Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

Semoga tulisan saya bisa membantu manajemen Shopee untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas sistem transaksi online aplikasi ShopeePay, berbisnis dengan adil dan bertanggungjawab dan sesuai dengan slogannya “Yuk belanja aman di Shopee!”.

Saya seorang pengguna baru Shopee (dan belum familiar dengan transaksi online), yang melakukan transaksi pada tanggal 3 Desember 2021 dalam platform Shopee. Namun, seller yang ternyata penipu, menghubungi saya via WA dengan nomor +6282820421110 mulai pukul 16.35, dan menghalangi saya untuk melihat pesan pada aplikasi Shopee.

Selanjutnya, tanpa sepengetahuan saya, seller membatalkan pesanan saya (211203636315rb) pada pukul 21.46. Sementara itu, dengan alasan antara lain untuk kepentingan asuransi barang agar barang segera bisa dikirimkan, seller ternyata membuat saya melakukan pembayaran sejumlah Rp8.684.520, pada pukul 21.49, melalui link yang seller berikan. Singkatnya, transaksi pembayaran dapat tetap terjadi, sementara pesanan telah dibatalkan oleh penipu tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Saya telah berusaha mengkomunikasikan tentang kendala ini dengan pihak Shopee sejak tanggal 3 Desember via chat, pada subuh tanggal 4 Desember via pelaporan, dan mulai tanggal 6 Desember via e-mail untuk melengkapi data yang diinginkan pihak Shopee (dan masih terus berkomunikasi sampai saat ini). Dalam e-mail terakhir pihak Shopee mengatakan telah berusaha menghubungi saya via telepon, tapi tidak merinci waktunya, sementara telepon saya aktif pada waktu standar hari kerja.

Namun karena Shopee tetap bersikeras dengan secara berulang terus berdalih “Transaksi pada akun Kakak (baca: saya/pembeli) dengan metode pembayaran ShopeePay tersebut statusnya sudah selesai seiring dengan konfirmasi penerimaan pesanan dari akun Kakak (baca: saya/pembeli)”. Sementara pesanannya sendiri telah dibatalkan oleh seller tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Pihak Shopee menafikan kenyataan akan “kekurangan” platform transaksi Shopee sendiri. Saya berharap Shopee dapat berlaku adil dengan berbesar hati mengembalikan dana transaksi saya dengan pertimbangan bahwa kendala saya terjadi akibat “kekurangan” dalam platform transaksi Shopee. Sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen Shopee untuk hal tersebut, bahwa transaksi pembayaran dapat tetap terjadi, sementara pesanan telah dibatalkan oleh seller tiga menit sebelum terjadinya transaksi pembayaran.

Dengan dibatalkannya pesanan saya, otomatis tidak ada barang terkirim. Karena ketiadaan barang yang terkirim, sekali lagi saya mengharapkan rasa keadilan dari manajemen/Shopee untuk mengembalikan dana Rp8.684.520 yang sangat besar artinya untuk saya.

Ditambah, penipu tidak berhasil mencairkan dana Rp8.684.520 saya tersebut. Karena setelah pembayaran yang saya lakukan pada pukul 21.49 tanggal 3 Desember 2021, penipu masih terus berusaha menghubungi saya via pesan WA, termasuk yang dilakukan pada tanggal 4 Desember pukul 01.41 dan telepon WA, sampai pada tanggal 5 December pukul 17.33 dengan mengirimkan link baru untuk pembayaran.

Demikian, dengan surat ini saya berharap dari manajemen Shopee untuk mendapatkan keadilan/dana saya Rp8.684.520 kembali. Semoga pula dengan surat ini bisa menjadi masukan bagi Shopee, karena akan sangat tidak nyaman bila akibat dari “kekurangan” pada sistem aplikasi Shopee menjadi tanggung jawab pembeli.

Terima kasih.

Maulida Suaib
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:535    Rata-Rata: 3.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

137 komentar untuk “Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

  • 9 Januari 2022 - (02:17 WIB)
    Permalink

    SAYA CUMA MAU BILANG KE TS, KALAU ADA SMS MAMA MINTA PULSA TOLONG PASTIKAN DULU ITU BENERAN MAMA MU ATAU BUKAN, SAMA ITU SERIAL KOLOSAL INDOSIAR YANG NAIK NAGA ITU NAGANYA BOHONGAN GAK ADA NAGA YG MAU DI TUNGGANGI LALU TERBANG DAN NYEMBUR API, ITU GAK ADA, SEHAT SELALU TS.

    • 9 Januari 2022 - (05:07 WIB)
      Permalink

      Penipu bukan tidak berhasil mencairkan shopeepaynya tapi berusaha agar ibu bertransaksi lagi dan lagi via link2 transaksi baru yg dikirimkan

    • 15 Januari 2022 - (16:44 WIB)
      Permalink

      Banyak banget Korban shopee termasuk saya!!
      Saya korban kurangnya keamanan dari Shopee sehingga username di Shopee dan no hp saya pribadi sampai penipu itu, , sampai isi rekening saya habis dan saya masih ada tagihan dari Spinjam dan essycash padahal saya sendiri tidak memakai uang tersebut, karena uang tersebut raib dengan saldo rekening saya,
      Shopee selalu bilang jngan berikan kode OTP ke orang lain , sedangkan username saya dan no hp pribadi saya di salahgunakan oleh penipu dengan mengatasnamakan shopee,
      Dan saya disuruh mengabaikan uang yg tidak saya pakai ganti Spinjam dan essycash, memang uang pakai daun tinggal metik , saya dirugikan data saya di Shopee di salahgunakan, haruse tau diri Shopee keamanan kurang sehingga banyak masyarakat sangat dirugikan

  • 9 Januari 2022 - (04:59 WIB)
    Permalink

    Shopeepay itu sama seperti ewallet lain kaya dana, ovo, link aja dll, bisa untuk membayar transaksi di aplikasi lain misalnya mytelkomsel, beli pulsa/kuota pilihan pembayaran ada dana, ovo, linkaja, shopeepay, transfer bank dll

    Dan ibu bukan melakukan pembayaran transaksi di shopee, tapi di aplikasi tokko, akun tokko punya penipu tp yg bayar si ibu pake shopeepay

    Transaksi didalam shopee sudah selesai dg pembatalan dan pengembalian dana

    transaksi berikutnya bukan didalam shopee, tapi diluar aplikasi shopee, via link di wa dr penipu jadi shopee tdk bisa apa apa, bahkan link dari seller di dalam chat shopee pun bisa utk menipu

    Shopee hanya bisa membantu membekukan akun penipu, tindakan berikutnya segera hubungi aplikasi tokko

    • 9 Januari 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Sama bang baru seminggu saya kena penipuan dari toko shopee 1.500.000, saya baru pertama kali pake shopee nyoba beli barang habis itu pas malam toko nya nge wa saya barang nya barang nya itu dari luar harus isi kode dulu sesuai pesanan, habis itu saya buka shopee lagi pesananku di batal kan dan saldonya ga kembali

      • 15 Januari 2022 - (16:49 WIB)
        Permalink

        Laporkan ke polisi aja ka, semakin banyak yg melaporkan biar shopee bisa di evaluasi,

  • 9 Januari 2022 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Bukanya dari shopee sudah kelar ya, sudah ada pengembalian dana.
    Dan yang terahir anda transaksinya di Aplikasi TOKKO kok nyalahin sistem shopee? Shope sudah aman banget kalau anda transaksi di aplikasi , saya sudah lama dari awal shopee buka di indonesia sampai sekarang tidak pernah tertipu, karena saya tidak pernah transaksi diluar aplikasi shopee.
    Anda menulis kayak cerpen mohon maaf menunjukan ke goblokan anda sendiri dan ahirnya di bully, dengan dalih Pengguna Baru. Kalau anda pengguna baru limit shopee pay max 2 juta kalau sudah verifikasi saya rasa anda bukan pengguna baru.
    Disini jelas anda salah melakukan transaksi diluar shopee, aplikasi hanya perantara jika melakukan larangan dari apkikasi berarti anda yang salah, anda mengetikan kata wbatsapp aja di shopee chat sudah ada peringatan.
    Ini bukan kelemahan shopee tapi kebodohan anda sendiri maaf kalau kasar, karena saya baca anda tetap menyalahkan sistem shopee.

    Disini anda harus belajar sebelum post sesuatu dan lebih belajar lagi masa main scan2 aja link yg tidak jelas. Katanya uangnya tidak bisa ditarik itu hanya akal2an penipu supaya anda scan ulang karena dia tau anda bisa dibodoh2in oleh penipu.

    Coba ke polisi bisa gak mereka menangani lumayan tu 8jt buat beli bon cabe dapat segudang mini tu

  • 10 Januari 2022 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Modus penipuan toko abal2 /fiktif di marketplace, all marketplace melarang kita bertransaksi di luar, inilah salah satu modusnya si penipu pura2 cancel Orderan dengan alasan bla2.

  • 13 Januari 2022 - (16:30 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk semua komentar, informasi, saran dan do’anya. Transaksi terjadi dalam sistim/platform (mitra) Shopee/Pay… Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

  • 15 Januari 2022 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Tolong #ojk shopee tutup aja , sebelum keamanan msh belum di rubah, banyak banget Korban shopee

  • 17 Januari 2022 - (10:09 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk semua komentar, informasi, saran dan do’anya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa dan Maha Kuasa memberikan kebaikan yang banyak dan keberkahan, selalu menjaga dan melindungi kita semua, aamiin…

  • 24 Januari 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Sy perihati dgn apa yg dialamin sm kak. Seperti saya sendiri baru dirugikan oleh Shopee sebagai penjual. Untuk para penjual, sebanyak apapun bukti yg anda berikan ke mereka, tidak berguna krn mereka tidak bertanggung jawab atas keputusan yg mereka ambil. Biarpun itu tidak masuk akan dan tidak sesuai dgn policy mereka. Perhaps we should stick dgn cara traditional kita yg dulu biar tidak ada kerugian.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 137 komentar sampai saat ini..

Modus Penipuan oleh Penjual di Shopee

oleh Idita Suaib dibaca dalam: 2 menit
137