Penjual Dirugikan, Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat Hanya Diganti 50% oleh Shopee

Saya mengalami kejadian kurang menyenangkan dan dirugikan, ketika berjualan di Shopee menggunakan ekspedisi SiCepat. Kejadiannya, barang dinyatakan hilang saat proses pengiriman oleh ekspedisi SiCepat, tapi penggantian oleh Shopee hanya Rp2.500.000, dari nilai transaksi Rp4.800.000. Berikut ini kronologinya:

Pada tanggal 1 Desember 2021, saya mendapatkan pesanan di Shopee senilai Rp4.800.000, pengiriman menggunakan ekspedisi SiCepat, dari Jakarta ke Palembang. Nomor pesanan Shopee: 2112010Y3NRJA1 dan nomor resi SiCepat reguler: 002837659627.

Pesanan saya proses hari itu juga, tanggal 1 Desember 2021 dan di-pickup oleh kurir SiCepat seperti biasa. Pada tanggal 7 Desember 2021, saya mendapat komplain dari pembeli yang mengatakan bahwa status paket hold atau pending di palembang Cargo.

Saat itu juga saya melakukan pengaduan ke pihak CS SiCepat. Jawaban dari pihak CS SiCepat akan dilakukan proses investigasi lebih lanjut.

Esoknya, saya hubungi kembali ke CS SiCepat, masih dengan jawaban yang sama, akan dilakukan proses investigasi lebih lanjut.

Pada tanggal 10 Desember 2021, saya mendapat notifikasi dari Shopee bahwa pesanan “Dibatalkan secara otomatis oleh sistem, Alasan Batal: Paket hilang di perjalanan. Kompensasi yang memenuhi syarat telah dikreditkan ke Saldo Penjual-mu.”.

Saya sebagai penjual, sangat-sangat dirugikan, karena hanya mendapatkan penggantian maksimal Rp2.500.000. Di sini sekali lagi saya sebagai penjual, sudah merasakan pengalaman yang tidak menyenangkan dan tidak aman yang membuat was-was jikalau ke depannya ada kejadian seperti ini lagi.

Kenapa di platform Shopee tidak ada fitur asuransi barang yang cuma 0,2%? Yang mana hal tsb akan membuat pihak pembeli dan penjual merasa aman. Berbeda dengan platform marketplace sebelah, yang menyediakan fitur pengaktifan asuransi. Padahal selama ini saya berjualan di Shopee juga dikenakan biaya admin setiap transaksi.

#YUK BELANJA AMAN di Shopee, sepertinya tidak relevan kepada penjual.

Melalui surat pembaca ini saya harapkan ada pengertian baik dari pihak SiCepat ataupun Shopee untuk bertanggungjawab atas kerugian yang saya alami.

Nurul Hidayati
Tulungagung, Jawa Timur


Update (17 Desember 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi atas tindak lanjut oleh pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:79    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Penjual Dirugikan, Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat Hanya Diganti 50% oleh Shopee

  • 14 Desember 2021 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Di shope gak ada sistem asuransi ..
    Jadi kalo ilang ya gini ..
    Tapi ini di ganti 2.5 udah bagus si ..
    Biasa cuma 10x biaya ongkir ..
    Kalo mau jual barang harga mahal ke tokopedia sama bukalapak aja .. di situ ada asuransi

    5
    1
    • 14 Desember 2021 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Iya terkadang bingung kalau ada orderan nominal banyak di shopee. Takut kejadian serupa terulang lagi.

      2
      1
      • 14 Desember 2021 - (10:35 WIB)
        Permalink

        Iya saya juga bingung kak kenapa bisa hilang padahal volume barang lumayan besar dengan berat sekitar 5-6kg.

        2
        1
      • 14 Desember 2021 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Kalau oder nominal banyak , minta pembeli nya transaksi di MP lain yg ada asuransi (saat ini sih Bukalapak paling cocok utk orderan gede, krn ada asuransi dan juga potongan komisi penjualan nya paling kecil).

      • 14 Desember 2021 - (22:51 WIB)
        Permalink

        Saya baru tahu kalo sicepat kaya gitu… Padahal saya kerja di sicepat.. selama saya kerja di sicepat mengenai barang hilang di MP manapun kurir wajib ganti full ke YBS.. dan saya pun pernah menglami kehilangan barang bawaan saya, saya ganti full ke yang punya paket.. mungkin ini dari shopeenya aja yang bermasalah,, bukan dari expdisinya

        5
        2
        • 15 Desember 2021 - (07:00 WIB)
          Permalink

          Mungkin seperti itu ya. Jadi was was kalau dapet orderan di shopee. Jadi penjual yg rugikan kalau ada kehilangan barang. Padahal hilangnya barang kan bukan salah penjual.

        • 15 Desember 2021 - (12:57 WIB)
          Permalink

          Kariyawan SiCepat yg menghilangkan barang YBS diganti sesuai harga barang yg hilang dengan pemotongan gajih kariyawan tsb

          • 15 Desember 2021 - (13:31 WIB)
            Permalink

            Iya menurut info sih harusnya karyawan di potong gajinya untuk mengganti. Tapi pada kenyataannya mereka mengganti hanya ke penjual hanya 50% saja.

  • 14 Desember 2021 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Sekarang di jalan banyak maling mengincar barang barang bawaan kurir
    Kalo kurir ga hati hati pasti akan diambil Ama maling itu

    Kalo diganti 2,5 juta berarti itu barang beneran di maling saat kurir sedang melakukan pengiriman di jalan
    Biasanya mah kalo hilang di gudang cuma diganti 10x ongkir doang

    • 15 Desember 2021 - (00:05 WIB)
      Permalink

      Biaya admin paling gede di Shopee tapi tidak ada asuransi.
      Sngat disayangkan. Pihak Shopee tidak memberikan fitur asuransi.
      Padahal e commerce lain sudah bisa plus asuransi dan admin lbih rendah pula

    • 15 Desember 2021 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Wah jauh sekali ya kalau hanya diganti ongkir 10x. Ini sih jelas merugikan pihak penjual. Bisa aja ada oknum di dalam ekspedisi yg sengaja menghilangkan barang tapi penjual yg dirugikan

  • 14 Desember 2021 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Yg buat surat ini dr tulungagung, apa juga domisili di tulungagung? Tp pengiriman dr jakarta. Apa mungkin ini dropshipper? Kl bukan mungkin ini toko besar, punya cabang di beberapa kota. Salut.

  • 14 Desember 2021 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Padahal setiap ada masukan diapliaksi shopee terkait penjualan saya selalu kasih saran ke pihak shopee untuk input sistem asuransi. Pernah hilang juga paket dipengiriman seharga 2 juta hanya dapat ganti 150rb. Sedangkan pihak ekpedisi sampai sekarang yg katanya mau ganti sdh 6 bulan ga diganti ganti (JNT) kasih aja pilihan spt proteksi gadget yg ga wajib disi oleh pembeli.

    • 14 Desember 2021 - (14:37 WIB)
      Permalink

      Iya harusnya begitu. Ada opsi asuransi. Jadi pihak seller bisa mewajibkan asuransi kepada pembeli. Jadi bisa aman antara penjual dan pembeli.

  • 14 Desember 2021 - (13:38 WIB)
    Permalink

    ini mmg permainan mafia expedisi.. brg ga hilang tp sengaja dihilangin cz tau brg mahal tp biaya gantinya jauh lebih murah.. sebaiknya buyer kalau bli barang yg ckup mahal di kota yg sama dgn domisilinya dan dikirim dgn instant kurir. lebih aman dan cepat. ga beresiko bagi buyer dan sellernya..

    • 14 Desember 2021 - (14:36 WIB)
      Permalink

      Instan kurir juga bisa hilang pak bayak kok kasuk nya yang baru2 ini macbook di bawa kabur oknum ojol..
      Yang paling aman ya asuransi ..jadi lebih tenang aja beli barang2 mahal

    • 14 Desember 2021 - (14:39 WIB)
      Permalink

      Iya ini bisa saja terjadi. Ada oknum2 tertentu yang memanfaatkan aturan ini untuk memperoleh keuntungan

    • 14 Desember 2021 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Kurir instan juga banyak yg bermasalah terutama produk yg bernilai tinggi.
      Soalnya banyak kurir instan yang beli akun atas nama orang lain dan mengintai atau khusus nerima paket dgn nilai tinggi,lantas tidak dikirimkan

      • 15 Desember 2021 - (00:12 WIB)
        Permalink

        Nah maka dr itu kl sy sbg seller ketika brg nilai tinggi pake instan kurir, itu mending si instan kurir bawa invoice aja atau bareng sama sy. Jdi 2 mtr. Jauh lebih aman 😁

    • 15 Desember 2021 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Iya ini bisa saja terjadi ada oknum yg sengaja mencari keuntungan. Dan pihak ekspedisi pun harusnya lebih tegas jika ada barang hilang harus di telusuri lebih lanjut.

  • 14 Desember 2021 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak yang komplain di media konsumen kalau shopee tidak bisa di asuransi , tapi banyak pembaca yang membagikan informasi bahwasanya paket bisa di asuransi kan sendiri ke ekspedisi.. tapi yahh nambah”in kerjaan dikit jadi nya ke seller

    • 14 Desember 2021 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Iya benar. Kan paket yang dikirim dalam jumlah banyak. Lagipula kalau asuransi harus datang ke counter ekspedisi. Tidak bisa dipick up kurir. Ini bukan mempermudah malah mempersulit sih.

  • 14 Desember 2021 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Gw udah ga mau jualan di shope ,yg ada rugi ,mending sekarang di Facebook dan marketplace ,sistem ny pakai gojek dan cod

    • 14 Desember 2021 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Di market place facebook apa laku?
      Kalau saya sih ogah beli disana,serem yg jualan..kebanyakan penipuan 🤣

      1
      1
      • 15 Desember 2021 - (00:16 WIB)
        Permalink

        Laku pak. Asal pembelinya satu lokalan. Sistemnya penjual datengin pembeli. Bisa ketauan kok kl pembelinya mana yg bener mana yg abal2 kalau satu kota. Kalau luar kota saya biasa via kaskus kalau si pembelinya tdk terbiasa dgn markeplace milenial.

  • 14 Desember 2021 - (22:02 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi klu beli barang2 berhrg malah lbh nyaman di tokped ada asuransi gak was2, males ribetnya ngurus paket bermasalah, banding ke cs blm tentu menang jg

    • 15 Desember 2021 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Iya benar kak..rumit sekali proses jika ada kendala di shopee. Seharusnya jika barang hilang ekspedisi bertanggung jawab 100% jadi tidak merugikan penjual dan pembeli

      1
      1
  • 15 Desember 2021 - (07:03 WIB)
    Permalink

    kenapa gak dimatiin pilihan pengiriman menggunakan si cepatnya ? Kalau tahu pelayanannya seperti itu sering terjadi komplain di surat pembaca mendingan matiin aja

    1
    1
    • 15 Desember 2021 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Saya baru pertama kali ini ada kendala barang hilang. Biasanya pembeli sulit dihubungi jadi barang dikembalikan. Saya masih ok kalau barang kembali dengan keadaan baik. Masih mencari solusi untuk kedepannya apakah tetep pakai sicepat tapi harus ribet soal asuransi atau dimatikan aja

      • 15 Desember 2021 - (07:31 WIB)
        Permalink

        saya juga pernah mengalami kejadian seperti anda karena salah mereferensikan kurir sampai ada banyak pembeli yang komplain ke toko saya sampai toko saya dibanned permanent setelah itu saya matikan gak pernah ada pembeli yang komplain lagi

  • 15 Desember 2021 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Kalau sama Shopee ga usah heran mba.
    Ini transaksi gede, saya yang recehan aja sering banget dirugiin.
    Kemarin ada barang stuck di ekspedisi, pembeli komplain belum diterima, langsung di acc pengembalian duitnya, entah barang saya gimana, harus di ikhlasin gitu aja kali.

    Cs-nya pada males kombinasi bodoh, minta follow up ke ekspedisi aja gamau, beda banget sama cs marketplace lain. Maklum lah, kriteria masuk ke Shopee SDM-nya rendahan kali. Makanya udah males jualan disana, biaya admin paling mahal, tapi cs-nya paling bodoh dalam menangani masalah.

    • 15 Desember 2021 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Bener. Mereka seakan2 gak mau tanggung jawab penuh. Padahal kan itu kelemahan sistem mereka..kenapa tidak ada fitur asuransi seperti marketplace lain. Giliran barang hilang di ekspedisi mereka menyalahkan kita gak pakai asuransi.

    • 16 Desember 2021 - (07:41 WIB)
      Permalink

      Yang saya merasa aneh, di Shopee memang cuma ada kurir si cepat, kalau mau pilih kurir harus setelah checkout, dan itu sangat sulit.
      Apa ada kerjasama dg kurirnya, yg sangat cepet jput barang tapi sangat lelet ngantar ke tujuan.
      Kalau hilang hehehehe……. lacak aja sipa kurir pengantarnya……. nanti ketahuan deh barang itu nyangkut ditangan siapa….

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Penjual Dirugikan, Barang Hilang dalam Pengiriman SiCepat Hanya Digant…

oleh Nurul dibaca dalam: 1 menit
36