Pembatasan Akun Seller oleh Shopee dan Dana Transaksi Tertahan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan untuk menulis surat pembaca ini. Saya seller di Shopee dengan nama: njcshop88. Pada tanggal 02 Desember 2021, saya menerima email pembatasan akun yang menyatakan bahwa akun dibatasi sementara waktu, karena adanya aktivitas mencurigakan.

Setelah itu saya langsung melakukan komplain ke CS Shopee dan menyerahkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Tidak lama kemudian mendapatkan email balasan seperti berikut:

Tentu saja saya terkejut, karena selama ini selalu melakukan penjualan secara benar dan tidak melakukan yang dituduhkan seperti di atas. Akibat dari pembatasan ini adalah 11 transaksi berjalan yang saat itu masih dalam pengiriman dan sampai sekarang sudah selesai, dananya masih ditahan dan belum masuk ke saldo penjual.

Menurut CS Shopee, agar dananya bisa diteruskan, harus melampirkan bukti chat dengan pembeli bahwa paket sudah diterima. Semua sudah saya lakukan dan saya segera mengumpulkan semua bukti transaksi tambahan lainnya, berupa foto produk dan paket sebelum dikirim dan juga foto resi untuk semua transaksi. Karena jumlah cukup banyak maka harus dilakukan via Google drive. Contoh berkas yang saya kirimkan adalah seperti berikut:

Setelah itu kemarin saya mendapatkan email seperti ini:

Kembali saya mengulang kembali pengiriman berkas yang diminta. Akan tetapi sampai saat ini tidak ada respon sama sekali. Setiap komplain selalu ditutup secara sepihak. Melalui surat pembaca ini saya mohon pihak Shopee bergerak cepat merespon dan segera memulihkan akun serta meneruskan 11 transaksi saya yang mash tertahan dananya.

Bukti stok produk yang saya jual.

11 transaksi tersebut sebagai berikut: 211130UBTPTA8D, 2112010RY53FPT, 211129RUBGNJ7J, 211130UBTE037V, 211130URHAFJVG, 211129RUBASF61, 21120239E3A3D3, 21120239E290DE, 211129RUB93SM7, 21120239DPV93B, 2112010RXTK5V3.

Demikian surat pembaca ini semoga segera direspon dan diselesaikan dengan baik oleh Shopee. Terima kasih untuk Media Konsumen.

Tarson
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:18    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Pembatasan Akun Seller oleh Shopee dan Dana Transaksi Tertahan

  • 10 Desember 2021 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Yang diminta shopee bukti chat dengan pembeli bahwasanya paket sudah diterima, bukan malah kirim bukti yg tidak diminta oleh shopee.

    • 10 Desember 2021 - (23:06 WIB)
      Permalink

      meski tidak masuk akal harus meminta konfirmasi satu persatu dari semua pembeli (ada yg tidak aktif membalas) tapi sudah saya lampirkan yang bisa saya kumpulkan dan itu ada di email berikutnya, tidak saya lampirkan karena nanti jadi bertele-tele. tapi perlu saya konfirmasi bahwa setelah surat pembaca ini dimuat, shopee sudah telp saya dan sore ini semua dana sudah diteruskan. cuma yang masih menjadi komplen saya adalah akun maisih dibekukan. mengapa di shopee setiap kali selalu penjual yang disalahkan, padahal penjual hanya menerima dan memproses setiap pesanan yang masuk. sebagai perbandingan di toko sebelah yang dibatasi adalah akun pembeli, 1 pembeli jika menggunakan beberapa akun maka yang dicancel adalah orderan pembeli, bukan penjual yang disalahkan dan dibekukan. hal ini sudah saya sampaikan ke shopee semoga ada perbaikan. terimakasih shopee dan media konsumen

  • 15 Desember 2021 - (11:46 WIB)
    Permalink

    untuk klarifikasi, dana sudah dicarikan semua dan akun dipulihkan tetapi dengan catatan sebagai penjual akunnya dikebiri artinya produk tidak bisa lagi dibeli dengan menggunakan kartu kredit. jadi jika ada pembeli yang ingin menggunakan kartu kredit untuk pembelian di toko saya, maka option itu tidak tersedia. hanya bisa dengan shopeepay, transfer.

    terimakasih untuk media konsumen dan shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Pembatasan Akun Seller oleh Shopee dan Dana Transaksi Tertahan

oleh soni chan dibaca dalam: 1 menit
3