Pelayanan Buruk Biznet Menangani Masalah Koneksi Pelanggan dan Ketidakmampuan Memenuhi Hak Konsumen

Kejadian kehilangan koneksi kembali lagi. Setelah hampir sebulan tidak ada masalah dengan koneksi Biznet saya, ternyata kejadian ini terjadi berulang kali. Bahkan dalam waktu 3 hari berturut-turut. Pada tanggal 15 Desember 2021, disaat saya sedang bekerja, tiba-tiba koneksi saya terputus tiba-tiba pada pukul 17:00.

Pertama-tama yang saya lakukan adalah melakukan pengecekan masa aktif saya. Ternyata masa aktif saya masih sampai tanggal 29 Desember. Saya lupa bahwa Customer Service Biznet yang saya hubungi melalui website pelanggan, hampir tidak membantu sama sekali, namun dikarenakan saya mau melalui segala prosedur, saya hubungi lah Customer Service-nya. Dan terhubung dengan Customer Service yang sama seperti yang terdapat pada masalah saya pertama kali (seperti tertera gambar).

CS yang sama dengan permasalahan sebelumnya, masih dengan jawaban yang sama mengatakan bahwa koneksinya TIDAK BERMASALAH

Saya sedikit heran, kenapa CS tersebut masih saja bekerja sebagai CS nya walaupun dengan pelayanan yang buruk (seperti yang sebelumnya saya alami pada kendala pertama saya, https://mediakonsumen.com/2021/11/22/surat-pembaca/koneksi-internet-biznet-hanya-tersambung-saat-menghubungi-customer-service-saja#comment-119012). Namun mungkin, CS tersebut sudah mendapatkan pembinaan atau apa, jadi dengan niat baik saya bertanya kepada CS tersebut.

Tidak heran, ternyata jawaban yang diberikan CS tersebut MASIH SAMA. Tidak ada penyelesaian, malah dibilang katanya koneksi saya terhubung dan tidak ada masalah. Saya sadar bahwa menghubungi CS ini hanya membuang-buang waktu saya (dengan kondisi saya tidak bisa membuang waktu karena saya sedang ditengah melakukan pekerjaan saya). Sehingga saya ingat bahwa ada salah satu orang biznet yang sempat menghubungi saya dan dengan bantuannya masalah sebelumnya terselesaikan. Saya putuskan untuk menghubungi orang tersebut dan akhirnya dibantu setelah saya menunggu beberapa jam sampai teknisinya datang.

Teknisi memutuskan untuk mengganti perangkat modem yang digunakan. Setelah dilakukan setting oleh teknisi, internet saya berjalan dengan baik. Setelah berterima kasih, teknisinya memberikan kontaknya untuk dihubungi apabila kejadian ini terjadi kembali. Dengan senang hati saya menerima dan berterima kasih kepada teknisi tersebut.

Tapi ternyata, pada tanggal 17 Desember 2021, kejadian yang sama terjadi lagi setelah modemnya diganti. Saya kurang paham bagaimana bisa ini terjadi, namun karena kejadian ini, saya lagi-lagi harus terganggu dalam mengerjakan pekerjaan saya. Dan saya bahkan sempat berasumsi apakah ini ada kesengajaan atau bagaimana dari pihak Biznet, karena hal ini terjadi dalam total 4 kali dari bulan November 2021 pertama kali saya melayangkan Surat Pembaca saya.

Saya langsung menghubungi Teknisi yang sebelumnya, dan memohon bantuannya. Juga dengan orang binet yang sebelumnya sempat menghubungi saya di bulan November. Kembali dikirimkan teknisi. Hal ini seakan-akan menjadi tradisi dimana internet saya akan bermasalah sehari sekali. Namun sekali lagi, saya masih berusaha memberikan kesempatan kembali. Akhirnya koneksi internet terhubung pada siang hari ke sore dan saya melanjutkan pekerjaan saya.

Hari ini, 18 Desember 2021, pukul 14:40, koneksi saya LAGI-LAGI terputus. Saya jadi berpikir dan berasumsi apakah perbaikan yang dilakukan biznet hanya sekedar pemenuhan kewajiban pada hari tersebut saja dan membiarkan konsumennya bermasalah kembali di hari selanjutnya?

Saya merasa kehilangan Hak Konsumen saya dalam Asas Manfaat dan Asas Kepastian Hukum sesuai yang tertera pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 2. Saya menjalankan kewajiban saya dalam melakukan pembayaran tagihan koneksi Internet saya terhadap Biznet, dan saya harusnya mendapatkan HAK sesuai dengan kewajiban yang sudah saya jalankan, namun pihak Biznet belum memenuhi kewajibannya dalam menyediakan dan memberikan Hak Konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Saya menunggu pertanggung jawabannya.

Andreas
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:6    Rata-Rata: 4/5]

10 komentar untuk “Pelayanan Buruk Biznet Menangani Masalah Koneksi Pelanggan dan Ketidakmampuan Memenuhi Hak Konsumen

  • 19 Desember 2021 - (22:43 WIB)
    Permalink

    “Saya merasa kehilangan Hak Konsumen saya dalam Asas Manfaat dan Asas Kepastian Hukum sesuai yang tertera pada Undang-Undang Perlindungan Konsumen Pasal 2. Saya menjalankan kewajiban saya dalam melakukan pembayaran tagihan koneksi Internet saya terhadap Biznet, dan saya harusnya mendapatkan HAK sesuai dengan kewajiban yang sudah saya jalankan”.
    Kasih tau dong. Minta dispensasi untuk bulan berikutnya. satu bulan tidak bisa konek berapa jam. hitung aja. Kalau tidak bisa, untuk apa pasal diatas? Minta penjelasan dari bagian teknisi dan bagian cutomer servicenya sekalian diamprokin.
    Setau saya, bisa ngga diladenin.

    • 20 Desember 2021 - (04:41 WIB)
      Permalink

      Bisa dibaca mas dibagian paling bawah juga saya sudah bilang minta pertanggungjawabannya.

      Untuk data – data perihal downtime internet saya, dan lain – lain, dari biznet sendiri harusnya sih ya punya data. Perusahaan sebesar Biznet masa gakbisa provide data – data tersebut. Lagian harusnya mereka ngeh juga sudah berapa kali dalam sebulan ini saya minta internet saya dibenerin. FYI dalam bulan ini saja sudah ke 3 kalinya.

      Dan update aja, sekarang tanggal 20 Desember 2021 04:35, kondisi internet down lagi. Dari jam 2 tadi.

      Ya kalau tidak diladenin juga gakmasalah, tujuan masalah konsumen di bawa ke media konsumen kan supaya ini jadi penilaian sendiri buat konsumen – konsumen lainnya. Seberapa kompeten/inkompeten suatu perusahaan dalam menangani dan memenuhi hak konsumennya.

      FYI untuk penjelasan, saya tidak dapat penjelasan apa – apa dari teknisi tentang kendala ini, cuma mereka bilang ini di WAN connected tapi di device tidak sama sekali. Sudah ganti modem di kejadian pertama bulan ini kemaren, tetapi masih seperti ini.

      Dari Customer Service? Bisa diliat screenshoot yang saya berikan dan tautan sebelumnya yang saya sematkan pada surat pembaca saya diatas. Kurang lebih, mereka cuma bilang “Ini internetnya konek kok Pak disisi kami” Seakan – akan saya ngebohongin mereka atau apa. Sampai saya harus ngasih liat tulisan “No Internet” di koneksi wifi saya. Makanya saya juga udah males sekarang contact CS nya, gak memberikan informasi, penjelasan, ataupun penyelesaian yang pasti.

  • 24 Desember 2021 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Menanggapi surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Andreas pada tanggal 18 Desember 2021 melalui portal https://www.mediakonsumen.com yang berjudul “Pelayanan Buruk Biznet Menangani Masalah Koneksi Pelanggan dan Ketidakmampuan Memenuhi Hak Konsumen”, sebelumnya kami ingin menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan terus berupaya yang terbaik agar kejadian yang sama tidak terulang kembali.

    Terkait dengan kendala yang disampaikan sebelumnya, tim Biznet telah mengunjungi pelanggan ybs untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Saat ini, status layanan Internet yang digunakan oleh pelanggan telah kembali normal setelah kami mengganti router pelanggan. Dengan ini, pelanggan juga sudah bisa kembali melakukan aktivitas digital selama berada di rumah.

    Sebagai perusahaan penyedia layanan Internet yang telah mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat, sudah menjadi tugas kami untuk terus meningkatkan pelayanan kami serta memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan. Apabila ada pertanyaan atau informasi lebih lanjut mengenai layanan Biznet, silakan menghubungi Biznet Home Care di 1500933, email ke home_care@biznetnetworks.com, atau melalui live chat di biznethome.net. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan kepada kami serta kepercayaan memilih layanan Biznet Home untuk layanan Internet di rumah.

    Hormat kami,

    Corporate Communication Biznet

    • 24 Desember 2021 - (16:09 WIB)
      Permalink

      Tidak ada ganti rugi. Tidak ada upaya agar “tidak terulang kembali”.

      Omong Kosong.

      24/12/2021 16:05 WIB kembali terjadi masalah yang sama. Saat ini status layanan HANCUR lagi. Saya pikir biznet perusahaan sebesar ini punya penyelesaian masalah yang baik. Ada Etikad baiknya.

      Ternyata tidak. Saat ini saya sudah banyak rugi materi dan waktu. Tidak ada pertanggungjawaban yang JELAS dari Biznet. Mengecewakan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Buruk Biznet Menangani Masalah Koneksi Pelanggan dan Ketidak…

oleh Andreas dibaca dalam: 2 menit
10