Jaringan Error, First Media Malah Menyalahkan Konsumen

Saya pelanggan First Media sejak 2 tahun lalu dengan nomor pelanggan: 1132**52. Sejak tanggal 7 Desember 2021, saya mendapat email jika sedang ada perbaikan kualitas jaringan. Saya anggap tidak masalah.

Kemudian pada tanggal 8 Desember 2021, saya mendapat email dengan menyatakan bahwa pemeliharaan kualitas jaringan telah selesai, tapi internet tetap kami tidak bisa gunakan. Sehingga pada tanggal 9 dan 10, saya mencoba menghubungi First Media melalui telepon dan tersambung. Mereka menyatakan bahwa pada tanggal 10 Desember 2021, sistem masih gangguan dan sedang ada perbaikan.

Dari sini saya curiga, apakah sekelas perusahaan sebesar First Media tidak bisa memberi kabar secara real time? Jika tanggal 8 sudah disampaikan benar, kenapa tanggal 10 saya telepon bilang jaringan error lagi?

Gak lama setelah saya komplain, saya mendapat notifikasi dari pihak First Media bahwa tanggal 10 Desember 2021 masih sedang ada perbaikan kualitas dan diminta pihak FM untuk menunggu paling lambat 5 hari kerja untuk proses perbaikan.

Tanggal 11 Desember 2021 saya mendapat email jika jaringan telah selesai. Yang akhirnya membuat saya kesal adalah ketidakpastian layanan First Media atas keluhan konsumen. Saya meminta kompensasi dengan mendapat tiket nomor: 10387254 yang dibilang telah selesai tanggal 11/12/2021. Namun sampai detik ini saya menulis Media Konsumen tanggal 14 Desember 2021, internet masih belum terhubung sama sekali. Dengan nada angkuh dari pihak CS FM yang seolah-olah merasa benar tanpa rasa minta maaf.

Saya juga tidak bodoh. Kalau emang internet sudah nyala, ngapain saya telepon CS terkait keluhan saya? Heran perusahaan sebesar First Media apakah gak bisa mem-follow up keluhan konsumen? Dimana jelas perbaikan sistem itu kesalahan dari pihak kalian. Kalau kalian benar, kami selaku konsumen juga gak bakal telepon CS untuk tanya terkait perkembangannya.

Yosua Niko Putra
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai First Media:
[Total:98    Rata-Rata: 1.7/5]
Tanggapan First Media atas Surat Bapak Yosua Niko Putra

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Yosua Niko Putra pada 15 Desember 2021...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Jaringan Error, First Media Malah Menyalahkan Konsumen

  • 16 Desember 2021 - (15:16 WIB)
    Permalink

    Pakai provider BUMN sekelas Telkom saja yang masih gangguan apalagi pakai yang lain

    2
    2
      • 17 Desember 2021 - (17:24 WIB)
        Permalink

        Udah dibalik ya 😄.. Iya itu lah kalau layanan internet didaerah pasti gangguan beda sama yg dipusat kota ,

        • 17 Desember 2021 - (18:10 WIB)
          Permalink

          Udah hal lumrah, mau telkom, mau PLN, mau firsmedia, mau gnom, kalau g ada uang pelicinnya g bakalan jalan.
          Mau laporan CS ?? Yg eksekusi tetap orang lapangan. Coba kalau g rame2 kasih pelicin ke orang lapangan kemudian bilang minta tolong ya mas, langsung wess selesai.

          Itu sudah budaya Indonesia, pilihannya cuma 2, tidak berlangganan atau kasih pelicin.

        • 17 Desember 2021 - (21:32 WIB)
          Permalink

          sebenernya yg mnjadi masalah adalah 3rd party-nya. Karena kebanyakan lapangan di handle sama 3rd party. Baik BUMN ataupun swasta, nah pmilihan dan QC terhadap 3rd party tersebut adalah kuncinya. Klo seperti BUMN biasanya terkesan terlalu mudah memberikan grant access yang tinggi terhadap 3rd party (sudah banyak kasus bukan).

  • 16 Desember 2021 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Harus langsung minta kunjungan pihak teknis bro, Minta ganti modem routernya.
    Dulu saya gitu, saya email terus termasuk posting lewat twitter dgn mention pihak firstmedia, biar banyak org bisa baca.
    Dalam 1 hari teknisi lgsg datang dan dibenerin.

    Saya ga lama lagi bakal hijrah dari FM, setelah beli smart TV..

  • 16 Desember 2021 - (18:08 WIB)
    Permalink

    Bgini aja… buat test ping, tracert dll. Hasilnya bs d printscreen atau klo ada Log nya d ksh k pihak CS sana. Saat mlakukan test klo bs posisi pakai kabel ya bkn via Wifi. Truz skalian minta kunjungan teknisi.

  • 16 Desember 2021 - (22:52 WIB)
    Permalink

    Udah raja nya Bro !! First media udah seperti itu kualitas pelayanannya .. seminggu sesudah bayar pasti gangguan .. kalau kirim tagihan First media paling getol bisa kirim berkali kali itu billing lewat email seakan kita ini udah kaya ngak mau bayar . Coba deh setelah di bayar pasti ada aja masalah First media kalau ngak gangguan jaringan pasti mati nyala . Urat malu First media itu udah putus .. terkenal banyak masalah . Aneh First media itu masih jadi favorit dapat penghargaan pelayanan entah siapa yang favorit sama First Media . Pernah juga saya hubungi cust service First media waktu ada kendala berkali kali emang ngak salah bro.. cust service nya kadang dapat yang judes dan berani nantang cust ngak di ajar etika sama perusahaan nya bekerja … malah cust di tantang itu nama nya udah kelewatan … kita kayak ngemis kalau komplain . Coba aja kadang speed internet yang mereka kasih suka tidak sesuai paket dan alasan tidak jauh masalah pemeliharaan atau seribu cara alasan . Ya doa aja bro sama First media supaya sehat selalu jaringan mereka . Karena dari tahun jebot First media itu ngak pernah mau berubah dan penyakitnya selalu masalah jaringan , masalah pemeliharaan .. kasian aja sama First media perusahaan yang tidak bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor nya … gue aja mau ganti dari dulu masih belum sempet . Coba aja bilang mau putus layanan sama first media pasti di kirim email surat cinta dan di kasih reward .. ohhh first media selamat kau sudah jadi layanan internet terburuk malu kah engkau first media … ( muka tebel aja lah biar awet orang masih pake karena murah dan terjangkau )

  • 17 Desember 2021 - (01:10 WIB)
    Permalink

    parah itu first media, bayangin aja 35mbps cmn 3 device , 1 pc 2 hp, itu pun ngelag abis.. di tlpon ke cs tggu teknisi dtg .. eh ga muncul2 ud smggu.. sekalian aja gw ga bayar bulanan nya.. makin hari makin jadi ,

  • 17 Desember 2021 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Firstmedia.. dimana2 semua sama. buka playstore klo isinya bukan komentar keluhan, boong kalau dalam 1 bulan ga ada putusnya. dikomplain malah getol suruh naik paket. Logika sederhana aja. pakai yg sekarang aja mereka ga sanggup kasih layanan maksimal koq, malah minta naik paket. apa iya klo upgrade paket masalah jadi selesai? solusi paling bodoh yg pernah saya denger.

  • 17 Desember 2021 - (14:45 WIB)
    Permalink

    Semua pengguna FirstMedia pasti sudah terbiasa dengan kelakuan mereka. Orang2 yg beruntung wilayah rumahnya ada banyak pilihan provider internet pasti langsung berhenti tapi buat saya yg komplek rumahnya cuma ada FM dan Indih*me ya mau gak mau stuck di FM. Mau pindah indih*me juga katanya sama jeleknya.

    • 17 Desember 2021 - (14:58 WIB)
      Permalink

      Gini aja kalau udah ada provider yang lain pindah aja . Bukan nya saya mau jadi provokator. Sayapun pernah gerah sama First Media , apalagi yang nama nya cust service berani berdebat sama cust . Kalau mereka berani galak , saya bakalan samperin kantor First Media . Mau nya mereka itu apa , saya juga bayar ngak gratisan . Hak saya kalau komplain . Coba coba aja kalau ada cust service dari First Media yang mau adu ngotot ngototan , kita selesaikan secara berani saja . Saya yang bayar saya yang mau di tindas . Ajarlah etika karyawan anda yang sopan First Media

  • 18 Desember 2021 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Resiko layanan broadband(baik FM, indiego, myrep, biznethome, stroomnet, xl home, balifiber dll) gitu apalagi FM yang backbone kabelnya pake coaxial, kekurangan kabel coaxial itu lebih sering gangguan ketimbang kabel fiber optik, apalagi pas ujan, kalo mau yg jaminan full support pake layanan bisnis/dedicated (astinet by telkom, jinom dedi, hsp dedi, & isp swasta lain yg nyediain layanan dedicated)(bisa coba layanan national dedicated wireless 100mbps 4,5jt))

  • 20 Desember 2021 - (10:16 WIB)
    Permalink

    kalau sudah menyalahkan konsumen nama nya itu lagi ada gangguan dalam pikiran nya , Pak
    kasihan mereka udah stress tiap hari kena omelan pelanggan . layanan mereka udah ngak beres . Bayar tagihan jalan terus , gangguan jaringan juga jalan terus itu nama nya bonus dari pelayanan jasa provider internet satu ini . Jarang orang langganan di kasih bonus ekstra buat gangguan . Kalau ngak ada gangguan ngak enak rasa nya , hampa . Jadi gangguan dari dunia lain itu sudah biasa di alami oleh kita ini sebagai pelanggan nya . yang hebat nya satu lagi tim teknisi lapangan buat mereka satu satu nya jalan keluar dan mempunyai tenaga ajaib bisa memperbaiki gangguan kualitas jaringan walaupun sebetulnya sistem jaringan pusat mereka kabelnya dan pusat data nya yang seharusnya di upgrade . Tapi sayang dari tagihan yang kita bayar belum bisa support anggaran mereka jadi ya ngak heran tiap hari ada gangguan , kecepatan internet juga ngak stabil .

    kita doakan saja buat mereka supaya bisa beli sistem jaringan yang baru

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Jaringan Error, First Media Malah Menyalahkan Konsumen

oleh yosua niko putra dibaca dalam: 1 menit
18