawaban tim via Twitter bisa berbeda jauh? Padahal kendala yang saya tanyakan hanyalah satu transaksi yang sama.

Harus dengan cara bagaimana saya membuktikan kepada pihak Tokopedia bahwa saya hanya memiliki 1 akun di Tokopedia? Ketika saya menanyakan alasan yang lebih detail, mereka tidak bisa menjawab dan hanya mengatakan bahwa ini sudah berdasarkan pada sistem. Saya siap memberikan verifikasi identitas diri untuk meyakinkan tim Tokopedia.

Tidak hanya itu, lagi-lagi transaksi saya di Tokopedia yang lainnya pun kembali dianggap bermasalah. Transaksi dengan nomor invoice: INV/20211118/MPL/1774388181 dinyatakan melanggar ketentuan yang ada.

Saya sebagai konsumen Tokopedia jadi serba salah. Saya harus bertransaksi dengan cara bagaimana agar dianggap tidak melanggar? Tim Tokopedia selalu mengatasnamakan sistem dan tidak memberikan jawaban yang jelas dan solutif. Haruskah saya menutup akun Tokopedia saya yang telah dibuat sejak lama dan membuat akun baru agar dianggap tidak melanggar ketentuan?

Beginikah layanan pelanggan dari sebuah toko online yang katanya no.1 di Indonesia? Padahal saya baca katanya Tokopedia Care kembali meraih penghargaan di ajang CX Asia Excellence Award 2021. Jika memang begitu, harusnya Tokopedia bisa lebih tanggap dan menyelesaikan dengan baik kendala yang dialami konsumennya sesuai dengan kata excellence yang diraih. Mohon maaf, tapi bagi saya layanan konsumen Tokopedia Care sangatlah mengecewakan.

Novy Srihartati
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia Care:
[Total:10    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Konsumen Tokopedia Care yang Tidak Solutif

  • 9 Desember 2021 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Harga minyak goreng 67 rb. Jika dapat cashback 20% maka dapat cashback 13.400.

    energi yang dihabiskan melebihi 13.400.

    ya gitulah beda orang miskin dan orang kaya. Lebih baik menghabiskan banyak energi demi dapat 13.400. Ya gak?

    nanti pasti ada yang komentar:
    – nilai segitu setiap orang beda beda. Ada yang butuh nilai segitu.
    – anda kaya, maka anda gak menghargai nilai segitu (13.400).

    4
    5
    • 9 Desember 2021 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Saya tidak ingin banyak berkomentar terkait tanggapan bapak. Tapi saya hanya ingin mengatakan bahwa orang kaya pun butuh effort dan energi banyak buat menjadi kaya kan? kecuali kalau kayanya dari warisan 7 turunan.

  • 9 Desember 2021 - (11:45 WIB)
    Permalink

    Di SP sebelumnya sudah bnyak yang menjelaskan kalau memang melanggar ketentuan. Mungkin solusinya bikin ecommerce sendiri, karepmupedia.com. 🤭

    1
    1
    • 9 Desember 2021 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Dari pihak Tokopedianya sendiri pun tidak jelas pak. Mereka hanya mengatasnamakan sistem. Saya jawab dengan verifikasi data diri pun mereka ga bisa menjawab. Dari CS @tokopediacare malah jawabannya beda lagi. Adanya manipulasi data untuk melariskan toko saya. Saya saja tidak berjualan di Tokopedia.

  • 9 Desember 2021 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Udah lah bu .. kalo tokped gak mau balikin akun kayak dulu lagi ..
    Gak bisa maksa juga ..
    Capek sendiri ntar bu .. tokped punya kebijaka sendiri ..
    Mungkin ibu bisa pindah marketpalce lain

    • 10 Desember 2021 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Iya pak, dan sepertinya pihak Tokopedia pun masih tidak mau menanggapi permasalahan saya. Tampaknya memang harus beralih ke marketplace lain yang memiliki CS yang lebih baik pelayanannya.

  • 9 Desember 2021 - (15:11 WIB)
    Permalink

    kalo emang ga ngerasa melanggar s dan k sanggah saja dengan bukti bukti yg dimiliki. kalo emang salah kan masih ada si merah, orange, biru.

    • 10 Desember 2021 - (07:20 WIB)
      Permalink

      Saya sudah menawarkan memberikan bukti2 yang saya miliki, tapi pihak Tokopedia pun seolah acuh tak acuh pak.

  • 9 Desember 2021 - (17:58 WIB)
    Permalink

    percuma dikomplen juga gak bakal balik sy penguna lama pernah mengalami akun tdk bisa pake promo tetap gak dikasih tau salahnya apa cuma copas pasal-pasal, lebih baik buat akun baru kalo msh mau belanja karna sistem toped itu maha benar sekali salah tetap salah.

    • 10 Desember 2021 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Betul pak, tidak jelas menurut saya pasal2 yang dicopy paste oleh pihak CS Tokopedia. Berdasarkan sistem yang langsung menjudge konsumennya.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Konsumen Tokopedia Care yang Tidak Solutif

oleh Novy Srihartati dibaca dalam: 2 menit
11